Wednesday, June 29, 2011

Berbagai PRODUK UNGGULAN hadir di HONGKONG

Untuk mendapatkan produk unggulan berbagai daerah di Indonesia rasanya bukan sesuatu yang sulit meskipun saya berada di HongKong. Karena banyak toko-toko Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah HongKong. Mulai dari makanan, minuman, kosmetik, obat, sampai pakaian semua ada disini. Sehingga apa yang kita inginkan bisa kita dapatkan dengan hanya memasuki satu toko saja. Sehingga,  kerinduan kami dengan produk buatan Indonesia bisa terobati.
Salah satu toko Indonesia yang memiliki puluhan cabang tersebar di seluruh HongKong


Saya sendiri orang Madiun yang terkenal dengan produk unggulan nya yaitu Brem dan sambel Pecel. Tidak perlu susah-susah minta kiriman dari Ibu saya di Madiun (kecuali kalau ada yang pulang kampung). Karena disini saya dengan mudah bisa mendapatkannya. Dengan uang $10 (Rp.11.000) saya bisa mendapatkan sebungkus sambel pecel yang lezat. Meskipun tak selezat masakan ibu saya. Kalau saya lagi malas memasak, dengan uang $20 saya bisa menikmati nasi pecel lengkap dengan peyek yang rasanya bisa goyang lidah saya karena kepedesen. Maklum tidak suka pedes hehe. Yach..... uang segitu kalau di Kurs kan rupiah termasuk mahal. Tapi bagi kami, yang gaji sebulan hampir 4 lembar ribuan rasanya bukan masalah kalau hanya sesekali menikmatinya. Kalau setiap hari, bisa pulang bawa kolor doang kali. hehehe

Selain produk unggulan dari Madiun, toko Indonesia disini juga menyediakan produk unggulan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Seperti Surabaya yang terkenal dengan lapis legit nya, Pacitan dengan sale pisangnya, terus apalagi ya..... Pokok nya banyak sekali, sampai bingung menyebutkannya. hehehe.

Minat kaum hawa dalam berbusana muslim di HongKong merupakan ladang rejeki buat sebagian orang. Selain mengeksport produk unggulan berupa makanan, mereka juga mengeksport produk unggulan berupa pakaian. Diantaranya jilbab dan  busana muslim dengan berbagai model, kebaya, yang tak kalah menariknya yaitu batik dan masih banyak lagi. Kalau dulu batik hanya di pakai oleh para pegawai negeri dan pejabat. Saat ini batik di desain apik dan menarik, sehingga bisa dipakai oleh siapa saja. Kalau soal harga, bisa 2-3 kali lipat dengan harga di Indonesia. Tapi banyak yang rela mengeluarkan beberapa lembar ratusan dolar untuk mendapatkan busana-busana yang indah itu. "Mumpung punya gaji, nanti kalau sudah di Indonesia pasti sayang, mendingan buat beli sembako" kata mereka.
 Makin banyak butik-butik yang menyediakan busana muslim bagi para TKW HongKong


Keberadaan produk unggulan di HongKong juga sebagai sarana untuk mengenalkan produk dalam negeri ke manca negara. Saya lihat, banyak juga tuch bule-bule dan juga orang chinese yang masuk restauran Indonesia untuk menikmati masakan Indonesia. Atau sekedar membeli camilan produk unggulan di toko-toko Indonesia. Bisa saja setelah menikmati produk-produk Indonesia terus tertarik untuk datang ke Indonesia. Lumayan toh bisa menambah pendapatan devisa negara di bidang pariwisata. hehe
Semoga Indonesia mampu menciptakan produk-produk unggulan yang berkualitas dengan harga terjangkau tentunya. Karena, saat ini harga produk Indonesia jauh lebih mahal dari produk HongKong. Kadang mau beli sayang alias eman-eman. Tapi mau gimana lagi??? Namanya juga pingin hehe



Artikel ini diikutkan dalam kontes menulis bertajuk ADUK yang diadakan oleh BlogCamp

24 comments:

  1. kalau menemukan produk indonesia dinegara orang senang ya

    ReplyDelete
  2. Saya sudah membaca artikel sahabat
    Dan sudah langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi anda yang hebat
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    ReplyDelete
  3. malahan kalau di luar negeri itu sangat dihargai ya, beda dengan yg terjadi di dalam negerinya..

    ReplyDelete
  4. saya ikut bangga sebagai warga Indonesia, ternyata ada produk dalam negeri sampai ke sana hehe
    moga sukses mbak

    ReplyDelete
  5. Waaah hebaaaat ya indonesia di hongkong. Kalo bisa sih orang orang hongkong juga pada senang pake batik dan kebaya ya hehehehe.
    Btw gimana sih rasanya tinggal di luar negri? Aaaa iri -_-

    ReplyDelete
  6. Mbak Lidya@ iya mbak,,,,, Tetap bisa merasakan makanan indonesia hehe

    Pakde Cholik@ trimakasih pakde,,,, :)

    mabrurisirampog@ barang langka,dihargai mahal pula. Mungkin pengaruh pajak x ya. Kadang milih roti yg hanya $2 daripada pisang goreng yg $4 hehe

    ReplyDelete
  7. Mas Jier@ hehe, keberadaan TKW hongkong sadar ga sadar membuka lapangan kerja jg lho buat orang HK dengn produk2 Indonesia nya hehe.

    Inggit@ batik mulai di gemari orang chinese jg lho. Aq pernah liat ada anak n ibu pakai batik.
    Se enak2nya di negri orang masih enak di negri sndr sist hehe

    ReplyDelete
  8. heum, ituu termasuk murah.. coba kalo belinya di jawa timur itu pecelnya.. plus tiket PP kan jadi bengkak harganya..

    tapi paling enak emang di negeri sendiri ya?

    ReplyDelete
  9. Mas Gaphe@ yo omongo dewe,,,,, tiketnya 4juta pecelnya 20ribu haha
    Yg plng mengecewakan tuch mie ayam, blas ga mirip indo xixixi

    ReplyDelete
  10. Produk Unggulan negara kita yang sudah sampai ke Hongkong pasti sudah lulus seleksi ya, jadi oke punya, apalagi kalau harganya terjangkau...

    Sucses ADUKnya Mbak...

    ReplyDelete
  11. wah akan bertambah krasan saja dinegara orang ya mbak

    ReplyDelete
  12. Mbak yunda@ skrg apa aja bs masuk hk mbak. Tentunya udh lolos dr seleksi. Mslh harga yg mahal mgkn karna mahalnya biaya krm n cukai di indo x. Hehe. Makasih mbak

    Obat sakit@ weleh aq malah ga suka gan hehe

    Than jawa@ betah sih betah tp capek. Insyaallah nopember pulang ga blk lg heheleksi. Mslh harga yg mahal mgkn karna mahalnya biaya krm n cukai di indo x. Hehe. Makasih mbak

    Obat sakit@ weleh aq malah ga suka gan hehe

    Than jawa@ betah sih betah tp capek. Insyaallah nopember pulang ga blk lg hehe

    ReplyDelete
  13. Ikut sng deh dger di sana ada sebuah toko yang lengkap menjual kebutuhan buat org Indonesia. Sebagai sarana pengobat rindu juga yah mbak akan kampung halaman kita.
    :) btw, yg buka toko itu org indo ya?

    ReplyDelete
  14. semoga menang ya mbak

    *hug* <<<< asli dari Indonesia pelukannya...

    ReplyDelete
  15. semoga menang ya mbak

    *hug* <<<< asli dari Indonesia pelukannya...

    ReplyDelete
  16. Euis@ bnyk orang chinese nya tp kdng nikah ama orang indo trs buka toko :), so ky masakan rasane khas indo. Hehe

    Mbak hani@ haha ga mengeksport hug dr indo
    Makasih sista :)

    ReplyDelete
  17. BTW di hongkong ada pempek palembang ga?wkwkwkwk

    ReplyDelete
  18. Randy@ ngomongin empek2 jd ingat dl bl $40 isinya cm bihun ama fishball haha

    Arev@ yach begitulah. . .rumput tetangga lbh indah kata pepatah. Kalo aq lbh milih produk dlm negri dgn jaminan HALAL hehe

    ReplyDelete
  19. mirip dengan alfa di Indonesia gan

    ReplyDelete
  20. Iya gan,,,, sama persis serasa di indo kalo masuk tokonya hehe

    ReplyDelete
  21. ternyata banyak ya toko yg menjual produk indonesia
    asik atuh ya mba kalo kangen makanan indonesia disana jg udah banyak :D
    ada butiknya juga lagi ^^

    ReplyDelete
  22. Bukan banyak lagi sist,,,, tapi bejibun ampe bingung mau masuk yg mana hehehe.
    Berbagai busana yg indah2 jg bikin ngiler xixixixi

    ReplyDelete
  23. selamat ya udah menang dalam acara ADUK nya PakDe.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...