Saturday, June 18, 2011

SETELAH MENIKAH SEMUA JADI MUDAH

MENIKAH adalah sesuatu yang sakral dan hanya sekali seumur hidup buat saya. Makanya saya tidak mau main-main dengan hal ini. Saya hanya ingin menikah ketika saya benar-benar siap lahir dan batin. Saya tak peduli orang tua yang saat itu bilang "Hoalah nduk, lha kamu mau nikah umur berapa???". Karena hampir semua remaja di kampung sudah pada gendong anak meskipun usianya jauh di bawah  saya. Bagi saya usia 25tahun masih muda, karena banyak teman-teman yang usianya jauh diatas saya tapi belum nikah. Maklum lah..... hidup di Hong Kong sudah nyaman, jadi pada ga kepikiran usia yang sudah mendekati kepala 3. Rasanya masih 17 tahun saja xixixixixi.


Ada beberapa point kenapa saya tidak mau cepet-cepet nikah  diantaranya:
  • Masih ingin  membalas jasa orang tua. Saya anak perempuan, ketika sudah menikah orang tua sudah tidak punya hak atas diri saya. Otomatis saya tidak bisa bantu beliau sepenuhnya seperti saat lajang. Iya khan??? Padahal beliau tak pernah meminta balasan, yang beliau inginkan hanya kebahagian anak-anaknya. Tapi tetap saja saya ingin membahagiakan beliau sebelum saya nikah.
  •  Banyak orang tua di kampung saya yang meninggalkan anak-anaknya yang masih butuh kasih sayang, untuk mencari nafkah pergi keluar negeri. Saya pernah jadi anak tersebut dan saya tidak mau anak saya kelak mengalami nasib seperti saya. So, saya benar-benar ingin mempersiapkan diri sebelum melangkah kesana.
  • Perceraian yang sering terjadi pada pasangan muda membuat saya takut untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Padahal itu tergantung prinsip kita masing-masing, tapi tetap saja ada rasa takut menghantui pikiran saya. Apalagi banyak teman-teman TKW yang rumah tangganya hancur gara-gara di tinggal ke luar negeri. Kisah-kisah yang membuat saya ngeri. 
Dan masih banyak lagi alasan-alasan lain yang membuat saya takut untuk menikah. Tapi dari 3 point tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa yang saya takutkan adalah masalah ekonomi. Tapi, waktu itu ada teman yang merekomendasikan sebuah buku yang berjudul "KADO PERNIKAHAN UNTUK ISTRIKU".
Bukunya seperti ini lho..... Teman saya bilang "isinya bagus, mulai dari lamaran sampai membentuk keluarga sakinah semua ada. Komplit pokoknya".


Setelah saya baca buku ini (sampai sekarang belum selesai dan bukunya sudah saya kasih ke orang hikz). Hati saya mulai luluh, kata-kata lengkapnya saya lupa tapi intinya adalah "MENIKAHLAH, MAKA ALLAH AKAN MEMBERI RIZKI UNTUKMU". Dari buku ini terbukalah hati saya dan ada keinginan untuk menikah 3 tahun lalu. Pingin tahu kisahnya??? Baca juga yang ini Haruskah Rencana Pernikahanku Gagal Lagi??? hehe. Ada keyakinan, Orang menikah ga bakal hidup sengsara selama kita mau berusaha. Kalau ada orang nikah tapi hidupnya tetap susah mungkin dia hanya ungkang-ungkang kaki ga mau berusaha, Kalau toh sudah berusaha tapi tetap susah..... Mungkin itu ujian dari ALLAH untuk kita agar tetap ingat denganNYA. hehe sok pinter.....

Singkat cerita saya menikah 3 tahun lalu di usia 25 tahun dan suami saya 30 tahun. ALLAH memang maha pemurah, semua terasa mudah setelah menikah.. Waktu itu, suami saya daftar ke TAIWAN sudah hampir 2 tahun tidak ada panggilan. Setelah kami nikah 3 bulan tiba-tiba ada panggilan dan sebulan kemudian suami saya berangkat ke TAIWAN. Dan satu keajaiban lagi, uang jaminan yang sudah masuk ke penyalur tenaga kerja (calo) bisa kembali sekitar 75% padahal tidak ada kwitansi. Kebanyakan yang terjadi, namanya uang kalau sudah di pegang calo 99% ga mungkin kembali. Tapi alhamdulillah..... "YANG NAMANYA REJEKI TAK AKAN LARI KEMANA". Dan alhamdulillah, meskipun  jatah buat orang tua berkurang, tidak seperti dulu lagi. Tapi beliau bisa hidup cukup dengan hasil keringat beliau sendiri. Dan saya sendiri rejekinya melimpah karena selain saya punya gaji sendiri, suami saya juga kasih jatah saya. Kata pepatah "PANCURAN meskipun airnya iwis-iwis( ga deras) kalau bermata dua ember pun  akan cepat penuh isinya". So, bagi anda yang sudah siap menikah, jangan takut untuk melangkah. Jangan takut hidup susah karena ALLAH akan memberi rizki dari jalan mana saja tanpa kita duga. SUKSES UNTUK KITA SEMUA ^_^.

Posting kali ini saya buat untuk mengikuti Giveaway "ANGKA 100" yang diadakan oleh Seorang ibu rumah tangga tapi menyempatkan diri untuk nge blog. Ibu Dey dari Bandung. Saya ga berharap harus jadi pemenang tapi saya hanya ingin berbagi pengalaman. Syukur-syukur kalau menang.... haha Ngarep.com

32 comments:

  1. massa ???
    pingin cepet cepet neh ane :D
    PERTAMAX !!!

    ReplyDelete
  2. kwkwkwkwk Si Bhotol Ronda niye,,,,,, Langsung maen samber aja. Buruan ntar ga kebagian xixixixixi

    ReplyDelete
  3. hahah gi gak bisa tidur ... puyeng nyari themplate yang elegan tapi minimalis :P
    tapi malas juga kudu ngedit lagi hvfftttttt

    ReplyDelete
  4. Haiah,,,,, Orang antik senengannya otak atik ga bisa diem haha....

    ReplyDelete
  5. antik opoe ......
    mumet buandung udem tenan kieh :'(

    ReplyDelete
  6. Kalo bahas nikah, saya jadi pengin segera untuk menikah hehe

    ReplyDelete
  7. Bhotol@ ANtik soale ga ada tunggale xixixixi. Disini puanas, ujan pisan hikz


    Kamal Hayat@ Ya segera saja jngn di tunda2 hehehe
    Makasih Kunjungannya :)

    ReplyDelete
  8. Assalamu'alaikum
    kekhawatiran dan ketakutan membangun rumah tangga karena faktor ekonomi banyak menginggapi setiap individu dan itu adalah manusiawi dan wajar. Dan kenyetaannya kalo kita tawakkal, maka semua jadi lancar. Apalagi nikah adalah ibadah maka akan ada banyak kemanfaatan duniawi dan akhirat untuk itu.
    Saya dulu nikah usia 25 tahun, langsung berangkat ke Pontianak dengan bekal seadaanya, kenyataannya Alloh banyak memberikan kemudahan untuk kami. Sedikit tapi membuat bahagia dan barokah, inilah nilai plus pernikahan.

    moga menginspirasi banya orang dan tentunya menang ya Mbak.

    ReplyDelete
  9. Mas Djangan pakies@ betul, bnyk sekali berkah dari menikah. Asal kita mau tawakal seperti kata pean. Sering kita berfikir bs hidup cukup dgn berstatus lajang. Tp trnyt tidak, mslh ekonomi jauh lbh baek stlh nikah. Xixixi
    Makasih supportnya :)

    ReplyDelete
  10. hi mbak, makasih udah ngeramein acara saya ...

    Bener tuh, dengan menikah semua jadi mudah, selama kita ikhlas menjalaninya.
    Tapi kalo memang belum dapet jodonya, itu udah urusan Allah. Pokoknya kita sih usaha terus ya cari pasangan .. :)

    ReplyDelete
  11. keinginan married sih dri dulu udh ada,...
    tp mslhny yg mau diajak married blom ada ...hehehe

    ReplyDelete
  12. Bu Dey@ trima ksh sudah memberi kesempatan kpd saya. Memang manusia wajib berusaha, Allah menentukan :). Moga acaranya lancar. Amiin

    Insomnia@ deng dong. . . . Anda blm dpt giliran. Sabar ya. . , xixixi

    ReplyDelete
  13. Saya komentar tapi nda berkualitas, karena masih bingung tentang artikel ini soalnya masih lama lagi saya ..
    hahahaa. .. :)

    ReplyDelete
  14. Assalamualaikum, Mba Tarry..
    salam kenal... ^_^
    semoga beruntung di kontesnya Ibu Dey... :-)

    ReplyDelete
  15. Mbk Tari, jikalau diperkenankan, saya ingin sedikit ber-opini tentang pernikahan.
    Bagi kami(kaum lelaki), menjalin pernikahan begitu membutuhkan banyak persiapan.
    Karna selain harus memenuhi kebutuhan materi, kamipun harus mampu memenuhi kebutuhan ruhani.
    Dimana dalam bahtera rumah tangga, kami sebagai kaum lelaki, telah dituntut menjadi seorang pemimpin.
    Dan mempimpin rumah tangga lebih sulit daripada memimpin ribuan prajurit dalam medan perang.
    Sepertihalnya yang pernah ditegaskan mantan Presiden kita(Alm. Soeharto),
    "saya telah berhasil menjadi pemimpin negara, namun saya telah gagal menjadi pemimpin dalam rumah tangga."
    sebab itulah, bagi kami(kaum lelaki), harus lebih mendewasakan diri sebelum menuju kursi pelaminan.
    Agar dapatnya kami menjadi pemimpin, pembina, dan figur yang baik bagi keluarga.
    Dan tentunya, bukan hanya soal materi, namun juga harus lebih mempertebal nurani.
    Sekian terimakasih.

    ReplyDelete
  16. Mas Deny@ minggir dulu, anak kecil ga boleh ikut haha

    Mbak Thia@ wa'alaikumslm slm kenal jg :)
    Amin. . . Smg mbak jg menang hehe

    ReplyDelete
  17. Insomnia@ yup betul jg ya, makasih tambahannya :). Ya, karena saya wanita mikirnya ga sampai kesitu xixixi. Mgkn benar kata pean, nikah ga hny sebatas materi tp jg nurani. Makanya saya blng hrs siap lahir batin. Solusinya perbnyk ilmu n perkuat iman x ya. Biar punya pondasi rmh tangga yg kuat sehingga tergapai keluarga sakinah mawadah warohmah. Amiin
    Hehe

    ReplyDelete
  18. katanya setelah punya anak juga rezeki menjadi lancar lho.. setiap anak membawa rezeki masing2.. nah kalo begitu cepat punya anak donk..xixixiixixiixixxixi

    ReplyDelete
  19. Mas eel@ maunya sich cpt2 pny, tp blm sempat xixixi. Ya memang tiap anak pny rejeki msng2, ada yg rejeki melimpah ada yg bikin susah. Tp semua trgntng bgmana ortu mendidiknya hikz

    ReplyDelete
  20. memang banyak kemudahan kalau udah nikah

    ReplyDelete
  21. betul, kita harus betul2 selektif dan berfikir matang, karena pernikahan itu sangat penting, dan jgn sampe salah pilih . . :)

    ReplyDelete
  22. Insya Allah saya segera nyusul mbak
    (eh nyusul kemana?)
    segera nikah maksudnya

    ReplyDelete
  23. Mas Mawardi@ iya benar sekali.... saya sudah membuktikan tp berusaha n berdo'anya jngn ampe lupa. Hehehehe

    Ladida@ iyap,,,,, pilih2 dipilih dulu sebelum melangkah tp jngn kebanyakan milih ntar malah ndak kepilih xixixixi

    MasJier@ ALhamdulillah..... selamat semoga cepet nyusul hehe

    ReplyDelete
  24. TechSega@ hehehe iya betul, nikah itu ibadah tapi jangn di telan mentah2 kata2 ini. Bisa2 anak SD juga minta nikah xixixixiixi.
    Lsng ke TKP gan.... :)

    ReplyDelete
  25. Hiks.. jgn nyindir donk mba e... sy belum nikah.. gkgkgk.. :D

    ReplyDelete
  26. aku rasa menikah akan jadi banyak masalah gan, cobaan maksudnya
    sekaligus banyak berkah yang didapat

    ReplyDelete
  27. Mas Aris@ maaf disengaja ben pingin xixixi


    Obat Sakit@ iya juga sich.... Setiap dapat berkah pasti di sampingnya ada masalah. Itu yg saya rasakan hehehe

    ReplyDelete
  28. semoga ketika sudah ada kemauan dan kesanggupan, dimudahkan olehNya tuk menyempurnakan setengah Din ini

    ReplyDelete
  29. semoga ketika sudah ada kemauan dan kesanggupan, dimudahkan olehNya tuk menyempurnakan setengah Din ini

    ReplyDelete
  30. Mas Ibnu@ AMiiiiin semoga tercapai apa yg di harapkan :)

    ReplyDelete
  31. Mbak, masih di Hongkong ya ? Minta alamat Indonesia ya, mau kirim hadiah nih ... nama dirimu termasuk salah satu yang menang ..

    ReplyDelete
  32. hihi..nikahnya umur 25 ya mbak?
    saya dong umur 19 tahun..wkwkwkwk

    *apa coba~*

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...