Sunday, July 3, 2011

BERKARYA TANPA GELAR SARJANA

Posting yang lalu ada sahabat yang salut dengan saya (halah GR). "TKW kok menyempatkan diri untuk nge blog, belajarnya sama siapa???". Dari comment itu jadi tertarik untuk membuat posting kisah sukses TKI/TKW. hihi semoga mampu. Amiiiin

Kenapa saya bisa ngeblog meskipun saya seorang TKW??? Lihat kisahnya DISINI. Dan Orang yang telah mengenalkan saya dengan dunia Blog yaitu Kang Alie Lonk dan Mas Yatnoz yang dengan sabar membimbing saya lewat chat (kadang tak tinggal tidur hikz). Kebetulan 2 orang tersebut kerjanya di Malaysia. Bukan jadi kuli lho. Mas Yatnoz bekerja di salah satu perusahaan di Malaysia (perbatasan brunei) sebagai supervisor. Hanya sebatas itu yang saya tahu. Maklum saya bukan orang yang mau tahu privacy orang hikz. Untuk sementara ini Mas Yatnoz mogok dari ngeblog. Tapi dari beliau saya belajar banyak. Ga hanya tentang blog tapi tentang berbagai hal. Terima kasih mas Yatnoz.......


Nach......seperti janji saya diatas, posting kali ini saya akan meng obok-obok kisah seorang Blogger dan kuli yang sering mengungkapkan kritiknya kepada pemerintah lewat puisi-puisinya (langsung ke TKP).  Kang Alie yang tidak mau di bilang guru ini punya semboyan "BUAT APA SEKOLAH NEK ORA PINTER". Saya belajar banyak hal darinya. Kang Alie dengan sabar membantu saya terutama masalah blog lewat chat. Bisa dibilang saya agak gaptek dan lemot ga gampang ngerti kalau diajari. Tapi tetap setia membantu saya. Yach.... semoga saja hatinya ga gregeten hihihihi.

Kang Alie bukan sarjana (mungkin SD saja ga lulus hohoho) tapi mampu berkarya di negeri tetangga yaitu Malaysia. Meskipun bukan seorang Insinyur tapi  mampu menghasilkan karya spektakuler berupa HOTEL. Pernah dengar juga, tulisan-tulisannya yang berupa puisi dan cerpen sudah diterbitkan. Tapi untuk koleksi pribadi atau untuk dijual saya kurang tahu. Yang jelas bukunya belum sampai HongKong. xixixixi. Inilah beberapa karyanya yang sekarang berdiri megah di malaysia. Lebih lengkapnya bisa anda intip di album Facebooknya yang berjudul Aku hanyalah antara puisi dan kuli.
Hotel Suan Bee.Tmn Sutera Utama,Johor Bahru.
Inilah hasil karya dan titik peluh tahun 2007/2008- Alie Lonk cs (U&I Quality).  
"Terus terang inilah job pertamaku membangun sebuah hotel" katanya.

Hotel Vistaria.Tmn Austin Height (Mount Austin),Johor Bahru.
Karya Alie Lonk cs (U&I Quality) ditahun 2008/2009.
"Job kedua tuk belajar merentangkan sayap kecilku" katanya.
Hotel S Bee. Tmn Munsy Ibrahim. Johor Bahru.
Opening soon.Terbaru di 2011
"Disinilah sekarang puisi aku pancangkan ditiang angan" katanya.

Luar biasa bukan???? Orang ini waktu di Indonesia jadi bahan olokan. Karena  tidak sekolah dan mungkin tidak mampu mendapatkan gaji gede. Yang sempat membuat saya tertawa ngakak adalah ucapannya yang dikasih nama 'M10' disingkat Madep Manteb Mangan Melu Morotuwo. Morotuwo Muring-Muring Mlayu Menyang Malaysia. Sekarang pelariannya membawa kesuksesan dan bisa membawa anak istrinya ikut serta ke Malaysia.

Orang selalu mengandalkan pendidikan sebagai patokan untuk mendapatkan kesuksesan. Bahkan cenderung, hanya yang punya gelar sarjana yang bisa mendapatkan posisi wah di sebuah perusahaan. Kalaupun ada orang tanpa gelar bisa mendapatkannya, mungkin hanya sebagian kecil saja karena faktor keberuntungan dan kecerdasan pastinya. Jangankan yang tanpa gelar, yang punya gelar pun kadang hanya bisa jadi pegawai rendahan. Mungkin inilah salah satu faktor kenapa banyak yang milih kerja di luar negeri. Yach..... karena di Indonesia gelarnya tidak dihargai. Yang lebih keren sekarang, untuk mendapatkan posisi layak sederet angka 7 digit bahkan 8 digit harus dipenuhi. Sekolahnya sudah mahal, untuk mendapatkan kerja juga mahal. Intinya "Kaya dululah kalau mau jadi orang kaya". Weleh-weleh, mungkin setelah kerja bukan sibuk mikirin pekerjaan tapi mikirin bagaimana duitnya bisa kembali. "Eittttts jangan emosi ga semuanya seperti itu kali....." hehehe.
 
Cukup sekian celoteh saya. Disini saya tidak bermaksud menghina atau menjelekkan siapapun. Ini hanyalah suara hati seorang TKW yang lebih tepatnya terpaksa harus lari ke luar negeri. Bukan karena ga bisa makan atau karena hidup kekurangan, tapi karena ingin mendapatkan gaji jutaan. Agar bisa membangun sebuah usaha di Indonesia. Dan bisa mengurangi pengangguran yang saat ini merajalela. Semoga Allah mendengar setiap barisan do'aku. Amiiiiiiiin

59 comments:

  1. wahahaha sip sip mantabz, apakah seorang ahli mesin selalu berkecimpung di dunia mesin?

    apakah seorang dokter harus melototin jarum suntik dan obat2an farmasi ...

    blog adalah media siapapun dia, berhak untuk meng-explore kemampuannya dan tentu saja dalam bentuk tulisan / karya karya lain ...

    tak ada batasan untuk berkarya, karena karya atau seni itu tidak bisa dipaksakan ... salam silaturahmi tanpa kenal kasta bahkan isi dompet !!!

    ReplyDelete
  2. bener mbak, orang indonesia itu kebanyakan gak bisa ngehargain anak-anak bangsanya yang punya potensi, disini sengsara di luar sejahtera, mungkin itu prinsipnya.
    Tapi memang kenyataan di masyarakat begitu, toh orang yang tidak sekolah bukan berarti tidak punya potensi untuk dikembangin, :) contohnya ya Kang Alie itu, taraf kepandaian seseorang bukan dilihat dari gelar atau titel, tapi dilihat dari pengalamannya bukan? buat apa titel S2 tapi cuman titel dan di otaknya kosong momplong :D

    ReplyDelete
  3. salut mbak
    walau di negeri orang mereka masih bisa berkarya. Tentunya gelar dan titel tidak menjamin kesuksesan seseorang. Yang penting usaha dan doa. Jadi tidak boleh mengejek orang yang sekolahnya tidak tinggi. Nah itu buktinya yang ada di malaysia bisa bikin hotel. Betul nggak mbak

    oh ya satu lagi salut dengan semboyan M10-nya hahaha lucu banget

    ReplyDelete
  4. mbak tarry, ada award buat mbak ratty di blog saya: http://dakapuchino.blogspot.com/2011/07/normal-0-false-false-false-in-ja-x-none.html bisa diambil mbak :D

    ReplyDelete
  5. Wah...mantabz kisahnya, bisa untuk dicontoh
    Kalo punya titel tapi ga punya skills dan pengalaman, ya bisa saja kalah dengan orang model Kang Alie. Apalagi kalo titel ato gelarnya cuma beli
    btw M10-nya lucu banget..^_^

    ReplyDelete
  6. Ngakak pas baca singkatan M10 nya.. secara saya wong jowo ya tahu artinya itu apaan.

    saya selalu salut sama orang2 yang terlihat kurang pendidikannya tetapi malah pinternya melebihi orang yang berpendidikan..

    mampu berkarya dengan keren pula.
    yak, bener..nggak perlu sekolah tinggi2 kalo mau jadi orang kaya.. yang penting gimana make otaknya plus banyak pengalamannya.. pasti lah kalo usahanya keras jadi sukses juga

    *aku kiy ngomong opo yo?*

    ReplyDelete
  7. Mas brigadir@ jawabannya
    tidak. Aq lulusan akuntansi
    kerjanya itung2 duit belanja
    xixixi.
    Thanks supportnya, blog
    tempatku menyalurkan inspirasi
    Mas andaka@ makasih awardnya
    ya,
    Memang jauh lbh berharga TKI
    berotak sarjana drpd sarjana
    berotak kuli karena ijazahnya
    kdng beli

    ReplyDelete
  8. Hem cerita nan inspiratif,begitulah dunia mbak dngan beribu cerita ada yg meraih kesuksesan di tanah orang ada pula ditanah sendiri.Soal sekolah tak sekolah saya menilai sekolah sekarang memang bukan untk menciptakan lap.kerja tapi mencari kerja.itu yg saya bisa simpulkan di Indonesia saat ini.Tapi saya tetap sekolah dgn impian bisa meraih sukses bukan dengan menjadi bawahan tapi menjadi atasan hohoho

    ReplyDelete
  9. Masjier@ yup betul se x. Kdng
    otak cerdas jd sesuatu yg
    mubadzir karna gelar n uang yg
    di utamakan. Tp di luar negri
    kecerdasan yg dihargai tnp liat
    latar belakang.
    M10 nya jgn dicontoh lho xixixi

    Ria haya@ idem ama masjier ya'
    hehehe

    Mas gaphe@ haha sok jawani
    euy. Ini ngomong apa pidato?
    Panjang amat hohohor karna gelar n uang yg
    di utamakan. Tp di luar negri
    kecerdasan yg dihargai tnp liat
    latar belakang.
    M10 nya jgn dicontoh lho xixixi

    Ria haya@ idem ama masjier ya'
    hehehe

    Mas gaphe@ haha sok jawani
    euy. Ini ngomong apa pidato?
    Panjang amat hohoho

    ReplyDelete
  10. Randy@ seeep
    Pendidikan+kecerdasan+ keberuntungan pasti impian bisa diwujudkan. Amiiiin :)an bisa diwujudkan. Amiiiin :)

    ReplyDelete
  11. Thanks ya Mbak sudah berbagi kisah ini...

    Bahwa GELAR SARJANA bukan patokan seorang bisa berkarya, terus berkarya ;)

    ReplyDelete
  12. mbak m10-nya artinya apa sih ?

    wah sumpah keren banget dan salut.
    sampai speechless deh mau komentar apa.

    ReplyDelete
  13. jadi inget buku yang judulnya "Menjadi Sukses tanpa Gelar"

    dimana yah bukunya sekarang... :D

    Kisah yg penuh inspiratif mba, semoga bisa dijadikan motivasi untuk bisa lebih berkarya lagi

    ReplyDelete
  14. Mbak yunda@ kisah ini bisa jd motivasi buat mereka2 yg ndak punya gelar sarjana trmasuk saya xixixi

    Fiction's world@ M10 intine makan tidur ikut mertua tanpa krj, makanya mertua marah2 n akhirnya lari ke malaysia. Hehe

    Mabruri@ was saya malah blm pernah baca hehe.
    Tetap berkarya tuk mengharumkan nama bangsa hehe

    ReplyDelete
  15. Kaya dululah kalau mau jadi orang kaya... Kutipan yg menarik

    ReplyDelete
  16. semangat terus mbak saya siap membaca semua kisah tentang TKW, tidak hanya tentang kisah sedihnya, kisah senang juga pasti ada dong...

    ReplyDelete
  17. Semua orang bebas untuk menulis dan membuat blog. Malah dianjurkan bagi siapa saja. Salam kenal

    ReplyDelete
  18. meskipun tanpa gelar tentu akan sangat berguna bagi diri sendiri dan orang lain disekitarnya minimal gan

    ReplyDelete
  19. Naufal@ bener khan??? Mau jadi pegawai kudu bayar puluhan juta khan??? hehehe

    Mbak Hani@ Hehehe makasih, tapi akan segera berakhir nopember tahun ini hehehe

    Horizon@ Yup benar,,,, itu hak kita sebagai Blogger toh hehe, Makasih kunjungannya :)

    ReplyDelete
  20. Current Info@ Happy Blogwalking :)
    makasih kunjungannya

    Obat Sakit@ Betul Gan,,,, pengalaman adalah guru paling berharaga. Tidak harus belajar di sekolah hheee

    ReplyDelete
  21. Permisi.... kunjungan perdana di t4 ini.. ijin follow ya..

    ReplyDelete
  22. keren postingannya. benar jg. kadang keberuntungan, potensi dan apa yg kita gapai tak mesti slalu karna pendidikan tinggi.

    dengan doa, niat dan usaha.. smua pasti trwujud. asal sungguh^^

    ReplyDelete
  23. Prestasi seseorang memang tak dapat dinilai dari gelar kesarjanaan semata. Banyak hal yg bisa mengantarkan seseorang ke jenjang keberhasilan, salah satunya memang pendidikan tapi itu bukan satu2nya.

    ReplyDelete
  24. Cikal ananda@yup makasih ya :)

    Dhe & mbak reni@ iya betul, bnyk jalan menuju roma "kata pepatah" hehe
    Makasih kunjungannya

    ReplyDelete
  25. Selamat pagi sahabat tercinta,
    Semoga anda selalu sehat dan bahagia.
    Saya sampaikan kabar gembira bahwa anda mendapat tali asih berupa sebuah buku berjudul Semiliar Cinta Untuk Ayah
    karena artikel anda terpilih dalam ADUK di BlogCamp.
    Silahkan segera mengirimkan nama dan alamat lengkap untuk pengiriman tali asih tersebut
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  26. Waah makasih pakdhe. . . .
    Ga nyangka artikel saya kepilih hikz
    Alhmdllh. . . . :)

    ReplyDelete
  27. betul mbak.. menghargai sesuatu itu lebih baik daripada cuma sekedar menilai, banyak potensi di negeri kita lari ke negeri orang karena disini jerih payah mereka kurang dihargai.. salam

    ReplyDelete
  28. maaf baru berkunjung lagi. selamat ya sudah menang ADUK

    ReplyDelete
  29. Mas faja@ betul se x. Bg
    mereka yg pny uang puluhan
    juta mending buat biaya ke luar
    negri drpd dftr pegawai negri
    hehe
    Mbak lidya@ makasih
    mbak. . . :)

    ReplyDelete
  30. Siapa tuh yang bilang "TKW kok menyempatkan diri nge-blog?"
    Sombong sekali atau tak sengaja, tuh?

    ReplyDelete
  31. Mantab banget kisahnya mb'. Foto-foto hotelnya bagus banget.

    Di luar negeri mereka bisa berkarya. Tetap harus disertai dengan usaha & doa. Kunfayakun terjadi maka terjadilah jika Allah menghendaki. :)

    ReplyDelete
  32. Gelar sarjana memang hanya sebuah gelar gak bisa dijadikan patokan, kalau orang sarjana itu pasti sukses
    pacarku dia bukan seorang sarjana tapi dia kepintarannya melebihi aku yg udah mengantongi gelar sarjana
    kadang aku jg jadi malu sama dia :">

    ReplyDelete
  33. Mbak susi@ dia blng bgt karna TKW identik dngn sapu,pel n wajan hehe.

    Mas Deny@ iyap betul, usaha n do'a hrs itu. Di malaysia mayoritas hasil karya anak bangsa lho. Masio kuli hehe

    Mbak Ria@ walah2 diumpetin aja tuch gelar biar ga malu xixixi

    ReplyDelete
  34. Mbak ? Ini membuatku bersemangat mencari Robin yang sebenarnya, salam hangat sore hari mbak ! Kumawayo.

    ReplyDelete
  35. Obin@ nah gt donk. . . .semangat
    Jgn kuliah untuk mendapatkan krj. Tp kerjalah biar bisa kuliah hohoho
    Krj apa kuwi?

    ReplyDelete
  36. bingung mbak ? Mau kerja apa ? saya belum menemukan ilham.

    ReplyDelete
  37. rusaknya negara ini gara-gara kumpulan orang-orang yang punya title loh hehehe

    salam buat saudara-saudara Indonesia yang ada di sana ya

    ReplyDelete
  38. Betul Mbk.. Gak sarjana ataupun Gak lulus SD pun bisa berkarya..Semua Orang punya hak untuk Berkarya..

    Seperti bill gates dia jug gak tamat sma..tapi apa..??

    Emng harus punya niat baek dan tekad yang tak kenal putus asa untuk mencapai kesuksesan itu..hehehe tapi berat klo bukan krn kesadaran..

    (Kok jadi ngawur gini)
    udah di follow mbk no.88 follow back ya..heheh

    sukses slalu mbk..

    ReplyDelete
  39. hebat banget ya kisahnya.. pergi ke malaysia mengadu nasib
    pasti perjuangannya tidak mudah di sana.. apalagi kalo g ada kenalan..
    wahh gak bisa bayangin kl skrg sudah sesukses itu..
    smg smkn bnyk org indonesia yg sukses,,

    ReplyDelete
  40. keren banget.. saya sampai ikut speechless gak tahu mesti komentar apa...

    ReplyDelete
  41. kok bisa bikin hotel tanpa gelar sarjana insinyur?

    *linkwithin hanya bisa dipasang di bawah postingan

    *kalau plugins dari artikel blogku hanya bisa dipasang di sidebar blog

    ReplyDelete
  42. Fivyolen Qiu@ makasih hehe

    Cikal ananda@ makasih, monggo silahkan :)

    Obin@ yg sesuai dgn hatimu lho xixixi

    Mas lozz@ iyap betul, hehe.
    Wa'alaikumslm, makasih hehe

    ReplyDelete
  43. Ubae
    Best vacation
    Majalah masjid
    Cerita ini bs jd motivasi bg mrk2 yg terpaksa ga bs sekolah karna ga punya biaya hehe
    Makasih kunjungannya :)

    R10@ oh gt ta? Tp punyaku udah full pernik2 hikz

    ReplyDelete
  44. "Kaya dululah kalau mau jadi orang kaya"

    aku setuju.. kenyataan sekarang kok..:)

    ReplyDelete
  45. Mbak hilsya@ betul bngt, untuk mendapatkan status PNS aja harus punya puluhan juta hehe

    ReplyDelete
  46. Pendidikan sekolah tidak menjamin sukses tidaknya ya, belajar dari sekolah kehidupan, itulah yang bisa meraih sukses tanpa bantuan embel-embel ya,
    semoga cita-citanya tercapai, Aamiin.
    tapi saya ga ngerti artinya M10 :)

    ReplyDelete
  47. jangan cuma nulis di blog dong, bikin buku sekalian.
    Kan banyak tuh temen2 TKW di Hongkong yang sukses jadi penulis ..
    Ayo mbak, semangat !

    ReplyDelete
  48. hotelnay megah sekali gansa
    ngat indah dan mewah

    ReplyDelete
  49. aku yakin kamu bisa sukses Tar,bahkan dari dulu kuyakin soal nulis artikel, nggak ragu kamulah jawaranya.Eeemmm,,Ada tapinya....
    Jangan lupa,dan inget2 pesan Mama ya..hehehehe..

    ReplyDelete
  50. Mbak ySalma@ Amiiiin, Makasih mbak.... meskipun ga punya gelar jadi semangat hehehe. M10 itu hidup numpang mertua hikz

    Bu Dey@ impiannya sich begitu buuuuu tapi belum mampu xixixii

    Obat Sakit@ yach.... namanya jg di luar negri gan hehehe

    Kang ALie@ Tapi nya opo???? Sapa dulu dumz sing marahi haha

    ReplyDelete
  51. betul mbak memang pendidikan/titel tidak ada hubungannya dengan urusan rizki, namun begitu mencari ilmu tetaplah merupakan sebuah kewajiban, bukankah begitu ya?
    maaf terlambat komennya

    ReplyDelete
  52. kenapa yaa hari giniii gitu masih ada orang yg suka mengolok2 org lain... aaah nggak usah denger org usil kali... yg penting maju terus dlm berkarya ya nggak Tar :-D

    ReplyDelete
  53. ketawa guling2 baca kepanjangannya M10 itu..wkwkwk..soalnya saya gak tahu artinya mbak :(

    eh, tadi kirain M150..ternyata 10 aja bukan 150..

    ReplyDelete
  54. saluuut banget mbak^^
    keberanian, kekuatan menghadapi hinaan orang dengan prestasi, semoga saya bisa mengikuti segera, saya mah penakut.
    btw, bahasanya bagus lho mbak, mengalir jd enak dibaca. follow ah

    ReplyDelete
  55. The search engines then rank the websites based on its relevancy
    to the user in a fraction of the traffic will be buying your products or availing your services.
    If that sounds like a bad plan you should be able
    to land yourself the best traffic agencies India however, to keep a track of the
    sites.

    Feel free to visit my site ... search engine services

    ReplyDelete
  56. waa..nice post mba.. inspiring... ;)

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...