Thursday, July 14, 2011

Kisah Sukses Anak mantan TKW

Beberapa hari yang lalu saya sudah posting tentang TKI yang BERKARYA TANPA GELAR SARJANA di Malaysia. Kali ini saya juga akan menulis kisah anak seorang mantan TKW Arab yang juga sukses tanpa gelar sarjana. Semoga kisah ini bisa menjadi motivasi bagi pembaca semua, yang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke universitas karena masalah biaya.

Tubuh mungilnya hadir ke dunia ini saat matahari beranjak tenggelam ke peraduan. Warna keemasannya mulai tergantikan oleh kegelapan malam (Halah sok puitis). Kalau orang jawa bilang 'surup'. Seperti biasa, adat orang jawa yang suka nganeh-nganehi mengatakan "bayi yang lahir menjelang malam (surup) harus dibuang dan harus diambil orang, baru dikembalikan ke orang tuanya lagi". Maka, tubuh mungil yang masih merah itu di letakkan di tegalan (pekarangan belakang rumah). Dan seorang nenek mengambilnya lalu di serahkan kembali ke orang tuanya.


Saat usianya belum ada selapan (35 hari) ada yang meninggal dunia dan Ibu si bayi makan makanan dari rumah orang yang meninggal (bahasa jawanya: segone wong mati). Dan apa yang terjadi???? Tiba-tiba tubuh bayi mungil itu penuh dengan bintil-bintil merah, Yang kata orang namanya SAWAN. Berbagai macam obat sudah dicoba termasuk bedak Salicyll (kalau ga salah). Setelah dikasih bedak, bintil-bintil merah itu mulai kering dan mengelupas. Kulit si bayi pun mirip seperti sisik ular yang menjijikkan. Tapi setelah itu bisa sembuh dan berubah seperti kulit bayi pada umumnya.

Tidak hanya sampai disitu penderitaan si bayi, mungkin pertahanan tubuhnya kurang baik. Sehingga masa kecilnya akrab dengan yang namanya obat dan dokter. Sampai-sampai pak dokternya hafal dan kenal baik dengan dia. Bahkan pak dokter bertanya "putranya cuma satu ya bu??" Padahal bayi itu punya kakak perempuan. Karena sakit-sakitan mulu, dia pernah ga naik kelas waktu TK lho....

Disaat dia masih kelas 2 SD, masa-masa manja dan butuh belaian kasih sayang, Ibunya harus pergi meninggalkannya jauh ke negeri Arab. Waktu ibunya pamit mau pergi jauh, dia selalu meriang. Mungkin ga mau ditinggal, tapi Pakliknya pergi ke rumah pak Kyai dan dikasih do'a yang membuat dia tetap ceria meskipun ibunya pergi jauh. Tinggallah dia bersama ayah dan kakak perempuannya yang masih kelas 5 SD. Rupanya penyakit belum mau pergi dari tubuhnya. Setelah  Ibunya pergi, telapak tangan kanannya tiba-tiba keluar bintil-bintil yang berisi nanah. Tangan mungil itu kaku ga bisa menggenggam, apalagi kalau nanah itu pecah tangan itu semakin menjijikkan. Berbagai obat diberikan dan dengan telaten ayahnya merebus dedaunan obat dan merendam tangannya dengan air itu. Dan perlahan tangan itu sembuh.

Bersama berjalannya sang waktu, bocah inipun beranjak besar. Prestasinya di sekolah benar-benar tidak mengecewakan. Waktu SD ga tahu kenapa NEM nya jatuh tapi bisa masuk SMP negeri dan selalu masuk kelas favorit (kelas yang siswanya pinter semua). Lulus SMP dengan NEM yang lumayan tinggi, dia hanya di terima di SMK N 1 MADIUN jurusan bangunan. STM satu-satunya di madiun yang negeri. Banyak yang menghina "wong mau ngudek luluh (kuli bangunan) ae kok musti sekolah, mbok belajar sama bapakmu saja". Karena kebanyakan di terima di jurusan Mesin, Elektro tapi STM swasta. Dia tetap semangat sekolah dengan semboyan "Jurusan bangunan ga masalah yang penting negeri"

Saat dia kelas 3 STM, ibunya pensiun jadi TKW. Untuk biaya sekolah dan hidup, Ibunya  jualan jajan keliling dan bapaknya sebagai tukang bangunan. Kakaknya yang saat itu kerja di HongKong, masih masa potongan gaji tidak bisa membantu banyak. Bahkan saat harus bayar biaya kursus komputer, ibunya harus menjual cincin kenang-kenangan dari ARAB. Rupanya, kerja keras orangtuanya tidak sia-sia. Karena dia lulus STM dengan hasil yang sangat memuaskan. Dan kebetulan ada bapak temannya yang butuh tenaga karyawan.

Dengan modal nekad, dia berangkat ke Jakarta untuk memenuhi panggilan kerja. Saking nekadnya sampai-sampai sepatu saja tidak punya. Akhirnya dia pakai sepatu pinjaman untuk bertemu dengan boss. Di Jakarta dia memulai karirnya sebagai tenaga gambar yang hanya memiliki ijasah komputer dan ijazah STM. Mulai dari merangkak, berdiri, belajar melangkah, sampai akhirnya dia bisa berjalan langkah demi langkah. Mulai dari gaji kecil di perusahaan kecil hingga saat ini sudah 7 tahunan dan akhirnya dia mampu bekerja di salah satu perusahaan Kontraktor yang lumayan besar di Tangerang.

Dari gajinya yang lumayan, dia mampu membiayai kuliahnya sendiri. Saat ini dia tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Mercu Buana jurusan Civil Enginering semester 3 mau ke semester 4 di usia 26 tahun. Memang telat sich.....tapi bagi saya tetap hebat. Bayangkan saja, anak mantan TKW, anak penjual jajan keliling dan kuli bangunan yang hanya lulusan STM bisa mendapatkan posisi bagus di perusahaan tanpa ada embel-embel uang puluhan juta. Rumusnya KEBERUNTUNGAN + KECERDASAN - GELAR - UANG= KESUKSESAN.
Tuntutan pekerjaan yang membuat wajahnya lebih tua dari umurnya.
Asline emang sudah tua kali yach xixixixi

Dia bocah pesakitan itu, dia bocah yang sukses itu, dia yang sekarang jadi mahasiswa itu adalah adik kandung saya. Yang kemarin tanggal 13 juli usia nya menginjak 26 tahun. Tulisan ini saya tulis sebagai kado ulang tahun dan sebagai  bukti kebanggaan saya kepadanya. Yang mampu menunjukkan kepada dunia, bahwa jurusan bangunan bukanlah sejek-jeleknya jurusan dalam sekolahan. Kalau mau bersungguh-sungguh dalam berusaha dan berdo'a pasti ALLAH akan memberikan jalan untuk kita. So, tetap semangat.....

Happy birthday to you my brother.....
Semoga dengan bertambahnya umurmu bertambah pula kedewasaanmu
Di dekatkan jodohmu dan dilancarkan rejekimu
Pokoke sukses dunia akhirat. Amiiiiin
(Kue yang aku beli tahun lalu dan sempat cam to cam dengan dia.
Tapi tahun ini terlalu sibuk ga sempat memberi yang special buatmu
maafkan mbakmu yach........)


44 comments:

  1. wah,ade ya toh..met ulang tahun ya buat adenya ^^
    Tiada kata terlambat...moga cita2nya tercapai...

    ReplyDelete
  2. Mas I-one@ Amiiiiin, makasih ya hehe

    ReplyDelete
  3. thank you very much.... terlalu berlebihan kaka ku ini.... ini belum sukses... masih jadi kuli kok sukses dari mana... heehhehe

    ReplyDelete
  4. Enal@ maling nek ngaku penjara ya cepet penuh. Xixixixi wish u all the best pokoke

    ReplyDelete
  5. mantabz dari nol besar ketikasudah memiliki apa apa yang diinginkan semoga tetap tawadu dan sayang dengan keluarga ..

    moga dimudahkan rejekinya dan dientengkan jodohnya ...

    ReplyDelete
  6. wah,hebat adiknya mbak Tarry.
    selamat ulang tahun buat Enal aja deh

    ReplyDelete
  7. wah selamat ya mbak, semoga sukses selalu mbaknya maupun adiknya. semoga bisa jadi contoh dan penyemangat bagi yang lain.

    Selamat ultah juga buat adiknya. Moga sisa umurnya barokah bagi diri sendiri maupun orang lain

    ReplyDelete
  8. Mas fikry@ makasih ya hehe

    Mas brigadir@ amiin, skrg dia mulai lp ama keluarga gr2 mikir kawin xixixi

    FBAboysZ@ amiin makasih ya' hehekrg dia mulai lp ama keluarga gr2 mikir kawin xixixi

    FBAboysZ@ amiin makasih ya' hehe

    ReplyDelete
  9. Sampe skrang juga msh tukang skit,oy kuenya dah bulukan tuch mba,‎​​hάhά˚hά​°hά˚hά° tenang nanti dikirim2 kue yang baru.walaupun cuma gamba tapi msh anget.

    ReplyDelete
  10. Masjier@ amiin, makasih mas. Tetap semangat pokoke

    Ade'@ hahaha tau ga itu kuenya tinggal separo. Udah dimakan ama temen kmrnnya

    ReplyDelete
  11. wah lupa keluarga karena nyari jodoh.hahaha

    ReplyDelete
  12. wah met ultah ya mbak adeknya hehehe

    ReplyDelete
  13. Astagfirullah gak nyangka bgt ya mbak. Itulah yang dinamakan dunia selalu berputar.
    Selamat ulang tahun dan jangan pernah menyerah! :)

    ReplyDelete
  14. FBAboysZ@ waduh
    commentnya eror jd dobel
    xixixi. Iya skrg gi sibuk cr modal
    nikah
    Randy@ iyap makasih ya
    Inggit@ tak selamanya orang itu
    di bwh ya hehe

    ReplyDelete
  15. menjadi motivasi buat saya tentunya..
    semoga selalu sukses buat mbaknya dan juga adiknya.. dan saya ikut mengucapkan selamat ultah buat adeknya, semoga makin barokah.. aamiin

    ReplyDelete
  16. Wow, keren udah baca sampai habis. Bisa menjadi motivasi buat saya, memang ya, kecerdasan adalah kunci utama kesuksesan. Semua itu harus disertai dengan semangat dan niat yang tinggi pula jika ingin sukses. :)

    ReplyDelete
  17. Salut ama Mas Jainal, sucses tapi tetap rendah hati. Selamat hari lahir, semoga sisa umur makin barokah ya...

    Ngomong2, dah punya calon kah? Langsung tertarik mencarikan jodoh, UUuhuuukkkk...

    ReplyDelete
  18. ikut mengucapkan selamat ultah ya

    ReplyDelete
  19. Happy birthday for your brother

    He's such a great man, I wanna be like him =)

    ReplyDelete
  20. cerita yang inspiratif mbak ...
    selamat ulang tahun ya buat adiknya ya ..

    ReplyDelete
  21. Mas mabruri & mas deny@ amiin. Makasih ya. Pokoke jgn brhenti berusaha n berdo'a hehe

    @gede@ amiin, yup mau tua atau muda semua punya hak untuk belajar hehe

    ReplyDelete
  22. Mbak yunda@ kalo mau sombong apa ga ingat ama asalnya? Xixixi
    Alhmdlh sdh punya, insyaallah akhir taun mau nikah hehe

    Mbak lidya & bu dey@ amiin makasih . . . .

    Claude@ nyontoh pinternya aja jgn nyontoh sakit2annya ya xixixihmdlh sdh punya, insyaallah akhir taun mau nikah hehe

    Mbak lidya & bu dey@ amiin makasih . . . .

    Claude@ nyontoh pinternya aja jgn nyontoh sakit2annya ya xixixi

    ReplyDelete
  23. Tenang dah dapet dari ade kemarin dah dikerjain ma temen2 campus sempet marah2 dulu tuch sampe 5hari coss contek, padalah ƍäª αϑα sebsbnya cuma emag sengaj dimarain, pas hari H nya juga ƍäª ucpin padahal dah dicalling ma temen2 campuznya 1minggu untuk ngerjainnya dah buat rencananya akhirnya sukses juga puas buat dia bingung.inget pesenya tuch jangan lupa jangan lupa ibdah, jangan dah punya sepatu baru langsung lupa ‎​♓é² :p.. ♓é² :p.. ♓é² :p.. ♓é² :p ,BTW sepatu pijemman dah dibalikin blm sayang, ‎​​hάhά˚hά​°hά˚hά°

    ReplyDelete
  24. Selamat Ulang tahun ya mas enal :)

    semoga bisa jadi panutan kita semua ya mbak :), keren banget dah

    www.urkhanblog.com

    ReplyDelete
  25. tulisan yang bikin ane semangat lagi...meski ane bukan adek mbak tapi thank atas tulisan motivasinya!mantap..

    ReplyDelete
  26. Subhanalloh sangat inspiratif Kang Jainal ki, dengan tekat dan semangat, kerja keras kerja cerdas semua direngkuh. Semoga Alloh semakin menguatkannya dan dimudahkan segala urusannya

    ReplyDelete
  27. blognya kang enal kok masih kosong tibaknya hhh tadi penasaran ke tekape

    ReplyDelete
  28. dari raut wajahnya masih terlihat muda gitu gan
    btw aku ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada kakakmu gan

    Hepi Besde cacak ya semoga makin keren, makin ganteng dan banyak rejeki serta panjang umur dengan keadaan sehat wal afiat

    ReplyDelete
  29. waaah adeknya to :D selamat ultah ya buat adeknya
    betul sekali, kalau punya mimpi terkadang jangan denger kata orang yang berniat ngejatuhin ya wong yang ngejalanin dan berjuang untuk mimpi itu hanya pribadi dengan campur tangan Tuhan :D

    ReplyDelete
  30. Ade'@ awas aja ngerjainnya jngn kebablasan haha. tanya aja ama tuch orang sepatunya udh dibalikin apa belon

    Urkhan@ Amiiiin, makasih ya.... Moga bisa jd motivasi buat yg lain :)

    Arev@ Iya sama2 terimakasih kembali. Semangat ya' :)

    ReplyDelete
  31. Pak Ies Djangan Pakies@ AMiiiiiin, trima kasih do'anya hehe. Terlalu sibuk dngn kerjaan jadi ga sempat ngisi blog xixixi

    Obat Sakit@ ini adek bukan cacak gan, makasih ya.....
    Dibanding yang lain dia yg paling tua kayaknya hehe

    Fiction's world@ Yup betul, EGP dngn omongan orang, kalo kita jatuh toh mereka ga akan menolong kita kok. Tetap yakin dngn diri sendiri dan jngn lupa ama ALLAH tentunya hehehe

    ReplyDelete
  32. wow, kisahnya panjang bgt ya... tp sangat memotivasi.
    perlu dicontoh kesabaran dan kegigihannya, serta semangatnya.

    met ultah ya aku ucapkan...

    ReplyDelete
  33. selamat ulang tahun ya mba untuk adenya ^^ wah seumuran ya ma aku tp udah hebatt

    eh kuliah di mercu buana ?? aku kenal kampus itu, dulu waktu smu pernah Les bhs inggris LIA Mercu buana :D

    ReplyDelete
  34. wah benar2 menarik ceritanya,

    selamat ulang tahun moga slalu sehat dan sukses ya untuk adiknya,

    wah ini mbaknya lagi di Hongkong ya...

    ReplyDelete
  35. Citromduro@yach karna ada bangunannya, jd identik ama kuli hehe makasih ya'

    Penghuni60@ ini udah disingkat, asline 7hr 7mlm ga khan abis kisahnya xixixi

    Mbak ria@ iyap, tp ambil sabtu minggu doang hehe. Makasih ya, berati tau daerah situ dunk :)

    Mbak anisayu@ iya mbak tp udah meh pensiun hehe. Makasih kunjungannya

    ReplyDelete
  36. EPPY BESDEY ya tuk adik nya,,
    semoga sukses terus... Amiiiiiiiiiiin.

    ReplyDelete
  37. Wah, Happy B'day to ade'y sista.
    sgla yg postf n baik sya doakn buat Anda skluarga..
    to sist Tarry krya tulis Anda tetp bgs n menarik to d baca.
    sksez sllu

    ReplyDelete
  38. Niee & Cikal Ananda@ AMiiiiin, makasih ya,,,,,

    K3@ wah jadi tersanjung,,,,,, Makasih sista.
    Makasih juga do'anya
    Amiiiin yra, semoga kebaikan jg dilimpahkan kpd sista sekeluarga :)

    ReplyDelete
  39. sukses tidak tergantung pendidikan saja kok
    keuletan kayaknya lebih dominan
    banyak kok temen yang ga lulus sekolah
    belajar otodidak bisa sukses secara ekonomi

    ReplyDelete
  40. Mas Rawins@ iyap benar, tp tuntutan pemerintah kdng mengharuskan punya pendidikan tinggi untuk mendapatkan satu pekerjaan hehe
    Makasih kunjungannya :)

    ReplyDelete
  41. Salam sahabat
    Telat rek hehehe
    Best wishes for you and your brother

    ReplyDelete
  42. Terengkyu mbak Dhana :)
    Biar telat asal selamat xixixi

    ReplyDelete
  43. Wah hebat deh adiknya... Ya, jurusan apapun itu, asal belajarnya sungguh2 pasti bisa sukses! Selamat ya! :-)

    ReplyDelete
  44. Waaa adiknya mirip banget sama Mbak Tarry... *plak, yaiyalah adeknya hehe

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...