Saturday, August 6, 2011

ADA BERKAH DI BALIK PENIPUAN

Setelah hampir 2 tahun dan 2 kali pindah PT (penyalur TKI), akhirnya pemuda yang baru menikah beberapa bulan itu mendapat panggilan berangkat ke Taiwan. Gembira sekaligus sedih setelah mendapat kabar itu. Karena biaya pemberangkatan kurang 10 juta dan harus segera dibayar kalau ingin di berangkatkan. Kemana harus mencari uang 10 juta??? Sedangkan uang yang sudah masuk PT yang lama belum bisa keluar. Mau minta istri yang baru 3 bulan sampai Hong Kong dia tidak berani. Masa laki-laki harus minta ama istri??? Bukankah suami yang seharusnya menafkahi istri??? Itu yang ada dalam pikirannya. Akhirnya..... Hanya bisa diam tanpa tahu apa yang harus dilakukan.


Namanya juga sudah menjadi suami istri, seakan sudah punya suatu ikatan batin. Istrinya pun merasakan apa yang dirasakan suaminya. Setelah sedikit memaksa, dia pun menceritakan kabar itu kepada sang istri. Spontan istrinya marah sekaligus gembira. Marah karena sang suami tidak mau menceritakan masalahnya. Gembira karena akhirnya suaminya akan segera berangkat ke Taiwan. Setelah tahu masalahnya, sang istripun ikut bingung karena juga tidak punya uang 10 juta. Haruskah melepaskan kesempatan yang ditunggu hampir 2 tahun itu???

Di saat harapan mulai sirna, pertolongan Allah datang. Setelah sang istri memberanikan diri minta tolong kepada ibunya, uang 4 juta pun mampu dipegang. Memang belum cukup tapi lagi-lagi pertolongan Allah datang tanpa dia sangka-sangka. Uang dari PT yang lama keluar dan akhirnya pemuda itu dinyatakan bisa berangkat ke Taiwan dengan job di home Industri. Agak kecewa, tapi dia bersyukur bisa berangkat. Dan yang dia pikirkan, disana nanti dia punya teman dari Indonesia meskipun tak sebanyak di pabrik besar.

Singkat cerita, pemuda itu sampai di Taiwan. Apakah masalah selesai sampai disitu?? TIDAK. Pihak penyalur TKI yang mengatakan dia bekerja di home industri itu ternyata bohong. Di kontrak kerja, tertulis, dia sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT) dengan job merawat Nenek. Tapi itu hanya kontrak di atas kertas. Pada kenyataannya dia dipekerjakan sebagai kuli serabutan dan hanya dia pegawainya. Dengan gaji sama seperti PRT tanpa libur, sehingga gajinya sama dengan mereka yang kerja di pabrik. Yang lebih menyedihkan, di Indonesia dia sudah bayar 25 juta sampai di Taiwan pun harus bayar potongan gaji selama 1 tahun tapi setiap bulan masih dapat sisa gaji yang lumayan.

Shock!! itulah yang dia alami saat baru datang di rumah majikan. Pingin pulang dan tangisan. Tapi istrinya memberi semangat agar tetap bertahan. Sang Istri berkata "Ingat berapa lama kamu menunggu??? Berapa puluh juta uang yang sudah kamu keluarkan??? Apakah kamu akan berhenti sampai disini???. Bukankah kamu sudah berjanji akan membahagiakan aku??? Tetaplah bertahan suamiku, aku akan selalu menemanimu". Kata-kata istrinya bagai oase di padang pasir yang menyejukkan. Semangat itu berkobar kembali.

Hari terus berlalu, dia jalani hari-harinya dengan pekerjaan. Berkelana dari satu pasar ke pasar untuk mengantar barang dan masih banyak lagi tugas-tugas yang melelahkan yang harus dia kerjakan. Namun lelah itu seakan hilang saat suara sang istri menyambut dia pulang kerja. Meskipun dalam 24 jam hanya mampu memberikan waktu 5-10 menit untuk sang istri. Tapi kemesraan dan keharmonisan tetap terjaga dalam rumah tangganya. Ada beberapa orang yang mencoba mematahkan semangat dia. Ada Wanita-wanita indonesia yang mencoba menggodanya, ada yang menyuruhnya kabur mencari pekerjaan yang lebih layak untuk seorang laki-laki. Tapi pendiriannya tak goyah, dia tetap bertahan hingga sekarang (hampir 3 tahun).

Karena job nya sebagai PRT, makan tidur sudah di tanggung majikan. Kebetulan dia ga ngerokok dan tidak ada libur. Dan saat mengantar barang, setiap hari dia membantu seorang nenek yang baik hati untuk mengangkat barang-barang. Sebagai imbalan, nenek itu memberi uang beberapa ratus NT yang bisa buat jajan dan beli kartu telepon. Jadi gajinya utuh dan setiap 2 bulan sekali 6-8juta bisa masuk rekening istrinya. Setiap beberapa bulan sekali gajinya dipotong buat bayar pajak yang nantinya juga di kembalikan setelah finish kontrak. Sedikit memang, tapi dia dan istrinya sangat mensyukurinya. Karena banyak teman-temannya yang kerja di pabrik pada mengeluh. Katanya gajinya di potong ini itu, ada libur, ngerokok dll. Sebulan bisa nabung 2 juta saja itu sudah bagus. Saya kira kerja di Taiwan gajinya banyak, eh ternyata..... tapi memang setiap perusahaan gajinya tidak sama sich.

Selain gajinya utuh dia juga bisa menguasai 60% bahasa mandarin karena seringnya komunikasi dengan majikan. Dan yang lebih menakjubkan, dia bisa membawa mobil sendiri keliling Taiwan ngantar barang. Hal yang tidak bisa didapatkan oleh TKI lain yang bekerja di Pabrik. Orang yang waktu berangkat hanya berbekal buku bahasa mandarin dan tidak bisa apa-apa itu sekarang bisa nyopir, bisa ngelas dan bisa berbicara bahasa mandarin dan punya istri yang selalu setia menemaninya. Tak terdengar lagi keluhannya meskipun sangat berat perjuangannya. Dia menyadari bahwa RENCANA ALLAH JAUH LEBIH INDAH DARI YANG DIA BAYANGKAN. 


Saat ini dia sedang menunggu kontraknya yang akan selesai 3 bulan lagi. Yach.... bulan nopember dia akan pulang bersama istrinya tercinta. "Lho Mbak Tarry khan juga pulang bulan 11????" Iya..... karena istri yang setia menemaninya disaat-saat sulit itu adalah saya sendiri. Dan pemuda yang mampu bertahan disaat-saat sulit itu adalah suami saya. Hehehe.

ALLAH TIDAK AKAN MEMBERI COBAAN MELEBIHI KEMAMPUAN KITA
JANGAN PUTUS ASA, TETAPLAH BERTAHAN
TETAP BERUSAHA DAN BERDO'A
 PASTI ADA KEMUDAHAN DI BALIK KESULITAN


41 comments:

  1. Subhanallah.. menyentuh sekali, dibalik lelaki hebat selalu ada istri yang mendukungnya. walaupun mengalami masa-masa sulit, tetapi ternyata semua terbayarkan.. asal selalu ingat bahwa kita tidak sendiri, dan selalu yakin bahwa Allah tidak akan memberikan beban selain yang bisa ditanggung hambaNya. maka Insya Allah semuanya indah,

    dengan bersyukur..

    a very nice - real story!

    ReplyDelete
  2. Mas Gaphe@ Istri yg berperan di balik layar kdng2 bisa menentukan sukses tidaknya seorang suami. Makanya mas gaphe cepetan cari istri. Lho kok jdi ga nyambung Xixixi

    ReplyDelete
  3. weh belajar banyak dari postingan diatas walaupun belum punya istri hahaha

    ReplyDelete
  4. Pelajaran yang sangat berharga saat membaca disini,.. makasi ya,.

    ReplyDelete
  5. Salam sahabat
    Memang terasa sakit atas nama penipuan tapi yakin setiap peristiwa ada hikmah siip dech ceritanya
    Btw mbak Tary bercanda kan kalo gak iso masak Indonesia lhawong dirumah cat cat ring ring gitu hehehe

    ReplyDelete
  6. Perjuangannya ternyata berat juga ya mbak. Semoga mbak dan suami akan segera berkumpul kembali dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT

    ReplyDelete
  7. Andaka@ disimpan dl buat ntar lho xixixi

    Mbak dhana@ cat cat ring ring bukan berati harus pnter masak khan? Aq khan pemegang sahamnya doang xixixi. Dulu ga bs skrg lupa mbak

    Cikal ananda@ semoga bermanfaat hehe

    Coretan hidup@ yach memang berat tp diambil hikmahnya saja lah hehe

    ReplyDelete
  8. Perjuangan yang berat dan panjang ya mbak, Allhamdulillah membuahkan hasil. Kalau di Jakarta jangan lupa kabar2i ya:)

    ReplyDelete
  9. Allah selalu bersama orang-orang yang sabar. hanya bisa mengatakan seperti itu... sulit emang berurusan dengan penyalur TKI yang gak bener, Insya Allah pada akhirnya yang sabarlah yang mendapat kemenangan...

    ReplyDelete
  10. banyak kejadian seperti ini di alami sodara dan tetangga tetanggaku.

    ReplyDelete
  11. Mbak lidya@ beratnya
    perjuangan anak manusia yg
    ingin bahagia xixixi. Iya
    insyaallah nanti di kbri mbak

    Mas wahyu@ tetap tersenyum
    disaat susah. Itu yg bener hehe

    Mbak ami@ sabarnya itu lho yg
    susah hehe. Tp alhmdlh di antar
    sampai taiwan. Ada jg yg
    dilempar ke hutan hehe

    Mr nyariadi@ skrg yg bnyk
    calling visa, sebulan bs brngkt.
    Tp ya itu td kdng gaji tak
    mencukupi hehe

    ReplyDelete
  12. Wah cerita nyata yang sangat menyentuh sekali. Sebagai seorang calon suami saya juga tidak boleh kalah nih, terus berjuang sampai akhir. mohon doanya ya mbak dan sahabat semua.

    ReplyDelete
  13. apa yang baik menurut manusia belum tentu baik dihadapan Tuhan, apa yang dipilihan Tuhan untuk manusia tentu yang terbaik bagi manusia, walau kadang pada awalnya sangat berat dirasakan bagi manusia, orang yang bersabarlah yang akan bisa merasakan kemurahan dari Tuhannya.

    ReplyDelete
  14. Bersabar, ikhlas,dan terus berjuang, itulah hikmah yg dapat saya ambil dari cerita Mba Tarry
    Moga bisa berkumpul dg suami segera di tanah air ya Mbak :)

    ReplyDelete
  15. Mas jier@ hayu semangat jngn menyerah. Slng mendo'akan smoga kita sll tabah menghadapi cobaan :)

    Pakde sulas@ betul bngt kata njenengan. tp kalo disuruh sabar dan ikhlas kok susah hehe

    Mbak riya@ hehe smoga bs jd motivasi buat semua

    ReplyDelete
  16. sabar dan ikhlas emang ga isa hanya di mulut tapi harus di hati, makanya susah... tp mb tary pasti bisa.. :)

    ReplyDelete
  17. Ya tuhan, yg pasti sya trharu
    n salut bgt dgn sista
    keren. smangat!
    sksez sllu, tuhan sya pda qta smua.
    prjlanan khdupn yg luar biasa
    mampu mlewatinya
    dgn tabah n mnrima..
    so sweet, lnggeng n jodoh ya sist sma suaminya.
    aminnnnnn..
    sya acungi jmpol!

    ReplyDelete
  18. dibalik kesulitan ada kemudahan, ini sunatullah

    sekarang kita tinggal sabar dan tawakkal kepada Allah

    ReplyDelete
  19. bener banget mbak, dibalik laki-laki hebat selalu ada wanita hebat di sampingnya.. semangat terus ya mbak!! semoga segera merapat kembali ke Indonesia.. :)

    ReplyDelete
  20. ahh aku terharu mba bacanya
    aku salut banget deh sama mba dan suaminya
    bisa mempertahankan pernikahan walaupun berjauhan
    mau nyontoh mba tarry deh hehe :D

    ReplyDelete
  21. Meidy@ susah tp berakhir indah hehe

    R10@ udah jd 1 paket kali yach xixixi

    K3 & mbak ria@ makasih supportnya, smg bermanfaat buat pasangan2 longdistance hehe

    Dhenox@ makasih do'anya ya. . . . .hehe

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah.... saya hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk kalian berdua dan ikut senang. :)

    ReplyDelete
  23. terharu ,hampir menitikkn air mata,,ups tapi di tahan gak jd,, cos sy laki2,,:)

    ReplyDelete
  24. Salut sekali dg perjuangan dan kesabarannya selama ini. Semoga semua itu makin menguatkan ikatan pernikahan yg telah terbina ya?

    ReplyDelete
  25. Jujur saja, Saya sangat terkesan dengan orang-orang yang bekerja di tempat jauhhh...

    ReplyDelete
  26. cieee mbak Tarry :) setuju sama bang Gaphe, dibalik lelaki hebat ada wanita hebat yang mendampinginya :)

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Aaaww ... Ceritany mngharukan,,
    Suerr! Sya terharu bgt mba'

    Sprti yg prnh sya tulis jg, bhwa hdup ini pnuh dg tntangan. Dan jk mnusia itu mmpu mngalahkn tntangan itu, mka ia akn mjd subyek dri stiap situasi. Nmun bila ia klah, mka ia akn mjd obyek dri situasi.

    Jk di fkirkan, bnar-bnar btapa jhatny situasi akn mngancam dan mnantang mnusia. Mnusiapun tdk mmikirkan lg, bhwa situasi yg baikpun pd prmulaanny akn mmbikin otak mnusia mji sinting krn pristiwa-pristiwa yg tdk disangka-sangka.

    Salut bwt suami mba'! yg telah mmpu mjd subyek dri situasi.

    ReplyDelete
  29. Mbak reni & trimakasih do'anya mbak hehe

    Fiction's world@ jiaah melu2 ae xixixi

    Tkng pos@ hehe trimakasih, kami trmasuk yg krng beruntung kayaknya shngg butuh perjuangan hehe

    ReplyDelete
  30. Al kahfi@ hoho kaya cewe aja xixixi

    Asop@ makasih supportnya

    Sandy@ wuih komplit bener penjelasannya. Aq hny ingin jd pemenang bukan pecundang xixixi
    Makasih yaa

    ReplyDelete
  31. Keren banget ceritanya...yah, memang segala sesuatu akan indah pada waktu-Nya...

    ReplyDelete
  32. sudah kutebak ini pasti kisah pengalaman kamu. hehee..mantap...saya aja gak fasih bahasa Mandarin.

    ReplyDelete
  33. Dari kesabaran, dan akhirnya berbuah manis :')
    Bener-bener keren :'D

    ReplyDelete
  34. Keven@ betul. . . . Yg pntng jangan mengeluh hehe

    Mbak fanny@ di blng fasih ya blm tp ngerti gt lho hehe

    Iam@ masih kecut blm berbuah manis xixixi

    ReplyDelete
  35. subhanallah....
    mantap mbak.....

    hidup adalah teka-teki dan kejutan....

    ReplyDelete
  36. subhanallah, memang selalu ada hikmah kalau kita sabar y mbak, jadi ingat wejangan orang2 tua kalau setelah puasa pasti ada hari raya.

    selamat berkumpul dengan suami tercinta mbak.

    salam dari malang.

    ReplyDelete
  37. Subhanallaah... Teraduk2 hatiku baca kisah ini! Jadi mupeng..!! Ya Allah, semoga nanti dapet suami yang sholeh, bertanggung jawab dengan keluarga. amin... Barokallaah ya bwt Mbak Tarry sekeluarga :)

    ReplyDelete
  38. nice story....
    Semoga menjadi keluarga yg selalu mendpat pertolongan Alloh SWT...

    ReplyDelete
  39. mengharukan sekali kisahnya Tarry...
    banyak hikmah yg bisa diambil dari kisah Tarry dan suami...

    yg paling kurasa adalah betapa berartinya dukungan seorang istri terhadap kesuksesan suami...

    Seneeeng deh kalau baca kisah suami istri yang saling menguatkan seperti ini... Semoga Allah meluaskan rezekinya selalu... ^_^

    ReplyDelete
  40. wihhh ceritanya inspiratif dan romantis, serta sedih. hmmmm semangat ya mas dan mbak. uwww ceritanya perlu di bukukan nih. jadi penulis terkenal

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...