Thursday, August 4, 2011

Bahasa Tulisan Emak-Emak

Siang tadi, HPku bergetar 2 kali tanda SMS masuk. Aku lihat, ternyata emak di kampung yang SMS dan sempat ngobrol via SMS. Kira-kira inilah percakapan kami yang sudah saya translete ke bahasa Indonesia.

Emak : "Nduk paketannya sudah datang ini tadi dapat kiriman buku lagi dari Blitar" (buku ke 4 hadiah dari GiveAway)
Aku   : "Oh, itu Al Qur'an komplit terjemahan, hadiah dari lomba nulis tapi ga menang. Yang dari Surabaya   sudah datang belum mak???
Emak : " Yang dari Surabaya 2 sudah datang lha paketannya dibuka apa ga????
Aku   : "Dibuka gapapa mak, boleh di pakai tapi jangan dirusakne. 
Emak : Lha isine apa to kok boleh dipakai jangan dirusakne??? Nanti saja bukanya, mak'e sekarang masih repot pesenan jajan banyak.
Aku   : (agak bingung, masa buka paket isi buku saja ga sempat???) isine Al Qur'an plus terjemahan mak"
Emak : (tambah bingung) maksudnya paketanmu dari Hong Kong dibuka apa ga???

Oalah.... ternyata aku yang ga nyambung dengan bahasa tulisan emak yang tanpa titik dan koma (lihat sms pertama). Maksudnya tuch paketanku yang dari Hong Kong sudah datang dan dapat kiriman buku dari Pak Ies Blitar. Yach maklum sudah sepuh, tapi masih lumayan lah bisa SMS. Banyak teman yang orang tuanya ga bisa SMS seperti mertua ku. Jadi harus telp kalau mau kasih kabar ke orang tua. Alhamdulillah emakku bisa SMS jadi bisa ngirit kartu telp. xixixi.

HP buat emakku sangat berguna, karena pelanggannya kadang-kadang pesen jajan via SMS atau telp. Jadi HP selalu di gendong kemana-mana. "njagani kalau anakku telp" katanya. Pernah kejadian, ada pelanggannya yang SMS pesen lauk yang rencananya buat makan siang. Kebetulan HPnya ga diliat. Nach pas emak lewat depan rumahnya si pemesan, lauknya sudah kehabisan. Yach kasian tuch orang ga punya lauk buat makan siang. Mulai saat itu, HP selalu dibawa kemana-mana. 

Ada kejadian lucu dan mengharukan, waktu emak nyeberang sungai. Ga sengaja kepleset jatuh dan HP nya mandi air terus ga bisa dipakai lagi. Karena HP sangat berguna buat emak, adek yang saat itu ada uang langsung di transfer sejumlah uang yang bisa buat beli HP baru yang agak bagus. Tapi emak bilang "mau beli HP second saja yang 300ribuan". Aku langsung ngomel-ngomel, wong di kasih uang lebih kok malah mau beli second. "Halah wong sudah tua ae ga usah gaya" katanya. Dan akhirnya, malah ga jadi beli HP karena HP yang mandi air sudah di service bisa dipakai lagi. Dan jatah buat beli HP dialokasikan buat jatah nyumbang ke orang pengantenan. Pinter juga nich emak hehe.

Aku jadi ingat, dulu waktu kami masih kanak-kanak selalu minta sesuatu yang baru, tapi ortu cuma bisa kasih  barang second buat kami. Dan sekarang ketika kami mampu membelikan barang baru untuk beliau, eh beliau malah milih barang second. Waktu itu langsung netes airmata di pipi. Terharu banget gitu lho. Beliau juga pernah bilang "Orang tua ga pernah minta balasan apa-apa, melihat anaknya sukses saja kami (ortu) sudah bahagia". Subhanallah..... betapa mulianya hati orang yang telah melahirkan dan membesarkan kita ini.

Alhamdulillah, aku bersyukur sekali lahir dari keluarga yang pengertian dan pekerja keras. Tidak mengandalkan jatah dari anak untuk biaya hidupnya. "Selama tangan ini mampu untuk bekerja, aku tidak akan minta ke anak" kata beliau. Jadi, meskipun anak perempuannya di Hong Kong, anak lelakinya sedang menggapai kesuksesan di Jakarta dan menantunya kerja di Taiwan. Beliau tidak malu untuk jualan keliling naik sepeda ontel menjajakan makanan. Jualan es lilin di depan sekolahan setiap hari juga beliau lakukan. Beliau juga menerima pesanan berbagai macam snack buat acara syukuran, pengajian, dll. Ada yang mau pesen???? (halah promosi).

Kadang sedih juga, sampai saat ini aku belum bisa menemani beliau dimasa tuanya. Tapi insyaallah, lebaran tahun ini yang terakhir kalinya aku jauh dari beliau. Aku ingin menemani beliau menghabiskan sisa umurnya. Ingin membuat beliau bangga punya anak seperti aku. Yang kadang masih bandel meskipun sudah bersuami. Tapi aku yakin, AKU PASTI BISA. Bisa apa??? ya.... bisa segalanya yang baik-baik saja tentunya. hehehe.

Terima kasih ayah dan bunda, 
Karena engkau, aku bisa melihat indahnya dunia.

44 comments:

  1. begitulah orang tua mbak, selagi bisa diperbaiki gak akan beli yang baru ya.
    mbak waktu pertama kali nikah sama suami yg orang jawa tengah aku kaget kalau ada undangan pernikahan dibilangnya nyumbang, ternyata disana sama juga ya bahasanya.
    kesannya kalau menyumbang buat yg kesusahan :) maaf kalau salah

    ReplyDelete
  2. Kunjungan perdana,Salam kenal sahabat..Aku sekalian follow blog ini.
    Salam TKI

    ReplyDelete
  3. Alangkah senang n nikmatnya
    saat sgla pa yg ddpat dri k2 ortu qta.
    sya ikut snang mmbaca bhs Anda sist
    mncrtakn sgla kbhgiaan n dmainya dlm kluarga..
    sedrhana tpi nyman.
    to bhs sms, jgn kan ema2 bhs nya
    skrg byk bhs sms yg tdk d mngrti aneh2 sring d buat puyeng ma bhs sms zman skrg. mlah sya lbih paham tulisn ema2 yg sista tulis dripda dgn ank2 zman skrg. hahaha
    sksez sich!

    ReplyDelete
  4. Mbak lidya@ yach begitulah yg namanya orang tua, emoh2 pdhl mau hehe. Kesannya emang kasian ya kalo pake nyumbang. Tp itu yg kebnykn orang sebut mbak hehe

    ReplyDelete
  5. Mas adi@ salam kenal kembali. Trimakasih kunjungannya

    K3@ bahagia di tengah keluarga sederhana hehe
    bhs skrg bhs gaul ya sist? Aq jg ga ngerti xixixi.
    Prasetyo@ nyeritain yg baek2 ga durhaka x wehehe

    ReplyDelete
  6. Hp emang udh jdi gadget wajib semua orang y, Mbak *ngecek sms
    Tpi emang, kasih sayang orang tua g bisa dinilai. Waktu saya ngasih hp baru buat si mama, kemudian hp nya rusak. dia lebih milih g make hp untuk smentara karena adik saya lagi butuh biaya juga :')

    ReplyDelete
  7. aku kalo dapat kiriman malah jarang bisa dapat utuh
    biasanya dah diacak acak citra...

    ReplyDelete
  8. hehe, bener sxali tuh org tua sering x menggunakan kata2 ajaib kepada anaknya yg sdh begitu pinter di kuliahkan tinggi2 olehnya,,tapi dia teteplah org tua kita yg hrs terus kita junjung tinggi dan hargai...:)

    ReplyDelete
  9. bener juga, orang tua selalu ngerti keadaan anaknya koq.. dan orang tua yang baik emang nggak pernah menuntut anaknya untuk membalas budi.. kalo iya, berarti nggak ikhlas doonkk jadi orang tua. ehehe..

    yah.. dan paling menyenangkan buat orang tua adalah tau kalo anak-anaknya mencintai mereka, bagaimanapun wujudnya

    ReplyDelete
  10. lain kali emak diajarin dong mbak YMan, kan enak bisa chat bareng dengan anda..

    BTW kalau subuh seperti ini, di HK jam brapa mbak?

    ReplyDelete
  11. Sulung@ yach begitulah ortu
    kita. Tau kebutuhan mana yg
    lbh pntng. Hp jg pntng tp khan
    bs pinjem tetangga xixixi

    Mas rawins@ ya maklum ada
    bidadari kecilnya sich. Rmh saya
    ga ada hehe

    Lozz akbar@ ortu saya sok sibuk
    jd ga sempat ym an xixixi. Pernah
    se x beliau liat saya di cam

    ReplyDelete
  12. Al kahfi@ betul, sbgai anak jg hrs ngerti dan menghormati ortu. Masio aq dan adek ga dikuliahkan xixixi

    Mas gaphe@ mereka ga minta tp cm ngarep2 hoho. Podo ae yo? Xixixi

    ReplyDelete
  13. gak koment ahh,salam love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  14. haa.. gau tuh emak mu, kebayakan orang-2 yg sdh tua itu males ribet ngetik-2 sdh kabur kali ya penglihatannya. mending tlp puas, tapi kalo bisa sms bisa ngirit hehe..

    ReplyDelete
  15. begitulah orang tua ya mbak.,ga pernah mengharapkan balasan dari anak-anaknya.. :)

    ReplyDelete
  16. Salam sahabat
    Kokirip ama Emak saya kalo sms tanda baca dan hurufpun sering disingkat
    Maaf telat ya

    ReplyDelete
  17. Saryadinilan@ lho kok ga comment hehe

    Fitri@ iya, tp ada jg tuch yg mengharap balasan n ga pengertian hehe

    Dhani@ sumber rejekinya khan dr sms hehe. Aq yg ngirit emak yg boros karna sms kesini mahal

    Mbak dhana@ hihi bhs singkatan yg kadang kita ga tau

    ReplyDelete
  18. Hehe, hape sih bagi saya, asal bisa dan SMS, bagus! :)

    ReplyDelete
  19. itulah mbak tulisan orang tua kita yang makin membuat kita rindu akan beliau :)

    ReplyDelete
  20. Asop@ betul, yg pntng lancar komunikasi nya ya' hehe

    Faja12@ tapi skrg rindunya udah terkalahkan ama rindu ke suami xixixi

    ReplyDelete
  21. hal itu juga yg diucapkan ortuku. orang tua emang gak pernah minta apa2 dari anaknya, asal anaknya bahagia. itu udah cukup.

    ReplyDelete
  22. kalau ortuku ngirim sms pasti hurufnya kapital semua dan sama jarang pake titik koma terus suka nyingkat seenaknya :P
    waktu hpku rusak aku malah pake yang mama dan sekarang hp mama error, beliau tetep bertahan, orangtua tuh selalu mendahulukan anak ya

    ReplyDelete
  23. kisah nya sangat mengharukan... sebagai anak memang seharusnya kita membalas budi pada org tua seumur hidup...

    ReplyDelete
  24. Mbak fanny@ kebanyakan ortu
    emang seperti itu, tp ada jg yg
    menjadikan anak ky mesin atm
    hehe
    Fiction's@ hoho, kalo aq
    nyorobot pny ortu ya malu xixixi
    Mikhael@ betul2, sbgai anak jg
    hrs pengertian x ya. Jgn
    mentang2 ortunya baek trus
    seenaknya hehe

    ReplyDelete
  25. emaknya dhe malah gk bisa sms-an mbak, cuma bisa nelpon doang.. padahal udah diajarin dengan pelan2, tapi tetep aja "susah" katanya.. :D

    ReplyDelete
  26. Subhanalloh.. kasih sayang orang tua kepada anaknya memang tidak terbatas mba.. bentuknya bisa macem-macem, tapi itulah bentuk kasih sayang mereka..
    kadang yang ada sekarang, suka bilang "cinta/sayang" tapi dalam real-nya nol..

    salam silaturahmi

    ReplyDelete
  27. Ibunya sederhana dan qona'ah ya. Lebih suka menabung untuk akhirat

    ReplyDelete
  28. Dhenox@ bapaku jg ga bs, bkn ga bs sich tp males bljr kayaknya hehe

    Pandi@ setiap ortu emang beda2. Bnyk jg yg ngarep blsn kok hehe salam. . .

    Mbak Ami@ gemi setiti gt lho hehe. Soale sdh biasa kerja

    ReplyDelete
  29. hehehehe, iya td aku bacanya jg sama pengertiannya kyk kamu,


    wew kali pertama nih kunjungannya:)

    ReplyDelete
  30. Kunjungan Pertama saya...
    Blognya kerenn....

    ReplyDelete
  31. wah mbak, kalo deket ama emaknya, kayaknya aku langganan beli masakannya nih, apalagi bisa pesan lewat sms .. hhehe *males masak soalnya

    ReplyDelete
  32. Sami mawon mbak,, bapakku ya mbiyen-mbiyen ra seneng nganggo hp, lha sa'iki pisah karo anake kudu nyekel hp... Iso kangen-kangenan karo putune...

    Kampunge cede'an ae mbak koyok'e karo kampungku, aku soko magetan - Kinandang sebelahe maospati... Nek prei yo biasa dolan nang madiun...

    ReplyDelete
  33. idem ama ibu dey.. nyari yg gampang aja,hihi..

    ReplyDelete
  34. Mbak Rose & Bodrex@ terima kasih kunjungan perdananya. Slmt datang hehe

    Bu dey& mbak hilsya@ nach lho. . . . Jenis ibu2 seperti inilah ladang rejeki emak saya xixixi

    Blog keluarga@ walah msh tetangga ternyata. Hehe, orang sepuh ga mau nggaya makane ga mau punya hp xixixi

    ReplyDelete
  35. bagus dong bisa SMS, bisa hemat pulsa ;D

    ReplyDelete
  36. wuih.. senangnya dapat alquran dan terjemahan. :D
    kadang mandeh dhe jg suka gt, klo sms tanpa titik koma. hehehe, suka bngung bacanya.

    ReplyDelete
  37. salam, ini kunjungan pertama,
    Sering menang Give away, selamat dan sukses

    ReplyDelete
  38. aduh bahasanya kagak ngarti sedikit kagak ngarti.. heheh :D boso jowo. :D

    ReplyDelete
  39. Ibuku aja gak mau SMS. Diajarin buat SMS aja juga gak mau... hehehe. Katanya, susah baca tulisan yg kecil2 hehehe. Jadi ibuku memilih langsung telpon aja :)

    ReplyDelete
  40. R10@ saya hemat, emak boros hehe

    Mas Aris@ boso jowo tapi ga njawani xixixi

    Dhe@ Maka dari itu, sering salah sambung hehe. Makasih ya

    Mbak Reni@ dibelikan HP yang gede saja biar mudah liatnya xixixixi

    Mr Nyariadi@ ga sering seh tapi sedang beruntung gitu lho hehehe. Makasih kunjungnnya

    Majalah Masjid@ yach.... begitulah, selalu nrimo gitu lho hehehe

    ReplyDelete
  41. Ah salut buat si Emak deh... dan memang ortu nggak mau dikasih apa2 sama anaknya ya... maunya mereka saja yg memberi memberi dan memberi... bahkan sampai kita dewasa spt ini ya... Subhanallah.,..
    begitu besarnya kasih Ibu... ^_^

    ReplyDelete
  42. Begitulah kebanyakan orang tua di pedesaan, justru tidak mau menggantungkan diri pada orang lain jika masih mampu berusaha sendiri.

    Alhamdulillah udah nyampai kirimannya

    ReplyDelete
  43. Akhirnya aku baca tulisan ini, istimewanya karena ada foto bapak dan ibu Mbak Tarry... *simpen ach buat mejeng diacara giveaway-nya ;)

    ReplyDelete
  44. Iya, bahkan ibu teman saya yg pensiun kepala sekolah kalau sms kalimat kadang bikin kita menerka2 dulu krn pencent hurufnya keliru. Nah kalau Simbok dan Bapak saya, tiap HP bunyi di anggap dering telpon dan gusar kalau gak langsung di angkat oleh yg empunya, kalau menyebut sms = seme'es...hehehe..I love them just the way they're

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...