Wednesday, August 17, 2011

Hari Kemerdekaan, Nuzulul Qur'an dan Kelahiran

Ada yang special di hari ini, 17 Agustus 2011. Pasti sudah pada tahu ini hari apa? Hari rabu. . . . . . Selain itu? Yup, hari kemerdekaan negeri kita tercinta yang ke 66. Kalau ada yang ga tahu bisa dipecat jadi penduduk Indonesia kali yach. Xixixi

Kenapa saya bilang special? Karena, 17 agustus kali ini bertepatan dengan 17 Ramadhan. Hari dimana telah diturunkannya kitab suci Al Qur'an kepada nabi kita Muhammad saw, yang lebih sering disebut NUZULUL QUR'AN. Untuk sejarahnya, saya tidak akan menulis disini. Karena keterbatasan pengetahuan saya tentang hal ini. Hehe

Malam 17 ramadhan biasanya lain dari malam-malam yang lain. Alunan ayat-ayat suci terdengar seperti biasa, tapi di malam 17 ramadhan biasanya rela begadang semalam suntuk, berlomba-lomba mengkatamkan Al Qur'an. Indah sekali dan damai di hati saat mendengarnya. Setelah Ramadhan berlalu apakah mau seperti itu lagi? Sepertinya masjid akan sepi dan kembali ke habitat semula. TV, laptop, buku, dll. Al Qur'annya? Akan kembali ke lemari sebagai pajangan. Fenomena yang sangat menyedihkan bukan?

Ketika figur Muhammad telah tergantikan oleh artis-artis hollywood. Ketika alunan sholawat telah tergantikan oleh alunan merdunya Justin Bieber. Ketika Al Qur'an telah tergantikan oleh Komik atau novel. Apa yang terjadi dengan generasi muda kita? Semoga saya, anda yang jadi orang tua, dan semua calon orang tua, mampu mengajarkan pendidikan agama sejak dini pada generasi penerus bangsa kita. Agar tercipta generasi yang bukan hanya genius tapi juga bertaqwa yang menjunjung tinggi norma-norma agama Amiin

Disisi lain, seorang istri dari 1 suami, ibu dari 4 anak dan nenek dari 8 cucu, sedang membuat buceng sederhana (tumpeng). Sebagai ucapan syukur sekaligus do'a bersama memohon keselamatan dan kelancaran rizky untuk anak dan menantunya yang di luar negeri. Yang kebetulan bulan ini wetonnya jatuh pada tanggal 17 agustus. Satu tradisi yang aneh mungkin, tapi itulah yang beliau lakukan setiap bulan di hari weton anak dan menantunya (kebetulan sama). Siapakah beliau?? Siapa lagi kalau bukan mertua saya hehe.

Dan akhirnya. . . .di hari kemerdekaan RI yang ke 66 ini, sebaris do'a kupersembahkan untuk negeriku tercinta

Ya Allah ya Tuhan kami
Di hari kemerdekaan negeri kami
Kami memohon kepadaMu, ya Allah
Ilhamilah kami untuk dapat
menyadari dan mensyukuri
Dengan benar rahmat agung
anugerahMu,
Nikmat kemerdekaan kami

Berilah kepada kami dan
pemimpin-pemimpin kami
Kecerdasan memahami arti
kemerdekaan yang benar
Berpuluh tahun kami dijajah oleh
kebodohan kami
Berpuluh tahun kami dijajah oleh
bangsa asing dan bangsa sendiri

Dan kini setelah merasa merdeka
Kami mulai dijajah Oleh nafsu dan kedengkian kami
sendiri

Ya Allah ya Tuhan kami,
Jajahlah kami, jajahlah kami olehMu sendiri
Merdekakanlah kami
Jangan biarkan selainMu,
Termasuk diri-diri kami, ikut menjajah kami.
Jangan biarkan kami terus
menjadi hamba-hambaMu
Yang tidak menyadari kehambaan
Jangan biarkan kami terus
menjadi bangsa budak
Yang tidak menyadari kebudakan

Kuatkanlah kami untuk hanya menghamba kepadaMu
Dan menjadi tuan atas diri-diri
kami.

Ya Allah, ya Tuhan kami Yang Mahabijaksana
Karuniailah pemimpin-pemimpin
kami kearifan dan kebijaksanaan
Bukakanlah hati mereka bagi
menjunjung tinggi kejujuran dan
menegakkan keadilan
Bagi mementingkan kepentingan
bersama melebihi kepentingan
sendiri

Karuniailah bangsa kami
pemahaman terhadap makna
kemerdekaan yang sesungguhnya
Agar dapat membedakan antara
demokrasi dan anarki.
Karuniailah kaum beragama kami
pemahaman terhadap makna
agama yang sebenarnya
Agar dapat membedakan antara
jihad di jalan Tuhan dan jihad di jalan setan.

Ya Allah, ya Tuhan kami Yang
Maha pengampun
Ampunilah dosa-dosa kami dan
para pemimpin kami

Ya Allah ya Tuhan kami Yang
Maha pengasih dan Maha penyayang
Kasihi dan sayangilah kami seperti Engkau mengasihi dan
menyayangi para kekasihMu
Amiiiin. (By: K.H. Bisri Mustofa/Gus Mus)


26 comments:

  1. terharu, bacanya Mbak... ikut mengamini do'a indahnya...

    ah aku nggak rela figur Rasulullah tergantikan oleh artis Hollywood...

    semoga lancar rezekinya utk Mbak Tarry dan keluarga ya ^_^

    ReplyDelete
  2. Mbak lyliana amiiin makasih do'anya dan semoga begitu pula dgn mbak thia sekeluarga.
    Do'anya copas hehe

    ReplyDelete
  3. hari merdeka tahun ini mmg bener2 spesial,, krn bertepatan dgn 17 ramadhan juga,,smoga membuat/dan menggugah pemimpin2 bangsa ini terketuk hatinya krn masih byk rakyatnya yg merasa belum merdeka,..

    ReplyDelete
  4. amiiin.. baru kerasa merinding setelah denger padamu negeri instrumental .. sedih rasanya

    ReplyDelete
  5. pas banget yah, hari kemerddekaan, pas tanggal 17 ramadhan pas turunnya alQuran. keren nih, banyak peringatannya.. yang penting kan jangan cuman diperingatinya aja kan yaa... pengamalannya gimana.

    Merdekah!

    ReplyDelete
  6. Iya ya Mbak pas 17 Ramadhan juga, semoga kita tetap semangat mengisi Ramadhan kita ;)

    Wach mantu kesayangan mertua nich...
    Aamiin ikut mengaminkan juga ^^

    ReplyDelete
  7. AMIN...do'a Gus Mus

    MERDEKA !!!

    ReplyDelete
  8. Al kahfi@ amiin, apapun yg dilakukan pemimpin kita biarin aja yg pntng kita berusha jd yg terbaik untk negeri tercinta hehe

    Mbak hilsya@ aq ga pernah dngr hikz

    Mas gaphe@ nah pengamalannya itu yg susah hehe

    Mbak yunda@ amiin smoga kita ga disibukkan dngn urusan kemerdekaan shngg melupakan ramadhan.
    Iya, saya menantu ksyngn karna plng dekat hehe ita berusha jd yg terbaik untk negeri tercinta hehe

    Mbak hilsya@ aq ga pernah dngr hikz

    Mas gaphe@ nah pengamalannya itu yg susah hehe

    Mbak yunda@ amiin smoga kita ga disibukkan dngn urusan kemerdekaan shngg melupakan ramadhan.
    Iya, saya menantu ksyngn karna plng dekat hehe

    ReplyDelete
  9. Turut mengaminkan do'anya...
    Sepertiny amemang banyak yang menjadikan Al-Qur'an sebagai pajangan doang. Mungkin karena terlalu banyak punya mushaf ya. Mending disumbangin aja sebagian, dari pada berdebu aja :D

    ReplyDelete
  10. Salam sahabat
    Semoga kita semua bisa mengisi hari ini dengan penuh keikhlasan amin
    Saya tidak ikut upacara lhawong praktek di kowloon hospital

    ReplyDelete
  11. Saya juga nggak rela jika figur dan suri tauladan kita Rasulullah saw tergantikan oleh artis Holiwood.

    Dirgahayu buat Indonesia
    Selamat hari Nuzuluil Qur'an
    Selamat ultah juga buat mbak Tarry dan juga mantunya (eh salah) suaminya

    Semoga keberkahan senantiasa menyertai Indonesia dan Mbak Tarry sekeluarga. Amien ya Robbal 'alamin

    ReplyDelete
  12. Amiiiiiiin.... semoga di umur yg sudah lumayan uzur ini, negara kita cepat maju dan jaya.. :)

    ReplyDelete
  13. Amiin ikut mengaminin :)
    mba weton artinya apa? :D

    ReplyDelete
  14. Mas sofyan@ amiin, do'a beliau 2thn lalu

    Kakaakin@ memang fenomena yg sangat menyedihkan. Smg kita tdk termasuk didalamnya amiin

    Mbak dhana@ amiin. Jatahku lbr habis mbak xixixi

    ReplyDelete
  15. Mas jier@memang seperti itu khan kenyataannya. Mgkn saya jg hehe. Amiin trima kasih do'anya. Ini bukan ulang taun lho tp wetonnya hehe

    Mas aris@ amiin merdeka ya' xixixi

    Ria@ weton itu kalender jawa sist hehe

    ReplyDelete
  16. the real big day today.... :)

    ReplyDelete
  17. Amin.selamat untuk semua ya mbak

    ReplyDelete
  18. Zone@ bener,,,, ga tahu kpn lg bisa pas kaya gini hehehe

    Mbak Lidya & Zan@ Amiiiiiin, makasiiiih

    ReplyDelete
  19. moment yg sgt spesial yah??luar biasa, klo nd salah proklamasi tahun 45 juga pas 17 ramadhan

    semoga bangsa ini bisa menjadi bangsa besar, menjadi bangsa Qur'ani, menjadi pedoman hidup, dan doanya mbak sy aminkan untuk diri pribadi dan keluarga.jazakallah

    ReplyDelete
  20. tarry ulang tahun tanggal 17 agustus, pakai upacara bendera ga? :D

    ReplyDelete
  21. aamiin.. seger waras selalu buat mbak Tarry dan masnya di sana.. buat keluarga di kampung juga...

    umpama saja saya tetangga sampean, mungkin saya mau ikutan kenduri tuh buat nyelametin weton hehe

    ReplyDelete
  22. Mbak Fanny@ hehe do'anya nyontek

    Dhymalk@ Wah berati moment ini ga bisa sembarangan di dapatkan ya, Amiiiin semua kita diberi kemudahan oleh Allah swt.

    R10@Walah bukan ulang tahun tapi ulang bulan alias weton hehe

    Mas Lozz@ hohoho, andaikan dekat rumah pasti tiap bulan ngerasakne nasi kenduri dech xixixi. Amiiiii, terimakasih doanya. Semoga begitu pula dngn mas Lozz sekeluarga

    ReplyDelete
  23. terharu bacanya,ternyata jarak tak membuat mbak tarry lupa akan bangsa dan negara sendiri:D
    MERDEKAAAA

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...