Monday, August 22, 2011

Jadi JUMINTEN di Amerika

Di postingan yang berjudul ADA BERKAH DIBALIK PENIPUAN, saya sudah mengajak anda untuk menengok perjuangan seorang TKI di Taiwan. Dan kali ini saya akan mengajak anda ke Amerika, tapi bukan untuk mewawancarai pasangan Bayu & Firly yang sekarang sedang mengemban tugas negara sekalian bulan madu itu lho ya.  Tapi mau berceloteh tentang perjuangan seorang wanita yang tak memiliki kemampuan apa-apa  namun bisa  terdampar di Amerika. Oh iya.... Emang siapa sich Bayu & Firly itu kok bisa kesasar di Amerika juga??? Buat yang belum kenal silahkan berkunjung ke markasnya di http://oioisquad.blogspot.com/ (lho kok jadi promosi???) xixixi

Cepat-cepatlah pulang ke Indonesia
Sudah tak tahan ingin jumpa
 Cepat-cepatlah pulang ke Indonesia
 Indonesia raya.... Merdeka
 Sekali merdeka.... tetap merdeka.....

Ingatkah anda lirik diatas lagunya siapa??? Yang saya tahu lagu ini berjudul "JUMINTEN" yang nyanyi lupa hikz. Lagu ini sepertinya pas buat seorang ibu dari 5 anak dan nenek dari 6 cucu yang dulunya bekerja sebagai TKW di Arab Saudi. Namun dewi keberuntungan sedang berpihak pada beliau sehingga bisa ikut majikan yang orang Mesir ke Amerika. Jadi pembantu rumah tangga di Amerika dengan gaji dollar Amerika pula. Yang jelas beberapa kali lipat dengan gaji saya donk. hehe

Saya sempat tanya sedikit tentang beliau pada anak bungsunya melalui inbox facebook. Dan saya baru tahu kalau beliau di Amerika tepatnya tinggal di daerah Virginia dan bekerja di daerah Maryland ini sudah hampir 11 tahun. Sempat kaget juga, ternyata sudah selama itu. Dan selama 11 tahun itu beliau sama sekali belum pulang ke Indonesia. Ditambah kerja di Arab Saudi beberapa tahun, sampai-sampai pernikahan ke 5 anaknya, beliau tidak ada di rumah. Subhanallah..... bagaimana perasaannya ya??? 

Meskipun cucunya sudah besar, namun nenek dengan 6 cucu ini masih nampak awet muda. Kok bisa??? Hawanya Amerika ataukah karena uangnya yang bikin orang awet muda ya??? hehehe. Tapi salut banget dengan beliau yang mampu bertahan melawan kerasnya kehidupan di negeri paman Sam. Dan juga mampu mengalihkan kerinduan kepada keluarga dengan pekerjaan. Salut juga dengan kesetiaan suami beliau yang saat ini sedang menikmati masa-masa pensiun tanpa kehadiran seorang istri. 

Sebenarnya apa ya yang beliau cari??? Anak sudah dewasa semua, cucu juga sudah punya. Tapi kok masih saja semangat mencari uang di negeri orang. Bukankah kebersamaan jauh lebih berharga daripada harta??? Entahlah..... saya sendiri tidak bisa menjawab. Wong saya sendiri juga jadi Juminten tapi di Hong Kong xixixixi.

Waktu saya tanya langsung ke beliau kapan pulang ke Indonesia, beliau bilang tahun depan. Yach hanya bisa berdo'a semoga rencana beliau tidak meleset. Bisa segera pulang ke tanah air dan bisa menikmati hari tua bersama keluarga. Kalau nuruti duit rasanya sebelum dunia berakhir tak akan ada habisnya dech hehe. Semoga ALLAH selalu melindungi dan melancarkan semua urusan beliau dan kita semua. Amiiiin.

Ibu Minah Abdullah, yang masih tetap awet muda meskipun usianya tak lagi muda

30 comments:

  1. Amin,semoga doa-doanya di ijabah ya mbak

    ReplyDelete
  2. waow sewelas tahun lebih di amrik dan jauh dari keluarga ? saya mlongo plus ndlongop mbacanya Mbak.
    Semoga segera pulang dan berkumpul dengan keluarganya karena bagaimanpun juga ngumpul keluarga terasa lebih indah

    ReplyDelete
  3. wah, 11 thn ga pulkam? kangen banget pasti tuch.. Mba klo ga slh yg nyanyi juminten tu kangen band dech hihihi

    ReplyDelete
  4. Kalau saya 3 bulan saja udah kangen rumah mbak hihihi

    semoga rencananya berjalan lancar sehingga bisa segera pulang ke Indonesia. termasuk mbak Tarry yang katanya bulan 11 mau pulang, semoga lancar selalu.

    ReplyDelete
  5. takjub dgn semangat kerjanya Bu Juminten...
    tapi aku pribadi siiih penganut prinsip, makan gak makan yg penting kumpul... hihihi...
    yah jalan hidup seseorang memang penuh liku dan cerita...
    semoga Bu Juminten segera bertemu dgn keluarganya.. :-D

    ReplyDelete
  6. Kang alie@ walah nyegat neng dalan ki mesti xixixi

    mbak lidya@ amiiin, hehe

    pak ies@ 11 thn bukan waktu yg lama buat yg menjalani pak hehe. Ya smoga segera berakhir pencariannya. Amiiin

    ReplyDelete
  7. ria haya@ oh iya kangen band hikz

    mas jier@ hah 3 bulan aja wes kangen? Anak'e mbok'e berati xixixi.
    Amiiin makasih do'anya mas jier

    mbak lyliana@ makan ga makan asal kumpul *SLANK mode on* hihihi. Sudah jalannya x yach

    FBA@ amiiin, makasih ya

    ReplyDelete
  8. 11 tahuuunn? wah, pasti kangen banget tuh.. iya, semoga keinginannya pulkam tahun depan terpenuhi yaa..

    ReplyDelete
  9. mbak Tarry, sekedar menyampaikan jawaban dari pakde nih :)
    karena penasaran saya tanyakan kriteria penilaian tumpeng.
    jawaban pakde :

    "Saya kan tidak mencari tumpeng yg indah, tapi yg ngetril.Sesuai tema kontes kan. Kalau tumpeng indah dan enak kan sudah dilombakan di kelurahan, Dharma wanita, Persit,dll.
    Pakdemu ini kan cari yg aneh2 tho jeng. He he he he
    Makanya yg terpilih adalah yg aneh2 ha ha ha ha."

    kalau tumpeng indah dijamin saya kalah :-D mbak Tarry yang akan menang. wong saya bikin tumpeng aja gak pede

    ReplyDelete
  10. novel blog@ amiiin trimakasih kunjungannya

    mbak lidya@ nah disitulah letak keunikan tumpeng mbak lidya hehehe

    ReplyDelete
  11. waduw ibukku jd Juminten ikz......wogh...... jenenge Juminah yow.....dudu Juminten....

    ReplyDelete
  12. Saya 3 bulan ngak lihat rumah aja rasanya kangen banget apalagi 11 tahun...

    ReplyDelete
  13. Kalo aku yang ditinggal rasanya ga kuaaaattt....

    ReplyDelete
  14. Semoga ibu minah abdullah segera pulang & berkumpul bersama keluarga.. :)

    ReplyDelete
  15. Bener ya Mbak....udah punya anak cucu ngapain jauh2 cari uang? tapi biasanya nech...mgkin ibu aminah belum pulang krna udah cocok sm majikannya...udah gitu minta ijin pulang ngga di-ijinin...krna biasanya majikan klo dah cocok sm pembantu ngga akan dilepas...

    kayak bos saya nechh...semua pembantunya udah ikut dr bos sy belum menikah sampai sekarang usia pernikahannya udah 20thn....bahkan ada 1 pembantu yang ikut kerja dr bos saya msh umur 9 thn.....

    cuma yg kasihannya....mrk jd ngga ada yang kawin krna selama ini ngga pernah keluar rumah..pulang kampung pun jarang....akhirnya skrang umurnya udah pada tua kebingungan...mo pulang kampung ngga punya anak....

    ReplyDelete
  16. salam sahabat
    ehm jadi Bu Minah tah ?luar biasa perjuangannya yach semoga tahun depan bisa pulang syukur lagi kalau ketemuan hehehe

    ReplyDelete
  17. Saya suka banget sama kalimat

    "Kalo nuruti duit, rasanya sebelum dunia berakhir tak akan ada habisnya dech"

    Kita kerja karena kita menikmatinya..jadi hasil yang didapat akan maksimal..duit datang kalo kita udah berusaha maksimal kok..

    ReplyDelete
  18. Lily@ wehehehe, ganti2 jenenge bukmu ga pamit yo???

    IbuDini@ hehe belum biasa kali bu... kalo dicoba pasti bisa

    Mbak Nia@ iya disini jg bnyk yg seperti itu, nikah ditinggal balik lg. Kalo ga gitu usianya sudah tak lg muda belum nikah. Alasannya ya karna terlalu asyik bekerja atau kdng2 ga dikasih ijin pulang ama majikan hehe

    ReplyDelete
  19. Kang Nur@ dicoba dulu atuh kang hehe

    Erwin@ Amiiiin, ya semoga bs segera pulang :)

    Mbak Dhana@ Pasti ketemu karna beliau tetangga saya xixixii

    Pak dokter@ Kerja dan menikmatinya, itu yg luar biasa. Kalo kita kerja tp jauh dr keluarga rasanya ada yg kurang hehe

    ReplyDelete
  20. itulah hidyp yahh kadang2 ada udang dibalik bakwan hmmm.... mending klo udang nah klo cabe rawit brghhh bener pedes ni hidup

    ReplyDelete
  21. Dapat bekerja selama itu, dengan majikan yang sama, berarti udah cocok banget ya. Nggak bermasalah sama majikan. Jangan2 majikannya yang malah nahan2 supaya gak pulang, hehe...

    ReplyDelete
  22. semoga disana lebih baik rezekinya mbak :D
    aminnn

    ReplyDelete
  23. jangan sampai beliau mengalami seperti wanita dari "jawa timur" yang bekerja di sebuah perusahaan pertambangan besar di amerika, saat dia "mulai" bekerja sampai "maut menjemput" dia belum pernah bertemu dengan suami dan anak-anaknya. saat dia meninggal dan dikirim ke tanah asalnya, suami dan anaknya tak jelas keberadaannya (tak mengakuinya), apalah arti harta yang selalu dikejarnya, sedang sauami dan anak disingkirkannya, saat dia meninggal tak ada yang mengurusnya. Subhanalloh...

    ReplyDelete
  24. Semoga beliau bisa segera pulang kembali ke tanah air, berkumpul kembali dg keluarganya. 11 tahun merantau.. adalah waktu yg sangat lama tuh.

    ReplyDelete
  25. Art blogger & YPS@ amiiin

    Green@ pedes nya itu lho yg ga nahan. Hehe

    Kaakakin@ mungkin saja begitu. Majikannya ngganduli xixixi

    ReplyDelete
  26. Tigerlily@ jempol 4 buat saminya dech hehe

    Pakde sulas@ astagfirllah. . . Ms sampai begitu parahnya? Kalo yg ini hubungan dgn keluarga tetap terjaga pakde

    Mbak reni@ itu hanya di amerika, lha yg di arab? Heheech hehe

    Pakde sulas@ astagfirllah

    ReplyDelete
  27. wah kayaknya setuju dengan opini makan gak makan asal kumpul di kalimat akhirnya..... :P

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...