Wednesday, August 24, 2011

OBAH OLEH OPAH

Ibu sahabat saya berpesan "Sopo sing gelem obah bakal oleh opah". Kira-kira dalam bahasa Indonesia artinya "Siapa yang mau bergerak pasti dapat upah". Maksudnya??? Kalau menurut saya, siapa saja yang mau berusaha pasti akan memetik hasilnya. Berapapun hasilnya, mau besar mau kecil yang pasti hasil dari usaha kita akan bisa kita nikmati.



Seperti halnya saya yang mau menerima tantangan dari Pakde Cholik dalam kontes Tumpeng Ngetril61 untuk merayakan Ulang Tahun pakde yang ke 61. Dan hasilnya.....meskipun tumpeng saya ada diurutan terakhir tapi tetap jadi pemenang karena berani unjuk gigi seperti blogger yang lain. Dan dapat THR plus buku dari pakde. Benar-benar terharu..... Padahal saya TKW yang tidak ada waktu buat masak-masak selain masak menu buat makan malam saya dan majikan. Makan siang saja ga pernah masak nasi, kalau saya pingin makan nasi ya beli di toko Indonesia. 

Lha kemarin kok bisa bikin tumpeng??? Kemarin itu, majikan yang rencananya makan malam dirumah tiba-tiba ada acara mendadak. Tapi karena saya sudah belanja, akhirnya tetap makan di rumah dan baru pergi setelah makan. Setelah tahu mereka akan pergi sehabis makan, ide bikin tumpeng muncul begitu saja dalam benak saya. Masak nasinya saya tambah 1 gelas, kebetulan ada timun sisa bikin salad tempo hari dan ada wortel yang biasanya saya bikin juice buat 'sir' tiap pagi. Terus lauknya saya menyisihkan dari menu makan malam kami. Alasannya sich buat makan sahur hihihi.
 Tumpeng ala kadarnya

Begitu mereka pergi, saya langsung gerilya goreng telur dan masak mie goreng. Timunnya saya iris-iris, wortelnya saya ambil kulitnya dan jadilah bunga. Terus lilin sama tulisan Happy Birthdaynya itu punya 'sir' yang ulang tahun tanggal 31 juli kemarin tapi ga ditiup dan masih rapi dalam bungkusnya. Yang merah itu, amplop ampao yang saya gunting bentuk kerucut. Jujur, proyek pembuatan tumpeng ini, sama sekali tidak keluar biaya hanya keluar sedikit tenaga. Kalau akhirnya dapat THR itu namanya rejeki nomplok. Alhamdulillah..... Terima kasih pakde.... Semoga panjang umur dan sukses dunia Akhirat. Amiiiin.

Satu lagi yang mengejutkan waktu saya buka email mau kirim alamat ke pakde Cholik. Ada email masuk dari Mas Jiir yang isinya url pengumuman pemenang Tasyakuran dan Giveaway yang mas jiir adakan beberapa hari yang lalu. Dan saya termasuk salah satu yang dapat hadiah. Meskipun artikel saya yang berjudul Punya adek satu, ga seru??? terlambat daftarnya tapi mas jiir tetap menghargai usaha saya. Memang yang saya dapat bukan buku hadiah utama yang berjudul "Kick Andy : kumpulan kisah inspiratif 2", melainkan buku yang berjudul "Beginilah seharusnya Suami istri saling mencintai". Terima kasih mas jiir :)

Buku ini sangat pas dan pastinya akan sangat bermanfaat buat kami (saya dan suami) yang sebentar lagi akan jadi pengantin baru (What pengantin baru???). Kata istrinya pak puh saya, pasangan suami istri yang belum punya anak disebut pengantin baru. Dan kebetulan, sampai usia beliau sudah tak muda lagi dan sampai ajal menjemput, beliau belum juga dikaruniai seorang putra. Jadi tetap pengantin baru donk hehe.

Sekian sekilas info. Dari kontes dan Giveaway kali ini ada pelajaran berharga yang saya dapat. Jangan suka menunda-nunda pekerjaan, meskipun ada pepatah lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Tapi harus di ingat, tak selamanya  keberuntungan berpihak pada kita. Dan satu lagi, jangan takut untuk berkompetisi, menang kalah itu urusan nanti. Yang penting ikut partisipasi dan unjuk gigi hehe. Sekali lagi terima kasih buat Pakde Cholik dan Mas Jiir atas kepercayaannya memberi tali asih buat saya. Semoga membawa berkah untuk kita semua. Amiiin


25 comments:

  1. berkah romadhon ya mbak dapet banyak oleh-oleh.btw OPAH itu artinya apa ya?

    ReplyDelete
  2. ngeliat tumpengnya jadi kepingin.
    padahal lagi Puasa.hmm...

    ReplyDelete
  3. wew ...
    pandai sekali memanfaatkan kesempatan ya :)
    iya, alhamdulillah, pakde yg bijaksana berbagi rejeki menghargai usaha para ponakannya :D

    ReplyDelete
  4. wah borongan nih dapat sembarang kalir..selamat ya Kak...

    ReplyDelete
  5. Mbak lidya@ iya. Mngkn berkah ramadhan hehe
    Opah=imbalan

    NiQue@memanfaatkan apa yg ada hikz

    FBZ@ Ditahan dulu hehe

    Sofyan@ alhmdlh dpt rejeki di bln ramadhan hehe

    ReplyDelete
  6. Sip... setuju sama mbak Tarry...
    menang kalah urusan belakangan krn yang terpenting adalah memeriahkan acara sahabat...

    kalau masalah menunda2 aku msh sering ngelakuin nih... *me.. ma... lu...kan..*

    btw, selamat atas tali asihnya yah Tar..

    ReplyDelete
  7. Wow.. mantap, keren mbak :D hahaha..

    ReplyDelete
  8. Betul, saya setuju. Jangan mikir kalah menang dulu. Yang penting ikut meramaikan hajatan sahabat :D

    ReplyDelete
  9. wah salut dgn kegigihanmu mbak tarry,,di sela2 peluang kesempatan,, di sempet2kan buat tuh tumpeng,,

    ReplyDelete
  10. Mbak lyliana@ betul2 jgn mikir hadiahnya yg pntng partisipasinya. Selamat jg buat mbak lyliana

    Pradiz@ yg pntng jangan keren tanpa n xixixi

    Mbak dewi@ kalo ga nekad pasti ga dpt THR ya mbak hehe

    Alkahfi@ namanya jg usaha hehe

    ReplyDelete
  11. Iya selamat ya mbak atas semuanya. Nanti kalo sudah pulang ke Indonesia, punya lebih banyak waktu luang semoga lebih semangat nge-blognya.

    ReplyDelete
  12. wih wiiih, mau dong tumpengnya >,<

    pesan dari cerita itu menurut saya adalah tetaplah berusaha dan jgn takut bersaing, meski ngga jadi pemenang, tapi kita udah jadi pemenang di antara mereka yg "ga obah"

    ReplyDelete
  13. Salam sahabat
    wah memang tiada disangka kalau gitu Mbak?semoga berkah terus mengalir yach

    ReplyDelete
  14. selamat mba..memang sekecil apapun yang kita usahakan, tetap ada nilai

    salam bahagia deh ^_^

    ReplyDelete
  15. Wah senagnya dapat hadiah ya..tumpengnya enak tuh, mau dong hehe..lam kenal

    ReplyDelete
  16. aduh, saya mah kagak bisa masak. jadi boro2 buat tumpeng deh. hehee

    ReplyDelete
  17. nggak sia-sia juga ya, malah seruuu semuanya dapet hadiah. ah, tau gitu mah saya juga bikin. hahaha... tapi namanya anak kos kan gitu, boro-boro sempet bikin.. beli aja kadang susah dapetnya. *kan jarang ada yang jual tumpeng mini utuh se lauk2nya*

    selamaat yaaa Tarry... tumpeng membawa berkah ini mah!. ehehe

    ReplyDelete
  18. asik ya :D selamat mbak tarry :D
    emang yang mau kerja pasti minimal dapet pengalaman ya

    ReplyDelete
  19. Mas jier@ trimakasih mas jier. Kalo di rmh ntar alasan lg, ngurus suami. *halah kpn pny waktu?* xixixi

    Ladida@ yup betul, seperti itulah intine tulisan ini hehe

    Mbak dhana@ alhmdlh. . . Hehe

    Aryadevi@ yup, dan nilainya tak bs dibandingkan dgn uang. Karna sangat berharga sekali. Lho ga nyambung hehe

    ReplyDelete
  20. Lia@ salam kenal trimakasih kunjungannya :)

    Mbak fanny@ disinilah serunya kontes ini. Hampir semua peserta ga bs masak hehe

    Hariyanto@ trimakasih hehe

    Mas gaphe@ halah alasan aja. Khan bs tuch beli nasi dibikin dirumah haha. Sesal dibelakang ga da artinya xixixi.
    Padahal ada berkah dibalik tumpeng xixixi

    Fiction's world@ yup betul2. Dr kontes jd punya pnglmn bikin tumpeng. Hehe

    ReplyDelete
  21. Saya bikin tumpengnya, Mbak, tapi udah lewat. kebanyakan mikir, di rumah nggak ada daun, pas buat di rumah Gombak yang ada daun pisang, pulangnya dah malam :((

    Selamat yah, Mbak :)
    Saya udah lama nggak ikutan kontes di blog hiks

    Apa khabar? Lebaran di mana, Mbak?

    ReplyDelete
  22. pagi-pagi lihat tumpengnya, jadi laper lagi mbak

    ReplyDelete
  23. tumpeng pakai nasi putih ternyata boleh yah :D

    kalau diikutkan ke masterchef kira2 lolos ga :D

    ReplyDelete
  24. Anazkia@ aq pake kertas panggangan lho. Daun ada tp ga sempat beli hehe. Lebaran msh di hk hehe

    Rumput ilalang@ ingat puasa ga blh ngiler hehe

    R10@ dikampung saya nasi kuning buat pengantinan, kalo kenduri biasa pake nasi putih hehe

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...