Tuesday, August 30, 2011

LEBARAN DI HONG KONG

Senin 29 agustus, di penghujung bulan ramadhan rumah saya panasnya seperti di bawah terik matahari. Puasa terakhir ga sahur, panas pisan. Saya yang biasanya tak merasakan panas, hari itu benar-benar merasakannya. Apalagi majikan perempuan saya, kalau saya sudah merasakan panas apalagi dia??? 2 kipas angin tak mampu menyejukkan ruangan. Tak ada angin yang masuk menerobos jendela rumah kami majikan. Jalan satu-satunya ya buka AC. Alhamdulillah bisa merasakan kesejukan AC, tapi mata tak bisa di ajak kompromi. Nguantuk pakai banget dan tidak berani tidur. Maklum ada juragan di sebelah. hehe.


Siang saya nyuci mukena sampai kering kaya keripik kritik-kritik bunyinya. Tapi ndak saya angkat sampai malam. Saat kami sedang menikmati makan malam, hujan deres dan saya tidak tahu. Oh..... pantes saja panas, ternyata mau hujan. Mukena yang tadinya sudah meripik jadi basah lagi dech. Sempat bingung juga karena itu mukena satu-satunya yang biasa ringgo (garing di enggo/ kering di pakai). Langsung saya nyalain  kipas angin dan alhamdulillah bisa kering. Bisa berabe kalau ga kering karena selasa mau sholat id.

Hari minggu saya sudah yakin seyakin-yakinnya kalau selasa 30 agustus lebaran. Tapi mendadak jadi galau gara-gara lihat status di Facebook yang kebanyakan bilang "Ga jadi lebaran". Sekitar jam 11 malam saya telp teman "eh bener ga sich besok sholat id". Dia jawab "Lebarannya  rabu tanggal 31, barusan ada pemberitahuan". Waduh saya makin galau, dan mencoba telp teman yang lain "lebarannya kapan sich yu??". Teman yang ini bilang "Minggu aku buka bersama di konsulat dan Pak Konsulatnya memutuskan tanggal 30 lebaran".

Akhirnya saya putuskan tetap libur, kalau tidak ada sholat id di lapangan Victory ya pulang dan besok datang lagi. Sayapun bisa memejamkan mata sekitar jam 1 malam tapi lupa nyalain alarm. Rencananya saya bangun jam 6 dan berangkat jam 7. Eh.... jam 6.20 baru melek, dan langsung loncat dari ranjang dan mau mandi terus langsung melarikan diri. Tapi ternyata mami ada di luar lihat Tivi. Yach dengan terpaksa saya beres-beres dulu (sok rajin). Selesai beres-beres maunya cepat mandi eh.... 'sir' juga bangun. Yach.... kalah cepet mandinya. Setelah sibuk ini itu, akhirnya 7.30 baru keluar rumah. Kemarin saya sudah janji ama temen, "Tak carikan tempat ya???". Tapi kenyataannya teman saya yang dari kowloon yang cari tempat duluan hikz. 

Suasana Sholat Id di Lapangan rumput Victory
Tidak sia-sia saya libur, karena hari ini di lapangan Victory memang ada sholat Id, tapi besok juga ada Sholad Id (lagi) di Masjid. Kenapa kok hari ini sholat Id??? mungkin karena pihak KJRI sudah boking lapangan dan keamanan yang melibatkan Hong Kong  Police serta menyiapkan konsumsi. Jadi Sholat Id tetap dilaksanakan sesuai rencana. Yach namanya juga di negara orang yang semuanya ada aturan dan tidak bisa dirubah semau gue. Dan meskipun bukan hari libur tapi jamaah sholat Id kali ini lumayan banyak. Lapangan rumput Victory penuh. Ini menunjukkan kalau Majikan Hong Kong itu menghargai kami para TKW.

Tahun ini, ceramah dan do'anya bisa menyentuh hati saya dan membuat mata saya basah oleh airmata. Inti dari ceramahnya adalah "kekuatan iman dan do'a", dan pak ustadnya berkali-kali menyebut Khasbunallah Wani'mal wakhir. Beliau mengambil contoh, seorang TKW Hong Kong terancam hukuman penjara gara-gara bayi dalam gendongannya jatuh dan meninggal. Tapi pak Ustad bilang "Kalau kamu benar-benar tidak sengaja menjatuhkan bayi itu, yakinlah bahwa Allah tidak buta, Allah tidak tidur, Allah maha tahu, Allah maha mendengar dan akan menujukkan mana yang benar. Ucapkan berkali-kali, pasti Allah akan memberikan pertolongan ".  Dan besoknya saat sidang, TKW ini dinyatakan tidak bersalah dan dalam waktu 48 jam harus sudah meninggalkan Hong Kong. Subhanallah..... "itulah kekuatan iman itulah kekuatan do'a" kata pak ustad.

 Narsis dulu..... Tapi bukan berati mau eksis yak hehehe. Yang ini sahabat saya waktu SMEA dan sudah 2 x ini sholat Id bareng dia.

 Makan-makan ala kadarnya sehabis Sholat Id. Menikmati indahnya kebersamaan bersama sahabat disaat jauh dari keluarga dan orang tercinta.

 Yang ini aseli satu-satunya saudara saya (satu nenek) yang di Hong Kong. Yang kebetulan bisa keluar beberapa jam karena ngaku hari raya. Biasanya sich ga pernah libur sama sekali. Baru 2 tahun, barusan renew kontrak dan bisa cuti bareng saya bulan 11 hehe.

 Ramadhan telah berlalu, sedih dan juga seneng. Seneng karena kita telah sampai pada hari kemenangan. Sedih karena telah berpisah dengan bulan Ramadhan dan perpisahan ini belum tentu ada pertemuan. Karena kita tidak tahu apakah kita diberi umur panjang dan bisa bertemu bulan Ramadhan tahun depan. Semoga, kita masih diberi kesempatan bertemu dengan bulan sucu ramadhan kembali. Dan dengan perginya bulan Ramadhan semoga tak membuat kita malas beribadah. Hari esok harus lebih baik dari hari ini. Amiiiin.

Buat yang Lebaran hari Rabu,
SELAMAT IDUL FITRI 1432 H
MINAL AIDIN WAL FAIZIN
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

29 comments:

  1. Taqabbalallahu minna wa minkum, Shiyamana wa Shiyamakum .
    Ja’alanallaahu Minal Aidin wal Faidzin”

    meski jauh dari keluarga, tapi nampak sangat menikmati lebaran penuh kekeluargaan

    ReplyDelete
  2. Pantun.

    Burung merpati ada dipasar
    Belinya cuman 1

    Minal aidn wlf idzin
    Mohon maaf lahir dan batin.



    #mudah2n bingung.
    btw jd kepingin ke hongkong
    ngimpi

    ReplyDelete
  3. Minal Aidin Walfaidzin, maap lahir bathin yiaahh ^^

    ReplyDelete
  4. gimana ya rasanya Lebaran di Hongkong

    ReplyDelete
  5. Pak ies@ sama2 pak, maaf lahir batin.
    Sahabat sbg pengganti keluarga hehe

    Mbak lidya, koskakiungu, jin kinjeng@ sama2, mohon maaf lahir batin ya. . . .

    Boys@ rasanya nano2 hehe ga hehe

    Mbak lidya, koskakiungu, jin kinjeng@ sama2, mohon maaf l

    ReplyDelete
  6. selamat hari raya idhulfitri, Kitty
    mohon maaf lahir dan bathin

    walaupun jauh dr keluarga , alhamdulillah masih ada sahabat sebagai pengganti keluarga dekat.
    selalu jaga kesehatan ya Kitty
    salam

    ReplyDelete
  7. Selamat hari raya juga yah, Mbak...
    Saya kemarin gak shalat ied :(
    Hiks...

    Insya Allah, semoga tahun depan dapat berhari raya di kampung halaman. Amin...

    Berarti hari ini ada shalat ied juga, Mbak?

    ReplyDelete
  8. Bunda lily@ sama2 bunda. . . Dan trimakasih do'anya

    Anazkia@ amiin smoga do'a kita dikabulkan.
    Aq udah kemarin sist, hari ini ada lg tp di masjid hehe
    amiin smoga do'a kita dikabulkan.
    Aq udah kemarin sist, hari ini

    ReplyDelete
  9. Indahnya kebersamaan meskipun jauh dari keluarga
    semoga barokah mbak selam di Hongkong

    Minal aidzin wal faidzin

    ReplyDelete
  10. Bila Sms Mohon maaf lahir batin
    tidak masuk ke nomor hape panjenengan biarlah ucapan ini kami sampaikan


    Tiada kata yang indah selain saling maaf memaafkan di bulan suci nan fitri .
    Bila ada kata sikap . Kami atas nama admin kawanlama95 mengucapkan:

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H, Mohon Maaf Lahir Dan Batin
    “Taqabbalallahu minnaa wa minkum. Taqabbalallahu yaa kariim. Waja’alnallah.

    Wa iyyakum minal ‘aidiin wal faa iziin..
    Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Dan Batin”

    Semoga kebersamaan yang terjalin selama ini bisa memberikan keberkahan dan kebaikan untuk kita semua. Amien

    ReplyDelete
  11. Selamat Lebaran mbak Tarry, mohon maaf lahir batin ya Mbak..

    Btw, skrg msh libur gak mbak?

    ReplyDelete
  12. selamat lebaran , mohon maaf lahir batin

    ReplyDelete
  13. eh mbak kok datangnya jam 7.30? apa ga ketinggalan sholat id?

    bangun jam 6 lewat lalu apa ga sholat subuh dulu?

    ReplyDelete
  14. Maaf lahir bathin juga ya mbak.....
    wahh ternyata majikan di hongkong baik-baik yachh....
    mereka mau mengijinkan tkw nya utk sholat ied.....

    senangnya bisa erasakan lebaran di negeri orang...

    btw disana ada ketupat ngga?

    ReplyDelete
  15. CitroBlog@ Amiiiin, semoga bermanfaat juga hehe

    Kawanlama95@ Walah Smsnya ga nyampai kali aja masih jalan2 hehehe. Sama2, minal aidin Wal faizin ya....

    Mbak Lyliana@ Sama2 mbak Thia,
    skrng sudah ga libur mbka, liburnya kita mah cm 12 jam doank hehe.

    ReplyDelete
  16. Aje@ sama2.... met idul fitri ya...

    Mbak Nia@ Karna ada surat ijin dr KJRI mbak jd banyak yg diijinin buat sholat idhehe
    ketupat kayaknya belum pernah ketemu tp kalo lontong ada mbak hehe.
    Minal Aidin wal faizin mbak....

    R10@ sholat id nya jam 9. Kalo shubuhan aq biasa jam 5 trs tdr lg, jam 7 bangun (jatah tiap hari) hehe

    ReplyDelete
  17. Wow, yang sholat id di Hong Kong banyak juga ya... :)

    ReplyDelete
  18. Taqabalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, waj'alana minal a'idzin wal faidzin...

    ReplyDelete
  19. wahhhh pasti beda jauhhh yahrasanya lebaran disana,,apalgi kan islam termausk agama minoritas dsana ...oy mohon maaf lahir batin yah n maaf jg telat hihihihi.....mudah2n adminnya sehat selalu amin

    ReplyDelete
  20. SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1432 H.

    “MINAL AIDIN WALFAIZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN.”

    ReplyDelete
  21. Asop@ itu semua TKW lho, yg bkn tkw hny sdkt hehe

    Erwin & irfan handi@ sama2, maaf lahir batin ya

    Green@ minoritas bg orang hk tp mayoritas buat tkw donk hehe.
    Iya sama2, maaf lahir batin ya handi@ sama2, maaf lahir batin ya

    Green@ minoritas bg orang hk tp

    ReplyDelete
  22. Waahhh ...
    Sholatnya di Victoria ya ...
    Asik ...

    Waktu itu saya kesana pas ada pesta lampion warna warni ...
    festifal apa tuh namanya ... Mid Autum Festival kalau tidak salah

    Salam saya Tarry

    ReplyDelete
  23. Wah ternyata walaupun di HK tapi Lebarannya tetap seru ya ;p

    ReplyDelete
  24. wew Lebarannya di Hong Kong, pasti suasananya berbeda dgn Lebaran di Indonesia.

    anyway selamat Lebaran, Minal Aidzin wal Faidzin, Maaf lahir & Bathin ya Mbak...:)

    salam knal :)

    ReplyDelete
  25. lebaran jauh dari keluarga emang ada sedihnya.
    maaf lahir batin ya mba..
    salam kenal dari djogja

    ReplyDelete
  26. sungguh pengalaman lebaran yg dalam banget tentunya di negeri orang ya mbak

    ReplyDelete
  27. ya jumhur hidayat kepala BP2NTKI ,bukan hanya KTKLN saja yang mengatur urusan tenaga kerja indonesia namun caranya seperti itu harusnya ada konsorsium pt , holding pt, corperation, PTE, LTD, holding pt, , bank draft , pt gread kelayakan , SKBDN , SDBN /BDSN STANDAR NASIONAL DALAM NEGERI , ILO , ISO ,LC dan joint pt , joint rekening , rekening hunting , rekening cabang , bank garantie ,,perwada , perwacabng , rekom , serta jaminan asuransi dalam negeri maupun internasional , surat kitas negara lembaran negara , dan intruksi presiden , serta keppres presiden , surat menteri tenaga kerja , depnaker setempat ,perusahaan internasional dalam negeri dan luar negeri , surat balai latihan kerja ,MOU antar negara , perjanjian mahkamah internasional , mahkamah otoritas internasional , KBRI , kedubes serta kementrian luar negeri ,negara manapun ,di saksikan perserikatan bangsa bangsa bagian imigrant serta pekerja asing antar negara ,sistem komputerisasi online antar daerah antar propinsi antar negara manapun ,streaming live on ,agar semuanya jelas valid sholid , dan tidak membingungkan semuanya pihak manapun ,sehingga semuanya pihak dapat memenuhi kewajiban dan tanggung jawab masing masing serta tidak saling menyalahkan , sebab selama ini semuanya belum tersistem dengan baik hal hal yang menyangkut undang undang ketenaga kerjaan indonesia baik dalam negeri maupun antar negara manapun , semenjak di berlakukan sistem outshorching yang di tetapkan oleh rezim megawati banyak kalangan buruh di rugikan sehingga tidak ada jaminan keputusan hukum yang kuat di seluruh birokasi apapun , saling tumpah tindih kepentingan golongan kelompok dan partai , buktinya banyak asuransi tki diaspora senilai 500 milyard tidak tahu ujung rimbanya , kenapa KPK hanya mengurus urusan kecil kecilan>????dari pada KPK selalu menyalahkan anas ubaningrum dan presiden pemerintah pusat lebih baik KPK menangkap bajingan ketua BP2NTKI tentang masalah asuransi tki senilai 500 milyard itu ,.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...