Wednesday, August 10, 2011

TIPS MUDIK buat yang di Luar Negeri

Tak terasa, hari ini kita sudah berada di penghujung ronde pertama (10hari pertama)di bulan suci Ramadhan. Dan kebetulan tema acara ADUK hari ini adalah TIPS MUDIK. Pakde Cholik  memang luar biasa, pandai meneropong apa saja yang manusia butuhkan saat ini. Dari artikel-artikel yang dikirim oleh para blogger pasti akan sangat membantu pemudik, agar lancar dalam perjalanannya.
Meskipun lebaran masih 20 hari lagi, saya yakin hampir semua pemudik sudah repot dan ribet mikirin mudik. Termasuk teman-teman saya yang sudah mulai sibuk mempersiapkan kepulangannya. Ada yang jauh-jauh hari sudah pulang, ada yang H-7 bahkan ada juga yang H-1 baru pulang ke Indonesia.

Sebenarnya saya belum pernah mudik pas lebaran tapi dari pengalaman teman yang saya antar tahun kemarin, saya akan mencoba memberikan tips mudik ala TKI, agar mudik anda berjalan lancar dan bisa berjumpa dengan keluarga di tanah air tanpa ada halangan suatu apa. Ada beberapa point penting yang harus diperhatikan yaitu
1. TICKET
Usahakan jauh-jauh hari untuk pesan tiket agar bisa pulang sesuai jadwal yang anda inginkan. Banyak teman yang terpaksa pulang tak sesuai jadwal. Ada yang H-1 pulang, dimana takbir berkumandang di seluruh penjuru dunia eh keluarganya harus ke bandara jemput dia. Ada juga yang H+ sekian baru bisa pulang, jadi terlewatkan moment hari raya yang mengharukan. Ada lagi yang H+2 sudah harus balik, saat asyik-asyiknya berkumpul dengan keluarga bukan? Maka pesanlah tiket jauh-jauh hari untuk mendapatkan jadwal mudik sesuai dengan rencana anda.

2. TARGET JUMLAH TITIPAN
Budaya titip sepertinya sudah menjadi tradisi kalau ada yang pulang kampung. Dan biasanya, yang dititipi akan merasa ga enak kalau mau bilang TIDAK. Namanya juga teman, tetangga, saudara atau apalah. Tapi untuk hal ini anda harus bersikap tegas "BOLO IS BOLO, BISNIS IS BISNIS (lho kok sampai bisnis? Xixixi). Apalagi kalau jatah bagasi anda cuma 20 kg, tolak saja demi keselamatan bagasi anda.

3. PACKING BARANG
Tentukan barang mana yang masuk bagasi dan ditenteng naik ke pesawat (usahakan bawa yang tanpa resiko seperti pisau, bom, pistol mainan dll untuk memudahkan pemeriksaan) Sesuaikan barang bawaan dengan jatah bagasi yang tertulis di ticket. Kurang tidak apa-apa asal jangan sampai over. Sebaiknya barang-barang berat yang tidak mudah rusak dan basi seperti pakaian, buku, dll termasuk barang titipan (kalau ga tega nolak), dipaket via jasa pengiriman barang saja. Karena kalau sampai over dendanya sangat mahal yang per kg nya mencapai 10x lipat harga paket. Eman-eman khan uang sebanyak itu hanya buat bayar denda. Dan jangan terlalu banyak bawa barang elektronik seperti HP (maximal 2) dan laptop. Karena dengar-dengar ada petugas bea cukai yang akan nodong anda di Indonesia. Untuk hal ini kurang meyakinkan, karena ada yang kena dan ada yang ga kena (kalau berani melawan). Yang penting siap-siap saja.

4. DOKUMEN DAN UANG
Inilah yang paling menentukan sukses tidaknya mudik anda. Jadi cek dengan teliti dokumen anda sebelum meninggalkan rumah majikan. Jangan sampai ada dokumen yang ketinggalan. Dan sediakan tempat tersendiri untuk memudahkan anda ketika diperlukan. Selain dokumen, yang tak kalah penting adalah uang. Jangan tukar rupiah terlalu banyak. Lebih aman dikirim lewat bank saja. Kalau anda hanya cuti sebaiknya sisakan dollar anda, buat persiapan saat anda kembali ke negara tempat anda bekerja.

5. CHEK IN
Setelah persiapan lengkap dan hari H tiba, berangkatlah lebih awal ke bandara untuk menghindari hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi. Seperti kendaraan yang anda tumpangi mogok atau jalanan macet. Dan saat chek in, hindari yang namanya titip menitip kelebihan barang. Karena hal ini akan merepotkan anda ketika sampai di Indonesia. Kecuali kalau anda mau bergandengan tangan terus dengan teman ya nitip, jangan sampai hilang, biar ga susah nyarinya. Karena petugas bandara akan ngecek barang anda apakah sesuai dengan nomor bagasi yang anda pegang. Nach. . . . Makanya, bawalah barang sesuai jatah anda biar ga titip dan juga ga dititipi. Hehe. Kalau anda takut hilang didalam bandara, lebih baik anda minta tanda khusus pada petugas chek in. Dengan melihat tanda yang anda pakai, maka ada guide yang akan membawa anda ke Arrival yang anda inginkan.

Setelah semua beres, masuklah ke arrival melalui jalur yang telah ditentukan. Sebelum pesawat membawa anda terbang ke angkasa, kabari keluarga anda tentang kemungkinan terlambatnya kedatangan anda. Agar keluarga tidak khawatir. Karena musim mudik biasa antrinya di imigrasi lebih lama. Dan untuk menghindari rasa jenuh dalam perjalanan anda bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di pesawat.

Sekian tips mudik dari saya untuk para pahlawan devisa kita. Semoga bisa membantu anda yang akan merayakan hari raya bersama keluarga di Indonesia. Untuk tips mudik setelah anda keluar dari bandara ke rumah anda, mungkin sahabat yang di sini bisa membantu. (Kasih tips kok ga lengkap). Xixixi

Artikel ini saya ikutkan di acara  ADUK blogcamp nya Pakde Cholik.

36 comments:

  1. yup..jgn sampe ada yg ketinggalan...

    ReplyDelete
  2. Saya telah membaca artikel diatas dengan cermat
    Akan langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    ReplyDelete
  3. Mbak hilsya@ kalo ketinggalan di ikhlasin aja yg pntng msh bw nyawa (lho) xixixi

    Fiction's world: bolo=teman hehe

    ReplyDelete
  4. kalau yg ketinggalan si"jantung hati" wah gmn tuh ya,,itu kan gak bisa di packing,,hehe :)

    ReplyDelete
  5. Pakde cholik@ terimakasih pakde, salam hangat dari hk

    Al kahfi@ jantung hatinya ga ikut kesini xixixing hatinya ga ikut kesini xixixi

    ReplyDelete
  6. bener tuh mbak, harus berani berkata tidak kalau titipannya melebihi barang bawaan kita :)

    ReplyDelete
  7. Mbak lidya@ saya dulu ga berani, akhirnya malah barang titipan tok yang tak bw plng xixixi

    ReplyDelete
  8. saya juga paling ga suka dititipin mba, jadinya ya sebisa mungkin saya pun akan mencoba berusaha untuk tidak pernah merepotkan teman atau siapa yang mau mudik...

    ReplyDelete
  9. Jangan mau dititipin...nambah2 beban aja, hahaha

    ReplyDelete
  10. Salam sahabat
    siip sangat simple tips Mudiknya,yo ikutan mudik nich mbak hehehe
    oh iya komentar di blog saya dengan menyebut mbak Lidya itu LIdya siapa yach?
    oh iya mohon konfirmasi ulang nama lengkap,alamat lengkap dan domain dan hosing,maaf yang kemarin lupa tertinggal di Shanghai

    ReplyDelete
  11. bakalan saya ingat, bookmark kalo saya.. 'nanti' tinggal di LN .. hahaha mantap mbaak :D

    urkhanblog.com

    ReplyDelete
  12. intinya harus dimulai dari sekarang ya mb', sayangnya saya masih di Indonesia, kota kecil lagi.

    ReplyDelete
  13. lebih enak lagi kalo ada yg nitip barang sampe kebanyakan bisa jadi tambahan buat THR tuh...

    ReplyDelete
  14. Mabruri@ betul itu, kalo kita ga
    suka titip pasti orang lain jg
    sungkan kalo mau nitip xixixi.
    Keven@ betul2, ga kasih uang
    saku titipnya bnyk pisan hihihi
    Mbak Dhana@ xixi maaf ada
    kesalahan teknis mbak

    ReplyDelete
  15. Urkhan@ catet dl lah. . . .buat persiapan xixixi

    Mas deny@ iya hehe

    Zan@ thr dari langit x yach xixixi@ iya hehe

    Zan@ thr dari langit x yach xixixi

    ReplyDelete
  16. oh gt ya? *mudikny deket jd g pernah gini*

    ReplyDelete
  17. satu lagi nih mbak Tarry, jangan lupa bawa oleh-oleh dari LN..
    sebenarnya saya pingin dibawain anda laptop, tapi berhubung katanya banyak pungutan bea.. yo wis ora sido deh hehe

    ReplyDelete
  18. paling males emang klo dititipin, palagi pake harga bolo hihi

    ReplyDelete
  19. makasih yah atas tipsnya,love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  20. "target jumlah titipan" hmm kalo yang ini mah bukan hanya untuk mudikers yang di luar negeri mbak, yang di dalam negeri pun keknya harus menggaris bawahi bagian itu

    ReplyDelete
  21. Oh, Bolo teman toh. Ning kirain BOLO-BOLO yg Tina Toon punya. *kok nda nyambung. Hehhe...

    Mba nggak mudik???

    ReplyDelete
  22. Sukses buat ADUKnya mbak
    mudah-mudahan nanti bisa saya terapkan
    *ngarep dapat beasiswa ke LN*

    ReplyDelete
  23. Hani@ aq malah ga pernah mudik xixixi

    Mas lozz@ tengtop aja mau? Buat emak nya xixixi

    Saryadinilan@ peace n loph too

    Dhenox@ kalo dlm negri mah masih mending sist. Bs di tnggl, kalo diluar? Pasti di buang lah hehe

    Mbak fanny@ makasih hehe

    ReplyDelete
  24. Ria haya@ apalagi kalo sodara, malah nemen xixixi

    Ningsyafitri@ tina toon udah gede ga bolo2 lg xixixi. Iya, aq ga plng sist

    Amela@ amiin mg terkabul hehe

    ReplyDelete
  25. kalo ada titipan, boleh dong mbak aku nitip juga hehehe...

    ReplyDelete
  26. Ada tips Buat yang dalam negeri nggak mba'e???

    hahaha

    ReplyDelete
  27. Hehe, baru kali ini saya baca mengenai mudik dari luar negeri. :D

    ReplyDelete
  28. ok, sip info mudiknya..
    trmksih sist.
    o, iya sist tolng kunjung n add fb sya d Ksayakatasako@yahoo.com
    trmksih..

    ReplyDelete
  29. oki duki.. jangan sampe ada yg ketinggalan iia mbak.. ati ati di jalan :p semangaddd suksses buat kontesnya mbak :)

    ReplyDelete
  30. Blog Keluarga@ boleh,,,, asal bukan barang yaaaa xixixii

    FebriAsop@ yach... maunya lain daripada yg lain hehe

    Kopiah putih@ yang dalam negri tanya yg lain aja yach xixixii

    Belajar Photoshop@ trimakasih dukungannya :)

    K3@ trimakasih sista, sudah mau berteman hehehe

    ReplyDelete
  31. salam kenal, setujjuu :D
    mampir2 juga ya ke http://tirtadarmantio.blogspot.com

    ReplyDelete
  32. wihh tips yang jitu. jangan lupa ketinggalan satu tips lagi. kalo pulang dari Luar negri jangan lupa bawa bule sebagai oleh oleh. hehe

    ReplyDelete
  33. tipsnya meyakinkan..hehehe. pulang mudik tiap tahun kah Mbak?

    ReplyDelete
  34. Mudik lebaran yang lumayan bikin Bete naik bis, dijamin bakal berdiri untuk Surabaya -Babat, hisk

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...