Thursday, August 18, 2011

Tumpeng Ngetril buat Pakde Cholik

Kontes Tumpeng Ngetril 61
Pertama kali baca judul, sempat kaget juga. Ada tumpeng ngetril ada angka 61 pula. Kalau kontesnya dalam rangka HUT RI rasanya ga mungkin dech, sekarang khan HUT ke 66??? Sempat berpikir, kalau 61 adalah angka yang berhubungan dengan sang komandan yang ngadain kontes. Dan ternyata benar..... ada blogger yang sengaja kasih bocoran lewat postingan di Blognya. Bocoran apa itu??? Saya ndak akan rasan-rasan disini takut kwalat xixixixi (ga nyambung).

Kontes "tumpeng ngetril 61" sudah dibuka sejak minggu 14 agustus, tapi kok masih adem ayem saja yach??? Mungkin pada bingung bikinnya tumpeng gimana. Padahal pakde Cholik ndak menetapkan aturan-aturan yang rumit dech. Tumpeng yang penting nasi, ga harus nasi kuning. Waktu ada yang bilang "Pakde saya ndak tahu tumpeng itu apa??". Pakde malah bilang kalau tumpeng itu terdiri dari nasi dan lauk. Berati ada lauk ada nasi bisa dibuat tumpeng lho. Tidak harus seperti gambar di bawah ini dech kayaknya hehehe.

Akhirnya.... sayapun iseng-iseng mau bikin tumpeng buat pakde Cholik dengan bahan ala kadarnya alias ora ragat karena ambil dari menu makan malam saya bersama majikan hikz. Dan inilah hasilnya..... Ada nuansa merah putihnya yach....
Tumpeng ngetril ini terdiri dari Nasi,kare ayam, telur goreng, mie goreng (tapi ga kelihatan ya), dan tumis seledri besar (celery) & wortel.

Bahan : 
1. Beras
2. Ayam 1/2 bagian
3. seledri besar/celery 1/4 bagian
4. wortel 1 yang kecil
5. telur 2 butir
6. Indomie 1 bungkus
7. sayur kobis
8. timun untuk hiasan
9. Santan
10. Air

Bumbu: Gula, garam, royco, bawang putih, bawang merah, sere, daun jeruk, lengkuas, 1 sachet bumbu kare (buat ibu-ibu yang malas nguleg bumbu).

Cara memasak:

-Nasi: Cuci beras sampai bersih, beri air sesuai takaran. Masukkan ke rice cooker dan jangan lupa pencet tombol 'COOK' nya. Karena saya pernah, masakan siap nasinya masih beras gara-gara lupa pencet. xixixi.

- Kare ayam: Cuci bersih ayam, dan potong kecil-kecil atau sesuai selera. Panaskan minyak dan masukkan bumbu kare, sere, lengkuas dan daun jeruk yang telah dicuci. Oseng sampai harum lalu masukkan ayam. Goreng ayam sampai kekuningan (bukan kuningnya bumbu kare lho) lalu masukkan air 2 mangkok makan. Masak dengan api sedang, sesekali aduk sampai airnya tinggal sedikit. Lalu masukkan santan sedikit saja. Tunggu sampai mendidih sambil di aduk. Matikan kompor, kare siap disajikan.

-Mie Goreng: Rebus indomie jangan terlalu lembek lalu tiriskan. Oseng bawang merah dan bawang putih yang diiris tipis-tipis sampai wangi, masukkan sayur kobis, oseng-oseng sampai layu. Lalu masukkan mie serta bumbu indomie. Aduk sampai merata bumbunya, angkat dan siap disajikan.

-Telur: pecahkan telur, taruh  di mangkok kasih garam dan royco secukupnya dan kocok sampai rata. Panaskan minyak, masukkan telur. Goreng tipis saja. Angkat dan iris panjang-panjang. Siap disajikan

-Tumis seledri besar  dan wortel: Cuci bersih dan potong serong panjang kira-kira 3cm. rebus air sampai mendidih, kasih garam, gula, royco, dan minyak secukupnya. Lalu masukkan seledri dan wortel. Rebus 3 menit, angkat dan tiriskan. Panaskan minyak, masukkan bawang yang sudah di geprak. Oseng sampai kuning lalu masukan seledri dan wortel. tambahkan garam, gula dan royco dan air secukupnya. Oseng-oseng sebentar lalu angkat dan siap disajikan.

Setelah semua matang, siapkan piring makan dan tata tumpeng sesuai selera.  Tadi saya bikinnya tumpeng pakai kertas buat manggang jadinya asal-asalan hikz. Yang penting ikut partisipasi di acara "KONTES TUMPENG NGETRIL 61" di Markas Blogcamnya Pakde Cholik . Dulu waktu pakde Ultah perkawinan, saya nyumbang pikiran lewat tulisan saja dapat tali asih. Apalagi kalau ditambah nyumbang tenaga bikin tumpeng. Pasti tali asihnya tambah guede hahaha. ngarep dot com. Mungkin hadiahnya biasa saja tapi sensasinya yang luar biasa, kata Pakde Cholik. Ada yang berminat??? Silahkan langsung datang ke sini.

41 comments:

  1. wah udah biin nih tumpengnya mbak Tarry. Saya juga mau bikin ah. Saya tahu mbak siapa yang ultah, angkanya gini nih (230850). pasti deh pas tanggal itu mau bagi-bagi hadiah.

    ReplyDelete
  2. Saya telah memperhatikan tumpeng anda dengan cermat
    Akan langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    ReplyDelete
  3. tak kirain gambar yg paling atas..Ri udh ngeper aja.. keren bangeeet
    tapi yg kedua juga bagus kok

    emang harus ada cara bikinnya toh? waah.. tambah ga bisa deh :(

    ReplyDelete
  4. Wauuuahh.. tumpeng ala HongKong pake indomie dan kare.. eh, di HongKong Indomie ada juga yaa?

    *yaiyalah, lah wong di Belanda aja ada.. yang nggak ada di Itali aja.

    Eheem.. 61.. mau nebak umurnya pakde yaa Tar?. hihihi..

    saya mau ngikut, tapi bingung.. lah yang mau dipake buuat tumpeng apaan coba?. hahaha

    ReplyDelete
  5. he? udah jadi lhooo
    kemarin aku nyari kerucut buat tumpengnya kok gede semua :(
    blom nemu yg kecil, yg pas buat di pirign hiks ...

    eh sukses kontesnya yaaaa

    ReplyDelete
  6. mas jier@ waduh malah lbh akurat ini bocorannya hehe

    pakde cholik@ terimakasih pakde

    mbak hilsya@ yg atas jebakan pasar xixixi. Masa iya ga bisa bikin tumpeng mbak hehe

    ReplyDelete
  7. mas gaphe@ nebak2 kaya para normal aja haha. Tumpeng aneh, kalo pake rendang sich pernah ketemu, pake kare? Meragukan.
    Pean Ga usah ikut ntar aq kalah saing hohoho

    NiQue@kerucutnya dari daun pisang aja sist tp kurang padet ky punyaku tuch hehe

    ReplyDelete
  8. mbak tarry sudah posting ya, aku tinggal posting nih

    ReplyDelete
  9. waah, udah jadi aja nih mba..
    berhubung saya sukanya tinggal makannya aja, jadi ya bagus semuanya.. hehehe

    semoga beruntung kontesnya mba..

    ReplyDelete
  10. Tak kirain yang atas loh, Mba. Dah berniat mundur aku...hehehe...

    Kereen, deh. Manfaatkan apa yang ada aja ya. Kreatif nih...

    ReplyDelete
  11. tumpeng identik dgn bentuknya yg kerucut,,kalau kriteria semua bahan terpenuhi,, tapi bentuknya gak kerucut, misal segi empat apa masih bisa di sebut tumpeng ya,,:)

    ReplyDelete
  12. wah mantap keren..saya kemarin juga dah bikin tumpeng..tapi nggak pede neh mau posting bentuknya acak kadul..hhehe..semoga menang yah mbak..:)
    tumpeng nya keren..:)

    ReplyDelete
  13. Mbak lidya@ pasti ga pede nich mau posting xixixi

    Mabruri@ jd tim juri aja kalo begeto hikz

    Mbak dewi@ memanfaatkan apa yg ada, kalo mencari yg ga ada namanya ngoyo x yach xixixi

    Al kahfi@ kalo ga kerucut namanya bukan tumpeng x, tp tumpeng skrg keren2 lho hehe

    Mama kinan@ berati saya pede se x ya bund, tumpeng kaya gini berati ikut hikz

    ReplyDelete
  14. wahhh udah duluan tayang ya di sini :D
    buru@ aaahhh...

    sukses ya jeng :)

    ReplyDelete
  15. Tumpeng menjulang tinggi sebagai symbol doa kepada Yang maha Kuasa.

    ReplyDelete
  16. hehehe cocok buat makan sahur, pas mati lampu....
    sedap dan nikmat ^__^

    ReplyDelete
  17. niQue@ buruan atuh neng hehe

    kang nur@ oh seperti itukah makna tumpeng? Pantesan kalo selametan pake tumpeng hehe

    aryadevi@ ho'oh khan ada lilinnya jd mesra xixixi

    ReplyDelete
  18. wuih.. itu untuk pakde cholik aja tarr? untuk dhe mana? hehehe
    dhe mw cb ikutan ahh..
    klo baca tulisannya tarry, srasa hadir dalam pembuatan tumpengnya. hehehe

    ReplyDelete
  19. wah ada kontes ya
    pantesan hari ini banyak yang bikin tumpeng...

    ReplyDelete
  20. ngetril?
    bahaha namanya unik :D

    ReplyDelete
  21. salam sahabat
    wah hebat bikin tumpeng ngetril kayak sepeda motor nich ngetril ngetril bahaya tuh tapi yang anda sajikan justru unik ngetrilnya jika tidak kebagian tumpengnya hehehe
    sukses ya

    ReplyDelete
  22. Dhe@ hayuuuk ikut nyoba bikin tumpeng, masa kalah ama saya yg serba ndadak hihihihi

    MAs Rawins@ paling2 tumpeng kemarin 17an mas hehehe

    [L]ain@ iya, itu nama dari pakde bukan dari saya xixixi

    Mbak Dhana@ haha bikin tumpeng tapi ga kebagian tumpeng??? xixixi

    ReplyDelete
  23. hehe tumpeng ngetrilll nya bener bener ngetrilll. mau dong. lumayan buat sahur. hihihi

    ReplyDelete
  24. Wahhh...peserta pertama nih mba Tarry, sukses yaa...semoga menang ;)

    ReplyDelete
  25. tumpengnya merah putih mesti hormat dunk aku nih mba hehehe :D

    ReplyDelete
  26. Nasinya gak kuning ya? Selama ini saya pikir tumpeng harus nasi kuning. :)

    ReplyDelete
  27. tumpeng yang unik dan berbahan minimalis, mienya ndak keliatan apa karena kebanyakan kecap sehingga gelap. Ngetril 61 itu apa ultahnya pak Dhe ya Mbak

    ReplyDelete
  28. waaaah, saya malah belum bikin tumpeng.. masalahnya lagi di kost sih mbak, jadi susah bereksperimen dengan makanan..

    ReplyDelete
  29. Wah, tumpeng?
    hmMmm..
    jdi mlah ingt msa SD sya dlu
    siplah tumpeng, hidup tumpeng...
    lho ko mlah ributin tumpeng?
    hehehe
    ok, slm sjahtra sllu sist.

    ReplyDelete
  30. Wah... itu lilin langsung nancep dipuncak, nunggu ditiup Pakdhe ya... :D
    Gudlak ya...
    Btw, gimana sih rasa seledri gede2 kek gitu ya...?

    ReplyDelete
  31. tumpeng yang paling hueeenak itu ada nasi gurihnya dengan lauk paha ayam dan janga lupa ada lodeh kluwihnya, hemmm......mantap tenannnn...

    ReplyDelete
  32. sama kita ya, pake yang ada di rumah, pake bumbu instan pula .. :D

    ReplyDelete
  33. Mas Bayu@ selamat menikamti tumpeng ngetril saya yak xixixiixi

    Mbak Orin Peserta no 2 kayaknya mbak hehe

    Pak Ies@ Tumpeng ala kadarnya ga mengada-ada ini pak hehe. Insyaallah 61 memang usianya pakde hehe

    Ria Nugroho@ Hormatnya ama bendera aja sist xixixi

    Asop@ Kalo ditempat saya ga harus kuning hehe

    ReplyDelete
  34. Mbak Fanny@ minta dibuatin ama si sapa itu mbak??? yg centil asistennya mamae mbak fanny xixixi

    Asdikin@ iya trimakasih gan. Insyaallah

    Dhe bie@ beli nasi bungkus aja sist xixixixi

    K3@ aku jg suka rebutan ama adeku sist xixixii

    Kaakin@ Iya, katanya pakde khan ultah hkz. Rasanya celery sama aja tapi ini batangnya sist hehe

    ReplyDelete
  35. Pakde Sulas@ nah yg susah lodeh kluwihnya itu pakde, hehe

    Shudai@ beli atuh kang xixixi

    Bu dey@ iya bu,,,, apa adanya saja maklum ikut orang hehehe

    ReplyDelete
  36. mbak aku belom buat tumpeng... hihih... sip deh mbak Tarry bikin tumpeng minimalis.. yg penting rasanya oke dan mengenyangkan :-D

    tumpeng dari Hongkong dimana lg klo gak disini :-D

    ReplyDelete
  37. Ini to tumpeng yang menang di kontesnya pakde Cholik? Selamat ya mbak.. atas kemenangannya.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...