Friday, September 16, 2011

BUTA MATA BUKA HATI

Musim dingin tahun ini, waktu saya berangkat ke pasar, ada 4 orang yang berjalan jejer-jejer kebelakang (main sepur-sepuran kalau masa kecil saya dulu). Saya pun penasaran, kenapa orang ini jalannya kok harus gandengan?? Setelah saya berjalan mengiringi mereka, ternyata 3 orang laki-laki itu buta dan satu wanita yang tidak buta sebagai penunjuk jalannya. 


Gambar ini saya ambil beberapa bulan yang lalu waktu musim dingin. Paling depan wanita sebagai penunjuk jalan, Orang kedua hanya pegang tas wanita itu dan dia sendiri nenteng tas kresek besar. Orang ketiga dan ke empat hanya meletakkan telapak tangannya (bukan genggam lho) di punggung temannya. Mereka berjalan kompak sekali, ga injek-injekan bahkan kalau ada beberapa anak tangga, tanpa di komando mereka bisa melewatinya. Seolah mereka tahu kalau ada anak tangga. Padahal saya sendiri kalau jalan ada anak tangga dan saya sibuk lihat HP, kadang-kadang hampir jatuh hikz. Tapi mereka berjalan layaknya manusia normal.

Karena hari itu saya kurang puas dengan hasil jepretan saya yang terlalu jauh, saya pun berharap bisa ketemu mereka lagi. Tapi sampai berbulan-bulan ga ketemu. Lha tadi tiba-tiba saya melihat mereka lagi. Saya buntuti mereka terus sampai pasar dan dengan belagak mainan HP, saya ambil gambar mereka. Tapi hasilnya ga sempurna, namanya juga HP jadul dan objeknya gerak terus hehe.

 Kelihatan khan kalau tangan orang ketiga dan ke empat cuma numpang saja bukan genggam punggung temannya??

Masih dengan formasi yang sama seperti beberapa bulan yang lalu. 1 orang wanita dan 3 laki-laki buta.

Berbagai pertanyaan ada dalam benak saya. Kenapa mereka bisa kompak ya??? Si buta yang seakan akan bisa melihat dengan mata. Tangan mereka yang tak pernah lepas dari punggung temannya. Langkah mereka yang serempak cepat pelannya. Mungkinkah hati mereka yang melihat ya??? Ach..... terlalu banyak pertanyaan yang saya sendiri tak bisa menjawabnya. Inilah kuasa ALLAH, yang telah memberikan kekurangan beruba kebutaan. Tapi ALLAH juga memberi kelebihan berupa hati yang seakan bisa melihat layaknya sepasang mata. 

Begitu juga dengan kita, dibalik kekurangan kita pasti ada sesuatu yang menjadi kelebihan kita. So, jangan hanya mempermasalahkan kekurangan kita tapi manfaatkan kelebihan kita agar lebih berguna untuk orang-orang di sekeliling kita. Semoga kita semua bisa selalu bersyukur atas nikmat ALLAH yang tak pernah ada habisnya ini. Amiiin

30 comments:

  1. kekurangan itu adalah kelebihan yang tidak terlihat - DokterGigiGaul

    ReplyDelete
  2. subhanallah... Allah memberikan kelebihan atas kekurangan yang mereka miliki ya... unik sekali...

    ReplyDelete
  3. Pak dokter@ lha terus gmn cr melihatnya ya? Hehe

    Mbak Thia@ emang unik bngt mbak, biasanya kalo ketemu ya 1 orang bw tongkat hehe

    ReplyDelete
  4. banyak hikmah yang bisa dipetik dari kisahnya mbak kali ini..
    Yang utama mengajarkan bahwa kekurangan bukanlah hambatan bagi seseorang untuk beraktivitas,dibalik kekurangan tersimpan segudang kelebihan trus semangat kerjasama yang ta acungin jempol :), trus yang pasti rasa syukur deh..ga boleh ilang itu..:)

    nice share mbak :)

    ReplyDelete
  5. wah jd tringet tikus tanah(diciptakan emng buta)kalo jalan rame2 saling gigit ekor persis gerbong sepur beriringan..hehe

    ReplyDelete
  6. Heeee...keren banget ya, jaman sekarang udah jarang ngeliatin yg kayak gini...kalo naek MTR gimana tuh?

    ReplyDelete
  7. luar biasa, dalam kondisi yang sedemikian rasa kebersamaan menjadi sebuah kekuatan

    ReplyDelete
  8. Keren banget, yah.. Tuhan memang selalu adil, orang2 yang menurut manusia kebanyakan memiliki kekurangan, sebenarnya juga dikaruniakan kelebihan yang sangat unik...

    ReplyDelete
  9. Todi@ iya bener bngt, kadang orang normal malah saling injak saling dorong untuk jd pemenang hehe

    Alkahfi@ walah penelitiannya jeli bngt ampe merhatiin tikus hikz

    Pak ies@ betul pak, saya sampe mlongo hehe

    ReplyDelete
  10. Keven@ naek mercykill aja lah biar ga susah xixi

    Alissa@ yup betul, keunikan yg tercipta dr kekurangan yg kita miliki

    ReplyDelete
  11. Subhanallah Mbak, luar biasa sekali, tergetar hatiku melihat cara Allah menunjukkan kuasanya. Dan semoga kita selalu pandai bersyukur atas semua yang kita miliki...

    Maaf Mbak baru bisa meninggalkan koment lagi, setelah sekin lama ;)

    ReplyDelete
  12. Subahanalloh ya mba...harus banyak2 bersyukur nih kita..

    ReplyDelete
  13. Allah menciptakan makhluknya dengan kelebihan dan kekurangannya ya

    ReplyDelete
  14. Smoga kita selalu ingat bersyukur atas diri kita yg sempurna :P Kuasa Tuhan sungguh besar :P

    ReplyDelete
  15. ak juga pernah liat :O keren ya jalannya juga cepet yang pernah ak liat itu, Subhanallah Allah tuh Maha Adil ya :D

    ReplyDelete
  16. kombinasi kekurangan dan kelebihan menghasilkan kesempurnaan dalam menghadapi kehidupan :) nice post..terimakasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah...! Pertama saya kagum pada kekompakan mereka. Kedua saya salut pada sang wanita yang bisa menjadi penunjuk jalan bagi 3 pria. Kemudian yang terakhir, saya gak pingin seperti mereka. Sebab saya sudah diberi kelebihan yang tidak mereka miliki yakni bisa nge-blog terusssssss... xixixi..
    Btw. sesungguhnya : dibalik kekurangan dan ketidak-sempurnaan menurut instink dan ilmu manusia, sesungguhnyalah ada rahasia hikmah dari Al-Khaliq. Allahu'alam bishawab.

    ReplyDelete
  18. dalam keadaan apapun kebersamaan itu sangatlah penting adanya. Mereka yang kekurangan tidak perlu bersusah hati karena dibalik kekurangannya pasti ada kelebihan.

    ReplyDelete
  19. memang bener kata temen,,
    "ga ada lo ga rame"
    kebersamaan mereka patut ditiru

    ReplyDelete
  20. kayak lagunya Opick dong mbak Tarry,
    buka mata, buka hati :D

    Kebetulan rumah saya deket Panti Sosial Bina Netra. Kalo di tempat saya Orang-orang tunanetra jalannya juga kayak sepur-sepuran, tapi tangannya nggak pake nempel tapi pake tongkat putih. Tiap seminggu sekali mereka pasti jalan2 bareng. Ngrasa trenyuh banget...

    Handycraft buatan orang cacat juga ternyata bagus-bagus. Pemerintah sampe bikinin semacam "rumah berkarya" untuk mereka. Hasilnya luarr biasa!! Bagus pokoknya. Itu lah kelebihan di samping kekurangan mereka....

    ^^

    ReplyDelete
  21. Subhanallah...
    Sungguh Allah Maha Adil... :)

    ReplyDelete
  22. Mbak Fanny & Mbak Yunda & Neng Orin & Mbak Lidya & Mbak Ami & Kakaakin@ Allah memang maha adil, dengan memberikan kekurangan dan kelebihan hehe.

    Fiction's World@ Kalo ketemu yg pake tongkat sich sering tp yg jejer2 gini yg unik hikz

    Arev tyan@ Yap bener, saling kerjasama bukan malah saling menjatuhkan ya hehe. Kayak Iklan aja hikz

    ReplyDelete
  23. Mas Hariyanto@ kombinasi yg sesuai porsinya ya hehe

    Cah Ndeso@ Ya iyalah, kalo seperti mrk mana bisa ngeblog xixixixi. Tapi bukan rahasia dibalik rahasia khan??? Hehehe

    Mas Jier@ iya betul, tp kdng2 kelebihan srng dilupakan dan fokus pada kekurangan hehe

    Hitam Putih@ Wah berati bisa melihat langsung ya mbak aktivitas mereka?? Salut bngt buat mrk yg mau berkatya dengan segala kekurangannya hehe

    ReplyDelete
  24. wihh baru pertama liat fenomena kayak gini. aku kita orang mau main main aja. ternyata orang buta yah. masyaallah

    ReplyDelete
  25. hii salam kenal iya dari vira .. :)
    jangan lupa mapir keweb vira iya di http://www.rumahkiat.com/ vira mau berbagi pengalaman nih.:)
    wah bagus juga iya blog ka2 ... ^_^ good luck iya.....

    ReplyDelete
  26. subhanallah indah banget ya ngeliatnya. saling ngebantu dan kompak. pasti sih mereka ngeliat dengan intuisi mereka. dibalik kekurangan akan ada kelebihan ya, amin..

    terus yang menarik juga itu jalanan nya bersih banget ya. yang waktu jalan di pinggiran toko itu juga bersih gitu jalannya. pun dengan foto pas nyebrang itu. keren :D

    ReplyDelete
  27. subhanallah,banyak pelajaran yg bisa kita ambil...

    ReplyDelete
  28. wha, ternyata aku termasuk yg sering koment di blog ini ya. hehhee lagi liat jumlah komentar nih.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...