Thursday, September 15, 2011

Gigi Cuil Karena Polopao

Posting kali ini sengaja saya buat untuk mengikuti sebuah sayembara yang diadakan oleh seorang dokter gigi yang dengan PD nya menyebut dirinya Dokter Gigi Gaul. Sayembara ini berhadiah sebuah alat modern yang sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi kita. Karena alatnya cuma satu, Pak dokter pesen "jangan disebarluaskan sayembara ini ke blogger lain". Ga boleh disebarluaskan tapi kok di posting??? Hikz, dasar pak dokter gaul. hehe


Sebelum saya bercerita, buat yang belum kenal sama POLOPAO kenalan dulu ya? POLOPAO itu dari bahasa Cantonese yang artinya pineapple bun. Kalau dalam bahasa saya POLO= NANAS, PAO= ROTI. Jadi polopao adalah. . . . Roti rasa nanas favorit saya yang bentuknya seperti gambar dibawah ini.

 POLOPAO yang murah meriah, harganya bervariasi mulai dari $2 tergantung di toko roti mana dan isinya apa (kacang merah, rasa kelapa, cream, dll)

Dulu roti ini yang paling saya sukai. Saking sukanya sampai-sampai tiada hari tanpa polopao. Kalau sampai ga makan bisa sakaw *halah over dosis*. Tapi seperti halnya musim panas yang tergantikan oleh musim dingin. Begitu juga dengan nasib polopao, bagaimanapun nge fans nya saya toh keberadaannya mampu tergantikan oleh pisang goreng atau tempe goreng. Kenapa?? Karena dia jadi sumber penderitaan saya hikz.

Berbulan-bulan yang lalu, seperti biasa saya sarapan polopao dan Kopi. 2 hal yang dulu paling saya cari sekarang jadi sesuatu yang paling saya hindari, tapi kalau kangen masih suka nyariin hehe. Disaat sedang asyik-asyiknya menikmati polopao yang empuk, tiba-tiba "kletak" (diam sejenak). Saya kira polopaonya ada kerikil. Setelah saya cari pelan-pelan pakai lidah dan ketemu, saya langsung melotot sampai mata mau copot. Ternyata gigi saya yang paling belakang cuil seperempat bagian. Ga sakit sich, tapi karena gigi bungsu saya sudah nongol dari SMEA sampai sekarang belum sempurna. Sehingga jarak antara gigi yang cuil dan gigi bungsu malah seperti gigi lubang. Yang tiap kali makan selalu ada yang nyelip dan susah banget ambilnya. Dan akibatnya gusi saya sering senut-senut, yang rasanya setengah hidup sampai sakit banget kepala saya. Kalau sudah ga tahan ya minum ponstand atau panadol.

Beberapa bulan berlalu dan sekitar 2 bulan lalu, saat makan nasi pecel dan ngunyah peyek tiba-tiba "kletak" (lagi). Hati saya mulai ga enak, rasanya sakit banget. Saya kira peyeknya yang nyelip di gigi tapi ternyata...... gigi saya cuil lagi. Langsung mewek tapi saya sembunyikan, maklum sedang di toko Indonesia banyak yang makan. Gigi saya yang tinggal 3/4 jadi tersisa 1/2 nya dan jarak antara gigi bungsu makin lebar donk.

Satu keuntungan, karena ga pernah ada makanan nyelip lagi. Tapi masalah lain muncul, dengan jarak yang lebar membuat gusi saya bisa tersentuh lidah, dan di gusinya masih tersisa gigi yang nancap seujung kuku, (kecil banget). Tapi waktu ngunyah makanan selalu saja kesenggol. Kalau sudah kesenggol, sakitnya sangat luar biasa dan sering bengkak. Kadang saya ga kuat dan pingin banget membawanya ke dokter gigi dan mencabutnya. Tapi masalahnya ini gigi atas, kata orang kalau cabut gigi atas bisa terjadi masalah dengan mata. Benarkah itu Pak Dokter??? Kayaknya salah, karena saya dulu pernah baca artikel tentang ini dan tidak ada masalah. Hikz

Dulu waktu masih kecil, saya pernah cabut 2 gigi atas yang depan karena gingsul. Dan saat ini saya memang ada masalah dengan mata mulai dari SMP kelas 2 dan sekarang sudah +100, tapi ga terlalu menganggu. Cuma kadang-kadang saja mata saya jadi rabun, sebentar juga sudah ga apa-apa. Saya jadi bertanya, mungkinkah ini karena dulu saya cabut gigi?? Entahlah, saya sendiri juga ga tahu, yang penting tanpa kacamata saya tetap bisa berkarya & bekerja. Hehe

Kalau sakit gigi saya sudah biasa. Tapi kalau gigi keropos? Oh tidaaaak. Mungkin karena sering makan yang panas-panas kali ya?. Atau mungkin karena airnya di Hong Kong yang tidak cocok dengan saya ya??? Tapi emak saya yang dulu kerja di Arab dan suami saya yang sekarang masih di Taiwan juga mengalami gigi keropos alias ompong xixixi. Dan bapak  dan adek saya yang belum pernah ke luar negeri giginya tetap sehat tuch. Kira-kira masalahnya apa ya???  Mungkin hanya Dokter gigi yang bisa jawab hehe.

Peringatan buat saya mumpung baru ompong separo, "makanlah makanan yang disukai sebelum ompong semua dan ga bisa makan enak". Eh salah dink seharusnya gini, "mumpung belum terlanjur ompong banyak jagalah gigi sebaik-baiknya biar sehat sampai ntar dipanggil nenek masih bisa makan tebu". hahahaa

Tulisan ini diikutsertakan dalam "SAYEMBARA Magahaya" yang diadakan oleh Pak Dokter Gigi Gaul.
Untuk yang berminat yuk dimari mumpung masih ada waktu. hehee

30 comments:

  1. Wahh jadi pengen deh sama polopao..#mirip dengan bakpao namanya.atau sekeluarga yah ? dengan makpao ?

    cari ah :")
    semoga menang yah sayembaranya :D

    ReplyDelete
  2. Semoga menang lombanya. Dan saya menunggu giveaway dari Mbak Tarry

    Btw, curhat dikit, gigi saya *gusi* dua2nya dah abis, kasusnya sama kek Mbak Tarry :D

    ReplyDelete
  3. Ucank@ sama. Bedanya hanya polopao di open (panggang), bakpao di steam hehe. Makasih ya

    Mbak Anaz@ berati mslh yg sama untuk yg diluar negeri kayaknya. Hikz.
    Ditunggu aja ya yg dr aku

    ReplyDelete
  4. hmm hubungannya makan2an diluar negri dgn gigi keropos,,,bisa sj kl y soo udara dingin yg dimakan panas2..kudu gk mampu nyesuain suhu luar dan dalam,,,hehe nthlah

    ReplyDelete
  5. Terimakasih buat partisisapinya

    Semoga menang..
    Dah dicatat di daftar delay pesawat terbang terbaru..

    btw, kayaknya enak polopao nya [ikutan Uchank]. di Indonesia gak ada kue sejenis ya? :)

    ReplyDelete
  6. Al kahfi@ musim panas pun makannya jg yg panas2 lho, trus minumnya dingin. Nah lho hehe

    Pak dokter@ makasih pak, sudah diloloskan jd peserta hikz.
    Kalo blm ada ya bikin sndr aja pak, kaya bakpao tp di open

    ReplyDelete
  7. ahh, itu saya tahu..saya kan mantan baker,hahahha..itu mirip ky roti bo (nama'a emank roti bo, bukan roti,boo :D )..

    oo, punya gingsul juga ya?
    aku juga ada tapi gak aku cabut..skrg aku mirip bgt sama vampir,hahaa

    ReplyDelete
  8. duh.. kasian polopaonya (jah.. kok bukan kasihan tarry yah, kan giginya copot. hehehe)

    kliatannya enak banget yah..pengen :(

    ReplyDelete
  9. bener banget mbak, sebelum gigi pada kenapa2, makanlah semua makanan yang pengen kita makan.. halah.. hahahahha

    ReplyDelete
  10. saya juga suka sama roti...tp lebih suka lagi yg isinya coklat keju hehehe...

    wah kontes lg yachh....siap2 ke TKP ahh...mudah2an bisa ikut...

    sukses yach kontesnya

    ReplyDelete
  11. loh, koq pas sya puasa, banyak yg posting makanan sih. BW-an di jam2 kolapas2nya pula. hah, kan ngilerrr.. wkwkwkkwkwk.. makruh dak yah?

    ReplyDelete
  12. Ennylaw@ lha saya malah ga pernah ktm kalo di indo. Kalo gingsul di samping ya bagus mbak. Aq di tengah jd kaya marmut haha

    Sun_dhe@rasanya biasa aja kok, karna murah makanya suka hoho

    Mbak nia@ roti bakar isi coklat huaa pngn bngt xixi. Hayo ikutan mbak samping ya bagus mbak. Aq di tengah jd kaya marmut haha

    Sun_dh

    ReplyDelete
  13. Dhenox@ haha, hidup untuk makan yak

    Accilong@ hoho bkn salah bunda mengandung lho ya kalo postingnya menggoda orang puasa xixih bunda mengandung lho ya kalo postingnya menggoda orang puasa xixi

    ReplyDelete
  14. Sebener'e aku tau makanan satu ini, cuma karena dari kecil ndak gitu suka nanas jadi gak pernah sekalipun nyobain haha... coba si nanas diganti sama Cokelat pasti langsung aku abisin wkwkkw...

    Moga menang ya kontesnya.... eh tapi klo menang diajarin make alatnya ndak sama si dokter? klo ndak repot :)

    Met aktivitas...

    ReplyDelete
  15. enak kelihatannya ya makanannya. semoga menang kontesnya mbak

    ReplyDelete
  16. salam sahabat
    walah walah yang keras polo pao nya apa giginya palsu hehehhe
    gimana mbak udah saya kasih no hp kok gak ada konfirmasi,saya sekarang di semarang jadi hp yang dulu tertinggal sehingga no hp mbak tarry hilang uga hehehe maaf ya
    mohon maaf lahir bathin ya

    ReplyDelete
  17. lah polopao itu roti nanas tapi rasanya bukan rasa nanas gitu :?:

    meskipun kata lagu lebih baik sakit gigi daripada sakit hati, tetep aja ya sakit gigi tuh menderita banget

    ReplyDelete
  18. kasus sama mba Tari, sy masih ingat waktu umur 7 tahun cabut gigi susu bagian atas (mata masih normal), setelah dicabut 2 gigi, proses mata mengabur pun terjadi...jeng..jeng....
    sampai sekarang mata ini minus 6.....ckckck

    ReplyDelete
  19. sama mba aku jg nih baru ompong kemaren puasa persis kaya mbak gtu cuil giginya tapi masih sisa :(

    ReplyDelete
  20. wah polopaonya bikin ngiler...
    wah kok sama Mba, gigiku juga cuil dikit demi dikit, mirip yg diceritakan Mba Tarry, ga sakit sich, cuma rada takut juga kalau gusinya jadi rusak

    ReplyDelete
  21. seperti nama daerah ya mbak Tar, Palopo hehe

    sukses ya buat sayembaranya..

    ReplyDelete
  22. nenek saya dulu sampe umur mendekati 90 giginya masih bagus. pertama dulu seneng "nginang" kedua tidak pernah makan makananan yang panas, juga makanan yang dingin seperti es.

    orang sekarang maunya hanya makan kalo yang terhidanag masih dalam keadaan mengepul panas dan langsung minum es, yan gnamanya giginya tentu kaget dengan perubahan mendadak seperti itu

    ReplyDelete
  23. Ferdinand@ alaaaah tahu apa pura2 tahu??? hihi, rasa nanasnya ga kerasa kok hehe. Kalo menang tak suruh ngajarin sampean aja lho hehe

    Mbak Lidya@ namanya jg roti pasti ya seperti itu lah mbak hehe. Makasih

    Mbak Dhana@ Giginya yg palsu kali yaaaa xixixi. Smsnya mesti ga nyampe iki

    Fiction's World@ Nanasnya ga kerasa dech kayaknya hikz. Itu mah hanya sekedar lagunya orang sakit hati, yg asli tuch sakit gigi lbh tersiksa haha

    ReplyDelete
  24. Aryadevi@ Haaaa sampai -6??? Banyak amat??? berati emang ada efek ke mata ya pak??

    Ria Kuadrat@ waduh berati ada temennya ya??? ati2 ntar jadi ompong semua xixixi

    Mas Lozz@ daerahnya sapa kuwi??? Aq ga kenal hikz

    Pak Ies@ betul sekali pak, jaman skrng makin canggih tp penyakitnya jg malah lebh canggih. hehe
    Salut ama nenek pak, umur 90 masih utuh giginya. Saya aja kalah hikz

    ReplyDelete
  25. hahaha... kasian bgt Tarry.,.
    trus skrg gmn udah beres belom masalah gigi cuilnya ituh?

    hmm... palopao kayaknya enak ya... jd penasaran... di jakarta ada nggak ya? :-P

    ReplyDelete
  26. aaaaaaaargh, rotinya menggodaaa *_*

    ReplyDelete
  27. oh tiu namanya polopao toh. enak kayaknya ya. tapi pernah makan deh rasanya.

    ReplyDelete
  28. Wah saingan kita, wkwkwk. :)

    Bisa tho makan pao ampe cuil gitu untunya :D :D

    ReplyDelete
  29. tiga tahun gak liat bentuknya polopao kok jadi kangen, nyari gambar polopao, eh nemu disini. makasih postingnya, fotonya bisa mengobati kangenku sama polopao (dulu saya ngefans poloao juga), dan tulisannya cukup membuat saya cekikikan... kikikiki

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...