Thursday, September 8, 2011

Tradisi Suap-Suapan saat Resepsi Pernikahan

Si banci kontes  neng Orin  lagi ngadain GiveAway untuk memperingati hari jadi pernikahannya yang pertama. Tadinya saya ga tahu tapi Mbak Susi yang woro-woro karena lihat foto pengantin saya. Dan sayapun langsung ke TKP,  ternyata kontesnya tentang foto keluarga. Boleh sama suami atau sama keluarga (adek, kakak, bapak, emak dll). Dan uniknya, foto yang diikutkan tidak boleh  yang sama pacar/tunangan apalagi selingkuhan. Widiiiih salut banget sama aturannya ini hehe.


Sejujurnya, saya mulai kenal sampai nikah dengan suami sudah hampir 11 tahun. Tapi yang namanya foto berdua, selain foto pengantin saya tidak punya sama sekali. Karena suami saya paling ga suka yang namanya foto apalagi jaman dulu tidak ada HP yang bisa jepret-jepret dimananpun berada. Jadi dengan terpaksa senang hati dan bangga saya akan pamerin foto pengantin saya untuk partisipasi di acaranya si banci kontes. hikz.


Saya ngemutnya sendok kenceng banget takut ditarik (lagi) sebelum kena jepret camera. hihi

Di kampung saya (mungkin daerah lain juga sama), kalau resepsi pernikahan pasti ada tradisi suap-suapan (bukan suap pakai uang itu lho ya). Yang wajib tuch suap-suapan nasi kuning. Kalau kue tart ga wajib, tapi saat ini banyak juga yang sudah mulai pakai tart ketika resepsi. Saya aja yang katrok gara-gara di luar negeri mulu hikz.

Waktu itu malam sebelum resepsi, suami saya yang kebetulan tidak mau pulang ke rumahnya sendiri mulai saya datang dari Hong Kong. (Sebenarnya tidak boleh yach) Seharusnya dipingit ga boleh ketemu sebelum resepsi pernikahan. Tapi karena waktu kami singkat jadi anggap saja boleh. Sehingga suami saya yang seharusnya di rumahnya sendiri dan ngurusi teman-temannya malah ngumpet di rumah saya hihihi. Dan ketika selesai ijab qabul, gayane ikut pulang bersama keluarganya. Tapi tengah malam balik lagi ke rumah saya. Tapi kami sudah sah menurut agama karena sudah ijab siri. Jadi ga dosa khan???? *halah kok jadi keluar dari topik hikz*

Karena sudah tahu kalau pas resepsi ada suap-suapan nasi kuning, malam itu suami saya pesan "dek, besok nek nyuapin dikasih lauk telur yach, emoh aku nek cuma nasi tok".  Ada-ada saja, suami saya itu. Dan pas tiba acara suap-suapan, saya pun dengan susah payah ambil telur yang diiris panjang-panjang. Kok susah ambilnya??? Yach selain tangan saya keder karena dilihat banyak orang, piringnya juga gede dan pernik-perniknya banyak pula. Jadi berat ngangkatnya, tapi lumayan ringanlah karena diangkat berdua. 

Setelah makan, tentunya harus minum donk. Karena tidak ada persiapan gelas, jadinya minum pakai Aqua gelas dan disuruh pegang berdua. Sialnya suami saya pegangnya kekencengen, jadinya airnya muncrat kena baju saya. Spontan tukang rias dan undangan yang lihat langsung "gerrrrrr" menertawakan kami. Haduh, mungkin wajah saya sudah merah hijau kuning waktu itu. Tapi cuek saja hehe

Nach setelah ganti baju, waktunya potong kue tart. Lagi-lagi kita disuruh suap-suapan (seperti foto diatas). Kali ini suami saya bikin ulah lagi. Karena waktu nyuapin saya, buru-buru diturunin tuch tangannya padahal photografernya belum bilang oke. Akhirnya harus mengulang lagi adegan suap-suapan kuenya. Ada yang nyeletuk "hahaha pengantin lakinya minta tambah". Kelaparan kali makanya minta tambah. Dan lagi-lagi saya hanya bisa tersenyum nahan tawa dan malu. Sebenarnya banyak kejadian lucunya waktu resepsi kami. Tapi karena menyesuaikan kisah dengan photo jadi cerita yang lain disimpen dulu. hikz

Kalau menurut saya pribadi, seluruh prosesi pernikahan itu punya makna sendiri-sendiri. Seperti halnya suap-suapan, mungkin tujuannya  agar suami istri bisa saling memberi dan menerima. Apa yang dimakan istri ya itu yang dimakan suami. Ada..... ya dimakan bareng kalau ga ada, ya...... nahan laper bareng. Eh.... nggak dink, istrinya harus tetap makan dulu donk. *mau menang sendiri* hikz.

Kisah saya dibalik foto ini diikutkan dalam acara 1st GiveAway-sweetest memories yang diadakan oleh  neng Orin. Selamat ulah tahun pernikahan yang pertama. Semoga dengan bertambahnya usia pernikahan tak membuat cinta mereka berkurang. Dan semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah. Amiiiin.





36 comments:

  1. wihiiii asikkk romantis sekali suap suapan. uwww. ati ati sendok nya jangan di makan juga ya mbak. hehe

    semoga menang give away nya. amin

    ReplyDelete
  2. wkwkwk ngemut sendok kekencengen itu sebagai pertanda ingin mempertahankan bahtera keluarga sekuat-kuatnya, ato pertanda ehmmm apa ya .. (tahu sendiri lah jawabannya)

    ReplyDelete
  3. mas bayu@ haha ga ampe segitunya kali,

    pak is@ haduh pak is bs aja hehe. Yg jelas saya ga mau mengulang 3x pak hehe uh pak is bs aja hehe. Yg jelas saya ga mau mengulang 3x pak hehe

    ReplyDelete
  4. Wah emang seru dan deh bagian suap2an itu.. Hehehe...

    Semnoga menang kontesnya, ^_^

    ReplyDelete
  5. memang rata-rata punya cara yang sama, tapi juga banyak yang dimodernisasi.
    untuk masalah foto-foto-an, kiranya sama dengan suami mba, ga suka difoto, tapi suka memoto....hehehe moto..moto....enak,enak kata orang Jepang.

    ReplyDelete
  6. waduh.. aku punya ga ya foto model gini? .. hihihi
    tapi seru lah.. Ri

    ReplyDelete
  7. sayang cuma sesuap ya hehehe, masih laper ga mbak?
    kalau aku suap2annya gak sampai masuk sendoknya mbak

    ReplyDelete
  8. Udah lama gak ngelihat acara suap2an kek gini. Sepertinya di kota saya udah jarang banget :D

    ReplyDelete
  9. kalo cuma sesuap kayaknya kagok deh, kenapa gak minta beberapa suap sekalian ? hehehe ...

    ReplyDelete
  10. Aryadevi@ skrg udah jaman modernisasi kalo saya msh katrokisasi hehe

    Mbak lyliana@ seru karna salah mulu hehe. Makasih mbak

    Mbak hilsya@ hayo dipilih-dipilih hehe

    Amy@ romantis ga pake narsis ya hikz
    e
    Mbak lyliana@ seru karna salah mulu hehe. Makasih mbak

    Mbak

    ReplyDelete
  11. Mbak lidya@ kalo kurang, belakang msh bnyk hehe. Ms sendoknya ga masuk?

    Kakaakin@ ditempat saya masih ada, maklum kampung hehe

    Bu dey@ sesuap aja cukup, yg pntng ada dokumentasi xixiasuk?

    Kakaakin@ ditempat saya masih ada, maklum kampung hehe

    Bu dey@ sesuap aja cukup, yg pntng ada dokumentasi xixi

    ReplyDelete
  12. Sekarang sudah dilarang karena diawasi oleh KPK nduk

    Semoga berjaya yo say

    salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  13. cieee :) mbak Tarry cantik banget di foto ini :)

    ReplyDelete
  14. kl dr foto terlihat lbh pd mbak tarry y di bading suami,, untuk urusan suap suapan

    ReplyDelete
  15. Pakde@ kalo nyuapnya pake duit segebok yo dilarang pakde. Lha ini cm saksendok. hehe trimakasih pakde

    Fiction's world@ haduh jd kesandung aq nya hikz

    Al kahfi@ ya jelas aq yang PD lha wong ini rumahku xixi

    ReplyDelete
  16. hahahahah.... untung sendoknya ga ditelan juga mba e. gkgkgk

    ReplyDelete
  17. kisah suap-suapan yang seru, romantis, dan tak terlupakan nih,
    kontes neng orin kayaknya semakin rame, sukses yaa.

    ReplyDelete
  18. ass
    masa sih tidak suka foto mba si suami
    jadi foto pernikahan tidak punya dunk.

    ReplyDelete
  19. wah romantis sekali mbak,,,^^semoga berkah selalu pernikahnnya yaa...

    ReplyDelete
  20. waaaah romantis.. semoga menang ya mbak :)
    tradisi suap-suapan di jawa barat juga ada, pke nasi kuning (kyk semacam nasi ketan gitu).
    saya pernah dimarahin nenek waktu pngn nyobain makan nasi buat suap2an pengantin. katanya anak2 ga boleh makan itu. hihihihi..

    ReplyDelete
  21. Mba Tarryyyyy, tadi pagi aku udh komen je, pas balik lg ke sini kok ya menghilang ya? *binun*

    Waktu aku nikah ga ada acara suap2an kek gininya mba, nikahnya super minimalis bgt emang hihihi..

    Udah Orin catat, terima kasih banyak udah ikut meramaikan ya mba ;)

    ReplyDelete
  22. Wah ternyata acara suap2annya menyimpan banyak cerita lucu ya? Aku malah sudah lupa bagaimana acara suap2anku dulu.. :)

    Ada giveaway lagi ya? Semoga menang (lagi) ya... :)

    Aku tertarik nih pengen ikutan..

    ReplyDelete
  23. Mbak Reni@ monggo mbak ikutan, kalo lupa suap2an ya yg diingat aja hehehe

    Yus Yulianto@Kalo nyuap yg itu ntar di tangkep ama KPK hehe

    Orin eh untung kesini lagi, kirain belum terdaftar hehe. Makasih mbak

    Irma@ eh masa pake nasi ketan?? hehe. Makasih ya

    ReplyDelete
  24. Mas Aris@ yuah, laper ya laper tp ga segitunya kale haha

    Nura@ Walaikumsm. Selain foto pengantin kami ga punya foto bersama gitu lho hehe

    Ysalma@ hehe romantis bukan rokok makan gratis ya mbak xixixii

    Mbak Putri@ Amiiin makasih do'anya mbak

    ReplyDelete
  25. salam kenal mbak tarry kitty's... lihat foto jadi teringat masih pengantin baru ...(hehehe..)kalau tradisi suap2an udah jarang ya di lihat...(untk daerah sulawesi khususnya)mbak join this site in my blog please....http://redgrden.blogspot.com/

    ReplyDelete
  26. wahh aku juga punya foto yang suap-suapan....pengen dcari ahh trs mau ikutan lagi heheheh.....

    ReplyDelete
  27. aduh, aku pengen juga ngerasain edisi suap2an gini.. moga cepeeett.... aamiinn :D

    salam kenal mba ;)

    ReplyDelete
  28. Mbak sampe sekarang masih suka suap-suapan gak sama suami, biar romantis terus gitu.. :P

    ReplyDelete
  29. Hahahaha. lucuuuuuuuuuuuuu

    banyak banget lomba, saya dah jarang ikutan lomba di blog hiks

    ReplyDelete
  30. wkwk lucu banget yang pegang aqua kekencengan ampe moncor air nya ke baju penganten. kebayang pasti gugup nya itu ya, hihi. jadi gak sabar nih pengen merasakan sensasi nya :P

    udah lama juga ya 11 taun menikah. kirain baru2 aja gitu :D

    salam

    ReplyDelete
  31. woww ...kerenn abiss dehhh ...
    suap2an yg romantisss :P

    ReplyDelete
  32. Yuhuiii ...pagi suap2an ...
    malamnya?? ... tahu sendiri dahhhhh ...kaburrrrr ...:P

    ReplyDelete
  33. duh mesranya.....
    semoga menang ya mbak....
    :)

    ReplyDelete
  34. They aren't special alone but together, they are the burden to their partners who have ADHD. Setting Healthy BoundariesWhile establishing boundaries, one ought to communicate with someone in this state, it becomes important to distinguish the hypomanic-driven impulses from the actual needs and wants of the society. Empathy forms an important part of your business to move on how to get ex back to the memories of times when things were good, even if we're not always conscious of them.
    Daughters in the study.

    Here is my homepage things to get for your boyfriend

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...