Monday, September 5, 2011

VICTORIA PARK, Hong Kong Itu Apa sich??

Di blog ini saya sering menyebut VICTORIA PARK, atau TAMAN VICTORY. Tapi ngomong-ngomong, sahabat blogger tahu ga sich Victoria park itu apa, seperti apa dan dimana tempatnya???. Ada teman facebook saya yang bertanya "Mbak.... victory itu sebenarnya apa sich???". Bagi orang yang 'sok', mungkin akan bilang "Hari gini ga tahu Victory??? Apa kata dunia??". Tapi saya bukan orang kejam yang tega ngomong seperti itu kepada siapa saja yang bertanya. (Sok baik euy haha).


Baiklah, posting kali ini saya akan mencoba memberikan gambaran tentang victoria park kepada sahabat blogger. Biar ga bingung kalau saya menyebutnya lagi diposting yang akan datang. Victoria Park adalah sebuah taman luas yang terdiri dari lapangan rumput, lapangan sepak bola, Kolam renang, Lapangan Tenis, Playground, taman yang penuh pepohonan dll. Victoria Park berada di daerah Causeway Bay, Hong Kong. Terletak beberapa ratus meter dari laut (bukan pantai) Causeway Bay. Jadi kalau merasa jenuh dengan hiruk pikuk manusia di Victoria Park, kita bisa jalan-jalan di pinggir laut untuk menghitamkan kulit (hah emangnya kurang hitam??? hikz). 

Bagi yang pingin melihat keindahan air laut, di tempat ini kita bisa menyewa perahu boat yang ukuran kecil untuk membawa kita muter-muter di area itu saja. Bukan nyebrang ke Kowloon lho.... tarifnya tergantung penumpang, Makin banyak yang naik makin murah bayarnya. Saya dulu pernah naik sekitar 10 orang bayarnya $10/orang. Tapi sudah lama ga pernah naik lagi karena ga ada yang mau diajak naik, alasannya kalau naik perahu kecil pasti mabuk. Haduh ternyata ada yang lebih katrok dari saya. xixixixi

Untuk mencari Victoria Park bukan suatu hal yang sulit. Bagi TKW yang di daerah Hong Kong, selain bus, mini bus (Siu pa), MTR (kereta bawah tanah) juga bisa naek  Teng-teng/Tram yang murah meriah tapi jalannya pelan seperti keong racun. Saya sering ga sabar kalau naik kendaraan yang satu ini. Hikz. Yang di daerah Kowloon dan New Teritories bisa naik Bus atau MTR (kereta bawah tanah). Jadi dimanapun TKW berada, bisa bertemu dan berkumpul  di Victoria Park. Sehingga tempat ini sering di juluki kampung Indonesia atau Kampungnya para TKW. Tapi hanya hari libur saja Victoria Park berubah jadi lautan manusia. Kalau hari biasa lebih banyak warga Hong Kong yang olah raga, bermain bersama anak-anak atau sekedar jalan-jalan menghirup udara segar.

Beberapa gambar di bawah ini saya ambil sekitar 2 bulan yang lalu, ketika mengajak nenek jalan-jalan. Waktu itu saya dari North Point menyusuri jalan-jalan kecil sambil mendorong kursi roda dan akhirnya sampai juga di Causeway Bay. Padahal lumayan jauh lho, tapi alhamdulillah sambil ngobrol sama nenek ga terasa pulang pergi jalan kaki hehe. 

 Kami menyebut tempat ini "BUNDARAN AIR MANCUR". Biasanya banyak yang memanfaatkan tempat ini untuk janjian. Di sebelah air mancur ini ada TV besar dan kami sering menjadikannya penunjuk jalan. "Dimana yu??" biasanya kami sering menjawab "Air mancur/ bunderan bawah TV besar". Nach gampang khan???

 Yang ini "LAPANGAN SEPAK BOLA" nampak dari samping. Dan bangunan di seberang itu "LIBRARY" (krem dibalik pohon kecil). Lapangan ini terdiri dari 6 pasang gawang sepak bola. Catet bukan 6 gawang tapi 6 pasang gawang hihihi. Luas sekali khan?? Bagian yang paling ujung ada gawang basketnya juga. Tempat ini kalau matahari sudah mulai sembunyi di balik awan, akan banyak sekali TKW berjemur. Tapi harus hati-hati, karena sewaktu-waktu bisa ada bola melayang di kepala. Dan pada event-event tertentu, lapangan ini sering dijadikan tempat perayaan seperti bazar, Flowers show, Demo, Konser musik dll.

Yang ini "LAPANGAN RUMPUT", luasnya beberapa meter lebih kecil dari lapangan sepak bola. Tempat ini juga akan jadi lautan manusia kalau hari libur tiba. Apalagi kalau menjelang malam, biasanya kalau siang banyak yang memilih jalan-jalan dan malamnya kembali ke lapangan ini untuk makan malam bersama, atau buat latihan dancer (bagi grup-grup dancer). Dan masih banyak lagi ragam kegiatan positif dan negatif yang dilakukan di lapangan ini.

 Diantara Lapangan Rumput dan lapangan Sepak Bola ada jalan setapak  area jogging. Seperti tulisan pada gambar diatas "JOGGING ONLY", jalan ini khusus buat mereka-mereka yang jogging. Mau nekad??? Silahkan saja. Tapi di ujung jalan para petugas akan menegur anda untuk jalan di jalur pejalan kaki. "Lho Mbak Tarry kok tahu???" ya tahu lah.....saya waktu ambil gambar ini  khan sudah nyoba jalan di jalur ini sambil dorong kursi roda. haha

 Ada banyak playground disini, bagi yang tinggal di daerah Causeway Bay dan sekitarnya bisa mengajak momongannya main-main. Ada banyak permainan yang pas buat anak-anak. Tapi harus hati-hati lho.... jangan sampai lengah kalau ga pingin momongannya jatuh hehe.

 Tidak perlu takut kesasar kalau pergi kesini, karena ada petunjuk jalan di setiap sudut-sudut taman.

Patung ini berada di tengah-tengah lapangan sepak bola. Namanya "STATUE OF QUEEN VICTORIA". Duduk dengan gagahnya menghadap ke LIBRARY, tanpa kenal panas dan hujan. hehe


Kalau yang ini kami sering menyebutnya "PERAHU-PERAHUAN". Tempat ini digunakan untuk main perahu yang pakai remot itu lho. Tapi saya tidak begitu suka ke tempat ini karena berisik banget oleh suara perahu. Tapi seru juga kalau lihat mereka berlomba-lomba memainkannya. Ikutan teriak-teriak histeris. hehe katrok banget yach.

Lebih jelasnya lihat gambar ini. Sebenarnya masih banyak tempat-tempat lain yang menarik untuk di tulis. Ada kolam renang, lapangan tenis, paling atas ada tenda biru "TENDA PUTIH" yang biasa digunakan untuk forum-forum atau pengajian organisasi TKW di Hong Kong. Tempatnya sejuk sekali, disekitarnya banyak pepohonan layaknya hutan kecil.

Akhirnya dengan keterbatasan saya, hanya mampu memberikan tulisan ini untuk sahabat semua. Semoga masih ada waktu menyusuri pojok-pojok victory di detik-detik terakhir saya berada disini. Semoga bermanfaat......

23 comments:

  1. Saya ikuti artikel ini dengan sungguh-sungguh, sambil membayangkan situasi kondisi Victoria Park. Bahasa yang mudah dimengerti dan runtutan yang logis membuat saya pingin banget ada di VP. Salam sahabat, semoga sukses di negeri seberang.

    ReplyDelete
  2. aku dah tau doooong. kemaren liat nikita willy jalan jalan di hongkong hahahaha

    ReplyDelete
  3. Cahndeso@ maaf emang disengaja biar yg baca pingin hehe

    Inggit@ waduh aq malah ga kenal nikita willy wuahahaha

    Inggit@ waduh aq malah ga kenal nikita willy wuahahaha

    ReplyDelete
  4. Ternyata Victoria Park itu luas sekali ya... Dulu kukira ya hanya seluas alun2 Madiun gitu hehehe...

    ReplyDelete
  5. Setiap hari Minggu, kabarnya Victoria Park penuh dengan orang2 Indonesia ya mbak..?

    ReplyDelete
  6. Mbak reni@ kalo lapangannya aja bs seluas alun2 madiun mbak hehe

    The others@ iya betul, jd tempat mangkal para TKW hehe
    The others@ iya betul, jd tempat mangkal para TKW hehe

    ReplyDelete
  7. waah kalau boleh beropini nih mbak, tata ruang terbuka hijau nya dapet tuh, bagus gak kayak di jakarta :P perbandingan persentasi gedung dan indutrinya gak sebanding sama ruang terbuka hijaunya.

    masih mending di surabaya :D

    ReplyDelete
  8. umpama saya dagang es lilin di Victoria Park laris enggak ya mbak Tar hehehe

    saya rasa Indonesia kalau punya niatan bisa kok bikin setiap alun-alun seperti VP, cuma takutnya kalau malam malah dibikin enggak bener nih sama oknum-oknum..

    Met lebaran yo mbak Tarry, minal aidzin wal faidzin

    ReplyDelete
  9. Andaka@ disini setiap daerah pasti ada taman yg hijau. Pdhl kalo mau serakah, dan didirika gedung2 nilainya bisa triliunan dollar Hk hehe

    Mas lozz@ mau jualan? Siap2 aja digaruk ama petugas imigrasi xixi.
    Disini taman jg dipakai untuk hal2 negative tp disini negara bebas sich hehe

    ReplyDelete
  10. pernah ke sana tapi gak perhatiin dg detil.

    ReplyDelete
  11. ooh luas banget gitu ya ternyata :O kirain cuma taman ya segede taman aja

    ReplyDelete
  12. Mbak fanny@ orang indo yg
    tour ke hk bnyk yg ga sempat
    kesini malahan hehe
    Fiction's world@ luas tp bnyk
    yg hny berkutat di lapangan
    rumput. Males jalan coz ga
    ada becak sich hehe malahan hehe
    Fiction's world@ luas tp bnyk
    yg

    ReplyDelete
  13. luas banget ternyata, kirain seluas taman pada umumnya

    ReplyDelete
  14. Ya ...
    Taman ini bersih sekali.

    Dan saya setuju dengan statement Tarry ... Causewaybay itu sudah seperti kampung Indonesia ...

    Dimana-mana saya temui makanan khas Indonesia, Majalah Indonesia, Sambel Pecel dan sebagainya ...

    Bahkan tidak jarang di kaca toko foto disana tertulis ... Bisa Bikin Pas Foto ... (dengan huruf dan bahasa Indonesia besar-besar)

    Salam saya Tarry

    ReplyDelete
  15. saya udah tahu sekarang apa itu Victory Park, hari gini tidak tahu victory park, apa kata admin blog ini

    he.. eh.. semoga tidak ketangkap spam ya komentar saya

    salam dari pamekasan madura

    ReplyDelete
  16. Oooooh taman ini ya, yang ada di film "Minggu Pagi di Victoria Park"... ^^

    ReplyDelete
  17. Nuel@ enak apanya? Yg ada malah bau ketiak haha

    Aje@ luas bngt pokoknya hehe

    Asop@ iya betul, ini yg di film itu heheokoknya hehe

    Asop@ iya betul, ini yg di film itu hehe

    ReplyDelete
  18. dengan adanya postingan ini jd ikut2an tau tuh seperti apa victoria park,, nice posting kl bgt,,:)

    ReplyDelete
  19. Om nh@ bkn hny foto, tp
    hmpir semua produk
    ditawarkan khusus untuk tkw.
    Wes serasa di indonesia dah
    pokoknya hehe
    Hadi@ pengunjung blog ini ga
    ngerti victory? Kelaut aje. Xixixi.
    Al kahfi@ hehe sudah tahu
    khan?uk tkw.
    Wes serasa di indonesia dah
    pokoknya hehe
    Hadi@ pengunju

    ReplyDelete
  20. oh ternyata victoria park itu banyak macamnya yachh...aku pikir cuma halaman rumput doang hehehe.......udah sering denger sech kalo taman victoria itu tempat berkumpulnya para TKW di hari libur...tp baru tau detilnya taman victoria dr postingan ini....

    ReplyDelete
  21. Aku dulu pernah kerja di perusahaan PJTKI mbak....di bagian hongkong...jadi aku yang bikin dan ngirim biodata TKW yang mau berangkat ke hongkong...klo udah lulus interview dr agent hongkong, aku kirim biodatanya...klo dah dpt majikan trs bikin PK sama paspor....kalo dokumennya udah lengkap semua, siap2 berangkat dech ke hongkong.....

    gajinya lumayan besar yach dibanding ke tempat yang lain....mbak tari dah brp lama di hongkong? kontraknya udah mau habis yachh? enak dong bisa pulkam ketemu sm keluarga di indonesia...

    ReplyDelete
  22. aku tau victoria park dari film "Minggu Pagi Di Victoria Park" ,hehehhe :D

    ReplyDelete
  23. Victoria Park jd semacam meeting point utk orang2 Indonesia di Hong Kong ya Mbak... bagus bgt tamannya, pengen kesana... kapan ya? heheh

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...