Tuesday, October 18, 2011

Bagaimana Saya Ngeblog???

Beberapa waktu yang lalu ada yang tanya, "Mbak Tarry ngeblognya bagaimana??". Kebetulan tidak langsung saya jawab, eh sang penanya kok tanya lagi. Terus saya jawab langsung ke blognya dan saya bilang "Insyaallah saya posting mas". Tapi karena saya punya penyakit lupa, jadi sekarang baru sempat posting. hehe.

Sebenarnya saya adalah salah satu diantara ratusan atau mungkin ribuan TKW yang bisa berkarya lewat tulisan. Bahkan mereka, banyak yang sudah menerbitkan karyanya dalam bentuk buku atau sebagai penulis artikel di surat kabar atau majalah yang terbit di Hong Kong maupaun Indonesia. Kebanyakan mereka ini tergabung dalam Forum Lingkar Pena (FLP) Hong Kong. Sedangkan saya hanya penulis di blog. Tidak ada apa-apanya khan dibanding mereka???

"Mereka khan hanya TKW, kok bisa sampai menerbitkan buku??" Ya bisa lah, lha wong para penulis terkenal seperti Asma Nadia yang karyanya sudah tak terhitung jumlahnya. Kang Abik penulis Novel Ayat-ayat Cinta dan masih banyak lagi penulis handal yang sengaja diundang ke Hong Kong sebagai pembicara tamu. Dan yang pasti, dari beliau-beliau banyak ilmu yang bisa menambah pengetahuan tentang kepenulisan. Para penulis buku di Indonesia saja belum tentu sudah ketemu beliau-beliau lho, tapi para TKW itu sudah bisa berjabat tangan dengan beliau. "Lha Tarry???", belum pernah. Karena saya ga suka ikut organisasi *halah alasan*. Hihihi.

 Tulisan para TKW ada didalamnya, dan masih banyak lagi majalah lain.

Ealah kok ngomongnya keluar topik hiikz. Terus bagaimana Tarry Ngeblog??? Alhamdulillah, saya kerja di majikan yang tidak terlalu berat pekerjaannya. Kalau kemarin tugas saya jaga nenek, yang lebih banyak santainya dibanding jaga anak-anak. Dan sejak pengasuhnya yang baru sudah datang, saya kembali ke rumah majikan dan hanya ada mom, sir dan saya setelah anaknya kembali ke Amerika. Malah lebih santai lagi karena mereka jarang makan di rumah dan ga perlu ngladeni kalau butuh apa-apa. Tugas saya hanya bersih-bersih, masak dan menemani mom nonton tivi. *walah enaknya*.

Nach disela-sela menjalankan tugas itulah saya BlogWalking melalui HP Sony Ericson C510 *jangan kaget*. Atau kalau lagi punya ide, ya saya ketak-ketik nulis di draff. Saking rajinnya internetan, HP saya sudah tak berbentuk ga layak pakai  lagi. Pernah ketinggalan di Lobby building ga ada yang ngambil. Entah HP nya yang jelek atau memang semua orang di building saya baik-baik sehingga ga tega ngambil ya???. hikz.

Nach kalau sudah malam, setelah nonton Tivi sekitar jam 22.30 waktu Hong Kong, saya masuk kamar dan baru buka Leppy, itupun harus berjuang melawan kantuk. Kalau ga kuat mengalahkan kantuk, mata saya langsung merem begitu nempel bantal. Dan membiarkan Leppy nyala sampai pagi. Tapi saya punya kebiasaan aneh, saya sering (ga tiap hari sich) terbangun dan jari saya ketak ketik merangkai kata dan bisa posting. Kalau anda jeli, postingan saya rata-rata tengah malam, atau menjelang sepertiga malam. Kalau ada yang posting pagi atau siang, itu berati saya ketiduran dan baru saya posting pagi lewat HP *buka rahasia*. hihihihi.
 Di atas ranjang ini aku mengistirahatkan ragaku dan menumpahkan isi hatiku lewat tulisan-tulisanku.

Sebenarnya TKW ngeblog tak serumit yang anda bayangkan to??? Semua TKW bisa melakukan tergantung niatnya. Tapi banyak teman (termasuk saya dulu), yang lebih memilih Chatingan atau Facebookan daripada ngeblog. Mereka bukan ga bisa, tapi belum tahu rasanya jadi blogger dan tidak ada yang menuntunnya. Seperti saya dulu sebelum kenal BlogWalking juga males-malesan ngeblog. Tapi berkat bantuan Kang Alie dan  Mas Yatnoz, saya bisa mengenal Blogspot. Dan dengan bantuan Mbak Dhana dan Mas Jier saya bisa memiliki blog Wordpress. 

Terima kasih untuk semua sahabat yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Tanpa kalian saya tidak bisa seperti sekarang ini. Semoga, saya lebih semangat dalam menulis. Dan mohon maaf kalau belum bisa meninggalkan Comment karena kendala BW pakai HP, atau belum sempat berkunjung ke blog sahabat, karena keterbatasan waktu saya. Happy Blogging ^_^.


*TANPA NIAT YANG KUAT, NGEBLOG TAK AKAN SEMANGAT*






34 comments:

  1. hmmm...proses blogging tiap blogger emang beda2 n unik juga yah hahahha...termsuk saya..blogging gara2 keseringan jd anonymousnya blog orang yg udah lamaaaa bgt n sring datengin (terselubung)

    td ada kata2 "blogging ga akan smangat tanpa niat yg kuat lah kira kira gtu yah hihihii .. yups bener bgt tuh ,,waktu yg sempit kepotong ma aktivitas n timbulnya yg kuat emang bsa ngedorong seseorang untuk menekuni sesuatu yg dianggapnya bsa bikin happy ga peduli se capek apa dia karna aktivitasnya ... :)

    ReplyDelete
  2. hee :D aku juga mau posting tentang waktu nge-blog ku loh mbak :D wah kita sehati jangan2 kita putri yang tertukar :P

    ReplyDelete
  3. aku kalah sama mba tarry, mba tarry yg sibuk bisa rajin ngeblog, aku yg nganggur malah males2an hehe
    aku gak tahan sih lama2 dpn komputer, klo hp gak ada pulsa cm bs sms hehe :P

    ReplyDelete
  4. membiarkan laptop nyala sampe pagi, itu juga kebiasaan sy mbak ... :D.

    ReplyDelete
  5. Green@ haha, jd tamu misterius ya? Hikz.
    Memang niat yg jd modal utama, kalo ga niat pasti milih tidur saja hehe

    Fiction's world@ yg pntng bukan putri yang terbuang aja hoho

    Ria nugroho@ yg penting khan niatnya hehe

    ReplyDelete
  6. Niat bagaikan pondasi shgga keinginan ngeblog tetap terjaga.
    *jiaahh, kta2mu Ning... Sok bijaksana. Hehehe...
    SEmangat, Mbak... :)

    ReplyDelete
  7. mbak Tarry, sama kita, engga suka berorganisasi.. heheheh

    waduh, mbak Tarry, saya request neh, sebelum mbak Tarry cabut ke indo, mbok foto foto dulu keadaan rumah dihongkong (terutama kamar mbak Tary)

    oke mbak???

    ReplyDelete
  8. Wah, aku gak bakal berani majang foto kamarku, hehehe... aku sering ngintip blogku di hape saat kerja. aku punya 5 blog, tapi yang sering aku curhatin cuman satu, gak pake follower. Gak enak aja kalo mereka disuruh mikirin yang berat-berat

    ReplyDelete
  9. Subhanallah ya..Proses blog mbak tarry. Semua bisa ngeblog asalkan menyiapkan waktu khusus.

    mabk kan udah lengket nie sama blog. mending ikutan tu mbak FLP. ada kesmpatan deh buat nerbitin buku.hhehehehe

    ReplyDelete
  10. wah2 ternyata byk juga org2 seperti mbak tarry di Hk sana,,salut2,,smoga org2 seperti mbak.. terus maju y mbak di sana

    ReplyDelete
  11. ngeblog di larut malam??..sama mbak..tapi bisa saya bayangkan bgmn mengatur waktu yg secuil2, menghormati tuan rumah dulu baru jalan2 di dunia maya..ideal koq mbak :)
    tetap semangat ya Mbak..

    ReplyDelete
  12. saya jg sering membiarkan laptop menyala sampai pagi, dan saya tertidur juga di depan laptop , tapi bukan ngeblog hihihi
    semangat terus mbak tarry!

    ReplyDelete
  13. wew, niat yg kuat ya..

    kayaknya selama ini niat aye kurang kuat *garuk2 lante*

    semangat ngeblog mbak.. :D

    ReplyDelete
  14. ga dinyana ga disangka ternyata mba tarry ngblog pake HP.. hebaat hebaat :)

    emm,emang pertama saya ngeblog juga males2an karna saya blm tau ngeblog itu kaya gmna,ternyata stelah saya tau ngeblog assiiik juga.. tp saya blm bisa meimajenasikan apa yg saya pengin luapkan diblog :( (butuh waktu bwat belajar)

    ReplyDelete
  15. Bu Dey@ apa ga buang2 listrik itu bu?? Hehehe

    Ning@ iya bener, kalo ga kuat niatnya pasti langsung KO heehhehe

    Meilya@ walah requestnya kok aneh2 toooo hihihi

    Mbak AMi@ walah jd ternak blog ya mbak??? hehehe

    Arr Rian@ menyiapkan waktu khusus dan semangat khusus hikz. Walah, gmn mau ikut wong sudah mau pensiun hehe

    Al kahfi@ bukan bnyk lg, tp umbrukan haha

    ReplyDelete
  16. keep on blogging ^^ hoho semngat ngeblog ya mbak :) aku suka baca setiap postingan mbak Tarry :)

    ReplyDelete
  17. Mbak Ketty@ Karna adanya waktu ya tengah malam kok mbak. Yg penting kerjaan lancar gt lho hehe

    Ria Haya@ itu mah karna males kali huehehehe. Kalo aq khan emang karna capek *membela diri*

    Miss'u@ awas ntar laantainya rusak lho hihihi

    The ERror@ Iya, 80% pakai HP hehehe. Yach ntar lama2 kita bisa tahu apa yg kita inginkan :)

    Hani@ *mlongo* hikz

    ReplyDelete
  18. Forum lingkar pena?kayaknya daku tahu dech salah satu penulis handal yaitu Bunda Pipiet Senja kalau gak salah aktif juga di FLP.love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  19. aku ngeblog kalo pas di kantor aja mbak...kalo dirumah koq ya males....salut sm bak tary yg masih bisa ngeblog meskipun larut malam hehehe...

    ReplyDelete
  20. full salut saja deh tuk mbak menjadi inspirasi bagi blogger yang sedang dilanda kejenuhan

    ReplyDelete
  21. asli mbak, setuju tiada tara untuk quote nya #UyeahSemangka !

    ReplyDelete
  22. jadi keingetan lagi, dulu punya ide juga buat mosting ttg awal muasalnya ngeblog, tp malah lupa mpe skarang.. :D

    akhir2 ini kalau saya seringnya BW waktu pagi hari mba, habis subuhan, trs ya sambil curi2 waktu juga saat jam kerja.. hahah,,, *ngaku

    ReplyDelete
  23. Arta@ walah kutersanjung hehe. Makasih ya...

    Saryadinilan@ kayaknya jg pernah dengar nama itu tp bukan FLP HK kayaknya hehe

    Mbak Nia@ kalo dirumah paling digangguin ama anak2 ya mbak hehe

    NiQue@ yach namanya jg manusia. Yg ada waktu malah males, yg ga punya waktu malah semangat hehe

    Urkhan@ toss dulu kalo setuju hehe

    Mabruri@ haha buka rahasia, tp aq ndak nyuri lho tp nyambi *eh podo ae yo??* xixixiixi

    Than Jawa@ yach semoga bisa membakar semangat blogger lain hehehe

    ReplyDelete
  24. Oh ya Mbak, internetnya dari mana? Apakah via kabel ethernet, wi-fi, atau dari modem ponsel?

    ReplyDelete
  25. mbak, mbok saya diundang ke hongkong gitu lho mbak...

    ReplyDelete
  26. Waaaa sebenernya aku juga bertanya2 loh dalam hati, hehehe
    gimana caranya mbak tarry sempet ngeblog eh pas mampir ke mari ada postingan ini.
    Hihihi yang penting konsisten ngeblog aja kali ya mbak, aku juga pengen konsisten :)

    ReplyDelete
  27. sayapun punya pertanyaan yang sama, tapi ngak berani tanya langsung... eh sekarang terjawab.. :D

    ReplyDelete
  28. aku suka moody mbak kalau BW dari hp, kadang udah ngetik eh salah dehn yentuh soalnya touchscreen, eh salah sentuh hilang deh komennya

    ReplyDelete
  29. Asop@ kadang pakai kabel, kadang pakai modem HP hehe

    Saidialhady@ iya bener, kalo ga ngeblog rasanya ada yg kurang hehe

    21inchs@ walah, wong saya aja mau pulang hehe

    Mbak Una@ walah, mau tanya aja kok ga jadi hikz. Iya yg penting konsisten dan semangat :)

    Yan@ huehehe, ini termasuk jawaban buat sampean lho

    Mbak Lidya@ kalo saya bukan touchscreen mbak jadi aman hehehe.

    ReplyDelete
  30. salut banget bunda dgn Tarry........
    dan sepakat dgn kata2 Tarry, kalau kita mau dengan sendirinya bisa mengatur waktu utk ngeblog.
    dan ternyata memang ngeblog itu menyenangkan ya Tarry :)
    dengan ngeblog bunda bisa kenal dgn Tarry yg punya semangat hebat kayak gini, bahagia jadinya bisa kenal dgnmu Tarry ,yg mampu menularkan semangat ngeblog....
    salam

    ReplyDelete
  31. sebenernya tergantung bagaimana qta atur waktu ya disela2 aktivitas... emang klo udah tau rasanya nge-blog, jd spt ketagihan ya Tar... hehe...

    bangga deh sama TKW2 yg telah berhasil menerbitkan buku... ayo Tarry ditunggu bukunya yak! :-D

    ReplyDelete
  32. kalo saya dulunya emang nulis mbak.. blog iseng-iseng doang saya mah.. isinya juga amburadul. haha :D

    ReplyDelete
  33. mantap... salut untuk mbak tarry... sibuk kerja masih bisa ngatur waktu nge-blog.... semenatar saya malas kebalikannya... malas nge-blog... suka dgn qoute-nya : *TANPA NIAT YANG KUAT, NGEBLOG TAK AKAN SEMANGAT*

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...