Sunday, October 23, 2011

Cintaku Berat Di Ongkos

"Cintaku berat di ongkos" semboyan yang pas buat saya kayaknya. Karena Hong Kong, (mungkin) adalah satu-satunya negara yang menerima dan menelpon pakai HP harus bayar. Jadi ditelpon dan menelpon sama-sama keluar duitnya. Bagi mereka yang pakai isi ulang, kalau ga punya pulsa ya ga bisa angkat telpon. Nyambungpun tidak, alias "tulalit tulalit" bunyinya. Kalau yang pakai monthly fee, bisa bebas ngobrol tanpa batas. Tapi ada resikonya lho, kalau ngobrolnya melebihi jatah bisa-bisa tagihannya bayar ribuan dollar (lho???). Iya bener, ada yang sampai ribuan dollar hanya buat bayar HP lho.

Pengalaman pertama dan terakhir saya bayar HP $1200 sedangkan gaji saya $1800 *langsung kejang*. Tapi untuk telpon rumah, cuma bayar monthly fee sudah bisa ngobrol serta internetan sepuasnya. Kalau mampu dan ga takut sariawan bibirnya, ngobrol 24 jam nonstop juga ga akan mempengaruhi tagihan telponnya. Mau coba??? Hihihihi



Kebetulan dari dulu hingga sekarang, HP saya selalu pakai yang monthly fee. Meskipun nomernya sudah ganti-ganti karena sesuatu alasan (bukan karena banyak hutang lho). Tapi saya tetap setia dengan provider yang satu itu. Tapi harus hati-hati pakainya, harus sering ngecek jatahnya ngobrol sudah habis apa belum via SMS atau telpon. Dan alhamdulillah, saya sekarang (dulu sering) sudah bisa mengontrol pemakaian HP. Jadi ga sampai over, paling-paling cuma SMS atau MMS saja yang banyak.

Untuk yang monthly fee, saat ini banyak provider yang memberikan diskon besar-besaran tapi dengan sistem kontrak (1 tahun). Kalau belum selesai kontrak pingin berhenti pakai, ya harus bayar dendanya. Kalau ga pingin nanggung beban, bisa tanpa kontrak. Yang sewaktu-waktu bisa dihentikan pemakaiannya. Seperti saya saat ini, karena sudah mau pulang. Tapi bayarnya (agak) mahal, tapi ya sudahlah..... daripada pakai kontrak, bayar murah tapi kalau berhenti harus bayar denda???. Sama saja to???

Bagi pelanggan lama diskonnya malah plus-plus dan untuk pelanggan baru syaratnya buka nomer juga lebih mudah. Diantaranya tidak perlu pakai kontrak kerja dan boleh tanpa surat tagihan.  Ga seperti jaman dulu waktu pertama kali saya punya HP. Seperti sekarang ini, saya hanya bayar $98+ $12 (karena ga pakai kontrak), bisa ngobrol 1400 menit dan internetan untilimited, SMS dan MMS nya dihitung sendiri. Dan alhadulillah ga sampai over pemakaiannya tapi kalau IDD harus beli kartu telpon (lagi)

Sebelumnya saya suka was-was kalau ngobrolnya over, jadi bayarnya dobel. HP $68 dan Internetnya $98 dengan jatah ngobrol 3000 menit. Itu belum termasuk kartu telpon dan SMS nya lho. Bisa dibayangkan to berapa ratus dollar jatah saya untuk menghidupi satu HP saya???. Kadang sampai heran, ada teman yang pakai 2-3 HP dengan provider yang berbeda-beda. Tapi kayaknya mereka yang 3 HP habisnya sama dengan saya yang 1 HP. Maklum, saya khan sedang pacaran jarak jauh. haha.

Karena saya sudah mau pulang, saya menyempatkan diri untuk bongkar-bongkar lemari. Dan saya ,menemukan harta karun yang berupa kertas tagihan dan kartu telpon. Sekarang masih saya kumpulin belum saya buang. Mau dibuang kok eman-eman, karena disana tertulis berapa besar tabungan saya. Kalau ga dibuang rasanya sakit hati lihat angka-angka yang sudah saya buang untuk biaya telpon. Jadi bagaimana enaknya????

Surat tagihan saya selama 3 tahun terakhir ini. Yang dulu-dulu saya pakai nama teman jadi suratnya bukan saya yang nyimpan. Kalau ditanya, berapa tabungan saya??? Ya tinggal ngitung saja tuch xixixi.

**********

34 comments:

  1. Wuiiih... koleksi surat tagihannya disimpen aja Mbak. Itu kan pengikat kesan yang nantinya pasti bisa dipamerkan ke anak cucu.

    ReplyDelete
  2. sempat juga ngalamin dikiiiit mbak :)
    pulsa telpon habis trus

    ReplyDelete
  3. sempat juga ngalamin dikiiiit mbak :)
    pulsa telpon habis trus

    ReplyDelete
  4. sempat juga ngalamin dikiiiit mbak :)
    pulsa telpon habis trus

    ReplyDelete
  5. niQue@ Waaaah, jangan2 nanti sayanya juga kayak gitu hhihihi

    MasBro@ Iya, dikasih lihat tabungannya neneknya hikz

    Citromduro@ iya bener, modalnya ga tanggung2. Bisa habis gaji seminggi xixixi. Terimakasih sudah diganti hikz

    ReplyDelete
  6. kok sama
    hapeku kalo pulsane kosong juga ga bisa dihubungi...

    *tak simpen di laci terus...

    ReplyDelete
  7. qiqiiq...tagihannya di koleksi ya..

    Karena Cinta,meskipun berat di Ongkos tapi teuteup..rela..

    sekarang masih kejang ga?

    ReplyDelete
  8. Mbak lidya@ kalo di indo kerasa banget cepetnya pulsa habis hikz

    Mas rawins@ haha itu mah karna diumpetin

    Nhcie@ itu duluuu, skrg udah beda mbak hehe

    Rusydi@ wah apa perlu saya nanti jg begitu ya? Pake email aja nyarinya xixi

    ReplyDelete
  9. makanya disini cari yg ada paket hemat.. halaaah...hahaha

    ReplyDelete
  10. weleh....$1200???? Bikin jantungan.

    Kalo aku dulu sih pulsa langsung hbz karena jebakan betmen. Provider menawarkan paket bicara e....trnyta promo ganti g konfirm. Jd kami bbrp kali serasa diporoti xixixi.....

    Hmmm....di kliping aja tuh mbak tagihannya hehe

    ReplyDelete
  11. weleh....$1200???? Bikin jantungan.

    Kalo aku dulu sih pulsa langsung hbz karena jebakan betmen. Provider menawarkan paket bicara e....trnyta promo ganti g konfirm. Jd kami bbrp kali serasa diporoti xixixi.....

    Hmmm....di kliping aja tuh mbak tagihannya hehe

    ReplyDelete
  12. wah baru tau dech di HK nerima telpon pun kena pulsa,, hehe gimana mo ngirit ya,,

    ReplyDelete
  13. saranku mbak, dilaminating, untuk bukti ke anak cucu kalo pacaran eh kawin jarak jauh itu mahal beneeerrrr,,,

    hehehhehehehe

    salut ih sama mbak tarry yang bisa nyimpen gituan, saya mah sembrono mbak, kemana mana, kadang nyari rekening listrik bulan kemaren aja ada satu jam.

    hehhehe

    ReplyDelete
  14. Rusydi@ padahal ga di vertifikasi lho, hehe

    Mbak hilsya@ saya cari paket gratis aja mbak haha

    Iffa@ usulnya boleh juga tuch, dibikin kliping. Hihi

    Meilya@ laminating? Bisa gulung tikar bandare. Lha wong sebulan ada 2-3 lembar haha

    Al kahfi@ sama2 tekor ya? Wuehehe

    ReplyDelete
  15. makanya aku lebih suka sms dan chat aja dg pangeranku. krn berat di ongkos kalo telpon2an. hi hi hi..btw, rajin amat ya ikutan giveaway. salute nih

    ReplyDelete
  16. heuu... nerima telepon juga ngebayar??
    kapitalis banget tuh aturan... -__-a

    sayang kumpulan tagihannya ga bisa di pake tukar voucher ya, kalo bisa, lumayan tuh... wekekeke...

    ReplyDelete
  17. Mbak, aku barusan mendaftarkan tulisanku utk giveaway lho.. Tolong dicek ya? Makasih :)

    ReplyDelete
  18. Kartu tagihannya bisa ditukar dengan uang lagi gak ya? hehehe...
    Resiko menjalani hubungan jarak jauh ya mbak, jadi banyak biaya utk telpon/internet. Ntar kalau udah kumpul lagi bareng suami (tinggal menghitung hari kan?) pasti biaya telpon jadi murah banget... hehehe

    ReplyDelete
  19. Emang betul kata orang , cinta butuh modal.

    Demi keluarga dan orang terkasih harus rela keluar duit banyak...

    ReplyDelete
  20. Mbak Fanny@ kalo SMS malah lebih mahal saya mbak Hehe. Internetan juga ga pakai jadi ya hanya HP hikz

    Mbak Reni@ Kalo kartu telponnya bisa ditukarkan kupon dan diikutkan undian mbak kalao suratnya buat bakaran aja xixixi. Sudah di cek mbak terimakasih

    Bu Dini@ yach semua butuh pengorbanan pokoknya hehe

    Miss'u@ yach ada kelebihan ada kekurangannya sich. Khan telpon rumah murah meriah hehe

    ReplyDelete
  21. pernah juga sy ngalamin boros pulsa, jaman belum nikah, hehehe .. sama dengan mbak Nique.

    ReplyDelete
  22. itu surat2 tagihannya jangan sampai ilang mba, tetep diabadikan sebagai bukti perjalanan hidup.. :D :D

    berat juga ya mba, cinta berat diongkos, makanya saya lagi ngincer2 tetangga sebelah desa aja.. hahah

    ReplyDelete
  23. klo sekarang aku ga pusing lagi mikirin beli pulsa buat nelfon,soalnya udah tinggal serumah sih...hehehee...

    ReplyDelete
  24. Salam kenal Mbak ;)

    Wach tabungannya banyak sekali, pantesan dah mau buka usaha di Tanah Air. Semoga sucses ya Mbak ;)

    ReplyDelete
  25. duuuuh berat sekali ya
    menelpon dan ditelpon ngeluarin duit

    ReplyDelete
  26. Bu Dey@ saya juga segera menyusul kaya gitu kali ya hehehe

    Mabruri@ pacaran jauh tapi suami tetangga. Enak, biaya transportasi ga banyak hihihi

    Atma Mutmaina@ iya mbak, sebentar lg saya jg ga mikir hehehe

    Mama Ani@ iya tabungan panas ga bisa dipegang hehehe.
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  27. Hahaha resiko LDR yo mbak~
    Iya nih the power of kepepet LOL LOL

    ReplyDelete
  28. iya kalau gini benar-benar berat di ongkos,love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  29. Di file pake ordner aja mbak...kayak berkas kantor gitu...utk kenang2an ke anak cucu.....

    aku juga dulu bgitu mbak waktu pacaran.....utk pulsa aja aku habis 300rb sebulan...doi juga segitu...eman eman yachh

    ReplyDelete
  30. 1400 menit jatah sebulan atau sehari?

    ReplyDelete
  31. Rita@ resiko tinggal di hk hehe

    Irma@ iyah, obat hati mahal sekali ya hehe

    Mbak una@ hoho iya bener, pengorbanan dlm cinta hihi

    Mbak nia@ waduh, kalo inget jd sakit hati ya mbak? Hikz

    R10@ satu bulan donk, masa satu hari bisa ndoweh lak an huehehe

    ReplyDelete
  32. saya dulu juga suka buang2 uang $ ketika di AS, Namibia dan India. kebanyakan telpon ke tanah air.
    Tapi ya gak apa2, daripada gak dengar kabar anak-istri, kan kasihan.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  33. Yang disimpen yg terakhir aja kali, Tarry... aku jg pernah numpuk begitu tapi lama2 ngerasa nggak bagus jg... takut jd hoarding syndrome... hehehe...

    aku jg jauh2an sama suami.. emang berat di ongkos... tapi ya jalanin aja, emang jalan hidupnya hrs jauh2an... hihihi...

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...