Wednesday, October 5, 2011

Hutang ya Harus Dibayar

"Hi tarry, how are you?", sapa Estrella teman saya asal Philipina dari seberang trotoar. Saat lampu hijau, saya nyebrang dan dia tetap diam nunggu saya

"Last time, I borrow you $20. I giveback you". Sambil menyerahkan selembar uang 20an ke saya. Saya tidak langsung menerima karena saya lupa kapan dia pinjam.


Setelah dia menjelaskan, saya baru ingat. Kami tinggal dalam satu building tapi dia 34/F saya 16/F dan nenek kami berteman. Bulan maret lalu kami sama-sama momong nenek di taman dan dia ceguk'an, ga bawa uang buat beli minum. Karena saya teman yang baik dan tidak sombong *halah* ya saya kasih pinjam donk.

Setelah kejadian itu, saya dan nenek pindah rumah jadi ga bisa ketemu dia. Tapi nenek ada pengasuh baru, dan juli kemarin saya kembali ke rumah majikan saya dan kebetulan ketemu dia. Terus mengembalikan uang saya yang hanya $20 itu.

Saya jadi ingat minggu kemarin, waktu teman saya ngeyel mengembalikan uang $15 ke saya meskipun saya ga mau. Katanya "yang namanya hutang itu harus dibayar. Berapapun itu, biar ga jadi beban kelak di akhirat".

Kalau memang benar hutang harus dipertanggung jawabkan sampai di akhirat, kenapa ya ada orang yang tega melarikan diri dari yang namanya hutang??

Ada orang yang tega membiarkan temannya dikejar-kejar bank karena dia ga mau bayar cicilan. Ada orang yang memelas kepada temannya, dia bilang keluarganya dalam kesusahan dan butuh uang. Setelah dapat pinjaman diapun menghilang bagai ditelan perut bumi. Dan masih banyak lagi contoh yang lain.

Dan orang-orang polos yang sok baik malah sering jadi korban kekejaman teman (termasuk saya). Kenapa ya, teman sebangsa setanah air bisa tega melakukan hal itu. Padahal sama-sama kerja, gajinya juga sama. Argggh. . . . Entahlah mungkin kebutuhan masing-masing orang berbeda. *postingan ga jelas dech kayaknya* xixi

27 comments:

  1. Kalo Gitu saya berpesan, Mbak Tary beli buku kecil untuk nulis lst hutang ataupun piutang...heehheee

    ReplyDelete
  2. Mbak Tarry, pinjem uangnya :D

    Di HK banyak yah, Mbak kasus pinjem uang bank yang pake jaminan temannya :( hiks...

    Salut buat temen Filipin yang masih inget hutangnya

    ReplyDelete
  3. Arr rian@ buat nyatet piutang aja, utangnya ga usah dicatet hoho

    Anaz@ berbunga lho kalo utang ke aq xixi. Utang bank udah biasa malah lg trend tp aq ga pernah hikz
    Anaz@ berbunga lho kalo utang ke aq xixi. Utang bank udah biasa mal

    ReplyDelete
  4. :) , waah temannya itu juga baik hati :) masih ingat dan masih mau bayar hohoho , apalagi yang sampai mengingatkan kalau dia memang punya hutang :)

    ReplyDelete
  5. wah mbak kalo boleh curhat,,jg uang sy bisa di katakan dipinjem bahkan di tipu org dgn alasan tuk berobat,ato tuk usaha,,kenyataannnya semuanya pd melarikan diri dan menghindar,,tp ya kalo kitanya iklas,, sy cuma berpikir,, kelak dosa2 sy akan di hapus oleh hak2 sy yg diambil atoupun mungkin juga itulah pembersihan diri atas apa yg sdh aku capai,, wallahu allam

    ReplyDelete
  6. nek ngunu, aku kreditke omah wae, yo? #nyengir huahahahaha

    ReplyDelete
  7. mbak Tarry, aku mau hutang jangka panjang yaaa... 100 tahun gitu... hehhehehehe

    oalaaah mbak, saya malah sering ketemu orang yang utang ama saya, malah pura pura lupa punya utang sama saya,

    mbak, yang saya utangin itu punya laptop dan punya black berry, saya yang ngutangin enggak punya laptop, apalagi belekberi...

    hehhehehehe

    ReplyDelete
  8. saya ini mbok dihutangi dong mbak barang 5 dollar saja buat beli pecel hehe

    yah yang namanya hutang kita harus mengembalikan mbak, beda sama hibah yang artinya dikasih buat hadiah..

    piye? saya dihutangi apa dihibahi? hehe

    ReplyDelete
  9. Arta@ kebetulan aja x ya, karna yg baek ama yg ngga bnyk yg ga baek hehe

    Alkahfi@ wah ternyata sama aja ya, diikhlaskan aja ntar pasti dpt ganti, kata emakku hehe

    Anaz@ haha malah nglamak

    Meilya@ ga usah utang, aq ksh aja yak *sok baik*
    Knp ga blng "jual aja laptopmu biar punya uang" xixi

    ReplyDelete
  10. Iya Mbak sekecil apapun hutang itu harus dibayar* ya...ini mach sudah pada tahu :) Nyicil apa berbunga ya? heehee kok malah nanya, qiqiii...

    ReplyDelete
  11. eh eh saya ada hutang ga mba tarry? :D sapa tau lupa heheheee

    ReplyDelete
  12. Mas lozz@ kalo nasi pecel mah ga usah beli, aq hibahkan saja ya tp ambil ke madiun haha

    Mbak yunda@ tahu tp sering lupa xixi

    Nique@ utang nya bnyk, hayo kpn nyaurnya xixi

    ReplyDelete
  13. #buka catatan utang piutang~

    hutang emang besar pertanggung jawabannya :)

    ReplyDelete
  14. Teman tuh ada bermacam macam kategorinya,ada yang tulus berteman dengan kita & aja juga yang ada udang di balik bakwan,hehehe
    Kalau ngomongin hutang memang agak kompleks karena menyakut hubungan didunia & akhirat kelak

    ReplyDelete
  15. asik ya punya temen dari beragam negara, hehe

    wah utang 20 dolar ko dibilang "cuma", kan gede juga tuh ya? kurs ke rupiah jadi berapa?

    kalau gitu aku boleh minjem duit donk :P

    ReplyDelete
  16. tadi pagi kesini postingannya gak bisa kebuka,Allhamdulillah skr sudah bisa. mbak nanti kalau aku butuh boleh pinjam ya hehehe

    ReplyDelete
  17. ngebaca judulnya aja udah mengingatkan saya pada hutang2 yang ada.. :(

    ReplyDelete
  18. sekecil apapun jumlahnya, kalau bilangnya hutang ya hrs dibayar,
    kecuali sang kreditur dah mengikhlaskan dunia akhirat hehehe

    ReplyDelete
  19. salut pada sikap orang yang dengan jujur mengakui dan membayar utangnya walo itu sepele, karena setiap hutang akan dimintai pertanggungjawabannya kelak di hari akhirat

    ReplyDelete
  20. Aku jg ada bbrp org tuh Tar, yg spt itu... abis pinjam, bbrp kli ktemu minta maaap aja... tapi ya itu gak dibayar2 hehe... ya sudahlah bukan rezekiku kali :-P

    tapi banyak jg yg kebalikannya...

    ah semoga qta sebisa mungkin dijauhkan dari berhutang kpd org lain..

    ReplyDelete
  21. Seandainya semua orang sadar bahwa udang adalah utang dan wajib untuk dibayar...
    Seandainya semua orang tahu bahwa kalau utang tak dibayar, nanti akhirat bakalan kerepotan...
    Ehm, utang saya ada gak ya?? #introspeksi :D

    ReplyDelete
  22. pesen postingan ini jelas, hutang mesti dibayar... ya kan. soalnya pertanggungjawabannya berat di akhirat

    ReplyDelete
  23. Bicara tentang hutang, saya lebih suka kalo orang yang berhutang pada saya yang ingat akan hutangnya. Jangan tunggu saya tagih apalagi nunggu lama gak bayar2 sampe saya lupa ada hutang apa nggak. :D

    ReplyDelete
  24. Ucank@ iya, bener. Smoga ga ada utang yg belum terbayar :)

    Andy@ Yg bnyk sich, teman yg datang karna butuh aja dech kayaknya hehe

    Mamink@ $20 hanya 20ribuan lho hohoho. Ga usah minjem tp aq kasih aja ya.... 20 cent xixixi *pelit*

    Mbak Lidya@ kdng saya sendiri jg ga bs buka mbak hikz. Pinjam apa ini mbak?? garem aja yak hihihi

    Saidialhady@ nah lho.... cepet dibayar jngn ampe lupa hehe

    ReplyDelete
  25. Ria Haya@ Tp kalo jd kreditur mulu gimana donk.... hehe

    Pak Ies@ hanya sebagian kecil aja yg seperti itu pak. Yg bnyk sich lupa hehe

    Mbak Lyliana@ Amiiiin, smoga aja ya mbak. Kalo ngutangin dan ga dibayar ga mslh. Ga berat tanggungannya hehe

    Kakaakin@ seandainya.... pasti tidak ada korupsi (lho???) ga nyambung hehe

    Mbak Ami@ iya bener hehehe

    Asop@ Kalo kita yg ngutang bagaimana hayo.... harus diingatkan ga tuch hehe

    ReplyDelete
  26. oh 20 ribu ya. kirain jadi berapa, hehe. iya atuh bisa di ikhlaskan sebenernya mah ya.

    ngomong2 itu 20 cent, kayak nama rapper ya, 50 cent :D

    ReplyDelete
  27. hehehhh.. ngutang dong mba tarry.. ngutang di traktir.. biar bisa mbalik traktir.. hehe..

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...