Tuesday, October 4, 2011

Review Buku - Gila Tapi Masuk Akal



Gila Tapi Masuk Akal adalah salah satu buku  yang ditulis oleh KH.DR. Mahfudin, SE, MA. Beliau adalah pengasuh Pesantren Yatim Dan Dhu'afa Al-Irsyad. Buku ini diterbitkan sebagai upaya penggalangan dana untuk pembangunan pesantren yatim bersama. Selain buku, juga diterbitkan majalah bulanan serta produk-produk lain hasil karya anak asuh pesantren tersebut.


Buku ini adalah kumpulan kisah-kisah inspiratif yang merupakan analisa kehidupan dalam paradigma agama. Banyak pesan moral yang disampaikan dalam buku ini yang mau ga mau bisa jadi bahan renungan. Tapi buku ini dikemas dengan gaya bahasa yang kocak dan gaul, yang kadang-kadang menggunakan bahasa umpatan yang khas untuk para preman. Di satu sisi buku ini mampu membuat pembaca tersentuh dan mengeluarkan airmata, tapi disisi lain juga mampu membuat pembaca ngakak sampai perut kaku. Banyak teman yang bilang (termasuk saya) buku ini bisa membuat mata menangis dan bibir tertawa secara bersamaan. Jadi ikut-ikutan gila khan?? hehe

Di dalam buku Gila Tapi Masuk Akal ini, ada 3 tokoh utama yaitu seorang guru bernama  sekh Konidin dan 2 orang murid yang bernama Gus Murak dan Ki Semprul. Sekh Konidin, sebagai seorang tokoh agama dan masyarakat yang boleh dibilang sangat unik atau malah kontroversial. Cara berfikirnya, sudut pandang, ucapan dan perbuatannya yang dua kali lebih maju dibanding kebanyakan orang termasuk kedua muridnya. Tak jarang beliau dianggap aneh bin nyeleneh dan tidak sedikit yang men 'cap' sekh Konidin gila. Yach... kegilaan yang kalau dipikir-pikir sebenarnya masuk akal.

Salah satu tulisannya yang membahas tentang perayaan valentin atau hari kasih sayang. Valentin itu khan asalnya dari tokoh yang bernama Valentino (bener ga ya??) yang beragama kristen. Lha kita khan islam?? Seharusnya kita mencontoh rosul khan?? Jadi yang bener bukan valentin tapi muhammadin. Hikz. Pokoknya gaya bahasanya konyol dan bikin ngakak dech. hehe

Buku ini laku keras, sampai cetak ulang beberapa kali. Dan saat ini sudah terbit Gila Tapi Masuk Akal 2 yang tak kalah serunya tapi saya belum baca (lho???). Bagi yang berminat, bisa langsung pesan melalui inbox facebook KH. Mahfudin Arsyad atau ke toko-toko buku terdekat di kota anda.

Setiap rupiah yang anda keluarkan untuk membeli buku ini, itu berati anda telah membantu para anak yatim mewujudkan impian mereka melalui pesantren Al-Irsyad. Ayo buruan beli, dijamin ga rugi hehe. eh kok malah promosiiiiii. hehe.

Artikel ini diikutsertakan pada Book Review Contest di BlogCamp

34 comments:

  1. pertamax mbak,,sesuatu yg gila di buku ini mungkin sesuatu yg unik x ya,,

    ReplyDelete
  2. suatu pesan moral yang disampaikan dengan cara plesetan sesuai kehidupan sekarang
    membaca reviewnya mirip2 cerita abunawas ya mbak

    sukse selalu
    salam dari pamekasan madura

    ReplyDelete
  3. mba berhasil membuat aku teringin membeli buku itu... bisa jadi ada pilnya tuh nantinya.

    ReplyDelete
  4. Saya telah membaca dengan cermat artikel sahabat.
    Saya catat sebagai peserta
    Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  5. keren mbak bukunya. reviewnya juga keren. wah bisa sambil menyelam minum air nih. dapet ilmu dari buku jga sekalian beramal. siiip pokokke

    ReplyDelete
  6. Alkahfi@ ya begitulah kira2, unik dan bikin kita kaya orang gila hihi

    Citromduro@ ya mirip2 abunawas tp lbh seru. *jarang bc abunawas* hikz

    Pakde@ trimakasih :)

    Citromduro@ ya mirip2 abunawas tp lbh seru. *jarang bc abunaw

    ReplyDelete
  7. Mas baha@ ayo beli, sekalian yg buku ke 2 mas biar tambah kaku perutnya hihi

    Mas jier@ iya benar, belanja dan beramal. Msh bnyk produk lainnya lho hehe

    ReplyDelete
  8. kayaknya mbak Tary kalo dapet hadiahnya mesti beli bukunya dong

    ReplyDelete
  9. hmm.. pengen punya.. d gramed ada gak yah?

    ReplyDelete
  10. Saidi@ dicoba aja, sapa tahu ada. Soale saya disini belinya lwt pemasar bkn toko :)

    Mbak ami@ kalah menang hrs bl donk xixi

    ReplyDelete
  11. semoga menang di lomba, hadiahnya beliin buku ini yang banyak..agar say ajuga bisa kecipratann...

    salam kenal..
    izin follow ya.

    ReplyDelete
  12. hikmah yang dikemas apik dalam komedi ya mbak.. :D
    sukses kontesnya :D

    ReplyDelete
  13. Arr Rian@ yg bnyk ya di tokonya xixi. Trimakasih follownya ya

    Pagi2buta@ iya benar. Mirip komedi jadinya hehe

    ReplyDelete
  14. mbak tarry giat ikut lomba nih,top deh semoga menang ya

    ReplyDelete
  15. Lengkap Mbak, ternyata hobby juga Mbak Tarry baca buku serius ;)

    Semoga berjaya di RBC-nya Pakde...

    ReplyDelete
  16. wah asik. kontes lagi. mudah mudahan menang ya mbak. pengen baca bukunya

    ReplyDelete
  17. Mbak lidya@ selama mampu ya ikut mbak, hehe

    Mbak yunda@ kalo buku ini serius tp santai mbak hehe

    Mbak fanny@ bolehlah dibeli mbak, hehe

    ReplyDelete
  18. Bagus sekali isi bukunya mbak... jadi berminat beli, apalagi uang yang masuk didonasikan utk anak2 yatim.
    Makasih infonya ya mbak dan semoga menang lagi di kontes kali ini :)

    ReplyDelete
  19. Buku religi yang tak terkesan menggurui. bagus, nih. Apalagi diselingin humor2 segar.
    Semoga sukses kontesnya ya mbak. Kita saling mendo'akan saja.

    ReplyDelete
  20. Skrg banyak ya mba, buku yg hasil penjualannya untuk donasi begitu, dapet ilmu sekaligus beramal :)

    ReplyDelete
  21. mas bayu@ bisa pesan ke saya tp harganya satu juta haha

    mbak reni@ada kisah tkw jg didlmnya. Selain buku jg bnyk produk2 lainnya yg sasaran pasarnya para tkw hehe

    mbak susi@ iya mbak, jd ga pusing bacanya dan mudah dipahami :)

    orin@ menurut saya jauh lbh mulia drpd minta2 sumbangan ke orang kaya hehe

    ReplyDelete
  22. kayaknya bagus ya mba bukunya, aku suka sama buku yg ada sense humornya jadi ringan kalau dibaca :D

    ReplyDelete
  23. keren sambil berjualan buku sambil bersedekah ya, siap meluncur ke gramedia ah beli insyaAllah :D

    ReplyDelete
  24. wah jadi pengen beli nih.. *ngecekisidompet :)

    ReplyDelete
  25. aaaah jadi pengen baca buku ini.....
    mauuuu... jarang2 ada buku berlatar belakang agama yang kocak kan...

    makasih infonya Tarry... semoga sukses kontesnya yaaa... ^_^

    ReplyDelete
  26. hal2 seiru kalau dibawa lucu biasanya lenih mengena di hati

    ReplyDelete
  27. genre kocak kayake, mau pinjam #eh :D

    ReplyDelete
  28. Ria & mbak monda@ selera humornya tinggi, jd lbh mudah dipahami dan ga terlalu berat

    Mamink@ iya, jd ada 2 manfaat yg kita dpt dari buku ini hehe

    Mbk lyliana & anaz@ ayuk beli, dijamin ikut2an gila (lho?)

    ReplyDelete
  29. walau seorang kyai tapi bukunya bisa kocak juga ya mbak, kyai kan juga manusia :D

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Padahal buku yg sold out tapi Asli baru tahu buku ini ya baca revew ini Mbak...

    ReplyDelete
  32. Padahal buku yg sold out tapi Asli baru tahu buku ini ya baca revew ini Mbak...

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...