Friday, October 14, 2011

Wanita Harus Bisa Masak

"Wanita harus bisa masak", kata majikan perempuan saya yang sekarang. "Karena seorang wanita yang bisa masak, mempunyai nilai plus di mata suami, anak dan juga mertua" imbuhnya. Prinsip itulah yang mungkin dipegang majikan saya, sehingga beliau pinter dalam hal masak memasak. Saya banyak belajar tentang masakan dari beliau, meskipun belum bisa menguasai semua ilmu beliau tapi setidaknya saya mau belajar. 

Gambarnya dari sini

Apakah prinsip ini masih di pegang untuk wanita jaman sekarang??? Sepertinya tidak semua. Karena wanita sekarang telah dimanjakan dengan adanya catering, warung makan, dan usaha sejenis yang mempermudah tugas para wanita Indonesia. Kalau orang Hong Kong banyak yang telah dimanjakan oleh keberadaan seorang pembantu. Sehingga membuat wanita jarang, bahkan tidak mau belajar memasak. Betul apa betul???

Tapi, bagaimana perasaan anda jika suami atau anak anda lebih memilih masakan asisten anda daripada masakan anda?? Hal ini sering saya temui di kontrak saya yang dulu kalau saya pergi libur. Kata bocah asuhan saya "Mami yang masak ga enak, lebih enak masakan cece" *cece sebutan untuk saya*. Nah lho!! siapa yang salah???. hehe

Kalau saya sendiri dari SD sudah belajar masak sendiri menggantikan tugas bapak. Meskipun hanya seminggu sekali atau hari libur sekolah. Memasak bukanlah satu hobby yang saya lakukan dengan suka cita. Melainkan suatu bentuk dari keterpaksaan karena tidak ada ibu di rumah. Milih masak atau milih ga makan?? Dua pilihan yang sama-sama merepotkan yach??? Jadi mau ga mau ya harus masak, entah bagaimana rasanya. hehe.

Setelah saya kerja di Hong Kong, memasak adalah suatu keterampilan yang harus saya kuasai. Pernah sekali kontrak, nenek yang masak dan saya hanya sebagai asistennya. Mulai dari mikir menu, menyiapkan masakan, masak, makan, sampai selesai dan dapur kelihatan cling kembali, semua saya lakukan sendiri. Sehari mikir 4 macam masakan untuk dinner dan menu makan siang yang dalam seminggu tidak boleh ada menu sama. Sering pusing kepala saya gara-gara mikir menu. Kalau sudah pusing biasanya cuma wira-wiri dalam pasar ga tahu harus beli apa. Kadang-kadang sudah menyiapkan daftar belanjaan tapi dipasar bahannya yang ga ada. Teman-teman bilang lagi 'Fashion show' di pasar. Hikz.

Sepertinya masak tidak perlu keahlian khusus ya. Yang penting mau belajar dan praktek langsung tiap hari. Meskipun ada asisten pribadi, ga ada salahnya khan belajar??? Lama-lama pasti kita bisa. Seperti halnya saya yang dulu tidak bisa masak makanan chinese yang sebenarnya sangat mudah, akhirnya juga bisa tuch. Tapi yang repot sekarang, saya lupa masakan Indonesia. Haha. Tapi saya sudah ngomong sama suami, kalau ga bisa masak lodeh, mau saya masakin oseng-oseng aja seperti masakan chinese. hihihiihi.


32 comments:

  1. aku sering banget tuh bingung mau masak apa

    ReplyDelete
  2. aku juga bisa masak loooo mba... masak air, masak mie, masak telor dadar...

    ReplyDelete
  3. Eel juga pandai memasak lho.. Masak Jambu Kerabu... Masak Bubur padas... enaaaaaaak :D #CalonSuamiSerbaBisa hahahhahhahaa

    ReplyDelete
  4. saya sih kepengennya semua ibu ibu di indonesia memasak makanan untuk suami dan anak-anaknya, biar bagaimana, kalau kita memasak sendiri, kita tau dengan pasti, apa saja yang kita sajikan untuk keluarga kita.

    lah kalo katering? sapa tau (ya.. sapa tau ya) dikasi banyak penyedap rasa, supaya enak di mulut, tapi enggak enak di masa depan.

    yang saya tau, penyedap rasa seperti M***N, tanggal kadaluwarsanya bisa 5 tahun loh. nah lu, pengawetnya berarti jenis kakap karena bisa ngawetin penyedap sampe 3-5 tahun.

    jadi mbak, silahkan masak ya kalo udah jadi permaisuri nya si mas'e

    gud nite mbak

    ReplyDelete
  5. bunda juga sama kayaknya deh, pokoknya perempuan harus bisa masak, bagaimanapun masakan seorang ibu itu pasti beda, krn ada bumbu cinta didalamnya, yg gak bisa tergantikan dgn makanan seenak apapun.

    itulah kenapa dikeluarga bunda yg didominasi perempuan, semua bisa masak, termasuk lelaki nya
    salam

    ReplyDelete
  6. Kalau saya sendiri dari SD sudah belajar masak sendiri menggantikan tugas bapak.<---loh kok bapaknya yg masak,, kepikiran oh iya ibunya merantau

    ReplyDelete
  7. Aku bisa sih masak... tapi gak pinter hehehe

    ReplyDelete
  8. Mbak Lidya@ iya mbak, apalagi mikir 4-6 masakan tiap hari hehe

    Baha@ haha itu mah bukan masak kali yach

    Mas Eel@ haha pede abis euy, aku aja ga bisa masak bubur padas lho

    Al kahfi@ oh iya ya, baru ingat ya hehe

    ReplyDelete
  9. Meilya@ ya memang bener, makanan luar kurang terjamin kesehatannya. Tp kdng2 untuk wanita bekerja milih yang instan2 hehe.

    Bunda@ iya bund, kalo masak sendiri pasti beda ya, selain kesehatan terjamin, keluarga jg merasa di perhatiin hehe. Salam

    Mbak Reni@ saya juga bisa tapi ga pinter mbak hehe

    ReplyDelete
  10. Saya juga cma bisa nasi mie telur dadar dan goreng pisang~

    :D
    ahh wanita yang bisa masak emang calon istri yang dicari2 :D

    ReplyDelete
  11. masalah masak aku berani ngadu resep sama wanita ^__^
    kebetulan hobiku masak hihihih

    masak itu yang penting niat ..walau masak air sekalipun :p

    ReplyDelete
  12. Ucank@ walah, aku aja ga bisa goreng pisang lho hohoho

    Mas Saladine@ iya, yg penting niat. Kalo ga niat, meskipun masak air bisa gosong lho hihihi *keterlaluan*

    ReplyDelete
  13. Aku bisa masak lodeh lho mbak, maklum mantan anak kost.
    kalau minggu sering refreshing dg masak di dapur.

    ReplyDelete
  14. kalau laki-laki bisa masak gak salah kan mba?..hehehehe..
    kan gini-gini saya juga bisa masak loh....

    ReplyDelete
  15. cwek yg jago masak lebih klitan anggun klo buat saya....lebihhhh gimnaaaaaa gtu,,yah pokoknya kliatan lebih seep aja hihihihih

    ReplyDelete
  16. Setuju mbak, wanita emang harus bisa masak, apalagi yang sudah jadi istri. Wajib hukumnya, biar lebih deket sama suami, bisa saling bertukar pikiran, dsb.
    Lagi pula dengan masak sendiri, kesehatan dan keamanannya bisa lebih terkontrol.

    ReplyDelete
  17. tapi lebih afdol kalo wanita dan pria, khususnya istri dan suami sama2 bisa masak...manteb tuh...:)

    ReplyDelete
  18. Betul Mbak, aku sepakat sebetulnya yang paling penting praktek langsung, mulai...

    *ganti foto ya Mbak? tambah ayu ;)

    ReplyDelete
  19. Mr@ anak kost kalo ga bs masak namanya keterlaluan xixi

    Green@ haha diliat dr segi mana tuch?

    Todi@ kalo begitu menguntungkan para istri ya? Huehehe

    ReplyDelete
  20. Muamdisi@ walah ya gpp to malah disayang istri dan mertua xixi

    Mas jier@ iya betul. Yg pntng tuch terjamin kesehatannya hehe

    Mbak yunda@ iya mbak, kalo ga belajar ya ga bs2 hehe.
    Fotonya ganti biar ga keliatan kalo makannya banyak xixi

    ReplyDelete
  21. heheheh , waah asyik bisa masak masakan chinese , saya juga suka masak mbak :) dari SD juga hehe pertama kali masak tempe dan itu sukses gosong :D , syukurlah teman-teman yang main ke rumah mau makan hahha :D , sekarang juga lagi sering coba bikin resep sendiri :D meski kadang aneh tapi mama , papa , kakak-kakak dan adekku suka :) hihi

    ReplyDelete
  22. Saya tetap berharap semoga istri saya nanti jago masak. Yah tak usah jago, pokoknya bisa dan mau masak lah. Kan ada banyak buku resep masakan, bisa lihat situ. Lama2 pasti akan terlatih juga, dan jago. ;)

    ReplyDelete
  23. kata ibuku masak itu naluri,hihii..
    klo aku masak pasti pd bilang (gak) enak,haha.. kdg jd patah semangat -_-

    ReplyDelete
  24. kayaknya sampean punya potensi tuh mbak kalau pulang ke kampung bikin rumah makan ala HK.. piye? saya siap jadi tester pertamanya

    ReplyDelete
  25. Nilai plus ya.. hmmm saya gak bisa masakkk T___T

    ReplyDelete
  26. Arta@ hihi, masa tempe gosong dimakan juga??? masakan chinese lbh gampang lho, cm dikasih bawang doank hehe

    Asop@ iya bener, banyak fasilitas untuk para wanita belajar masak hehe

    Ennylaw@ nah itulah repotnya kalo udah patah semangat susah nyambungnya lg hhihihi

    Mas Lozz@ kalo buka retoran kayaknya masih jauh, di madiun udah banyak saingannya hikz *gak pede*

    Mbak Una@ Ga bisa tp khan bisa makan?? Itu yg penting xixixi

    ReplyDelete
  27. dari dulu saya pengen banget bisa masak.
    Dulu pernah belajar masak dan mau masak juga, tapi syaratnya bumbunya diracikin sama ibu dulu.. hehehe

    ReplyDelete
  28. Mabruri@ berati tinggal nyemplungin aja ya hihihi,,,,,

    ReplyDelete
  29. ya harus dong
    dimasakin istri tuh bukan cuma sekedar ngasih makan doang kok
    ada sesuatu yang terasa lebih
    sampe sampe sayur keasinan saja dibilang uenak...

    *sambil melotot-melotot...

    ReplyDelete
  30. hehehe... masakan chinese sm masakan indonesia mirip2 lah ya Tar,,,

    aku sih jarang masak... tapi klo weekend suka masakin buat suami... atau masak bareng sm suami.. yah yg mudah2 aja sih.. hehee

    ReplyDelete
  31. aku ngga bisa masak mbak....tp aku bertekad harus bisa masak, apalagi kalo anak2 sdh besar...skrang ngga masak krna emang waktunya belum memungkinkan...anak2ku ngga bisa ditinggal sm sekali klo emaknya ada dirumah hiks...

    ReplyDelete
  32. Perempuan harus bisa masak, maka laki-laki pun harus bisa masak...karena menurutku memasak itu bukan sesuatu yang sifatnya Kodrat

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...