Wednesday, November 2, 2011

Blog Belajar Cantonese


Bahasa Cantonese merupakan bahasa utama yang dipakai sehari-hari oleh orang Hong Kong. Ada sebagian yang berkomunikasi dengan bahasa mandarin, bahasa Inggris, maupun bahasa China Tradisional. Untuk saya yang dapat job merawat orang tua, sangat dituntut untuk bisa ngomong bahasa Cantonese. Karena kebanyakan orang tua atau lebih tepatnya Lanjut usia, tidak bisa bahasa Inggris. Lagian saya juga ga bisa bahasa Inggris. Hehehe.


Menurut saya, belajar cantonese itu jauh lebih mudah dibanding bahasa inggris yang njlimet dan bikin saya mumet dan suka bolos sekolah. Sehingga, 6 tahun belajar bahasa Inggris tak membuat saya pinter bahasa Inggris. Sedangkan dengan belajar cantonese, 9 bulan di PT dan 3 bulan praktek ngomong langsung setiap hari membuat saya bisa cas cis cus ngomong cantonese. Kebetulan job pertama saya jaga anak TK sehingga makin mudah belajarnya. Apalagi anak yang saya asuh dengan sabar mengajari saya apa saja yang tidak saya mengerti.

Belajar Cantonese itu tidak cukup dengan hapalan suku kata saja, tetapi harus praktek ngomong langsung. (Semua bahasa sepertinya juga begitu ya?? hehe). Buktinya, 9 bulan saya belajar di PT dengan hasil ujian yang lumayan bagus, tapi waktu sampai Hong Kong ya cuma bengong waktu diajak ngomong majikan. Jadi kuncinya ya harus banyak-banyak praktek ngomong. Seperti kata pepatah "Tresno jalaran soko kulino" (lho??). xixixi

Terinspirasi dari obrolan saya dengan mom beberapa waktu yang lalu. Sehingga saya membuat blog BELAJAR BAHASA CANTONESE . Beliau bilang, "Paling kamu lupa caranya ngomong cantonese kalau kamu sudah di Indonesia". Nach..... kata-kata itu berhasil menyentil saya dan muncullah ide untuk membuat blog ini. Selain untuk tempat berbagi, saya sendiri akan terus mengasah kemampuan saya berbahasa Cantonese. Agar apa yang saya dapat dari Hong Kong tidak menguap begitu saja bersama berjalannya sang waktu.

Blog ini adalah kamus pribadi saya, sehingga apa yang saya tulis pengucapannya sama dengan tulisan (misal: goe dibaca juga goe). Setahu saya Cantonese hanya dalam bentuk tulisan China tidak ada tulisan inggrisnya. Kalau bahasa mandarin khan ada tuch. Meskipun ucapan ama tulisan kadang ga sama bunyinya. Hehehe....

Ada yang mau belajar bahasa Cantonese bersama-sama dengan saya??? Mungkin Cantonese bahasa yang kurang mendunia, dibanding bahasa Inggris dan lainnya. Tapi kalau anda bisa, setidaknya anda akan mengerti  ketika ada teman facebook anda yang jadi TKW Hong Kong lagi cuap-cuap pakai cantonese. Nach lho..... 


35 comments:

  1. wah seru nih tarry, mau ah....bagi2 ilmu semoga berkah ya tarry

    ReplyDelete
  2. hihi boleh juga sarannya nih mbak ^^

    selamat pagi mbak

    ReplyDelete
  3. Wai
    Cousan
    Lei ho ma?
    Langsung Praktek.
    Jawabnya gimana mbak?

    ReplyDelete
  4. wah nanti kalo aku belajar cantonese sama mbak Tarry aja deh..

    ReplyDelete
  5. nah trus bentuk tulisannya gimana tuh mbak,, yg pasti seperti hurup2 kanji ya,,(oh ya di luar topik, sy sdh email y mbak alamat tuk pengiriman )

    ReplyDelete
  6. Ide bagus Tar...emang kadang suatu baha yang kita bisa bila lama tidak digunakan pasti akan lupa.

    Untuk bahasa inggris..sama sampai skg juga gak lancar2, jangan bahasa inggris.,.bahasa jawa aja sampai skg masih belajar dan gak tamat2 padahal kedua orang tua aslinya jawa.

    ReplyDelete
  7. pasti mauuu dong, dhe akan ikut serta belajar mbak.. lumayan siapa tahu besok2 nyasar ke Hong Kong :D

    ReplyDelete
  8. Semuanya kalau dilatih dan diterpakan secara langsung akan mudah Mbak, kalau di sekolah kita belajar Bahasa Inggris itupun cuman 2 X seminggu lah trus gak ada wong londonya gimana mau ngomong Inggrisnya secara langsung ya jelas gak pinter2 hehe, kalau Mbak Tarry langsung dipraktekkan itu lebih mantep tuh..ajarin dunk Mbak bahasa Cantonese

    ReplyDelete
  9. Mbak pu@ amiin, smoga bermanfaat hehe

    Kaz & itik bali@ ayuk belajar bareng hehe

    Arr rian@ jwbnya cukup dgn "ho"

    Al kahfi@ hurufnya gedek xixi. Oke nanti saya ceknya

    Ibu dini@ iya betul, kalo ga dipraktekan lama2 bs lupa. Berati kita sama, ga bs inggris hikz.

    Dhenox@ amiin, smoga bs ke hk

    ReplyDelete
  10. Sepakat mba bahasa emang harus sering2 praktek.... :)

    Mba kata Rian Lei ho ma?
    tpi aku taunya mie ho ma? ada yg bener apa salah semua hahaha?

    ReplyDelete
  11. Wach asyik pasti ya nambah kosa kata baru, semoga makin bermanfaat ilmunya ya Mbak...

    ReplyDelete
  12. Kang Sofyan@ iya, kalao praktek langsng malah lbh cepet bisa. Ayuk belajar bareng hehe

    Mas Baha@ iya itu sama sajaaaaa, hihihi

    Mbak Yunda@ iya mbak Smoga bermanfaat, amiiin

    ReplyDelete
  13. menarik sekali, mau ah belajar bahasa cantonese

    salam

    ReplyDelete
  14. salam sahabat dan salam kangen puolllll

    bagus sekali saya juga punya tapi yang wp juga ada yang dot com namun jarang ke urus mbak hehehe sukses ya
    oh iya kabar kami baik dan kapan mbak Tarry nyampai di Indonesia?semoga bisa ketemuan ya mbak.no ponsel saya tetep kok di 085 6660 4774

    ReplyDelete
  15. Wuiih,, Bahasa Cantonese ini gak sama yach ma Bahasa China gitu Mbak??
    Ayas aja belajar BHS INggris waktu Skull dulu gak bisa2,,, apalagi Bahasa Cantonese yg termasuk baru gitu... Hwihihii

    ReplyDelete
  16. Segera saya kunjungi blognya, Mbak Tarry ^^

    ReplyDelete
  17. Belajar bahasa sangat berguna, apalagi kita hidup di jaman keterbukaan dan kemajuan ini. Mari mbak kita belajar bersama.

    ReplyDelete
  18. Umahnya@ iya mari belajar bareng hehe

    Bagibagio@ Bahasa cantonese hampir sama kaya bahasa china lho. yach.... sapa tahu belajar cantonese malah lbh cepet nyantolnya xixixi.

    Mbak Dhana@ salam rindu dari jauh hikz. Smoga saya bisa tetep mengurusnya hehe

    Keven@ Trimakasih hehe

    Tanrto@ iya tidak ada ruginya ya hehe

    ReplyDelete
  19. jadi guru bahasa saja mbak kalau udah di Indonesia...
    bagi ilmu...
    :)

    ReplyDelete
  20. ditunggunya mbak...
    senangnya dapat ilmu baru :)

    ReplyDelete
  21. Zone@ jadi guru bagi anak2ya aja yak hihihi

    Zia@ hehe terimakasih dukungannya

    ReplyDelete
  22. wow bahasa cantonese yaa.. belum kepikiran ke sana sih aku mbak ^___^ tapii kayaknya menarik :p ehh, gimana tata tulisnya mbak? susah juga ya kayak korea atau jepang?

    ReplyDelete
  23. Wah.. kreatif mbak!
    Kalo Ni hao ma itu mandarin yah? cantonese nya apa? :P

    ReplyDelete
  24. wahh bagus tuh. jadi bisa berbagi ilmu. ide cemerlang. mendukung

    ReplyDelete
  25. Saya mau belajar bahasa jerman! ^^

    ReplyDelete
  26. seru pastinya tambah kosa kata yg baruuu buanget nih buat saya, semoga makin bermanfaat ilmunya Mbak.

    ReplyDelete
  27. Hi Mba Tarry,

    Mau mengikuti belajar cantonesse dengan mba, bagaimana caranya..?

    ReplyDelete
  28. wai ce tary ,,,lehoma,,,,?
    lei six co fan me...?

    ReplyDelete
  29. Saya sgt minat mau belajar Cantonese ..mbak Ada Facebook?bisa Saya add enggak?

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Siang. Sy sedang mencari guru bahasa kantonis di jakarta. Mba ada informasi atau kenalan tidak?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  32. Siang. Sy sedang mencari guru bahasa kantonis di jakarta. Mba ada informasi atau kenalan tidak?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  33. Siang mba. Sy sedang mencari guru bahasa kantonis di jakarta. Mba ada info gak?
    Terimakasih

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...