Thursday, December 22, 2011

Hari Ibu - Emak Dan Onthelnya

Ibu Maryam/Emak saya, lokasinya di sebelah rumah waktu mau berangkat jualan keliling. 




Bagi saya, emak adalah wanita serba bisa yang pandai memanfaatkan sebuah kesempatan. Disaat banyak orang memilih ungkang-ungkang menunggu uang kiriman datang (karena banyak yang keluar negeri), beliau malah menghabiskan hampir seluruh waktunya di dapur untuk memasak makanan yang setiap hari dijual atau membuat jajan pesanan.

Beliau juga tidak pernah malu untuk menjajakan dagangannya keliling kampung dengan sepeda onthel. Dan tak segan-segan memarkir onthelnya di depan Sekolah TK/Paud, jual es lilin dan jajan saat jam istirahat. Waktu saya suruh pakai motor, beliau bilang "Kalau naik motor, nanti ga dapat untung". Yach memang untungnya tak seberapa. 

Tapi dari untung yang tak seberapa itu, beliau bisa melakukan banyak hal tanpa harus menggantungkan jatah dari kedua anaknya. Dan bisa mengantarkan putranya ke bangku kuliah. Kok bisa?? Mungkin apa yang beliau berikan untuk anaknya adalah rizki sedikit tapi barokah yang menjadikan anaknya manut, pinter dan mendapatkan pekerjaan lumayan mapan. Sehingga, putranya bisa membiayai kuliahnya sendiri tanpa harus minta biaya ke orang tua. :)

Salam hormat untuk emak yang tak kenal lelah mencari rizki yang barokah. "Selama tangan ini masih mampu untuk bekerja, aku tak akan mengandalkan jatah dari anakku" Semboyan beliau yang membuat hati saya trenyuh. Semoga ALLAH selalu memberi kesehatan dan umur panjang kepada beliau. Amiiiin

Potret ini diikutsertakan dalam Kontes Perempuan Dan Aktivitas yang diselenggarakan oleh Ibu Fauzan dan Mama Olive

39 comments:

  1. Emak yang luar biasa...yang mungkin kita belum tentu bisa melakukannya

    ReplyDelete
  2. ah gambar ini mengingatkan saya pada mamak dengan sepeda onthelnya juga, beras sekwintalpun bisa dibawanya dengan sepeda itu ... salut sama ibu2 Indonesia yang begitu perkasa, seperti emaknya mba Tarry!

    salam buat Emak, selamat hari Ibu dari kami :)

    ReplyDelete
  3. Mbak Una@ iya, kalo ga kerja badannya malah sakit semua hikz

    Bu Dini@ iya bener, saya aja ga mampu Bu hehe

    Asep@ iya terimakasih ya :)

    NiQue@ waaah, kuat banget mamaknya mbak niQue ya... emak saya cuma bawa makanan aja hee. Met hari ibu juga Mbak NiQue

    ReplyDelete
  4. Salam buat emak ya mbak Tar..

    selamat hari ibu

    ReplyDelete
  5. Hmm, semangat Ibu kadang2 bikin saya takjub sendiri. Banyak karwayan yang duduk2 di kantor bagus dengan ruangan ber-ac tapi banyak mengeluh, sementara Ibu 1 minggu penuh mengasuh keluarga sangat jarang sekali mengeluh. Semoga semua Ibu diberikan kesehatan dan kemudahan, aamiin.

    ReplyDelete
  6. trus smangat mak, jangan kayak para koruptor yang kaya tapi bukan uangnya sendiri

    ReplyDelete
  7. Subhanallah, salam utk Emak nya ya Mbak :)

    ReplyDelete
  8. Salut banget dg Emaknya mbak... Baliau tak lantas berpangku tangan saat usia sudah mulai senja.

    Semoga menang kontesnya ya...

    Duh, senangnya aku bisa "kembali" lagi :)

    ReplyDelete
  9. selamat hari ibu...
    pinjem sepedanya boleh ?? :-D

    ReplyDelete
  10. saluut buat emaknya....
    penuh semangat....
    selamat hari ibu...
    :)

    ReplyDelete
  11. kalau Ibu (Mbok'e) saya gak bisa naik sepeda, bawa apa2 (meski luar biasa berat) di gendong di belakang.

    Btw, Selamat hari ibu utk semua perempuan atau ayah yang karena takdir harus 'menjadi' ibu utk sang buah hati. Semoga kita semua menjadi anak yg lebih berbakti pada ortu kita masing-masing:)

    ReplyDelete
  12. Salam buat Emak ;)

    Selamat hari Ibu...

    ReplyDelete
  13. Mas Lozz@ Iya Terimakasih :)

    Gungwo@ kerja kantoran mungkin kurang bersyukurnya, padahal kerja enak :)

    Rumput ilalang@ biar sedikit asal ga merugikan orang lain ya :)

    Mbak Reni@ iya mbak, kalo ga kerja badannya sakit semua, soale udah biasa kerja :)

    Diah & Orin@ Trimakasih, Selamat Hari Ibu :)

    ReplyDelete
  14. Bothol@ Terimakasih puisiya ya. Indah banget

    Kinanthi@ walah, masa di gendong?? Di tampat saya ga ada kayaknya yg gendongan hehe

    Mbak Lidya, Zone, Jiah, Mbak Yunda@ Trimakasih, Selamat Hari Ibu juga :)

    ReplyDelete
  15. Emaknya Mbak Tary sama seperti Ibuku, klo kemana-mana sukanya naik sepeda onthel

    ReplyDelete
  16. wahh hebat yach emaknya jago naik sepeda onthel...padahal kan tinggi yachh....orangtua jaman dulu udah terbiasa bekerja keras yachh....kalo ngga kerja malah badannya pd sakit semua...salut sm ibunya mbak tari....sukses utk kontesnya

    ReplyDelete
  17. waduh masih bisa naik onthel toh. aku aja gak bisa.

    ReplyDelete
  18. sosok emak sederhana yg nrimo dan pantang menyerah,, jadi malu terkadang dgn dgn diri sendiri yg berpikiran canggih tapi masih ogah2an

    ReplyDelete
  19. Berkah selalu utk Emak yang penuh semangat.. :-)

    Selamat Hari Ibu buat Tarry dan Emak..

    semoga sukses kontesnya ya.. :-)

    ReplyDelete
  20. Iya ibu itu emang serba bisa...
    Bulan kemarin sewaktu ayahku pergi keluar provinsi :P... Aku dan ibuku yang menata ulang rumah.. mulai dari ngangkat kasur lemari sampai kulkas :D

    ReplyDelete
  21. Emak yang hebat... :)

    Selamat hari Ibu buat emaknya yaaaa.

    ReplyDelete
  22. emak inspiratif banget Tari,
    maaf ya lama nggak ke sini, tapi tetap baca2 kok

    ReplyDelete
  23. wanita pekerja keras yang tangguh dan teguh

    selamat hari ibu dan sukses kontesnya

    ReplyDelete
  24. emak memang selalu berjuang dan menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya ya Mbak?.. wih liat fotonya kayaknya emak penuh perjuangan yah!!

    semoga tetap diiringi dengan senyum keikhlasan

    ReplyDelete
  25. Persis sama Ibuku, gak bisa diem, klo suruh istirahat malah bilang, badanku nanti malah pegel2 semua *hayah.... emank deh Ibu kita semua itu hebat2... :)

    Selamat hari ibu untuk semua Ibu di Dunia... :)

    ReplyDelete
  26. Semoga emak selau sehat ya mbak, salam hormat untuk beliau.
    Selamat hari ibu.

    Terima kasih sudah berpartisipasi di acara kami.

    ReplyDelete
  27. Dimanapun berada, Ibu adalah sosok terkuat bagi kita ya Mbak
    selamat hari Ibu
    salam untuk Ibunya
    semoga sukses kontesnyaaa

    ReplyDelete
  28. keren tuh sob
    hari gini dah jarang banget yang masih mau pake sepeda gitu
    jalan deket aja dah harus pake motor

    ReplyDelete
  29. Selamat hari ibu dan salam untuk keluarga.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  30. wah keren banget ya emaknya

    aku jadi kangen sama emakku dirumah yang tiap hari jalan ke pasar karena g bisa naik sepeda....

    ReplyDelete
  31. sama kaya nenek aku yang dikampung,padahal usia dah masuk kepala 6 tapi masih semangat & rajin ke kebun buat menanam
    itu sedikit bentuk perjuangan yang tak kenal henti dari seorang manusia,yang tak mau menunggu rejeki tapi melainkan menjemput rejeki itu sendiri agar datang

    ReplyDelete
  32. selalu takjub dg bunda yg selain ibu rumah tangga, jg penyokong ekonomi keluarga

    selamat hari ibu

    ReplyDelete
  33. Waahh emaknya hebat mbak tari.. salam buat emaknya yak :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...