Monday, December 26, 2011

MIO!! Selangkah Lebih Maju

"Ta, aku sekarang bisa naik motor" ucapnya ketika saya mengunjungi dia dirumah mungilnya. Wajahnya nampak gembira dan saya lihat ada motor Mio gresss yang terparkir di rumahnya.

Rasanya tak percaya, gadis yang hampir tidak bisa sekolah di SMK N 5 Madiun karena tidak bisa menunjukkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani, tapi akhirnya bisa masuk juga setelah ada orang tua siswa lain (penyandang disabilitas) yang menggugat sekolahan. Gadis itu sekarang bisa naik motor dan menjadi istri seorang dosen serta punya seorang putra yang sebentar lagi masuk SD. 


Dia sendiri tidak pernah mengerti kenapa kakinya mendadak bengkak dan sakitnya sangat luar biasa ketika dia masih kelas 2 SMP. Sakit yang aneh dan menjadikan lutut kaki kirinya tidak bisa ditekuk sampai saat ini (bisa membayangkan seperti apa??). Berbagai macam usaha telah dilakukan tapi tidak ada hasilnya. Sampai keluarganya habis-habisan dan jatuh pada titik keputusasaan. Sehingga, hanya bisa pasrah dengan kondisi kakinya yang seperti itu. 

Dengan kondisi fisik yang tidak sempurna, tidak menjadikan dia minder atau putus asa. Semangatnya untuk maju besar sekali. Setelah sembuh dia mengulang kelas 2 SMP dan kebetulan SMEA nya satu kelas dengan saya. Banyak teman (mungkin) termasuk saya  yang meremehkan semangatnya. Teman-teman bilang dia terlalu PD tanpa melihat kondisi fisiknya.

Tapi PD nya memang ada bukti, bukan hanya omong kosong. Ketika acara perpisahan kelas 3, dia ikut naik panggung menjadi 10 besar siswa dengan nilai terbaik dari 3 jurusan. Saya saja yang punya fisik normal  ga dapat rangking huehehe.

Ketika lulus, ada seorang pengusaha sablon & konveksi yang juga memiliki Depot Makan memberi kesempatan dia untuk bekerja. Tak lama setelah itu, saya juga ikut jadi bagian sablon tersebut. Di tempat kerja pun semua karyawan meremehkan dia (lagi). Tapi.... dia mampu menunjukkan hasil kerja yang bagus. Di Sablon dia pinter bikin spanduk (yang pakai cat) dan di Depot dia juga pinter masak. Dari depot itu juga, dia menemukan jodohnya, yang waktu itu masih jadi mahasiswa IKIP Madiun. 

Ketika saya memutuskan untuk pergi ke Hong Kong, dia masih bekerja. Sampai akhirnya nikah, hamil dan baru keluar dari tempat kerja menjelang melahirkan. Sampai sekarang sudah ga kerja lagi, hanya ngurus anaknya. Dan punya keinginan bisa naik motor ketika anaknya mau SD. Munculnya motor electrik seperti Mio sangat pas dengan keadaan dia. Karena ga perlu kaki kiri buat masukne persneling *eh bener ga namanya*. hikz. Mio membuat dia Selangkah lebih maju.

Saya kagum dengan dia yang mampu melakukan banyak hal dengan kondisi fisik yang demikian. Disaat banyak orang meremehkan dia, dia mampu menunjukkan kalau dia juga bisa. Orang-orang dengan kondisi fisik yang tak sempurna hanya butuh kesempatan agar bisa menunjukkan kemampuan mereka. Tapi sayangnya, tidak banyak manusia yang mau memberi kesempatan untuk mereka. Semoga makin banyak organisasi-organisasi atau individu yang peduli dengan nasib mereka. Amiiiin.

 ALLAH maha adil, ALLAH memberi kekurangan pada seseorang, tapi ALLAH juga memberi kelebihan yang menutupi kekurangannya. 


NB: Untuk menjaga privasi yang bersangkutan, foto terpaksa tidak ditampilkan. :)



35 comments:

  1. Selalu kagum dengan orang-orang seperti itu,,, bisa jadi lecutan semangat buat kita yang masih suka mengeluh ini ..^^

    ReplyDelete
  2. syukurnya dia sdh punya pendamping hidup yo mbak,, itu menunjukkan dia punya kelebihan di balik kekurangannya

    ReplyDelete
  3. Wow... kagum saya....
    Tak selamanya fisik menjadi penentu kesuksesan dan kebahagiaan ya mbak :D

    ReplyDelete
  4. semangat ya belajar motornya ,Allhamdulillah kesampaian.btw mionya warna apa? hehehe OOT banget ya pertanyaannya punyaku warna ungu

    ReplyDelete
  5. pas dong dengan slogan motornya
    tapi kalo majunya selangkah-selangkah
    emang motornya gak pake roda ya..?
    hehe

    ReplyDelete
  6. salut dengannya mba.... sangat jarang kita temui orang2 Penyandang Disability memiliki rasa percaya diri sehebat ini.... PD inilah yang memotivasi ini untuk membuktikan bahwa dia bisa mengalahkan kekurangan2nya.

    semoga teman mb Tarry ini bisa terus penuh semangat ya mba....

    ReplyDelete
  7. jadikanlah kekurangan yang ada pada diri kita menjadi kelebihan,love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  8. Subhanallah, memang ibu yang tangguh ya beliau ini kalau diliat dari ceritanya terdahulu..kita yang dianugerahi fisik lengkap-semoga nggak gampang ngeluhan ya mbak :)

    ReplyDelete
  9. Fahri Sadah@ Iya, musti banyak bersyukur kita ya :)

    Alkahfi@ iya, alhamdulillahnya ada orang yg mau menerima dia apa adanya :)

    Kak Rin@ Iya bener, yg penting mau berusaha dan berdo'a pasti juga bsa :)

    Mbak Lidya@ warnanya merah kayaknya :)

    ReplyDelete
  10. Mas Rawins@ selangkah maju terus gitu aja yak :)

    Mbak ALaika@ iya bener mbak, Yg ada pasti minder dan jarang yg mau bergaul :)

    Saidi@ Iya, harus itu :)

    Sadako@ iya bener, peringatan buat kita yg punya fisik normal ya. Biar tidak mengeluh terus :)

    ReplyDelete
  11. yang fisiknya sempurna memang mesti sangat bersyukur ya mbak Tarry

    ReplyDelete
  12. orang normal kadang terlalu gengsi.

    cerita bagus mbak:)

    ReplyDelete
  13. ikut bersukacita dengan semangat teman mbak tarry..
    yg terlintas pertama kali ketika membaca postingan ini adalah, ...mbak Tarry sendiri..bahwa ada banyak peristiwa di sekitar kita yg terjadi tetapi mampu terekam dengan baik dalam pikiran Mbak tarry..salut atas perhatianmu dan sharenya kepada kami..:)

    ReplyDelete
  14. semua cerita buat mbak Tarry semoga bisa menjadi penyemangat kita yang diberi kesempurnaan anggota tubuh sempurna untuk semangat berkarya

    ReplyDelete
  15. wah hebat mba ^^ dengan keterbatasan yg dia punya tapi dia terus semangat

    ReplyDelete
  16. semoga kita yang mempunyai kondisi fisik yang sempurna jadi lebih bisa bersyukur yaa mbak.. dan mencontoh semangat dan usaha dari merek-mereka yang istimewa.. :)

    ReplyDelete
  17. Semoga cerita tetang teman Mbak Tarry ini bisa kita ambil hikmah sebanyak2nya ya Mbak ;)

    #ih baru tahu MIO bisa melangkah, hehe...

    ReplyDelete
  18. ayo yg normal jangan mau kalah, semangat!!! ^^

    ReplyDelete
  19. Itulah sifat manusia. Bisa asalkan ada niat. Itu intinya. Makanya dalam melakukan sesuatu, beribadah, makan, minum dan aktivitas lainnya, makanya dianjurkan pasang Niat. heheh

    ReplyDelete
  20. "ALLAH maha adil, ALLAH memberi kekurangan pada seseorang, tapi ALLAH juga memberi kelebihan yang menutupi kekurangannya"

    setuju mbak. Jangan pernah menggugat Tuhan :))

    ReplyDelete
  21. wahh hebat yachh.....pd akhirnya dia bisa naik motor....hiks aku dr dulu mau belajar motor takutnya minta ampyunn...tp ternyata ada orang yg punya kekurangan tp berhasil belajar motor demi anaknya...hebattt....

    ReplyDelete
  22. Mbak Utami@ iya, biar ga ngeluh terus hehe

    Asep@ Yg normal suka mengeluh dan melecehkan :)

    Mas Lozz@ iya :)

    Mbak Ketty@ soale ini sahabat baik :)

    Mbak Ria@ ayuk semangat hehe

    Dhenox@ harusnya begitu, tp kadang susah bersyukurnya hehe

    ReplyDelete
  23. Ria Haya@ ayuk semangat :)

    Mbak Nia@ haaa, malu donk hehe

    Mbak Yunda@ Amiiin, yg melangkah orangnya kali mbak hehe

    Reza@ Ada niat pasti ada jalan :)

    Putri Marulia@ Iya, syukuri apa yg kita punya. Allah tidak pernah salah menciptakan makhluknya :)

    ReplyDelete
  24. wah kirain lagi ngiklan gitu mbak :D
    bagus ya ceritanya menginspirasi :) emang fokus tuh pada kekuatan ya bukan sama kelemahan

    ReplyDelete
  25. Wah saluttt,,,
    tak pikir kontes motor mio :D

    ReplyDelete
  26. Hahaha.. aku dan una bener2 sehati, tak pikir juga seperti itu.. salut deh ^_^

    ReplyDelete
  27. ALLAH maha adil, ALLAH memberi kekurangan pada seseorang, tapi ALLAH juga memberi kelebihan yang menutupi kekurangannya.

    ^___________________^

    ReplyDelete
  28. kalau di Indonesia,memang sangat amat tidak memberi kesempatan buat penyadang cacat seperti mereka
    Karena birokrasi kita yang sangat amat berbeli-belit kata mainan ular tangga
    Jadi jangan heran,banyak dari mereka yang tidak bisa mendapatkan hak'a tapi selalu dituntut kewajiban oleh negara

    ReplyDelete
  29. Tiara@ kirain bagian pemasarannya MiO yak wuehehehe

    BasitKa & Mbak Una@ haha, kontes blog berhadiah MIO yak

    Nurmayanti@ :)

    Andy@ iya, apa aja kayaknya musti ada keterangan sehat jasmani dan rohani ya. Sehingga bagi mereka yg tak bisa menunjukkan surat keterangan tersebut harus mengalah meskipun lbh pinter :)

    ReplyDelete
  30. Penyandang Disability membutuhkan dukungan utama dr orang-orang terdekat, dengan penghargaan dan support maka sebenarnya mereka juga banyak banyak kelebihan. BUkankah di balik kekurangan, tentunya ada kelebihan yang di berikan dalam diri setiap insan.

    ReplyDelete
  31. gpp ga ada foto, kali ini saya percaya dirimu tidak menayangkan cerita hoax :D
    dan salut saya untuk dia, wong saya yang kakinya baik2 saja ga isa numpak onthel karo motor hiks *isin*

    ReplyDelete
  32. salut buat temen mba tarry yang satu ini

    ReplyDelete
  33. Luar biasa! aku salut sama semangatnya Tarry! salam kenal ya.. inspiratif banget ceritanya buat banyak orang... ^_^

    ohya.. link posting ini langsung kukasih suamiku Tarry! secara suami bagian marketingnya Yamaha.. hehe..

    ReplyDelete
  34. Waahh temennya keren mbak.. bener2 mandiri diatas segala kekurangannya :)

    ReplyDelete
  35. Wah salut banget dengan semangat dan rasa percaya diri yang besar dari temannya itu mbak.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...