Saturday, December 3, 2011

Produk Ditiru?? Siapa Takut!!!

Di dunia perbloggeran, banyak blogger (tidak semua) yang berusaha  mati-matian  *halah bahasanya* untuk melindungi blog nya agar tidak di Copy Paste orang lain. 

Di dunia dagang/usaha, banyak yang berusaha untuk melindungi hasil karyanya agar tidak di tiru oleh orang lain. Termasuk saya, sudah memikirkan satu jalan agar makanan hasil olahan emak saya tidak ditiru oleh orang lain.


Gambar dari sini

Tapi apa kata emak??? "Lebih baik produk kita yang ditiru orang daripada kita yang meniru produk orang". Saya sempat mengungkapkan protes saya, tapi emak jawab "Emak malah seneng kalau ada yang mau belajar dan bisa bikin jajanan kaya emak". Saya diem merenung.

Ya itulah emak yang tidak pernah takut hasil karyanya ditiru orang lain. Dengan senang hati beliau akan mengajari kalau ada yang mau belajar bikin jajan. Beliau juga sering belajar sama orang lain kalau ada jajanan yang baru. Ternyata beliau berpikir, Banyak orang yang bisa bikin jajanan, tapi tidak banyak yang bisa menghasilkan uang dari jajanan yang  mereka buat.

Di daerah sekitar saya, memang banyak yang bisa bikin jajanan, bahkan alat-alat mereka lebih lengkap dari apa yang dimiliki emak. Tapi alhamdulillah kalau ada hajatan atau acara, pesennya jajan juga ke emak bukan pada mereka. Kadang sampai nolak-nolak, karena ga kuat tenaganya. Maklum hanya mengandalkan tenaga sendiri, ga ada asisten. Hehe

Rejeki sudah ada yang mengaturnya. Kalau memang rejeki kita, tak akan lari kemana. Begitu juga sebaliknya. 

44 comments:

  1. Hihi iyaaa, setuju setuju.
    Semua sudah ada rejekinya :D :D
    Kalau di dunia blogger hm, ada ga ya yang mau nyopas postinganku ahaha...

    ReplyDelete
  2. setuju ama quotenya, saya rindu sekali ama jajanan pasar di atas mbak >.<

    seorang ibu selalu bijak ya menanggapi masalah2 kayak gini mbak, hmmm terharu sama ibu sampeyan

    ReplyDelete
  3. Hahaha... setuju banget...
    Ibu saya juga kayak gitu...
    walaupun dulu pernah ada orang yang belajar buat makanan ibu saya terus orang itu rebut pelanggan setia ibu saya (Parah banget kan itu orang) Tapi ibu saya gak masalah...

    ReplyDelete
  4. Nah, sekarang kan udah ada mbak Tarry jadi udah ada yg bantuin emak mengembangkan usaha jajanannya kan?
    Semoga makin sukses deh mbak :)

    Maaf baru sempat mampir lagi setelah 2 minggu "libur" hehehe

    ReplyDelete
  5. Mbak Una@ Paling2 ga ada yg mau ngopas, haha

    Mbak ayu@ wah saya hampir tiap hari makan mbak Hehe, Alhamdulillah, saya punya ibu bijak :)

    Kak Rin@ yaaa, emang yg ditakutkan seperti itu ya. Tp pasrah aja ama yg diatas :)

    Mbak Reni@ amiiin, makasih mbak. Skrng saya yg jd asistennya hehehe.
    Pantesan ga pernah kelihatan ya Mbak Hehe

    ReplyDelete
  6. wah setuju banget mbak..
    soal masakan yg ga bisa di-copas itu adalah citarasa. jika memasaknya dg penuh cinta ya..semua org pun bakal kesengsem hehehe

    ReplyDelete
  7. kalau saya tidak suka meniru, tetapi lebih suka ATM (amati teliti modifikasi). :)

    ReplyDelete
  8. waduh ngiler liat gambar jajanan pasar..

    sungguh mulia pikiran si emak ya mbak..

    hayo, sekarang kan udah ada mbak Tarry sebagai asisten tho..

    ReplyDelete
  9. jajanan kalo ga di tiru malah ga asyik ... jadi ga merakyat ... bener tuh kata emak :p

    ReplyDelete
  10. berbagi ilmu ki ga ada jeleknya kok
    rejeki itu ga bakalan ketuker

    ReplyDelete
  11. bnr bgt! rejeki emank ud ada yg ngatur..

    lagi pula sehebat2'a org niru pasti rasanya gak bs sama persis..
    duuhh, jd pngen apem :D

    ReplyDelete
  12. emak yg bijaksana ya mba Tarry
    bisa coba kue emak di hak patenkan mba :)biar bisa di expor jg :)

    ReplyDelete
  13. wih, si emak bersahaja bener mbak yah. hatinya mantav, insyaAllah rezekinya juga. :)

    itu foto bikin ngileerrr dah, heehehh

    ReplyDelete
  14. Makin saluuut sama Emak Mbak Tarry, salam ya...

    Setuju sangat, rezky itu sudah diatur-Nya tak akan pernah salah alamat ya Mbak ;)

    ReplyDelete
  15. Hahaha.. baru juga aku mau nulis seperti yang Una bilang diatas, kalo di blog, copas bisa meraja lela :D Semoga aja gak ada yang niru2 mbak ^_^

    ReplyDelete
  16. kesimpulan saya Emak sampean itu sudah memiliki rasa Ikhlas tingkat tinggi mbak Tarry..

    ReplyDelete
  17. lakukan yg terbaik, apapun hasilnya InsyaAllah kita legowo kok

    ReplyDelete
  18. terharu... emak emang berhati mulia ya Tarry,.. padahal diluar sana para pengusaha kuliner berlomba merahasiakan resepnya.. :-)

    semoga rezeki Emak makin lancar ya, amin! :-)

    ReplyDelete
  19. masyaAllah...

    emaaakkk ^^ keren banget mbak Tarry :)

    ReplyDelete
  20. sebenernya sih yang kayak emak tuh yg bener, karena dari adanya org yg belajar kan ilmunya dipake tuh sampai kapanpun, insya Allah pahalanya ngalir terus juga kan :)
    cuma emang klo kita udah mikir dunia usaha, ga bisa gitu, tetap ada bumbu rahasia yg diumpetin hehehe ... yah kayak produk Fried Chicken yang banyak bertebaran produk lokal, tapi tetap aja ada satu rasa yang membuatnya tidak sama dengan yang dijual para franchiser itu. Kalau makanan lokal seperti jajanan pasar, mungkin kita kenal istilah, lain tangan lain, rasa, apakah ini berlaku pada makanan import itu ya? :D

    ReplyDelete
  21. Setuju seh mbak.. tapi klo skalanya besar mungkin akan beda rasanya :)

    ReplyDelete
  22. Meski sudah ditiru, tapi milik Emaknya Mbak Tarry lebih mantap, lagian kalau sudah punya Brand dan citra gak akan lari para pelanggan tersebut hehehe....

    ReplyDelete
  23. setuju, rejeki sudah ada yang ngatur,
    lagi pula kalau mau ngajarin sama orang lain, kan termasuk sedekah mbak, jadi ya tetep nanti dapat pahala ataupun balasan rejeki yang lebih dari Allah..

    ReplyDelete
  24. Kalo jajanan mungkin iya mbak
    kalo tulisan yang ditiru...ngasah golok dulu hehehee...

    ReplyDelete
  25. ya rejeki memang gak kemana2 kok. Tapi jelas beda antara copas tulisan dg buat jajanan. yang namanya kue misal : kue bolu, dimana2 ada yg jual. tapi yg membedakan adalah soal rasanya. lha kalo tulisan, dijiplak semua..ya betelah. hehehe..kalo jiplak idenya lalu dia kembangkan sendiri sih gak masalah. ide kan bisa dari m ana aja. jadi sah2 aja kalo m au dicontek.

    ReplyDelete
  26. semua sudah ada rezekinya masing2 ya, serahkan saja pada ahlinya

    ReplyDelete
  27. MANTAAFF BGT Mbak... Rejeki Jodoh Maut itu emang udah diatur oleh Alloh... tinggal Kita berusaha & berdoa tuk menggapainya..
    Soal Produk yg ditiru.. Ayas malah sependapat BGT ama si Emak tuh,, kalo banyak yg niru,, malah seneng... Hebaaat kan!!!
    ^_^

    ReplyDelete
  28. emang didunia ini lebih banyak orang yg meniru dari pada ditiru.

    ReplyDelete
  29. barang memang bisa ditiru sama siapa pun,tapi rasa & kualitas pasti tidak bisa ditiru mba karena kita membuat itu semua dengan hati bukan dengan uang
    ibarat beda tangan beda cita rasa,hehe

    ReplyDelete
  30. pengen nyobain kue emak mbak Tarry.. ^_^

    ReplyDelete
  31. itulah kearifan Emak yang patut kita tiru. Itu menunjukkan nilai kemanfaatan kita untuk orang lain. Masalah rejeki sudah ada yang ngatur, yang penting bagaimana yang kita upayakan bisa mendatangkan kebarokahan untuk keluarga.
    Salam untuk Emak

    ReplyDelete
  32. mungkin ibunda nya mbak tary itu orang yg berprinsip, jauh lebih bermakna klo menciptakan sesuatu itu ada manfaatnya buat orang laen hihihih,,,bagus loh sifat gtu,,,berharap ada orang laen yg mau blajar bikin kue kya ibunda nya mbah tary ,,brarti ada generasi penerusnya heheheh..tp kok liat kuenya manteb banget yahhh ,,,jadi pengen :p

    ReplyDelete
  33. wahh ibunya mbak suka bikin jajanan ya?

    ReplyDelete
  34. istimewa sekali mbak,
    usaha boleh di tiru tapi rekeji gak bisa di tiru.

    ReplyDelete
  35. produk boleh ditiru lo mbak tapi citra rasa tunggu dulu itu yang sulit ditiru, betul kan?

    ReplyDelete
  36. iyah bener klao udah enak di lidah yah di cari orang terus. wahh pengen jajanan gitu

    ReplyDelete
  37. mba Tarry......ngiler deh melihat foto jajanan bikinan emaknya mba Tarry... pengeeen...

    salut dengan filosofi beliau, juga kemurahan hatinya untuk mengajarkan pada yang lain ilmunya. Berbagi memberikan kebahagiaan dan prinsip beliau itu lho, setuju banget saya... Rezeki memang sudah ada yang mengatur.

    Doa tulus saya semoga usaha mba Tarry dan Emaknya semakin lancar dan sukses terus yaaaa... amin YRA.

    ReplyDelete
  38. produk akan lebih baik kalo ada inovasi yg lebih baik dari yg ditirunya :D

    tapi kalo ditiru sama persis yaa usaha jadi lebih baik ^^

    ReplyDelete
  39. bener kata Emak yaa...

    emak sungguh bijaksana

    ReplyDelete
  40. Emak bisa bikin jajanan kaak di foto itu Tante???

    Dija mau dooong
    heheheee

    ReplyDelete
  41. This is a good site to spend time on .I just stumbled upon your informative blog and wanted to say that I have really enjoyed reading your very well written blog posts. I will be your frequent visitor, that's for sure.Pakistani Shadi

    ReplyDelete
  42. Allergic reaction may tend to be heavy paleo diet
    beginners in carbohydrates. Since the introduction
    of agriculture. No alcohol, salt and sugars -- are off the menu.

    Well you will lose weight once you start to hear a lot of
    carbohydrates and sugar. It is lifestyle change that includes dietary restrictions.
    Almond and flax seed flour.

    my page: fruits veggies

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...