Friday, December 23, 2011

Sawanen???

Rabu kemarin, kakak ipar yang di Pekanbaru pulang ke Jawa bersama istri dan kedua anaknya. Mereka bawa oleh-oleh manggis sekarung dan salak sekarung. Adalagi semacam jenang tapi dibungkus pakai daun apa gitu saya ga tahu.
Makanan baru dari Pekanbaru, ga tahu namanya :)

Saya juga ikut makan sedikit, semua oleh-olehnya. Beberapa saat setelah makan, tiba-tiba saya anyang-anyangen. Kalau buang air kecil sakit sekali. Terus saya minta karet sama mertua, dan mengikat jempol kaki saya. Hal yang biasa saya lakukan kalau lagi anyang-anyangen. 

Jempol kaki saya sampai biru, tapi tetap ga sembuh, bahkan semakin sering ke kamar mandi dengan sakit yang bikin saya meringis. Saya pun mengajak suami ke apotik untuk beli obat. Tapi petugasnya ga berani. kasih saya obat, karena saya sedang hamil muda. Kamipun pulang tanpa membawa apa-apa.

Setelah dari apotik saya semakin tersiksa padahal saya sudah mengikuti saran petugas apotik untuk minum air+madu dan minum air yang banyak. Rasanya saya ga kuat dan ngajak suami pulang. Tapi suami masih ogah-ogahan, maklum saudaranya lagi ngumpul semua. Tapi akhirnya suami mau juga diajak pulang dan hampir jam 8 sampai rumah.

Sampai rumah saya langsung mengadu sama emak. Emak sedikit panik, takut terjadi apa-apa sama calon cucunya dan menyuruh ke rumah Bu Bidan. Saat itu juga suami mengantar saya ke rumah bu Bidan. Alhamdulillah bidannya ada dan langsung memeriksa saya. Tensi darah cuma 90 dan perut saya kembung, saya dikasih 3 macam obat. Dan disuruh hati-hati, jangan kecapean atau angkat barang berat. 

Pulang dari rumah Bu bidan, saya langsung laporan sama emak. "Mak, kata bu Bidan perutku kembung". Emak mengintrogasi saya, "Tadi siang kamu makan apa saja??, Mosok nek Sawanen??". Rasanya ga ada makanan aneh yang saya makan. Tapi kok sakitnya luar biasa, dan bolak-balik buang air kecil ya??.

Setelah semalaman ga nyenyak tidur, paginya saya malah kayak orang sakit. Dan siangnya setelah agak baikan, saya bongkar oleh-oleh yang dibawain mertua. "Oalah paling kamu kemarin makan ini, makanya kamu sawanen" kata emak. Terus emak nyuruh saya mengoleskan apa yang saya makan kemarin di pusar. Setengah ga percaya tapi manut saja apa kata emak. Dan alhamdulillah, memang sakitnya berkurang dan saya seger lagi. Ga kayak orang sakit lagi, kata suami saya. Hehe.

Sepertinya memang aneh ya?? masa iya saya sawanen gara-gara makan makanan yang belum pernah saya makan. Mungkin hanya mitos, tapi ga ada salahnya menuruti apa kata orang tua selama ga menyalahi aturan. Hikz.

Mulai sekarang harus lebih hati-hati dengan apa yang saya makan. Kerjapun juga ga boleh terlalu berat. Ga boleh begini ga boleh begitu. Jadi ngerasain Over Protective pwoll dari emak seperti Pakde Cholik nich. Hehe

20 comments:

  1. wah kasihan si mbak, tapi udah gak apa apa kan?

    ReplyDelete
  2. sawanen artinya apa mbak ??? bingung

    ReplyDelete
  3. sawanen...??
    apa sawan..??
    yg kalo anak bayi dibawa ke kuburan atau dibawa ke acara melayat gitu kah mbak...??
    smoga cepat sembuh....
    :)

    ReplyDelete
  4. sawenan itu apa artinya ya? bukan karena makanan yg baru pertama kali dimakan mubgkin saja ada bahan makanan yg membuat perut kembung

    ReplyDelete
  5. mengikat karet di jempol kaki itukan hanya mitoe loh mbak,, hehe,, emng hubungannya apa ya jempol kaki dgn saluran kemih,, hehe

    ReplyDelete
  6. sawanen...
    kata yang lama banget gak aku dengar
    jadi kangen kehidupan kampung neh
    suer...

    ReplyDelete
  7. ealah lain kali kirim sini aja makanannya mba, biar mba Tarry ga sawanen hehehe

    ReplyDelete
  8. mitos memang tidak masuk akal ya mbak, tapi masa di olesin ke pusar saja bisa berakibat menyehatkan dan segar kembali

    ntahlah soal mitos, percaya bisa-bisa syirik, tidak percaya eh malah terbukti 50:50 aja dech

    ReplyDelete
  9. Ternyata makanan bisa menjadikan orang sawanen ya mbak?
    Sungguh, aku baru tahu akan hal ini lho.. :)

    Semoga kehamilannya sehat selalu sampai melahirkan kelak ya? Amin.

    ReplyDelete
  10. terkadang yg mitos2 itu kl odipercayain menjadi kenyataan atau sugesti.

    dioles2 diperut bisa sembuh, nah ini mitos perlu diteliti juga nih..

    ReplyDelete
  11. Wah kalo lagi hamil mending jangan makan yg aneh2 deh, makan yg aman2 aja, hehehe...lagi rawan keracunan makanan lho *pengalaman pribadi*

    ReplyDelete
  12. Asep@ Alhamdulillah sudah sembuh hehehe

    Hani@ hikz, peringatan biar hati2 kali ya :)

    Ikrimmah & Kak Rin@ Artinya kurang tahu, tp ada hubungannya sama bayi gt lho :)

    Mbak Lidya@ Yach, mungkin saja kaget ama makanan baru hehe

    NiQue@ yach... sayange bukan punya saya oleh2nya :)

    Alkahfi@ tp jaman dl saya emang sembuh lho, hehe

    Mas Rawin@ kalo dikampung, ampek waleh denger mitos2 kayak gt hehe

    ReplyDelete
  13. Zone@ ya semacam itu lah :)

    Citrosblog@ ya begitulah orang kampung sdh melekat dalam pikiran, kalo ga dituruti ya emang sering terjadi hehe

    Mbak Reni@ iya bisa. Dulu waktu hamil saya emak juga pernah sawanen :)

    Keven@ iya memang musti hati2 kalo kenal makanan baru :)

    Mas Baha@ emang waktunya sembuh kali ya... hehe

    ReplyDelete
  14. hehehe koq bs mba baru makan pertama kali jadi sawenan
    bawaan dede bayi kali ya :D

    ReplyDelete
  15. Lho tak pikir anyang2en itu pengen pipis tapi gaiso pipis ~ o_o

    ReplyDelete
  16. Waahh ada ada aja ya mbak petuah orang tua mah..

    ReplyDelete
  17. Hihihi... sama kayak aku dulu juga Tarryy... klo ada apa2 pas hamil pasti larinya ke Mama... nyaman aja ya Tar... semoga Emak sehat selalu ya.. amin :-D

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...