Thursday, December 15, 2011

Uang Pensiun TKI Taiwan

Ternyata bukan hanya Pegawai Negeri yang dapat uang pensiun, tapi TKI Taiwan di sektor rumah tangga juga mendapatkannya. Kalau yang di pabrik saya kurang tahu. Hehe.

Dibalik potongan gaji selama setahun, ada yang lebih tapi masih ada sisa beberapa ribu NT setiap bulannya, TKI Taiwan masih bisa menerima uang pensiun antara 8-10 juta rupiah. Tergantung kurs mata uang saat itu. Dan uang tersebut bisa diambil ketika sudah finish kontrak dan pulang ke Indonesia. 



Sedangkan untuk TKW Hong Kong yang baru pertama kali kerja, dari sejumlah potongan gaji yang sebesar $21.000/ 25 jutaan, satu sen pun kita tidak dapat kembalian. Sehingga kalau kita tidak pandai-pandai mengatur keuangan selama di Hong Kong, maka pulang Indonesia kita tidak punya apa-apa. Apa ada yang pulang Indonesia ga bawa uang?? 'Banyak'. Lha uangnya kemana aja?? Entahlah..... saya juga pernah merasakannya. Weuehehe.
Gaji besar, pengeluarannya juga besar :)

Hong Kong dan Taiwan, 2 negara yang saat ini sedang banyak diminati oleh para TKW yang ingin memperbaiki ekonomi keluarganya. Alasannya, 2 negara tersebut gajinya lebih besar dari negara lainnya. Tapi pada kenyataannya, biaya hidup disana juga mahal. Jadi, semua tergantung bagaimana kita mengatur keuangan kita. 

Bagi mereka yang suka foya-foya ya ga punya uang. Bagi mereka yang pandai mengatur keuangan ya pulang jadi jutawan. Semua kembali pada kita masing-masing. Kalau saya??? Sedang-sedang saja lah. :)

30 comments:

  1. Suka dengan kalimat ini,

    "Apa ada yang pulang Indonesia ga bawa uang?? 'Banyak'. Lha uangnya kemana aja?? Entahlah....."

    Nyatanya memang buanyak banget, Mbak. termasuk saya mungkin #digaplok hehehe

    ReplyDelete
  2. good acountancy emang harus ada pada diri setiap orang....
    :)

    ReplyDelete
  3. Iya emang... Sebenernya sama aja disini sama diluar... gaji besar kebutuhan juga besar :D

    Pamanku pernah kerja di Jepang disana gajinya gede banget... tapi kebutuhan hidup sebulan 2 juta aja itu masih termasuk sedikit (~_~ parah ya ;D

    ReplyDelete
  4. jadiii, yg digantungan itu klo ditotal berapa tuh Mbak??? :D

    ReplyDelete
  5. Oh hihi pantesan,
    adeknya mbak aku juga ada yang di taiwan :D

    ReplyDelete
  6. hmmharus di irit irit atau di hemat-hemat

    ReplyDelete
  7. berarti masih ada yg dibawa untuk jadi modal pas mudik, bukan begitu mba Tarry? :)

    ReplyDelete
  8. wah wah... itu apa yak kok ada yg dijemur... hihihihi....

    ReplyDelete
  9. sedikit tertawa melihat uang yang dijemur :P

    ReplyDelete
  10. Kalo gaji besar tapi biaya hidup mahal, ya sama aja pada dasarnya dengan gaji murah biaya hidup murah hehehe

    ReplyDelete
  11. yah, mesti berani hemat. hemat pangkal kaya, tapi jangan hemat sedekah...

    ReplyDelete
  12. kalau tujuan mereka pada awalnya ingin membangun usaha atau yang bersifat positif biasanya,pandai mengatur pemasukan & pengeluaran kaya bude aku yang kerja di SG

    ReplyDelete
  13. Ternyata banyak yang boros juga ya...
    Kirain yang kerja diluar tuh bakalan giat banget nabung, hehe...
    Semoga rizki yang dibawa pulang barokah ya, Mbak Tarry :)

    ReplyDelete
  14. uang nya kok digantung pake gantungan baju mba?

    hemat pangkal kaya---teuteup ya mba

    ReplyDelete
  15. Wah uangnya dijemur gitu Mbak Tarry.. Mbaaaaaaaak. Kangen liat blog Mbak yang udah lama nggak update, eh, sekarang udah update lagi! :3

    ReplyDelete
  16. semoga kejadian pulang pulang gak bawa apa apa gak akan terulang lagi yah ^^

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. hukum ekonomi: pendapatan besar pengeluaran juga (akan) bertambah besar. Kembali pada diri sendiri utk bikin skala prioritas jika kebutuhan pokok sudah terpenuhi..

    ReplyDelete
  19. harus pintar mengatur uang ya sewaktu hidup disana

    ReplyDelete
  20. Mbak ANaz@ haha, ternyata ada temennya :)

    Zone@ yup bener :)

    Kak Rin@ ya begitulah kebanyakan. Gaya hidup dipengaruhi oleh pendapatan hehe

    diah@ ga tahu ya itu berapa, sudah lupa hikz *duitnya nenek*

    Mbak Una@ kalao mandang orang pasti enak, tp aslinya tak seindah kenyataan :)

    Asep@ irit tp bukan pelit tentunya hehe

    NiQue@ iya, setidaknya masih punya uang buat tabungan :)

    Tulisan Rangga@ Jemuran uang huehehe

    Iskandar@ jangan ketawa sedikit, yg banyak aja hehe

    ReplyDelete
  21. BasitKA@ iya bener, ALLAH maha adil pokoknya hehe

    Mbak Ami@ kalao masalah itu ga tahu ya,,,, insyaallah ga pelit kalao sedekah hehe

    Andy@ Kadang2 banyak yg lupa ama tujuan semula. Jd di luar negeri amburadul :)

    Kakaakin@ kadang2 malah dipuas2ne lho, soale ingat di kampung ga bisa foya2 hikz

    Mbak Lidya@ iya bener :)

    Umahnya@ hemat kadang2 di benci teman hikz

    Ayu@ alhamdulillah ya bisa ngeblog lagi :)

    Inggit2@ insyaallah ga terulang lg, lha emang ga balik lg hehehe

    Kinanthi@ hukum ekonomi itu namanya yak :)

    ReplyDelete
  22. ya memang harus pinter kelola uang yg diperoleh.

    ReplyDelete
  23. Mbak Tarry sedang2 saja, suami kaya raya, kan dapat pensiun...

    Semoga barokah ya Mbak, maju usahanya...

    ReplyDelete
  24. Aku denger yg jadi TKW di hongkong juga banyak yg salah pergaulan ya mbak.. padahal menurut cerita TKW hongkong plg enak karena peraturannya yg sangat jelas..

    ReplyDelete
  25. wah banyak duit ya kalo dari taiwan
    sampai digantung gantungin gitu
    berarti lemarinya dah ga muat buat nyimpen...

    ReplyDelete
  26. wah ternyata byk juga ya yg pulang gak bawa uang,, miris dech

    ReplyDelete
  27. The trick to survive on a paleo, however, and I follow the paleo plan.
    Barrow, ranging from age 5 years to 82 years, both male
    and female. Hsieh MH, Chan P, Sue YM, Liu JC, Hsieh MH,
    Cheng JT. This is where we first see the Bible and paleo nutrition achieve synthesis:
    before the end of the experiments, blood cholesterol levels, compared to how you feel.


    My blog :: paleo beginner

    ReplyDelete
  28. Banyak mbak yang udah lama di luar negeri, pulang pulang ya ga bawa apa apa, entah kenapa mereka itu

    ReplyDelete
  29. menentukan tujuan yang utama pas mau ke LN, biar ga tergoda :D hkwkw

    ReplyDelete
  30. dulu juga pas saya di korea dapat wejangan gitu, jangan berlebihan dan jangan banyak tergoda kalau merantau ke negeri orang, salah salah ga dapet apa apa entar

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...