Friday, October 5, 2012

Rujakan

"Mbak Tarry lagi hamil ya?", tanya Mbak NiQue dan  Mbak Yunda ketika melihat foto saya yang katanya kelihatan cubby. Ternyata ada ya yang memperhatikan saya sampai segitunya. Blogger lain mungkin tak memperhatikan perubahan foto saya sampai sedetail itu. :). Alhamdulillah, saya sekarang memang sedang hamil dan usia kandungan saya sudah memasuki trisemester ke 2 yaitu 22 minggu.


Meskipun usia kandungan saya baru 5 bulanan lebih, tapi keluarga sudah mengadakan acara rujakan. Kalau dikampung saya biasa disebut dengan tingkeban. Tingkeban biasanya diadakan pada saat hamil anak pertama ketika usia kandungan antara 6-7 bulanan. Tapi karena di usia itu harinya kurang baik (menurut orang tua), maka acara rujakannya diajukan.

Dan alhamdulillah semua berjalan lancar. Rujaknya enak, yang kata orang tandanya anak saya nanti perempuan. Perempuan apa laki-laki, bagi kami tidak masalah, yang penting semua lancar saat melahirkan. Amin

Menurut saya, acara rujakan itu unik. Karena ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Misalnya, harus ada 7 macam buah untuk rujak, 7 macam polo pendem (ubi-ubian), 7 macam kacang-kacangan, ketupat, lepet dan masih banyak lagi yang lainnya.

Malam setelah acara mengaji selesai, saya dan suami harus mandi pakai kembang setaman. Untungnya, kami mandi sendiri, tidak seperti jaman dulu. Dulu, semua keluarga  satu persatu giliran untuk mengguyurkan segayung air. Syukurlah, kami disuruh mandi sendiri ga pakai lama yang penting basah, kata ibu mertua.

Setelah mandi, saya keluar harus pakai kemben. Sempat tanya sama emak "kenapa kok harus pakai kemben mak?". Tapi emak ndak mau kasih tahu alasannya. Ya sudah saya ngikut saja. Keluar dari kamar mandi, emak sama ibu mertua menata 7 lembar kain jarik dan kami disuruh duduk diatasnya. Duduk sebentar terus disuruh berdiri untuk makan rujak yang ditaruh dalam takir (mangkok dari daun pisang).

"Nanti kalau dibentak harus lari ya" kata ibu mertua sebelum kami makan rujak. Emak yang pegang rujaknya, saya dan suami siap-siap makan rujak. Begitu sendok saya masukkan mulut, tiba-tiba ibu mertua bentak kami. Kami langsung lari menjauhi emak.

Setelah makan rujak, saya diperbolehkan pakai baju lagi biar ga kedinginan, kata emak. Kemudian tiba waktunya buat belah kelapa gading. Setelah baca do'a, suami mengayunkan pisau besar untuk membelah kelapa. Dengan sekali bacok, kelapa langsung belah 2. Belahnya memang ga pas di tengah, tapi hanya meleset sedikit saja.

Kata orang, kalau belahnya pas tengah anaknya nanti laki-laki. Sebaliknya, kalau melenceng anaknya nanti perempuan. Kami hanya pasrah, apapun yang ALLAH berikan pasti yang terbaik untuk kami. Dan semoga menjadi anak yang sholeh/Sholihah. Amin.




24 comments:

  1. TApi sy tahu lho kalau Mbak Tarry Hamil..#ya iyalah kan baca postingannya yg tempo dulu itu


    Eh, mau dunk Mbak rujaknya...lezat tuh kalau tujakannya org hamil

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah klo tebakanku bener hehehe semoga menular ke aku ya mbak
    semoga kehamilanmu lancar sampai lahir nanti, aamiin

    cewe cowo sama aja, sing penting sehat yo

    ReplyDelete
  3. Selamat ya mb tarry..semoga selalu sehat :)

    ReplyDelete
  4. tradisi yang unik banget nih.. di daerah mana ya ini?

    -->follow twitter saya ya https://twitter.com/QuranulHidayat

    ReplyDelete
  5. selamat ya mbak, sehat terus ...

    ReplyDelete
  6. manteb tuh acaranya Mbak serba 7 macam.
    Anak saya 3, semuanya nggak ada acara-acara seperti itu Mbak.
    Semoga Mbak Tarry dimudahkan dalam proses persalinannya. Aman, nyaman dan lancar

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah mb' Tarry dah isi lagi...
    Semoga persalinannya nanti lancarrrrr, babynya unyuuuuu :)

    ReplyDelete
  8. Tujuan pertama kesini mo ngobat angen ma si kittyholic, Eee...malah ada kabar perri2 surprais.
    Alhamdulillah,ponakanku tambah atu agi :).
    Pesenku: jangan makan yang tajam2, lan ojo nglangkahi alu ngadeg yow nduk...

    ReplyDelete
  9. Semoga ibu dan janinnya senantiasa diberikan kesehatan, dan bila tiba waktunya lahir nanti, semoga diberi kemudahan. Apapun jenis kelaminnya, syukuri sebagai anugerah, jaga ia sebagai amanah.

    ReplyDelete
  10. alhamdulillah, senang mendengar ini mbak, semoga kehamilan dan kelahirannya kelak lancar dan selamat ya mbak

    ReplyDelete
  11. kalau aku tahunya malah dari komen mbak tarry diblog sebelah hehehe semoga sehat trerus ya mbak

    ReplyDelete
  12. selamat ya, mbak. semoga kandungannya sehat. amen :)

    ReplyDelete
  13. Tarry KittyHolic, jaga kandunganmu ya baik-baik. Apa pun cucu online-ku, laki-laki atau perempuan, itu adalah anugerah Allah.

    ReplyDelete
  14. Saya mau ikut makan rujaknyaa :D
    Semoga kehamilannya lancar ya, Mbak. Laki-laki atau perempuan sama saja :)

    ReplyDelete
  15. Aaaaa...kangen rujakkkk...di sini ga ada >_<

    ReplyDelete
  16. Selamat atas kehamilannya ya mbak.. salam kenal dari saya.

    Saya undang untuk ikut GA lovely Little Garden ya mbak....

    http://niken-bundalahfy.blogspot.com/2012/09/lovely-little-garden-first-give-away.html

    ReplyDelete
  17. Aku request anaknya cewek ya mbak, soalnya aku udah punya dua anak cowok he..he...

    Semoga sehat ibu dan bayinya ya mbak :)

    ReplyDelete
  18. Selamat ya Mbak, semoga sehat semua, ibu dan anaknya. Dan dilancarkan dalam proses melahirkan nanti ;)

    Semoga menular kepadaku juga ^^

    ReplyDelete
  19. Selamat ya.. Semoga anaknya lahir sehat dan bsia berguna bagi agama, bangsa dan negara.

    ReplyDelete
  20. selamat yo mbaaak... semoga sehat teruss... ibu dan bayinya... amiinnn

    ReplyDelete
  21. alhamdulillah, selamat ya atas kehamilannya..semoga sehat bahagia hingga kelahiran jabang bayinya....laki atau perempuan tetap-lah disyukuri sebagai nikmat anugrah-NYA :)

    ReplyDelete
  22. asyikk mau pnya keponakan baru niyee :D

    selamat yoo mbak, udah ngerasain kok kalau mbak tarry lagi hamil, ada bau2 kebahagiaan :D

    ReplyDelete
  23. selamat ya mba tarry atas kehamilannya. semoga sehat dan lancar lairannya

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...