Wednesday, February 20, 2013

Jangan Janji Sama Bayi

"Anakmu arep tak tukokne gelang (Anakmu mau tak beliin gelang)", kata emak setelah membuka amplop-amplop dari tetangga yang datang waktu Alfi di Aqiqah. Alhamdulillah waktu itu tamunya banyak banget. Mungkin karena emak punya hajatnya sudah lama, hampir 5 tahun lalu waktu saya nikah. Sedangkan emak sering nyumbang kalau tetangga punya hajat. Jadi sekarang saatnya membuka celengan. :).

Karena takut uangnya habis kalau dipegang sendiri, emak menitipkan uang 500ribu ke saya. "Emang ada yang harga segitu?" tanya saya. "nek kurang yo tambahono", jawab emak. Rencananya entar aja kalau waktunya sudah longgar baru dibeliin. Ya sudah saya manut meskipun harus keluar uang kalau ada kekurangan.

Tapi beberapa malam ini Alfi agak rewel dan maunya di pangku atau digendong terus. Saya dan emak gantian jagain Alfi sambil terkantuk-kantuk. Kami tidak punya pikiran macem-macem tentang rewelnya Alfi. Namanya juga bayi, bisanya khan cuma nangis. :).

Kebetulan emak ketemu sama kakaknya. Mungkin emak cerita kalau janji mau beliin Alfi gelang. "Lha wes janji kok ra ndang di tukokne. Makane rewel (sudah janji kok belum di beliin, makanya rewel)", kata kakak emak. Saya sempat tak percaya, masa iya gara-gara dijanjini sesuatu Alfi bisa rewel begitu. Meskipun tidak percaya, tapi saya berniat segera membelikannya.

Dengan diantar tetangga sebelah, saya pergi ke pasar. Saat saya pergi, Alfi masih rewel dan belum mau tidur nyenyak sejak jam 11 kemarin malam. Sebentar tidur, meleknya lama, sebentar tidur, meleknya lama lagi begiru seterusnya. Bisa dibayangkan gimana ngantuknya saya dan emak setelah semalaman diajak ronda sama Alfi.

Menurut cerita emak, sekitar sejam saya pergi Alfi baru bisa tidur nyenyak. Mungkin saat Alfi bisa tidur, saya sudah mendapatkan gelangnya. Tapi karena saya belanja keperluan toko dulu, jadi perginya agak lama.

Dan ketika saya pulang dari pasar, Alfi masih tidur nyenyak. Pelan-pelan saya memakaikan gelang ke tangan Alfi. Seketika itu juga Alfi senyum-senyum dalam tidurnya. Wajahnya sumringah, tangannya langsung diangkat ke atas. Seolah ingin memberitahukan ke semua orang kalau gelangnya baru. Hikz.
"Ini lho, gelang dari embah utiku"  :).

Waktu mau di mandiin, embahnya mau melepas gelangnya. Niatnya mau disimpan, karena terlalu kebesaran. Tapi Alfi menggenggamnya dengan erat, seperti tidak mau pisah sama gelangnya. :)

Mungkinkah Alfi rewel karena kami belum menepati janji kami?? Entahlah.... Yang penting kami sudah menepatinya, dan lain kali kami akan berhati-hati kalau mau janjini sesuatu untuk Alfi. "Entar malem bobox yang nyenyak ya nak.....". 

27 comments:

  1. waahh .... ini mitos yang kesampaian kali ya mbak ... hehehe .. hai alfi, kalo tidur lucu deh

    ReplyDelete
  2. waaaah baru tau nih, soal janji pada bayi
    padahal Alfi belom bisa nagih ya, belom bisa ngomong, tapi ternyata cara menagih janjinya dengan rewel itu tadi...
    hehehhe...
    harus lebih berhati hati ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin hanya mitos mbak, tapi tak ada salahnya untuk dipercaya hehe

      Delete
  3. Adik Alfi pas tidur kelihatan senyum sedikit yaa...
    gelangnya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.... karena adik Alfinya seneng, jadi senyum2 hehe

      Delete
  4. lama gak ke sini mbak tarry :)
    ternyata sudah pny anak yah #telattahu, hehehe
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.... sudah setahun lebih pulang kampung dan anaknya baru lahir hehe

      Delete
  5. Oalah Alfi pinter banget... kalau gak "diingatkan" gitu bisa2 kelupaan ya janjinya beliin Alfi gelang hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ga diingatkan mungkin beliinnya kalau udah agak gedean mbak. hikz....

      Delete
  6. keponakanku baru beberapa hari beli gelang, eh kekecilan
    montok dia kaya Alfi...
    bobok yg nyenyak yah dek :)

    ReplyDelete
  7. wah, baru tau...ternyata gak tidur karena itu, hehe...^^

    ReplyDelete
  8. mungkin kebetulan aja ya mbak rewelnya :)

    ReplyDelete
  9. sepertinya Alfi Insya ALloh jadi sodagar emas nih amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin ... doa yg bagus nih pak :D

      Delete
    2. Amiiiin. Terimakasih do'anya Pak Ies :)

      Delete
  10. waaaahhh .... gak berani janji ah sama Alfi, takut rewel :D eh tapi klo mau ngerjain emaknya, tinggal bikin janji aja ya hahaha ... j/k

    ReplyDelete
  11. horeeee ada yg dapat gelang baru, dijaga ya Alfi, heheh :D

    ReplyDelete
  12. anak kecil emang rada-rada sensi..
    :)

    ReplyDelete
  13. Jangankan yang bayi mbaaak, udah segede Ara juga gitu, kalo udah janji gak bisa ga ditepatin, pernah saya janjiin beli boneka, terus ga saya beli beliin karena repot, eh malah sumeng dianya....

    heheh mitos sih ya mbak tarry, tapi memang kalo untuk anak, apa sih ya yang enggak, selaama kita masih mampu membelikann/mengabulkan keinginannya...

    cium dulu aah si Alfii niih, gemeessss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berati Alfi ada temennya nich, jadi harus lebih ati2 kalau mau janji lagi ya mbak :).

      Bener juga Mbak Mey, buat anak apa sich yang enggak.... hehe

      Delete
  14. habis di belikan langsung angler ya bu,,,'
    hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...