Thursday, April 25, 2013

Bangga Jadi Ibu Rumah Tangga

"Dek Alfi enak ya... mamane di rumah, kapan saja pingin minum ASI bisa" kata ibu sebelah rumah yang anaknya kerja di RSUD Madiun. Karena  masuknya kadang pagi, siang, atau malam, cucunya sejak bayi tidak mendapatkan ASI eksklusif. Sebenarnya cucunya pingin minum ASI dan tidak mau minum susu formula, tapi mamanya tidak ada karena harus bekerja. Sampai sekarang sudah umur 3 tahun, si bocah masih sulit minum susu formula.

Alhamdulillah.... sejak Alfi lahir 3 bulan lalu, saya berhenti cari uang dan alih profesi jadi ibu rumah tangga. Sekarang saya punya waktu full untuk Alfi, sehingga kapan saja Alfi pingin minum ASI saya bisa memberikannya. Makanya badannya Alfi gemuk dan kenceng. :)

Padahal sewaktu masih hamil, sempat ada ketakutan dengan profesi ibu rumah tangga. Apa saya bisa? Pasti saya akan bosan karena selama ini saya sudah terbiasa bekerja. Tapi ternyata ketakutan saya itu tidak terbukti. Jadi ibu rumah tangga itu sangat menyenangkan. Apalagi ada Alfi yang membuat saya selalu sibuk. dan membuat waktu begitu cepat berlalu.

Pasca melahirkan saya memang jadi Ibu manja yang apa saja dikerjakan oleh emak. Alasannya karena saya operasi caesar jadi harus hati-hati biar cepat sembuh. Apalagi luka saya sempat keluar nanah, jadi makin dimanja saja saya.

Kemana-mana juga harus diantar, tapi setelah Alfi umur 2 bulan dan emak mulai jualan es jus di toko, saya belajar melakukan apa saja sendiri. Pelan-pelan saya sudah berani pergi ke pasar naik motor sendiri. Awalnya sempat dilarang oleh emak, tapi saya tidak mau menggantungkan orang lain untuk mengantar saya kemana-mana. "Kalau dimanja ntar malah ga sembuh-sembuh mak" kata saya membela diri. Ya sudah... emak tidak bisa melarang lagi.

Sekarang..... hari-hari saya habiskan untuk mengurus Alfi. Bahkan untuk ngeblog saja rasanya hampir tidak sempat. Makin besar, Alfi makin jarang tidur siang dan maunya ditemani sambil dinyanyiin dan didongengi. Kalau dia tidur, sayapun ikutan tidur karena capek ngomong sendiri. Malamnya.... Alfi tidur nyenyak, giliran bapaknya yang minta diperhatiin."Laptop teruuus, ndak usah ngurusi suami ya?", protes suami kalau saya di depan laptop. Jadi waktu saya harus dibagi-bagi dengan adil agar semua berjalan lancar.

Kalau saya pikir-pikir, cari uang sama jadi ibu rumah tangga kok tugasnya banyakan ibu rumah tangga ya?. Kalau saya jaga toko, saya punya waktu untuk ngeblog di sela-sela melayani pembeli. Tapi jadi ibu rumah tangga kok malah ga punya waktu untuk ngeblog ya?

Meskipun begitu... saya bangga jadi Ibu rumah tangga. Saya bahagia, bisa memberikan seluruh waktu saya untuk keluarga. Saya ikhlas melakukannya untuk menggapai ridhoNYA. Amin.



23 comments:

  1. hihihi bapaknya komplen ya..?
    mau asi eksklusif juga tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, belum terbiasa aja kali... soale sebelumnya selalu bersama seharian. Lha sekarang saya di rumah suami di toko :)

      Delete
  2. salah satu contoh kartini 2.0 ini mbak...senengnyaaa.. ngomong2, sudah dapet solar apa belum mbak, katanya kemarin mau ngantri solar.. hohohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kartini di balik layar ini mah :)

      Justru hari ini bingung solar karena 3 hari keluar jarak jauh terus. Terpaksa beli yg 7rb/liter huehehe

      Delete
  3. status ibu rmh tngga bukn hal yg remeh lho, saat smuanya dh tdur kt masih 'bekerja'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener.... tapi alhamdulillahnya saya masih tinggal sama emak jadi ga terlalu sibuk mengerjakan kerjaan rumah :)

      Delete
  4. uwaaaaaaaaaaaaaaa serunyaaaa,aplge kl dah punya baby ya mbk makin rame,ribet,seru,berkah pastinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak... seru banget. APalagi kalau si kecil udah bisa jalan. Pasti tambah ribet :)

      Delete
  5. Ibu rumah tangga itu pekerjaan juga loh mbak, bukan pengangguran :) Ibu rumah tangga tugasnya 24 jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, apalagi kalau sudah punya rumah sendiri kayak mbak Lidya :)

      Delete
  6. eeh alfi udah gede yoo mbak, gendut banget di kasih asi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gendutnya ga terlalu banget kok Niar.... malah kenaikan berat badannya agak lambat kalau minum ASI, tapi badannya bisa kenceng gitu lho

      Delete
  7. saya juga bangga jadi ibu rumah tangga :)

    ReplyDelete
  8. Masa2 peralihan dari berdua menjadi bertiga memang butuh kesabaran ya mbak, harus merhatiin bayi ĵµƍα suami tentu ĵµƍα kesehatan ∂άn stamina mbak tary sdr jgn dilupa. Ah mbak tary mah terbiasa mandiri ∂άn bekerja rumah tangga pasti beres. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak, suami suka cemburu kalau saya cuma ngurusi si kecil. Tapi alhamdulillahnya masih ikut emak jadi ndak semuanya saya kerjakan sendiri. Saya ndak pernah masak :)

      Delete
  9. asi dipompa kan bisa toh? tp aq salut bgt sma mb tarry, sibuk gtu sempet2 tin nulis. si suami mgkn memang agak kaget kali ya wehehe

    ReplyDelete
  10. Keren mbak, saya salut sm para ibu rumah tangga :)

    ReplyDelete
  11. hmmm hebatnya mbak kitty, tapi bukan berarti ibu rumah tangga juga ngga bisa bantu cari uang lhooo...tetep bisa cari uang sambil bagi pengalaman di blog.. :)

    ReplyDelete
  12. Ibu rumah tangga, memang profesi yang paling TOP. InsyaAllah bayarannya juga paling mahal, surganya Allah utk para Ibu rumah tangga dan sitri yang ikhlas...salut buat mbak Tarry...

    ReplyDelete
  13. sing penting sampean, mas, Alfi, emak dan semua keluarga sehat mbak saya lego.. soal ngeblog sak sempate sampean wis hehehe

    ReplyDelete
  14. Saya bahagiaaaa bgt nemu blog ini, ternyata nemu juga orang yg se profesi dng saya.. Salam knal mbak yuu :)

    http://nadiyamustafa.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. blognya keren mbak...salam kenal mbak tari, pengalamannya banyak ya. kalo ada waktu mampir di blog saya ya mbak di prananingrum@blogspot.com trimksh seblmnya

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...