Friday, April 19, 2013

Keke Nai... Ke Telaga Sarangan Yuk!!!

Keke Nai udah pernah ke Telaga Sarangan yang berada di kabupaten Magetan Jawa Timur apa belum ya? Kalau belum pernah .... yuk tante ajak jalan-jalan ke Telaga Sarangan. Kebetulan akhir tahun 2012 kemarin Tante jalan-jalan kesana sama adik dan adik ipar yang dari Tangerang. Tapi karena tante lagi hamil 8 bulan jadi tidak banyak yang bisa tante lakukan. 

Telaga Sarangan itu sebuah danau yang dikelilingi hutan pinus lebat yang letaknya di kaki Gunung Lawu. Kalau kita pergi kesana, sepanjang perjalanan mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan indah berupa luasnya area persawahan yang hijau royo-royo. Kebanyakan tanaman sayuran seperti kubis, wortel, ubi-ubian dll. Aroma khas pegunungan juga bisa kita rasakan disana, bebas polusi dan korupsi pastinya. Sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga dan melupakan sejenak hiruk pikuk kota.

Tarif masuk ke Telaga Sarangan juga sangat terjangkau, waktu itu kita cuma bayar 50.000 untuk 6 orang dewasa, 1 anak dan parkir mobil. Tapi kalau kita tidak menginap, mobilnya dilarang masuk ke Area Telaga. Dan jarak area parkir menuju ke area Telaga lumayan jauh.

Kalau mau menginap, ada banyak Villa yang dilengkapi air panas, jadi tidak usah takut kedinginan kalau mandi. Ada bumi perkemahannya juga, kalau kita pingin tidur di alam bebas.

Beberapa km dari telaga, ada air terjun yang ketinggiannya sekitar 50 m. Namanya Air terjun Tirtosari. Kita bisa jalan kaki untuk pergi kesana. Hitung-hitung hyking sambil menikmati pemandangan alam yang sangat indah. Menurut mitos, mandi di air terjun Tirtosari bisa membuat kita awet muda lho. Tapi kalau Keke Nai masih kecil mandi disana nanti jadi awet kecil apa ga ya?? Hihi.

Foto di air terjunnya jadul, diambil tahun 2002, waktu tante masih muda  :)

 Kita juga bisa keliling Telaga dengan naik perahu boat. Harga sewanya 40.000 sekali putaran dan bisa untuk 4 orang atau lebih kalau orangnya kurus-kurus. Kalau takut naik perahu boat, kita bisa keliling dengan jalan kaki sambil menikmati pemandangan alam. Kalau takut capek, bisa naik kuda dengan tarif Rp 40 ribu/kuda bisa untuk berdua, Keke sama Nai.

Makanan yang khas di Telaga Sarangan adalah sate kelinci, ada juga sate ayam, bakso, dan wedang ronde yang bisa mengusir hawa dingin. Makanan ini bisa dengan mudah kita dapatkan di sepanjang area telaga.

Kalau sudah puas main dan makan, kita bisa shopping oleh-oleh khas Telaga Sarangan. Ada sayur-sayuran yang masih segar, kerajinan tangan, pakaian, jajanan dan lain-lain dengan harga murah kalau kita pandai menawarnya. Kalau ga bisa nawar, harganya bisa lebih mahal lho.

O iya kalau Keke Nai mau ke Telaga Sarangan, jangan lupa bawa jaket ya.... Karena hawanya sangat dingin, apalagi kalau malam. :)

 Tuch khan.... perut tante besar, jadi ga bebas jalan-jalan karena kecapekan. Tapi waktu ke sana tahun 2002, tante sudah puas jalan-jalannya. :)



25 comments:

  1. tante sekarang juga masih muda kok :) mbak aku kok gak diajak ke telaga sarangan :)

    ReplyDelete
  2. Wah mbak Tarry semangat nguber GA nih... hehehe
    Gudlak ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu cara biar rajin posting mbak ehehe

      Delete
  3. Jadi pengen main ke Sarangan lagi nih mbak... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo main bareng2 mbak... Tapi kayaknya udah ndak bisa naik ke Air terjun lagi dech hehe

      Delete
  4. Baru pernah mendengar telaga sarangan. Sepetinya tempatnya hampir mirip dengan telaga di Dieng, tapi sepertinya lebih menarik telaga sarangan soalnya bisa naik boat sepertinya seru..
    Semoga menang GAnya ya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah belum dengar ada telaga di Dieng mBak hehe. Kapan2 bisa dicoba main ke Sarangan mbak :)

      Delete
  5. Belum pernah...
    2002 aku belum lulus SD, hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketahuan berapa selisih umur kita ya Na.... ehehe

      Delete
  6. kl dah nyampe ke atas harus makan sate,manteb tuh hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi sayangnya saya ndak doyan sate kelinci hikz

      Delete
  7. tempate kayaknya keren ya mbak, kalo denger kata magetan jadi keinget sama pak dahlan mbak, bapak inspirasi saya :) kapan2 kalo sempet maen, tak maen kesana mbak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempatnya sebenarnya biasa aja mas, tapi suasananya yang bikin ayem tentrem. Kalau kesono mampir ke tempat saya ya.... cuma 1 jam lebih dikit dari sana :)

      Delete
  8. waktu kecil saya sering mendengar telaga sarangan disebut-sebut oleh kakakku yang aktifis pramuka, ternyata memang sangat indah ya...kapan2 saya akan kesana juga dech :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Telaga Sarangan itu saya sebut puncaknya orang Madiun Pak, hehe
      AYo kesana dan jangan lupa mampir ke tempat saya :)

      Delete
  9. Tempat yang indah dan masih segar udaranya ya Mba. Dan yang tidak kalah menarikmasih banyak tanaman hutan pinus sebagai resapan air untuk didaerah sana ya Mba. Hmm....... pasti enak tempatnya.

    Sukses untuk GAnya semoga berhasil ya Mba.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seger banget udaranya pak..... Tapi sekarang kebersihannya tidak begitu di jaga. Karena dipinggir2 telaga banyak sampah bekas makanan berhamburan. :)

      Delete
  10. huaaa saya jadi pengen kesana, kayaknya seru nih.. bisa makin dekat dengan alam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk main kesana mbak, itung2 refreshing :)

      Delete
  11. terakhir ke sarangan, jaman aku masih SD mbak... hehehhee
    aku suka foto pertama tuh, ada pelanginya yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun berapa itu mbak? Saya dulu kesananya sama keluarga besar tempat kerja jadi rame2 :)

      Iya, itu ndak sengaja ada pelangi di atas kepala :)

      Delete
  12. coba kalo telaga sarangan tuh deket yaa
    Dija mau kesana juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jombang ke Sarangan khan ga jauh2 amat Dija.... ayuk ajak tante Elsa main kesana. Ntar mampir ke tempatnya Adek Alfi dulu ya.... :)

      Delete
  13. tante juga skrg masih muda, kok hehe

    terima kasih sdh berpartisipasi :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...