Monday, April 8, 2013

Resep Membuat Putu Ayu

Di postingan yang berjudul Putu Ayu Salah Terigu ada yang minta resep membuat putu ayu. Kebetulan emak kemarin dapat pesenan putu ayu dan saya ikut bantuin dari awal sampai akhir. Jadi saya tahu bahan-bahan dan cara membuatnya kemudian menulisnya disini. Sebenarnya sering bantuin, tapi saya tidak pernah mengingatnya. "Telurnya berapa mak?, Setelah ini apa mak? Setelah itu apa mak? Mixernya berapa menit mak?", selalu dan selalu itu yang saya tanyakan setiap kali bantuan emak bikin putu ayu. Tapi setelah ini insyaallah ndak akan tanya lagi. :)

Putu Ayu ala Emak
Bahan:
  1. Terigu 1 kg
  2. Gula 1 kg (kalau tidak suka manis bisa dikurangi)
  3. Kelapa 1 butir (yang agak muda, diparut)
  4. Air kelapa 4 gelas (gelas belimbing)
  5. Ovalet 1 bungkus 
  6. Panili 3 bungkus
  7. Telur 8 butir
  8. Pewarna makanan perisa coco pandan secukupnya
  9. Minyak goreng secukupnya untuk mengoles cetakan 
Cara membuatnya:
  1. Masukkan telur, gula pasir, panili, ovalet dan perisa cocopandan ke dalam baskom besar kemudian mixer kurang lebih 2 menit.
  2. Masukkan air kelapa, kemudian terigu lalu mixer lagi sampai menit ke 15.
  3. Masukkan kelapa parut, dan mixer lagi sampai menit ke 20 lalu matikan mixer.
  4. Olesi cetakan putu ayu dengan minyak goreng. Tidak perlu banyak-banyak yang penting rata agar tidak lengket.
  5. Masukkan adonan ke dalam cetakan kemudian kukus selama 15 menit.
  6. Angkat dari panci, keluarkan putu ayu dari ceakan dan siap dihidangkan.
Tips:
  1. Saat mengaduk adonan selama 20 menit, mixer tidak boleh berhenti karena akan membuat putu ayu tidak mekar. Kalau bahannya lebih sedikit, mixer 15 menit saja sudah cukup.
  2. Kelapa parut bisa disisakan sedikit untuk mempercantik tampilan putu ayu. Masukkan kelapa parut ke dalam cetakan baru di tuang adonan.
  3. Saat mengukus, tutup panci harus dibungkus kain agar uap airnya tidak menetes ke putu ayu.
  4. Resep ini untuk 60-70 biji putu ayu.
Inilah resep putu ayu ala emak saya. Semoga bermanfaat.

16 comments:

  1. tapi kan liat siapa yang masak
    kalo aku yang bikin ga bakalan ayu tuh putunya
    jadi ganteng...

    *sampluk sandal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emange mas Rawin ganteng?? hihihi
      Yg ada malah jadi putu elek kali yak

      Delete
    2. hihihi iya sih
      tapi tetep ga jadi putu ayu kan..?

      Delete
  2. boleh ikut makan aja nggak mbak, hehehe, btw mkaaih nih resepnya, ijin copas, buat praktek di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya boleh.... semoga bermanfaat ya.... :)

      Delete
  3. Replies
    1. bikin sendiri aja mbak, lebih enak kali ya.... hehe

      Delete
  4. enaknya putu nya, kalau yang pakai bambu itu juga putu ayu ya mbak, biasanya yang jualan bunyi nging...hasil suara dari uap

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yg itu ga pake ayu, cuma putu doang namanya hehe

      Delete
  5. mana putunyaaa..berharap ada hasilnya trs dijepret trs ngiler hehehehehe

    ReplyDelete
  6. saya siap menjadi testernya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh.... tapi harus ke Madiun ya Uncle huehehe

      Delete
  7. Wah bisa dipake utk bisnis barunya mbak Tarry nih hehehe...
    Aku suka lo Putu Ayu... enak! Sayang gampang basi ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bisnis lamanya emak mbak.... Tapi sekarang sudah agak sepi karna punya baby hehe

      Delete
  8. Dija sukaaaaa kue ini
    tapi gak usah kelapanya

    ReplyDelete
  9. Mbak saya mau nanyak itu beneran air kelapa ta mbak bkn santan soalx saya biasax pakek santan terus kalau tepung terigux 1kg telur 1kg juga tp untungx sedikit????mohon pencerahannya mbak

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...