Thursday, May 2, 2013

Alergi Susu Formula

Sejak lahir, Alfi nafasnya kadang-kadang bunyi seperti orang ngorok dan tidurnya juga sering ngorok. Apalagi kalau lagi nangis suaranya terdengar seperti sedang pilek dan ada dahak di tenggorokannya. Emak bilang, biasanya kalau bayi nafasnya seperti itu waktu lahir kena air ketuban. Tapi Alfi lahirnya khan caesar, masa kena air ketuban?

Saya sempat khawatir dan membawanya ke tempat bu Bidan. Kalau menurut bu Bidan, hal itu sudah biasa dan akan sembuh dengan sendirinya setelah si bayi sudah bisa duduk. Tapi penjelasan bu Bidan tak bisa membuat saya tenang. 

Kebetulan ada tetangga yang  menyarankan untuk membawanya ke dokter specialis anak. Waktu itu Alfi masih berumur 1,5 bulan tapi kami membawa Alfi ke dokter specialis anak yang berada di Jln Bali Madiun. Berharap ada tindakan dari dokter agar Alfi terbebas dari dahak yang ada di tenggorokannya.

Begitu bertemu dokter, kami menceritakan keluhan kami. "Minum ASI?" tanya dokter. "Campur susu formula, minum ASInya susah" jawab saya. Setelah tahu Alfi minum susu formula, tanpa memegang Alfi dokter langsung bilang "alergi susu formula ini, kenapa ndak dikasih ASI saja to?". Setelah bilang begitu, dokter baru membuka baju Alfi dan memeriksa Alfi pakai testoskop (eh apa ya namanya?). 

"Bayi kalau sering kentut, sering gumoh, sering ceguk'an itu alergi susu", kata dokter sambil memeriksa Alfi. Apa yang disebutkan dokter memang terjadi pada Alfi, sehingga dokter makin yakin kalau Alfi Alergi susu. "Ibunya kurang telaten mungkin, dikasih ASI saja bu, ASI itu terbaik di dunia lho", kata dokter sambil memberikan resep obat. "Sudah ya dok?", tanya suami sambil melongo.

Setelah keluar dari ruang dokter, suami baru mengungkapkan kekecewaannya. "Cuma begitu doank? ndak ada tindakan apa-apa?" ucap suami kesal. Dan kekesalannya makin bertambah ketika ambil obat harus menunggu lumayan lama. "Sabarlah mas.... dicoba aja dulu. Siapa tahu setelah minum obat, Alfi sembuh", ucap saya untuk meredam kekesalannya.

Setelah pulang dari dokter, kami berpikir keras agar Alfi mau minum ASI. Selain memberikan obat dari dokter, kami juga mencoba ganti merk susu. Siapa tahu dengan ganti merk susu, Alfi bisa sembuh. Tapi semua sia-sia, sampai obat habis Alfi tetap tidak ada perubahan. Kamipun hanya bisa pasrah.

Tapi seiring berjalannya waktu, keadaan Alfi mulai membaik. Nafasnya yang kayak orang ngorok sudah mulai hilang setelah kami sering menggendong Alfi dengan posisi agak duduk. Berati Alfi bukan alergi susu, karena sampai sekarang Alfi masih minum susu formula meskipun hanya buat selingan saja.


Meskipun kami agak kecewa dengan dokter anak tersebut, tapi kami sangat bersyukur karena kami diingatkan akan pentingnya ASI untuk Alfi. Saya jadi lebih telaten dan lebih sabar agar Alfi mau minum ASI. Andai saja dokter tidak bilang Alfi alergi susu, pasti sampai saat ini Alfi belum mau minum ASI. Memang selalu ada hikmah di balik setiap kejadian. :)


32 comments:

  1. sehat selalu ya nak... sampai tumbuh besar menjadi anak yang bisa dibanggakan :)

    ReplyDelete
  2. menurut saya sih kalo nafasnya kaya gitu masih normal kok..ntar di umur tertentu hilang sendiri juga.
    Untuk dokternya sih dari tulisan di atas kurang lengkap kasih informasinya jadi si ibu terkesan disalahkan....

    untuk informasi seputar ASI coba deh mampir ke akun twitter AIMI (asiosiasi Ibu Menyusui Indonesia) di @aimi_asi atau @ID_AyahASI (http://www.ayahasi.org/) Banyak informasi yang terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja..
    Semoga bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan hanya terkesan, tapi memang menyalahkan dan tidak mau mendengar alasan saya kenapa si baby ndak mau minum ASI :).

      Terimakasih atas infonya....

      Delete
  3. Salam kenal, saya ika di yogya...
    Anak saya ada yang pernah begitu mbak, dan sama bidan hanya disarankan tuk banyak berjemur di pagi hari. Alhamdulillah sembuh... semangat ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali mbak Ika... Kalau berjemur setiap hari, tapi sembuhnya ya setelah didudukkan :).

      Delete
  4. pengetahuan baru buat saya ini mbak, tak kira lek alergi susu sapi ... di tipi itu kan ada ikannya :D ... kalo punya baby itu memang harus peka ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau alergi susu sapi bisa diganti susu soya yak, katanya iklan :)
      Karena bayi ndak bisa ngomong.... jadi harus jadi ibu yang peka hehe.

      Delete
  5. Semoga Alfi makin gampang minum asinya ya

    ReplyDelete
  6. Semangat bund buat kasih ASI nya...

    Dulu anakku juga sempet bingung puting tapi pas aku telatenin Alhamdulillah sampai 2 th ASI aja. Walo sempet kena sufor seminggu di awal kelahirannya.

    Kalo masalah bunyi seperti dahak, anakku juga mengalaminya. Aku lahiran di bidan dan bu bidan bilang nt lama2 juga hilang.

    Nah sampai sebulan suara itu ga hilang juga, agak khawatir bidan ga tuntas ngebersihin lendir saat lairan. Tapi alhamdulillah hilang seiring berjalanya waktu.

    Alhamdulillah tidak terjadi apa2 dan sehat sampai sekarang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Alfi dari lahir langsung di dot, mungkin itu yg bikin ALfi ndak doyan ASI :)

      Berati kasus seperti ini sudah biasa terjadi pada bayi ya bund.... Agak lega kalau begitu. Terimakasih sharingnya

      Delete
  7. anakku dua duanya keranjingan susu
    yang kecil kalo nenen bisa seharian ga mau lepas
    yang gede pediasure sekaleng yg 800gr paling lama dua hari ludes
    bapakne mumet... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi bapake rejekine khan grojok2 toh? buat anak apa sich yang enggak? ehehehe

      Delete
  8. Kalau dokter anak Vania bilang, susu formula bagus, namun asi lebih bagus..
    Mgkn dokter yg td sangat pro asi sehingga memandang jelek yg lainnya, wallahu'alam..
    Tp memang ada baiknya diperiksa dulu ya sebelum memvonis alergi susu formula...

    Duh, Alfi... Semoga sehat selalu ya dek..:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dokter yg itu kayaknya Say no to Sufor mbak... Karna sama sekali ndak mau mendengar alasan saya hikz

      Delete
  9. Alhamdulillah jika Alfi sekarang sudah membaik mbak... yups ambil sisi positifnya saja : Alfi jadi mau minum ASI.
    Aku sendiri sampai sekarang belum pernah si bawa shasa periksa ke dokter yang jalan Bali itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya diambil hikmahnya aja mbak biar ga geregetan hehe.
      Itu rekomendasi dari tetangga sebelah, karna waktu melahirkan dulu yg menolong ya dokter itu mbak :)

      Delete
  10. Dulu, ada dokter spesialis anak yang terkenal sekali. Pasiennya luar biasa banyak, karena banyak sekali yang cocok dg dokter anak itu. Shasa sendiri beberapa kali ke sana juga cocok, mbak... padahal dia periksanya ya cuma "seadanya". Tapi karena pasiennya yang luar biasa banyak, jadi antrinya laaaammmmaa.... itu sebabnya aku gak tega mengajak Shasa kesana saat dia sakit, gak tega anak sakit harus antri lama di dokter mbak. Sayangnya dokter itu sudah meninggal sekarang.

    ReplyDelete
  11. alhamdulillah masih ada dokter yang menyarankan agar HANYA dikasi ASI aja Mbak...
    karena ada loh klinik yang menyarankan dikasi susu formula

    jika mbak tarry masih bisa memberikan ASI, sebaiknya memang ASi saja.... diusahakan dengan berbagai cara agar mau minum asi

    beruntung sekali lho Alfi kalo minum ASI
    Dija kan sama sekali gak dapet asi mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. rumah sakit tempat saya melahirkan juga tidak mendukung pemberian ASI mbak. karena bayi tidak diperbolehkan bersama ibunya. harus ibunya yg datang ke kamar bayi dengan susah payah

      meskipun dija ga dapat ASI, yg pasti ibu noni dapat syurga khan mbak?? amiin

      Delete
  12. setahu saya yg namanya utk memutuskan anak alergi atau tdk ada serangkaian tesnya, deh. Tp paling gak ada hikmahnya, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya kami agak kecewa mbak. tapi ya sudahlah diambil hikmahnya aja :)

      Delete
  13. anak saya dulu pake susu formula juga alergi mbak...sekarang ganti yang lain jadi ngk...jadi bisa ganti susu juga menjadi solusi juga...hehe...salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali.... Anak saya ganti sufor malah susah BAB hikz. Tahu aja kalau emaknya penghasilannya tidak tetap :)

      Delete
  14. sebenarnya kalo ragu-ragu dengan pendapat seorang dokter, segera kunjungi dokter anak lainnya untuk mendapatkan second opinion, dan dari situ kita bisa dengar apakah pendapat dokter yang satu dengan dokter lainnya sama atau berbeda,
    semoga Alfi selalu sehat bahagia, dan senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT..amiinn,
    btw- terimakasih ya sudah berkenan mengirimkan hadiah bukunya yang telah tiba dengan selamat di kota Makassar, terimakasih juga buat Pakde Cholik....salam :-)

    ReplyDelete
  15. Alfi sayaang~ tumbuh besar dan sehat ya!

    ReplyDelete
  16. Semoga Alfi semakin sehat ya, Mbak....

    ReplyDelete
  17. semoga alfi menjadi anak yang soleh dan berguna bgi nusa bangsa ya?

    ReplyDelete
  18. semoga jadi anak yang sehat, berbakti dan pintar ...

    salam kenal

    ReplyDelete
  19. Asi adalah Susu Formula yang terbaik untuk anak. dan semoga menjadi anak yang sehat.

    ReplyDelete
  20. Wah pilek memang ngeselin, apalagi solusinya dengan obat tapi ada
    alat penyedot ingus bayi mungkin bisa jadi solusi alternatif menghindarkan obat

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...