Tuesday, July 16, 2013

Gagal Panen

Saat ini di daerah saya lagi panen padi. Tapi banyak petani dibuat menangis karena hasil panennya jauh dari harapan. Ada sebagian yang hanya balik modal, ada juga yang malah gulung tikar. 

Gagal panen yang dialami para petani kali ini diakibatkan karena serangan hama wereng, tikus dan juga potong leher. Ditambah turunnya hujan deras yang terjadi beberapa kali pada malam hari menambah penderitaan petani semakin lengkap. Karena padi yang belum menguning dengan sempurna itu banyak yang ambruk. Sehingga padinya tidak bisa menguning dengan sempurna dan mempersulit petani saat menuainya.


Karena banyak padi yang diserang hama dan ambruk, banyak orang yang ogah-ogahan disuruh menuai padi. Kalaupun mau, mereka memilih dibayar uang daripada dibayar padi. Kalau dibayar padi, mereka merasa rugi karena satu petak yang biasanya dapat 1 ton lebih padi, kali ini dapat kurang lebih separonya. Kalau dibayar uang, setiap satu petaknya mereka minta 450ribu sampai 600ribu, tergantung banyak tidaknya padi yang ambruk.

"Manut sajalah, daripada ndak ada yang menuai", kata sebagian petani pasrah. Kalau dipikir-pikir harga segitu bikin petani rugi karena hasil panennya yang tidak terlalu bagus. Tapi mau gimana lagi? Petani tidak punya pilihan lain. 

Padinya pada bobok manis.

Alhamdulillah..... meskipun banyak petani yang mengalami gagal panen termasuk mertua saya, tapi saya tidak mengalaminya. Memang hasil panennya agak menurun dari panen kemarin, tapi sudah termasuk baguslah, buat beli pupuk masih ada sisa. Yach.... mungkin rejekinya si Alfi, karena lebaran nanti mau ngadain acara nujuh bulannya Alfi. Apapun hasil panen kali ini, semoga kami bisa selalu bersyukur. Amin....





32 comments:

  1. memang sudah masanya kembali ke pertanian organik. pestisida membuat predator alami wereng mati. ular sawah banyak diburu bikin tikus merajalela

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tikus sekarang juga pinter2, kalo di obat bukannya mati tp malah ngamuk, merusak lebih bnyk hehe

      Delete
  2. "Potong leher" itu hewan apa mbak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bukan hewan mbak tp gimana ya jelasinnya? :)
      Pokoknya tangkai padi putus pas padi mulai berisi. Jd pada kering ndak ada isi alias gabuk

      Delete
  3. innalillahi... semoga rizki yg sedikit lebih berkah. walau kita berharap dapat rizki yg banyak dan berkah. semoga panen mertua sy tahun ini sukses. mohon doanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. . . Seberapapun rizki yg kita dapat akan terasa nikmat kalao disyukuri dan insyaallah berkah. :)

      Semoga panen mertua mas rusydi bagus. Amin

      Delete
  4. semoga petani indonesia semakin makmur kehidupannya... dan tidak banyak lagi terkena wabah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga harga hasil panen naik juga. :)

      Delete
  5. jadi petani harus berani berjuang yaa mbak, apah lagi wereng serangannya :D

    weh alfi udah nujuh bulan, cepet yoo mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul niar, yg pntng berjuang masalah menang ato nggak urusan belakangan.

      Iya, ga terasa bngt, udah mau 7 bln aja hehe

      Delete
  6. tetap bersyukur mbak agar tetap jadi berkah...

    InsyaAllah kalau rajin sedekah dan shalat padinya dijaa oleh Allah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, insyaallah tetap bersyukur biar tambah makmur hehe.

      Ya mungkin petani lg diuji sama ALLAH mas :)

      Delete
  7. yaah.. sedih juga ya kalau tau petani negeri kita mengalami gagal panen seperti ini.. kasihan kalau balik modal saja ndak mencukupi..

    tapi mudah-mudahan apapun pemberian Allah, semoga berkah ya Tarry.. ^_^
    dan semoga rezeki buat Alfi semakin melimpah :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka dukanya jg petani mbak. . .

      Amin. . . Semoga kami selalu bs bersyukur atas nikmat yg diberikan Allah mbak

      Delete
  8. Sepengalaman ortu saya, kalau sdh tanam padi putaran kedua seringnya panen menurun hasilnya ya Mbak. Bisa balik modal sdh bersyukur banget [mengabaikan masa tunggu 3 bulan]

    #Alfi sdh mau nujuh bulan ya...pasti makin lucu-lucunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak rie, biasanya memang menurun tp ga drastis gini sich.

      Iya, ini alfi lg lucu2 dan nggemesin hehe

      Delete
  9. Semoga nanti diberikan rezeki lainnya ya mbak untuk petani yang gagal panen

    ReplyDelete
  10. Hujan malam memang gak bagus buat pertumbuhan Padi, Mbak. Apalagi padi sudah mulai berbunga # ini kata ayah saya :)

    Rejeki sudah ada yang ngatur, mungkin Alfi membawa rejeki yang banyak tahun ini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kang, apalagi kalo hujannya deres plus angin

      Semoga bkn hny taun ini aja rejeki alfi melimpah tp setiap taun gt lho. Amin :)

      Delete
  11. alhamdulillah sawah sampean enggak ketularan gagal.. semoga panen depan enggak ada petani yang gagal panen ya mbak.. kasihan.

    nengokin keponakan aaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. . . Iya kasihan bngt. Apalagi yg ga pny usaha sampingan. Nangis klesetan pokoknya hehe

      Delete
  12. Rizki Allah kadang datang dari arah yang tak terduga, tetep berusaha ya!

    ReplyDelete
  13. yups itu yang betul, selalu bersyukur atas nikmat suka maupun duka yang datang dari-NYA.....salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, niscaya nikmatnya akan bertambah :)

      Delete
  14. Bersyukurlah maka niscaya akan Dia tambah rizkyNYA..eh jadi kaya penceramah menjelang buka puasa deh..hihihi.. cuma kayanya hampir merata ya kejadian gagal panen di seluruh indonesia..iya ga sih? oiya..maaf baru mampir lagi mbak..salam buat dede alfi dari abang hanif n dede ali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap betul bang todi.... rizki dari arah lain tentunya :)

      Salam juga buat kakak hanif dan kakak Ali ya....

      Delete
  15. alhamdulillah ya, mba tarry. masih bisa panen. biasanya klo pas musim hama, bener-bener minim hasil panennya. tetanggaku ada yang hasil panennya juga berkurang. kalo kata temenku yang juga punya lahan sawah, bapaknya sering mengalami walo musim gagal panen, sawah mereka tetap panen, meski hasilnya tidak seperti biasanya. rahasianya rutin zakat untuk hasil panen tsb, mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita punyanya dikit ila... jadi belum nyampek nizabnya *eh apa ya namanya* hehe.

      Panen kali ini emang serangannya besar2an, banyak ya kena kayaknya. :)

      Delete
  16. Alhamdulillah... masih ada rejeki buat Alfi ya mbak...
    Jadi Ramadhan ini Alfi 7 bulan ya?
    Sun sayang buat Alfi yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah rejekinya Alfi selalu ada aja mbak :)

      Bukan ramadhan ini tapi lebaran nanti mbak, insyaallah lebaran ke 4 atau 5 acaranya :)

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...