Sunday, October 6, 2013

Resep Sambel Pecel Madiun

Bahan :
  1. Kacang tanah 1 kg
  2. Gula kelapa 3 ons, disisir
  3. Cabe rawit + cabe merah keriting 1/4 kg. Kalau mau pedes lebih banyak rawitnya, kalau ga mau pedes lebih banyak cabe merahnya.
  4. Bawang 3 buah (bukan 3 siung lho)
  5. Daun jeruk 10 lembar
  6. Kencur 4 biji 
  7. Asem jawa secukupnya
  8. Garam 2 sendok makan
Cara :
  1. Sangrai kacang tanah pakai wajan dari tanah liat (kreweng)
  2. Cabe, kencur, dan bawang juga di sangrai agar sambal lebih tahan lama.
  3. Aduk semua bahan, kemudian digiling. Kalau ingin rasanya lebih khas, bisa di tumbuk *dideplok* atau di ulek sendiri. 
  4. Sambel pecel siap disajikan bersama sayur-sayuran, tauge dan akan lebih enak jika ada lalapan timun dicacah, kemangi atau lamtoro serta lauk tempe goreng hangat. 
Itulah resep sambel pecel Madiun ala emak saya. Semoga bermanfaat. :)

20 comments:

  1. Ijin coba resepnya ya Mba, kebetulan lagi mau coba inovasi buat sambel pecel nih.....

    Salam wisata

    ReplyDelete
  2. Praktisan resepku dong
    Beli yang udah jadi ke pasar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yak betul itu om
      bikin sendiri ribet, makannya paling tak seberapa

      Delete
  3. naahhh, ini lho Mbak Tarry..kalau saya ke rumah oma saya di Nglames (deket pabrik rejo agung)...ya ini yang selalu saya cari...sambel pecel madiun...oma saya bikin sendiri buat saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pabrik rejoagung khan masih di Madiun kota mbak? Nglames kayaknya agak jauhan dikit dech hehe

      Kalo dibikinin sendiri rasanya lebih mantab ya mbak

      Delete
  4. Aku pilih beli aja deh... tinggal pilih mau yg pedas, sedang, atau gak pedas.Lebih cepat daripada harus buat sendiri... ya iyalah... :D hehehe
    Sun sayang buat Alfi

    ReplyDelete
  5. nach itu yang bagus mbak reni, daripada bikin sendiri malah ribet mending beli huehehe

    kalo emak sering bikin sendiri karna bapak suka sambel beli. Apalagi sekarang belinya kacang yg sudah di goreng jadi lebih mudah hehe

    ReplyDelete
  6. Bumbunya sama seperti yang di buat Ibu saya Mbak. Tapi klo Ibu saya kacangnya di goreng pke minyak trus di deplok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pake minyak, sambelnya agak kering dan cepet tengik mbak,

      Delete
  7. ibu saya juga dulu seneng bikin sambel pecel sendiri.. kalau saya mending beli yang sudah jadi hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg sudah jadi rasanya kurang manteb tapi pas buat ibu2 yg sibuk mbak hehe

      Delete
  8. kacang yang di sangrai pastinya lebih sehat daripada yang di goreng ya mbak...saya juga cukup sering bikin sambel pecel sendiri...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi sambelnya malah banyak minyaknya lho mbak

      Delete
  9. Replies
    1. Mudah banget mbak lidya, sekarang malah lebih mudah karna ada yg jual kacang sangrai ehehe

      Delete
  10. mantep mbak, jadi ngebayangin sambal yang udah jadi tinggal di makan hehe

    ReplyDelete
  11. langsung copas, pring, kasih ke ibunya anak2 ah..hehe :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...