Friday, January 24, 2014

Pakai Clodi, Irit Tapi Bukan Pelit

Alfi lahir di bulan januari setahun lalu, saat musim penghujan. Kami yang tidak memiliki mesin cuci sempat kerepotan karena cucian menumpuk ndak kering-kering. Meskipun persediaan perlengkapan Alfi sudah banyak, tapi tetap saja kurang karena Alfi sering pipis. Sehingga, dengan terpaksa Alfi harus pakai diaper. Sehari Alfi habis 2-3 diaper untuk mengurangi cucian.


Kebetulan ada teman yang datang terus kasih tahu kalau ada popok isi ulang. Kalau pipis tinggal ganti kainnya dan tidak bakal tembus sampai bedong atau alas tidurnya. Saya penasaran dan menanyakan dimana belinya. Tapi waktu itu umur Alfi baru seminggu dan kondisi saya masih belum memungkinkan untuk pergi-pergi. 

Ketika umur Alfi sebulan, saya diperbolehkan pergi ke pasar. Sayapun pergi ke toko perlengkapan bayi untuk membelikan Alfi popok isi ulang yang kemudian saya tahu namanya clodi (cloth diaper). Ada, tapi tinggal 1 itupun berbentuk celana dan kurang cocok untuk bayi baru lahir. 

Akhirnya saya browsing di internet dan menemukan apa yang saya cari. Kemudian saya order 3 buah dengan harga 198 ribu sudah termasuk ongkos kirim. Tak perlu keluar masuk toko, clodi yang saya inginkan sudah sampai rumah. Itulah salah satu keuntungan belanja online. :)

Beberapa hari setelah pesanan clodi saya sampai, Antehnya Alfi (istrinya Adik) juga kirim 1 clodi buat Alfi. Jadi Alfi punya 4 clodi dan itu sangat membantu kami untuk mengurangi pemakaian diaper dan juga cucian. Kalau biasanya semalam habis 2  menjadi 1 diaper. Paginya, sehabis mandi juga tidak perlu pakai diaper karena sudah ada clodi. Berati saya bisa irit diaper dan irit uang belanja juga donk. :).

Alfi umur sebulan lebih, Clodinya masih kedodoran.

Semakin tambah usia Alfi, semakin berkurang pula volume pipisnya Alfi. Dan Alfi seperti gerah, tidurnya kurang nyenyak kalau pakai diaper. Awalnya saya masih nekad, habis mandi sore langsung pakai diaper. Tapi Alfi malah rewel dan tidurnya gelisah. Begitu diaper dibuka Alfi langsung tidur pulas. Ya sudah, bye-bye diapers dech.  Hanya saat bepergian jauh saja pakai diaper, kalau perginya dekat cukup pakai clodi saja. 

Alfi 3 bulan. Pakai clodi ga bakal ngompol di pangkuan. :)

Sebagian ibu mungkin akan mikir-mikir dulu untuk beli clodi karena harganya yang lebih mahal dan perawatannya yang ribet. Tapi kalau di hitung-hitung pakai clodi jauh lebih murah daripada pakai diaper lho. Saya beli 198ribu sampai sekarang umur Alfi 1 tahun masih bisa dipakai. Sedangkan kalau pakai diaper? Jika 1 biji harganya 2000, sehari habis 2 dikalikan 30hari dikalikan 12 bulan, sudah berapa ratus ribu coba? Uang Diaper setahun sudah bisa dibelikan mesin cuci kali ya.... Tapi saya kok belum beli ya..... :).

Alfi 4 bulan. Pakai clodi tetap enjoy bermain tanpa takut ngompol di tempat orang. :).

Ketika tahu Alfi tidak pakai diaper, ada beberapa tetangga yang agak gimana gitu. Menurut mereka, mungkin saya pelit "Kok ndak pakai pamp**s, kalau di ompoli gimana?", kata mereka. "Diompoli ya ganti to....", jawab kami enteng. Tapi Alfi memang anak pintar, kalau pingin pipis dia pasti melorot dari pangkuan. Jadi ndak bakal ngompol di pangkuan. Itupun kalau sudah sangat kebelet, karena Alfi sudah biasa pipis di catur (eh apa ya namanya?).

Biarkan saja orang mau bilang saya pelit atau apa, yang penting saya bisa irit uang belanja sekaligus bisa mengurangi jumlah sampah. Kalau di tempat saya mungkin tumpukan sampah tidak menjadi masalah karena bisa di timbun di pekarangan. Tapi di kota-kota besar sampah menjadi salah satu penyebab banjir bukan? So, pakai clodi ga bakal rugi dech... :).

Giveaway Irit tapi Bukan Pelit

28 comments:

  1. Oke Mba, nanti saya sarankan kalau mau irit pakai clodi buat anak-anaknya ya.... he,, he, he,,,


    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga para ibu2 mau berpaling ke clodi ya pak, hehe.

      Delete
  2. bener banget mbk,pake clodi memang irit hehehe,,,,

    ReplyDelete
  3. wah, kayaknya calon pemenang nih, ceritanya bagus bgt, jd penasaran ama Clodi..

    ReplyDelete
  4. aku baru tau yang namanya clodi. hihihi... buat referensi kalo udah punya anak nanti :D *eh *nikah aja belum. hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik tahu lebih awal daripada terlambat kayak saya donk hehe

      Delete
  5. Clodi ini mbak, yg bikin aku pengen puna lagi. xexexe..
    ga ding. becanda.
    maksudku, aku pengen nanti di anak ketiga pake yg irit2 seperti clodi dan ASI perah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai clodi plus ASI perah memang bisa ngirit uang belanja ya mbak. Semoga cepet dikasih momongan lagi, cewek biar bisa bantuin masak. Amin

      Delete
  6. harga clodi mahal juga ya, mba tarry. tapi kalo dipikir-pikir memang lebih murah dibanding pake pampers

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harganya beragam kok Ila.... Tinggal disesuaikan dengan kantong kita

      Delete
  7. saya juga dulu pernah nyoba pake clodi buat si kecil mbak, tapi yah itu sempet di gigit tikus ampe bolong2 trus saya jait, eh nggak taunya malah dibawa lari sama si tikus, sebenernya emang irit bgt pake clodi ya mbak, tp gara-gara trauma malah jadi males hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah.... tikusnya jahil amat ya kok sampai bawa lari clodi. Kalau saya kadang males nyucinya hikz

      Delete
  8. Mbaak saya masih gak ngerti bagaimana sistem pemakaian clodi ini. Kalau misal habis dipakai cara nyuci clodi itu gimana? maklum belum pernah lihat bayi pke clodi disini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Clodi ini ada 2 bagian mbak, yang luar terbuat dari bahan anti bocor terus yang dalem mirip handuk gitu dech. Terus nyucinya ya seperti nyuci baju biasa tapi detergennya sidikit :)

      Delete
  9. Iya mbak, tapi kadang males nyucinya soalnya harus disendirikan. Mau irit ndak mau susah nich ehehehe

    ReplyDelete
  10. serius, saya baru tahu istilah clodi neh Mbak...#dasar kupdet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barati kita sama ya mbak Ririe, saya tahunya Clodi juga setelah punya Alfi :)

      Delete
  11. Ada yang ngeluh harga clodi mahal. Tapi, bila ternyata bisa dipakai sampai berbulan-bulan gitu, berarti jauh lebih hemat ya :D

    Terima kasih sudah ikutan GA Irit tapi Bukan Pelit. Sudah tercatat sebagai peserta. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi sekarang sudah banyak clodi yg murah tapi ya kwalitasnya kurang bagus Kak Akin :)

      Delete
  12. dulu zaman anak2 sy bayi blm ada clodi. Skrg enak, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang apa2 dibikin enak ya mbak, tapi kadang2 bikin kebiasaan males kita makin menjadi hehe

      Delete
  13. postingnya inspiratif sekali nih, Tarry...

    iyaa dulu vania juga jarang pake diapers, kecuali kalo bepergian aja...
    Alfi hebat udah bisa nunjukkin kalau mau pipis jd nggak ngompol ya.. pinter...

    btw di catur itu apa maksudnya yah Tarry? dijadwal gtu, jd teratur yah? vania jugaa samaaa... smpe skrg pun vania udah teratur jam pipisnya, kecuali klo musim ujan spt skrg, jd lebih sering.. hihihi

    smoga menang kontesnya Tarry :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicatur itu pipis sambil dipangku itu lho mbak, soale Alfi khan belum bisa jalan, nanti kalau sudah bisa jalan pipis diajari duduk sendiri aja hehe.

      Delete
  14. Terima kasih sudah berbagi di giveaway irit tapi bukan pelit :)

    Salam,
    @apikecil

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...