Thursday, February 20, 2014

[Mitos] Agar Bayi Cepat Jalan

"Umurnya berapa? Sudah bisa jalan belum?", itu yang sering orang tanyakan ketika melihat Alfi. Dan saya menjawab "umurnya 13 bulan, belum jalan, masih belajar berdiri". Kalau sudah begitu biasanya mereka akan membandingkan Alfi dengan anak lain seumuran Alfi yang sudah bisa jalan. Tapi saya tidak berkecil hati karena setiap anak punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

"Oalah, pantesan belum jalan, lha wong ngomongnya sudah pinter" ada juga yang bilang begitu ketika tahu Alfi sudah pinter ngomong. Ya.... Alfi memang sudah bisa menyebutkan lumayan banyak kata dengan fasih dan sudah bisa diajak komunikasi. Hampir setiap pagi, Alfi selalu memberi kejutan kami dengan kata-kata barunya.


Jalan-jalan pagi tanpa alas kaki.

Meskipun orang bilang bayi yang cepat ngomong, jalannya lambat tapi saya tidak putus asa. Saya tetap berusaha agar Alfi cepat jalan. Kalau ada orang yang kasih tahu begini begitu bisa membuat bayi cepat jalan, saya pun mencobanya. Walaupun apa yang mereka katakan itu mungkin hanya mitos, tapi tak ada salahnya mencoba khan?? Cara agar bayi cepat jalan diantaranya:
  1. Memukul kaki Alfi dengan belut. Kata orang sich cara ini bisa mempercepat bayi jalan. Mungkin hanya mitos, tapi tak ada salahnya mencoba. Kebetulan ada tetangga yang dapat belut dari sungai, terus dipukulkan ke kaki Alfi sebanyak 3x sambil baca do'a.
  2. Memberi Alfi sup ceker ayam kampung. Ceker ayam kampung saya rebus dengan seledri, kasih garam sedikit terus diminum. Katanya bisa menguatkan tulang agar cepat bisa jalan. 
  3. Jalan-jalan pagi tanpa alas kaki. Seorang teman kasih tahu, kalau embun pagi bisa mempercepat bayi jalan tapi jangan pakai kaos kaki dan sayapun mencobanya. Sekitar jam 5 pagi, saya ajak Alfi keluar rumah dan sesekali saya tatih. Awalnya Alfi mengangkat kakinya dan tidak mau jalan. Tapi lama-lama Alfi terbiasa juga jalan di aspal tanpa alas kaki.
  4. Pijat kaki. Setiap menjelang tidur atau sambil bercanda, saya biasa pijit-pijit kaki Alfi. Selain bisa membuat tidur lebih nyenyak, katanya pijat kaki juga bisa membuat bayi cepat jalan. 
Selain melakukan hal-hal diatas, kami sekeluarga juga tidak pernah bosan untuk mendampingi Alfi belajar berjalan. Mulai belajar trantanan (berdiri dengan pegangan), merambat sambil pegangan, sampai bisa berdiri tanpa bantuan. Mulai dari berdiri sebentar, sampai akhirnya bisa bertahan berdiri beberapa puluh detik, hingga bisa berdiri sambil joget-joget. Kalau untuk melangkahkan kaki, Alfi masih agak takut.

Jatuh berkali-kali tak membuatnya jera maupun nangis, karena kami selalu memberi semangat. "Jatuh itu biasa, namanya juga masih belajar. Ayo bangun lagi", itu yang selalu kami ucapkan setiap kali Alfi jatuh dan mau mewek. Tak lupa kami memberi pujian setiap Alfi berhasil melakukan sesuatu. Kalau sudah di puji, Alfi pasti tersenyum lebar dan makin semangat aja belajarnya. Tetap semangat ya nak.... Sekecil apapun kemampuan yang tunjukkan..... kami tetap bangga kepadamu. 

21 comments:

  1. biasanya rata-rata bayi bisa jalan berapa bulan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya 10 sampai 16 bulan masih wajar mas. katanya orang2 sich hehe

      Delete
  2. Aih, adek Alfi udah mau jalan aja. gak terasa ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ga kerasa kapan besarnya, tahu2 bajunya ga muat hehe

      Delete
  3. ada anggapan pula kalo seorang anak pertumbuhan gigi cepet dibandingkan umurnya maka kemampuan berjalannya agak terlambat..begitupun sebaliknya, cepet jalan tapi pertumbuhan giginya lambat...
    Percaya ga percaya tapi hal itu saya alami sama ke dua putra saya mbak..
    Alhasil saya ga terlalu pusing mikirin terlambat jalannya anak saya..Asalkan sehat secara medis saya yakin bakal tiba aja waktunya untuk berjalan
    Alhamdulillah setelah 14 bulan, putra sayapun BERLARI :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini Alfi juga udah tumbuh giginya, berati mitosnya ada benarnya juga ya om.... :)

      Delete
    2. Anakku juga aneh, usia 3 bulan aja dua gigi depan dah tumbuh, usia 14 bln ini seluruh giginya hampir 95% komplit, tp anakku gk mau maem, cm susu. N lom bs jalan juga. Semangat

      Delete
  4. Anak saya hayyu lncar jalan umur 16 bulan mbak
    perkmbangan anak beda2 gk boleh dipukul rata
    memang sih duluan ngomongnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, yang penting sehat ya.... jadi ndak perlu khawatir ya mbak :)

      Delete
  5. Shasa dulu bisa jalan umur 14 bulan hehehe

    ReplyDelete
  6. Alfi sptnya sama spt Shasa... soalnya Shasa dulu juga duluan ngomongnya daripada jalannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. berati mitosnya ada benernya juga ya mbak, :). Anak tetangga jalannya umur 11 bulan, sekarang sudah 16 bulan belum bisa ngomong hehe

      Delete
  7. hai Mba..apa kabar. seneng banget si kecil sekarang dah tumbuh besar ya..kalo aku melakukan yg no 4 mbak..diakui dan sudah diteliti memijat organ tubuh bayi emang bikin anak relaks dan nyaman setelah beraktifitas selain juga merangsang otot2nya.. terutama syaraf di kaki..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mbak.... Kabar baik.... lama kita tak bercoment2 ria ya hehe.
      Kalau saya semua dicoba, namanya juga usaha mbak hehe

      Delete
  8. kalau pakai belut buat mukul - mukul, geliiii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya ndak berani mbak, jijik liatnya hehe

      Delete
  9. Baru tahu aku itu semua mitosnya. Pleus baru tahu yang kalau jalannya telat, ngomongnya lebih cepet hihihi... Dulu aku jalan katanya sih 13 bulan. Tapi engga tau ngomongnya gimana XD XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi ga semuanya begitu sich, ada yang bareng jalan ama ngomongnya Na....

      Delete
  10. aku sih gak pakai apa2 mbak ,ditunggu aj asampai bisa jalan :)

    ReplyDelete
  11. semangat terus yaah Alfi... nanti juga jago..
    liat aja ntar... giliran Alfi lari emak babe capek teriak2 suruh duduk...
    hahaha...

    ReplyDelete
  12. ank ku jga lom bisa jalan dah 15 bln..gmn nih???/

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...