Tuesday, June 10, 2014

Hobiku Bikin Kristik, Apa Hobimu?

Menyulam benang diatas kain strimin (saya menyebutnya kristik), adalah hobi saya sejak kelas 1 SMP, tahun 1996. Berawal dari melihat tetangga yang suka bikin kristik, kemudian saya pingin bikin sendiri."Kalau masih belajar, bikin yang mudah-mudah aja dulu", kata tetangga saya.

Akhirnya saya beli 1 set gambar boneka panda ukuran 100cmX80cm, yang waktu itu harganya Rp 18000. Polanya sederhana, dan benangnya hanya 8 warna. Lumayan mudah, untuk pemula seperti saya. Tapi butuh waktu beberapa bulan untuk menyelesaikan gambar tersebut. Karena saya masih belum mahir, dan suka bingung mau di bawa kemana arah jarumnya. 

Meskipun begitu, hasilnya lumayan rapi di luar dan lumayan acak-acakan di dalam. Arah benangnya ada yang vertikal, ada yang horisontal, dan gambar polanya penuh dengan coretan bolpoin untuk menandai bagian mana yang sudah saya kerjakan.

Tapi seiring berjalannya waktu, hasil karya saya semakin membaik dan membaik. Bukan hanya penampilan luar yang rapi, tapi penampilan dalamnya juga rapi. Polanya juga tidak ada coretan-coretan lagi. Cukup hanya dengan melihat polanya, saya sudah bisa menyulam di atas kain striminnya. 

 Beberapa gambar berhasil saya selesaikan, tapi hanya satu gambar yang saya jual dengan harga Rp. 35000. Saya sangat senang dan bangga sekali bisa menghasilkan uang sendiri. Tahun 2000an, uang segitu bisa buat uang saku selama 2 minggu, naik bus 1300 sisanya buat jajan.

Sampai akhirnya saya jadi TKW Hong Kong, dan sempat hiatus bikin kristik karena sibuk dengan pekerjaan. Tapi ketika melihat ada toko Indonesia yang jual kain strimin, tangan saya mulai gerah. Ya sudah saya beli saja, kebetulan situasi dan kondisi sangat mendukung jadi saya bisa menyalurkan hobi saya kembali. 

Selama 5 tahunan di Hong Kong saya berhasil menyelesaikan 5 gambar. Gambar-gambarnya sudah saya posting di disini. Kebetulan majikan perempuan saya juga hobi bikin kristik, klop dech. Sampai-sampai saya diantar hunting bahan-bahan bikin kristik buat oleh-oleh pulang Indonesia. :)

Sekarang sudah hampir 3 tahun di Indonesia, saya sudah menyelesaikan 2 gambar, sempat hiatus lagi setelah Alfi lahir. Tapi saat ini, saya sudah mulai bikin kristik lagi. Sesibuk apapun, saya tetap menyempatkan diri untuk mengerjakannya. Ya memang butuh waktu lama tapi tidak apa-apa, yang penting saya bisa menyalurkan hobby saya. :).

Banyak gambar yang sudah saya hasilkan, tapi belum pernah saya menjualnya. Kebanyakan saya berikan kepada teman sebagai kado, atau sekedar oleh-oleh. Memang saya tidak mendapatkan uang dari hobby saya ini, tapi saya mendapatkan kepuasan tersendiri ketika bisa memberikan sesuatu dari hasil karya tangan saya sendiri.

pink projeck saya saat ini, sarung bantal twin
Sudah selesai separo.

Silang kiri silang kanan. 

29 comments:

  1. wuih..keren eh...dijual aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dijual rasanya tidak rela, hasil karya saya dihargai dengan uang hehe

      Delete
  2. bagus banget mbak.... pengen niru......
    wing....
    ada saudara yg pesan kristik u/ project puasa. tanpa pikir panjang.... kujawab iya.......

    makasih banget loh mbak.... sudah membagi hobinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ayo.... bikin kristik juga mbak hehe

      Delete
  3. oiya, poin ke 7 biasanya lupa. ditunggu ya....

    ReplyDelete
  4. hobiku gunting tempel kertas, Mbak .. :D

    Kristiknya keren ya dijadiin sarung bantal gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya kurang kreatif, bu Dey.... bisanya cuma nyontek hehe.

      Ini belinya di Hong Kong, kristik dibikin macam2 kita tinggal menyulam aja ini. Jadi ga melulu buat hiasan dinding :)

      Delete
  5. saya juga suka mbak waktu SD, meskipun cuma ikut2an ibu ngerecokin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau emak saya menyulam di kain, polanya bikin sendiri. Tapi kalao saya kurang kreatif ga bisa bikin pola sendiri hehe

      Delete
  6. wow, cantik bener mbak hasil krestiknya, kalo hobi saya nulis puisi, hehe

    ReplyDelete
  7. wih.. bagus banget Mbak.. coba dijual deh Mbak.. :)

    ReplyDelete
  8. Cantik O.o, warnanya pink lagi, buat Dhe aja mba. hehehe
    oya, di Blog Dhe ada award buatmu, diambil n jangan lp diposting ya :D. makasii

    ReplyDelete
  9. kristik hadiah dari mbak tarry masih aku simpan loh

    ReplyDelete
  10. soalnya sampai sekarang belum punya hobi yang kayak gtuh je.... nak hobiku isih koyo mbiyen olahraga

    ReplyDelete
  11. salam kenal mba, Hobinya sama mba menyulam, memang perlu ketelatenan dalam mengerjakannya, tapi ketika hasilnya sudah jadi, rasanya puas sekali

    ReplyDelete
  12. sulamannya sungguh indah ya.....
    selamat berlomba..semoga menjadi yang terbaik....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar Indonesia :-)

    ReplyDelete
  13. sama, hobi saya juga kristik. Tp, sekarang lagi brenti, abis bingung naro koleksi yang udah jadi dimana

    ReplyDelete
  14. Kakakku pinter bikin kristik Mbak. Waktu sekolah dpt pelajaran ktrampilan menjahit dan di ajari kristik ini.

    Trs hobiku apa ya? ehm...bikin keributan saja, kan namanya sdh RIBUT. Hehehe

    ReplyDelete
  15. Ini kristik kain ya mbak? aku dulu suka bikin pke kristik plastik yang hasil jadinya dipajang di dalam pigora. Sama aja sih nyulamnya, silang kiri, silang kanan :)

    ReplyDelete
  16. waah kreatif sekali mbak..hasil karyanya bagus-bagus

    ReplyDelete
  17. kereeen hasilnyaa ... dan samgat hebat bisa atur waktu buat bikin kristik walaupun sesibuk apapun waktu jadi TKW ..

    ReplyDelete
  18. keren to, Mbak.

    hobi adalah kepuasan, jadi walaupun tak menghasilkan uang, tetap aja hati puas..

    ReplyDelete
  19. keren mbk, d hongkong belinya dmana za mbk?

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...