Sunday, February 14, 2016

6 Jenis Transportasi Di Hong Kong

Postingan ini sebenarnya sudah mengendap di draft selama 4 tahun lebih. Tapi tak ada salahnya di publish sekarang. Sekalian memperkenalkan jenis transportasi yang ada di Hong Kong. Mungkin sudah banyak yang tahu, tapi ga ada salahnya ya saya share lagi berdasarkan pengalaman dan juga hasil browsing.

Inilah beberapa alat transportasi di Hong Kong:

1.TAXI

Ada 3 jenis taxi yang beroperasi di Hong Kong, yaitu untuk daerah Kowloon dan Hong Kong berwarna merah, Daerah Lantau Island berwarna biru dan untuk daerah New Teritories berwarna Hijau. Tarifnya masing-masing warna juga berbeda, yang paling mahal untuk taxi merah. 

Keuntungan naik taxi adalah lebih cepat dan nyaman, selama jalannya tidak macet. Kalau jalannya macet, bayarnya akan lebih mahal karena argonya terus bertambah setiap 1 menit. Dan satu lagi, kita tidak akan nyasar atau kebablasan. Meskipun kita tidak tahu jalan, tinggal ngomong sama pak Supir sudah beres. Misalnya pak supirnya juga tidak tahu, dia sendiri yang akan cari tahu. Karena setiap taxi dilengkapi dengan peralatan (apa ya namanya?) yang akan menghubungkan supir dengan Costemer Service perusahaan taxi tersebut.


Ini taxi merah untuk daerah Hong Kong dan Kwoloon.

2.BUS

Bus sangat mudah kita dapatkan dengan berbagai macam jurusan yang bisa mengantar kita kemana saja kita mau. Naik bus lebih irit tapi harus hati-hati jangan sampai kebablasan. Karena Bus di Hong Kong hanya berhenti di halte, tidak seperti bus di Indonesia yang bisa berhenti dimana saja. Jadi kalau sampai lupa turun di halte yang kita inginkan, bisa bahaya karena kadang-kadang jarak antara halte yang satu ke lainnya lumayan jauh.

Kalau mau naik bus kita bisa mencari halte dan tinggal menunggu bus datang. Tapi ingat, lihat dulu ada ga bus yang kita inginkan. Biasanya disana ada keterangan yang berhenti di halte tersebut bus nomer berapa dan rutenya mana saja. Kalau tidak ada bus yang kita inginkan, ya jangan menunggu di situ karena sampai kapanpun bus nya tidak akan berhenti disitu. 

Bus
3. MTR & KCR

MTR & KCR itu hampir mirip dan sekarang sudah digabung jadi satu  perusahaan. Bedanya, MTR itu kereta bawah tanah untuk jalur Kowloon, Hong Kong dan Lantau Island. Sedangkan KCR itu kereta yang jalannya di atas tanah dan khusus untuk Kowloon (Tsim Tsa Tsui) dan New Teritories. Jadi kalau mau naik MTR kita turun masuk lorong, sedangkan naik KCR kita naik eskalator, karena statiunnya di atas.

Transportasi ini jauh lebih cepat dan anti macet. Kalau mau naik kita bisa mencari Stasiun dan di dalam kita bisa memilih jurusan yang kita inginkan. Kalau tidak punya octopus, kita harus beli tiket di mesin-mesin yang ada di luar pintu masuk. Tapi tetap harus hati-hati, atau lebih baik nanya kalau tidak tahu. Karena kalau sampai salah naik, kereta bukannya membawa kita ke tempat tujuan tapi malah sebaliknya. Tapi tidak usah khawatir, selama tidak keluar stasiun, kita tidak perlu beli tiket lagi.  

4.MINI BUS / SIUPA

Mini bus atau orang sana biasa menyebut siu pa ini bisa kita temui dimana-mana. Kalau di Indonesia mungkin semacam angkot kali ya. Siu Pa ini bisa mengantar kita ke villa-villa atau ke tempat-tempat yang agak ke puncak alias daerah pegunungan gitu deh. 


Naik siu pa ini juga nyaman, dan bisa berhenti dimana saja yang kita inginkan. Tidak seperti Bus yang hanya berhenti di halte saja. Tarifnya juga tidak terlalu mahal, dan pasti dapat duduk.


5.FERRY

Ferry juga bisa jadi pilihan, kalau dari kwoloon mau ke Hong Kong atau sebaliknya. Naik ferry ini jauh lebih cepat dan lebih murah dibanding alat transportasi lain. Karena sebenarnya Hong Kong itu kecil, tapi karena dipisahkan oleh lautan, jadinya jauh kalau harus lewat daratan. 


Kalau mau naik Ferry, tinggal cari pelabuhan saja. Beberapa pelabuhan yang ada yaitu North Point, Wanchai, Central, Tsim Tsa Tsui, dan beberapa lainnya. Tapi sebaiknya lihat jadwal pemberangkatan biar tidak ketinggalan. Kalau sudah ketinggalan biasanya nunggu sekitar 15-20 menit. 
Ini waktu di Star Ferry, Tsim Tsa Tsui. *Abaikan foto modelnya*

6.TRAM ATAU TENG-TENG

Tram atau Teng-teng ini hanya ada di daerah Hong Kong. Transportasi paling murah meriah tapi sangat lambat jalannya. Cocok untuk jalan-jalan sambil menikmati keindahan Hong Kong. Untuk cerita lengkap baca Tram Alias Teng-Teng



Itu beberapa transportasi yang ada di Hong Kong, semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi tinggal bagaimana kita menyesuaikan dengan kebutuhan. O iya, untuk mempermudah perjalanan, sebaiknya mempunyai Octopus. Kalau punya octopus, setiap naik kendaraan umum tinggal tempel di tempat yang telah ditentukan, beres. Tidak usah bingung cari uang recehan untuk membayar, karena sopir tidak akan memberi uang kembalian kalau kita tidak punya uang pecahan sesuai tarif. Rugi khan?? :)

Octopus ini bisa didapatkan di Statiun-stasiun MTR dengan harga $150 mendapat octopus senilai $100. Kalau sudah habis, bisa mengisi di Stasiun, 7 eleven dll minimal $50 atau kelipatannya. Selain untuk membayar kendaraan, octopus juga bisa untuk membayar barang belanjaan di tempat-tempat yang ada tandanya octopus.

Seperti ini bentuk octopus. gambar dari http://www.octopus.com.hk/

31 comments:

  1. Blom prnh ke hk mbak bisa jd referensi neh kl ke sini.

    ReplyDelete
  2. makasih mbak infonya.. Kalau ke hongkong pertama kali harus naik Tram kali ya biar sambil jalan - jalan hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi harus siap2 bau keringat kalau naik tram yang biasa. ada kok tram party khusus buat wisatawan, bagian atas terbuka. :)

      Delete
  3. Bisa jadi catatan buat dicoba nih siapa tahu bisa pergi ke hongkong (aamiin)

    ReplyDelete
  4. wah pengen juga bisa jalan-jalan ke HK. aminkan ya mbak tarru kittu :D

    ReplyDelete
  5. uwaa kirain itu namanya bis,ternyata tram..pingin naik itu aku mbak,seru kayaknya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang hampir sama Mbak, cuma ban nya yang beda. Terus tram itu pakai listrik jalannya

      Delete
  6. barangkali kalo di sini ngisi octopusnya semacam di mart-mart itu gitu ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Mbak. Tapi jauh lebih kecil dari Mart disini

      Delete
  7. lengkap yah. jadi mau kemana2 enak. kalau di jkt pilihannya cuma metromini. soalnya yg banyak cuma itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya soalnya kendaraan pribadi jarang. Jadi kendaraan umum dimanfaatkan secara maximal :)

      Delete
  8. Wik,, ke Hongkong, boleh juga tuh referensinya,,, kapan saya bisa ke sana yah,,, Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan2 asal ada uang atau lagi dapat gratisan yak :)

      Delete
  9. semoga suatu saat sampe juga kaki ini ke hongkong dan mencoba salah satu moda transportasi mereka... :) Trims mba tarry infonya.. salam kenalan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali :).

      Kalau kesana pasti bisa menikmati semuanya :)

      Delete
  10. kapan yah negara kita trasnportasinya senyaman di sana.

    btw ijin gabung di blognya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semarang khan sudah mulai *entah kapan selesainya* ehehe

      Terima kasih sudah gabung ya :)

      Delete
  11. Ih banyak pilihannya yah mba, indonesia moga cpt nyusul, pingin nyobain KCR. Tapi di taman mini ada, kereta gantung hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tinggal pilih sesuai kebutuhan pokoknya.

      Di Hong Kong kereta gantungnya juga ada tapi cuma ada di tempat wisata :)

      Delete
  12. Oh itu namanya Siupa toh. Pernah naik itu ke Stanley ;)
    Yang pengen kucoba yang trem itu Mbak~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaelah malah belum naik tram? Cobain yang party tram eh opo ya namanya, ntar naiknya sama bule2 :)

      Delete
  13. Belum pernah ke luar negeri nih.
    Makasih sharingnya, jadi nambah pengetahuan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga suatu hari bisa keluar negeri ya Mbak :)

      Delete
  14. Orang-orang di sana jadi punya banyak pilihan transportasi ya mbak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar, makanya orang sana jarang yang punya kendaraan pribadi :)

      Delete
  15. Di Indonesia juga ada tram ya kalo ga salah tp khusus untuk jalan2 keliling Jakarta

    ReplyDelete
  16. Transportasi HK keren juga, ya? :D

    ReplyDelete
  17. Masih ingat bahasa sana, gak Mbak? *eh komen ga nyambung ya hehehe*

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...