Monday, February 8, 2016

Bermain Dan Belajar Bersama Petualangan Boci

Mungkin saya ini termasuk blogger paling jadul tingkat kecamatan, karena tidak punya handphone canggih seperti orang kebanyakan. Punya smartphone baru setahunan yang lalu, itupun belum ada camera depannya. Jadi jangan heran kalau media sosial milik saya tidak ada foto-foto selfinya. 

"Emang ga punya duit buat beli bu??". Punya, Tapi kok ya eman-eman kalau uang 2 juta lebih cuma buat beli HP. Wong cari uangnya juga ga gampang karena harus nunggu 4 bulan sekali waktu panen padi. Orang lain uang segitu enteng bawanya, tapi kalau saya berat pakai banget, karena harus jual padi  4 kwintal dulu. Daripada buat beli HP mending buat nyicil beli semen. *Alesan*. :)

Meskipun saya jadul dan cenderung gaptek, tapi saya tidak mau menularkannya kepada Alfi. Sehingga saya memutuskan beli  Tablet untuk mendukung proses belajar Alfi. Tapi tetep beli yang murah-murahan aja, karena Alfi masih terlalu kecil. Kalau misalnya rusak karena Alfi tidak hati-hati khan tidak perlu nyesek. 

Karena niat awal saya membeli gadget untuk membantu proses belajar Alfi, jadi saya berusaha memberikan game edukasi untuk Alfi. Beberapa aplikasi sudah saya download dan Alfi kelihatan lebih tertarik untuk belajar melalui gadget. 

Tapi ada beberapa aplikasi yang butuh koneksi internet untuk bermain. Tahu sendiri, kalau ada koneksi internet pasti muncul iklan-iklan yang selain mengganggu, kadang-kadang iklan tidak sesuai dengan anak umur 3 tahun seperti Alfi. Meskipun Alfi selalu didampingi dan diawasi saat bermain, tapi saya lebih suka Alfi main gadget tanpa internet.

Sampai akhirnya saya menemukan aplikasi yang cocok untuk Alfi dari Petualangan Boci. Petualangan Boci adalah sebuah serial petualangan Boci si bunglon bersama sahabatnya, Kato si kakatua. Boci menawarkan berbagai storybook dan minigames untuk dinikmati anak-anak usia 2-6 tahun. (Sumber dari sini )

Hampir semua aplikasi di petualangan boci cocok untuk Alfi, tapi saya hanya mengambil 3 aplikasi yang saat ini Alfi butuhkan. diantaranya :

Menulis Alfabet versi imlek
Aplikasi ini mengajak anak belajar menulis Alfabet dengan cara yang lebih menyenangkan. Ada 3 mainan kesukaan anak yang akan membantu yaitu kereta, kapal, dan pesawat. Yang bikin Alfi senang, setiap gambar yang dipencet akan keluar suara. Misalnya kita pencet kereta "ayo naik kereta bersama boci", pencet burung juga akan keluar suara burung. Jadi selain belajar menulis juga belajar mengenal suara beberapa hewan. Oh ya, dipojok kanan atas, ada pilihan bahasa, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Asyik khan?? Dalam 1 aplikasi bisa belajar 2 bahasa sekaligus. 

Menulis Alfabet bersama Boci.

Boci Musik
Karena Alfi suka main musik, jadi saya ambil aplikasi ini. Cara mainnya mudah, hanya pencet piano yang akan menghasilkan suara sesuai tempat bermainnya.  Ada 3 tempat bermain musik yaitu rumah, hutan, dan sungai, ketiganya menghasilkan suara yang berbeda. Alfi suka aplikasi ini dan pencet-pencet tang ting tung tak beraturan. 


Petualangan Warna
Saat ini umur Alfi sudah 3 tahun lebih tapi belum bisa membedakan warna. Berbagai usaha sudah saya lakukan, tapi tetep belum bisa. Padahal untuk hal lain, tidak perlu waktu lama untuk menghafalnya. Mungkin memang belum waktunya, :)

Di aplikasi ini, ada kisah boci dan kawan-kawannya berpetualang untuk mengajak anak belajar mengenal warna. Kita bisa memilih dibacakan atau baca sendiri ceritanya. Untuk melanjutkan cerita, anak diajak memilih warna sesuai petunjuk. Misalnya, hubungkan titik berwarna merah, selama belum berhasil menghubungkan titik, ceritapun tidak bisa dilanjutkan. 

Selain cerita juga ada eksperimen untuk mencampurkan warna dasar merah, biru kuning agar menghasilkan warna lain. Seperti merah dan biru bisa menjadi ungu dll. Alfi yang memang selalu ingin tahu itu, asyik mencampur-campur warna kemudian menanyakan "ini warna apa buk?". Begitu berulang-ulang dan tentu sangat menguji kesabaran emaknya untuk selalu menjawab. 

Petualangan Boci Warna

Tak hanya sekedar bermain, tetapi juga ada nilai moral yang disampaikan dalam seri petualangan boci warna ini. Apa pesan moralnya? Bisa download sendiri aplikasinya di http://petualanganboci.com/apps . Ada beberapa aplikasi lain yang bisa kita pilih sesuai usia anak kita. Untuk mengetahui lebih detail bisa langsung ke petualanganboci.com . Atau pantengin terus twitter @petualanganboci untuk mengetahui berita terbaru.



29 comments:

  1. menarik sekali buat belajar anak saya

    ReplyDelete
  2. Waduh saya belum sempet ngereview yang ini.. kompi blm bener, semua file belum bisa diakses...*lah ko curcol hihihi

    Btw bochi appnya yg disukai anakku yg petualangan pasar malamnya doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kompinya minta dilembiru kali mak :)

      Saya belum nyoba yang pasar malem, kapan2 harus dicoba juga nich :).

      Delete
  3. penasaran sm yg boci musik mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang musik kurang seru kayaknya Mbak, tapi kalau alfi emang suka musik

      Delete
  4. yang warna seru kayaknya mbak. merangsang anak untuk mengingat ya, kalo nggak ingat nggak bisa lanjut.

    alfi semangat belajarnya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Alfi asal pencet Mbak, jadi harus berkali-kali Baru pas. Sok pinter Dia, ga mau diajarin :)

      Delete
  5. anakku baru 15 bulan, bisa nggak ya pake aplikasi ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kalau didampingi Mbak. Tapi waktu alfi umur segitu cuma saya kasih lihat lagu2 Aja :)

      Delete
  6. semakin abnyak aplikasi bermain dan belajar anak....
    ...bermain sambil belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Nova, kudu pinter-pinter emaknya ngawasi aja biar ga kecanduan :)

      Delete
  7. Emak beli tablet yg ngak bikin nyesek, alfi nya seneng dpet tablet baru ngak liat merk dan mahal nya..

    Aasyik mainan petualangan boci, ikutan dong dek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini belinya pakai uang saku lebarannya Alfi pula. Jadi ga nyesek ahaa *tetep emak irit*

      Delete
  8. Wah reviewnya keren ini mbak... semoga alfi makin pinter yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih belajar mbak, terima kasih suportnya mbak Reni :)

      Delete
  9. Boci cocok nih buat anak-anak, bisa bermain sambil belajar ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terutama Batita mbak, kalau anak gede pasti udah ga mau :)

      Delete
  10. saya juga udah install Boci nih buat Raissa :)

    ReplyDelete
  11. Alfi seneng ya main bersama petualangan boci

    ReplyDelete
  12. Ora due tablet.... Tp pengen tau si Boci

    ReplyDelete
  13. Petualangan Boci bagus buat bacaan anak2..merangsang syaraf motoriknya untuk berfikir dan berkreasi ya Mba..

    ReplyDelete
  14. Aku juga mengajarkan Fatih pakai aplikasi ini Mbk. Hpku juga dapatnya dari menang lomba Mbk hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maunya sich dapat yang gratis-gratis mbak, tapi kapan??? *Gratis dari suami aja dulu* ehehe

      Delete
  15. Faraz juga suka si Boci and friends ini Mbak.. Faraz sukanya yg berhitung dan main petak umpet:D

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...