Saturday, August 6, 2016

Alfamart Raih Rekor Muri, Pembagian Perlengkapan Sekolah

[Sponsored Post]

Saat ini, uang receh pecahan 100/200 rupiah sepertinya sudah tidak ada harganya lagi. Banyak orang yang tidak mau menerima kalau dikasih kembalian uang receh. Ada yang minta permen, penyedap rasa, ada juga yang merelakan begitu saja.

Ini yang membuat uang receh di toko saya menumpuk banyak. Bagaimana tidak menumpuk,  kalau masih ada sebagian orang yang membeli sesuatu pakai uang receh, tapi banyak orang yang tidak mau menerima kembalian uang receh. Kalau emak saya sich dengan telaten menggandeng uang receh tersebut pakai isolasi, yang 100an menjadi 500, yang 200an menjadi 1000.  Kalau di gandeng begitu kebanyakan orang mau menerima.


Meskipun uang receh sudah tidak berharga bagi sebagian orang, namun harga barang-barang di Grosir, supermarket atau minimarket seperti Alfamart masih saja pakai angka unik kok. Misalnya, air mineral harganya 3300. Nah mau tak mau tetap harus pakai uang receh khan?. Tapi kalau di Alfamart setiap ada kembalian dengan nominal 100/200, mbak kasirnya biasanya akan tanya "Yang 200 mau di donasikan, ibu?". Kalau setuju, di struk juga tertulis nominal uang yang di donasikan. 

"Ach, hanya 100/200 emang dapat apa?", mungkin kita akan cuek dan menyepelekan angka tersebut. Padahal dari angka yang kecil tersebut bisa menjadi jutaan, bahkan milyaran lho. Bayangkan saja, kalau setiap orang mendonasikan 100/200 di kalikan berapa transaksi setiap harinya di kalikan berapa ribu gerai yang tersebar di Indonesia? 

Terus uang donasi yang terkumpul di kemanain? Rupanya Alfamart bekerja sama dengan Yayasan Anugrah Bina Insani (ABI), melalui program Aku Siap Sekolah (ASSek). Perusahaan ritel ini membagikan puluhan paket perlengkapan sekolah untuk pelajar sekolah dasar prasejahtera di tanah air. Dan melalui program ASSek ini, rekor MURI Alfamart bisa di raih. Ya, Alfamart mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) atas rekor pembagian perlengkapan sekolah terbanyak. Keren ya.
Alfamart Raih Rekor MURI  Pembagian Perlengkapan Sekolah Terbanyak

Ternyata uang recehan yang sering kita sepelekan, bisa  bermanfaat bagi adek-adek dari keluarga pra sejahtera di luar sana. Teguran buat kita, terutama saya agar lebih bersyukur dan menghargai setiap rupiah yang kita punya. Karena di luar sana masih banyak yang tak seberuntung kita.

Semoga ada program-program lain dari Alfamart untuk mereka yang membutuhkan. Yang lebih penting sich, tulus membantu bukan semata-mata untuk meraih rekor MURI Alfamart saja.

41 comments:

  1. Alhamdulillah berarti alfa amanah ya :D aku jg suka ngumpulin receh diwarung nanti buat dibelanjain ke grosir hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau 500an aku malah sering kehabisan lho

      Delete
  2. kalo di Bau-Bau uang receh Rp. 100,- dan Rp. 200,- itu udah susah banget dipakai buat belanja Mba Tarry, kebanyakan warung-warung kecil udah gak menerima pembayaran memakai uang receh pecahan tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya disini juga ada yang tidak menerima Mbak, kalau saya mau aja. Ga tega nolaknya :)

      Delete
  3. wah.. hebat ya, semoga berguna bagi yg menerima :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, kalau berupa barang pasti lebih bermanfaat ya

      Delete
  4. Dari dulu emang lebih suka belanja di ALFAmart. Bangga deh sama Alfamart, jangan menganggap remeh uang receh :D
    Nice share..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya suka belanja yang lagi promo aja ehehe

      Delete
  5. Iya bener.uang receh suka disepeleka. Naik angkot ditolak kalo kita bayar pake uang 100 atau 200...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangankan angkot pengamen aja kadang mengeluh Mbak :)

      Delete
  6. Ternyata beneran didonasikan. Alhamdulillah deh. :D

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah, senang ya kalo beneran dibagi. Soalnya suka ada berita-berita yang katanya ga benar-benar dibagi. Syukurlah kalau benar 😊

    ReplyDelete
  8. Subbahanallah alfamart memang luar biasa. Semoga bermanfaat utk orang2 yg membutuhkannya😊

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah nggak sia-sia mengiyakan kembalian yang cuma segitu..
    semoga bisa membaginya lebih lagi..
    aamiin allahuma aamiin.

    ReplyDelete
  10. Syukurlah kalau memang semua sumbangan pelanggan bisa disalurkan dengan baik kepada yang membutuhkan sehingga tidak ada rasa was was dan curiga

    ReplyDelete
  11. wah mantab ini. ternyata uang yang disisihkan atau di donasikan sekian perak mungkin tidak bermakna bagi kita akan tetapi. ternyata sangatlah berarti untuk sumbangan ke yang tidak mampu. Semoga supermarket lain seperti ini

    ReplyDelete
  12. Ya walaupun kadang memang ada kasir yang bandel.
    Pernah saya harusnya terima kembalian 800, malah langsung didonasikan mbak tanpa bertanya pada saya.

    ReplyDelete
  13. Aku pernah membaca kontroversi uang receh di minimarket. Rameee....
    Kupikir, toh uang receh saja. Dan ternyata memang membawa manfaat ya. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  14. Wah, semoga disalurkan dengan sebaik2nya oleh alfamart dan bermanfaat untuk yang membutuhkan :)

    ReplyDelete
  15. Alfamart memang top, semoga bermanfaat ya :D

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah sekarang tau kalau receh2 itu sampai ke tangan yg tepat. TFS :)

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah bgt dr recehan yg nggak 'berharga' bisa didonasikan dan dpt muri lagi. Kalau aku duit receh tak masukin celengan, mbak

    ReplyDelete
  18. Oh jadi itu hasilnya uang2 recehan yg pas belanja di alfamart di tanya "100an nya mau disumbangkan?" Alhamdulillah bgt dah kalo ternyata itu semua digunakan untuk kepentingan sosial :D

    ReplyDelete
  19. Semoga program ini terus berlanjut. Receh yang bermanfaat untuk anak sekolah.

    ReplyDelete
  20. Kalau tidak salah. Ide dari pengumpulan donasi itu berawal dari peraturan pemerintah yang melarang dan memberikan denda sangat besar untuk penjual yang dengan sengaja menggganti uang kembalian dengan produk. Misal permen.

    Pengumpulan donasi ini juga sempat menjadi isu karena disinyalir tidak transparan ya.

    Semoga alfamart tetap istiqomah mendonasikan hasilnya

    ReplyDelete
  21. aku juga sering gabungan uang recehan pakai isolasi, terutama kalau dompet lagi kering, recehan pun dikumpulin hahhahhaa...


    kalau di minimarket gituh kalau dia ijin dulu masih mending. kadang ada kasir yang gak bilang eh tau-tau di struk dibuat donasi. niat baik tapi caranya gak asik.

    ReplyDelete
  22. Waah berarti setiap kembalian receh ga ga pernah saya ambil, karena emang biasa kalo recehan, kembalian belanja maen masuk kas mereka aja.

    Semoga tetap menjalankan ide amanahnya dari Alfa bt yang membutuhkan

    ReplyDelete
  23. Uang 100 ribu kurang 100 perak gak jadi 100 ribu kan? Buat kita sih kelihatannya kecil, namun bagi orang lain manfaatnya besar. Semoga Alfamart bisa terus mengadakan kegiatan sosial kayak gitu ya, agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

    ReplyDelete
  24. Receh bagi seseorang bisa berati segepok berlian ya mba sama orang lain. Tergantung bagaimana menilainya.

    Programnya bagus asal pelanggan diberitahu. Jangan sampai kasirnya main potong. Biar ridha dan berkah. :-)

    Sukses terus u sebuah kegiatan baik.

    ReplyDelete
  25. Wah anak anak pasti senang mendapatkan hadiah. Sangat Respek terhadap perusahaan yang memberikan fasilitas pendidikan.

    ReplyDelete
  26. Wah anak anak pasti senang mendapatkan hadiah. Sangat Respek terhadap perusahaan yang memberikan fasilitas pendidikan.

    ReplyDelete
  27. Berita ini sekaligus bisa menjawab berita hoax yang tersebar selama ini ya, Mbak. Semoga dia dan teman2nya yg lain juga amanah dan tetap istiqomah. Transparansinya tetap dilakukan.
    Saya sempat termakan hoax, jd pilih belanja pakai debit. Jd wlpn 1 perak juga ga kelewat. Haha

    ReplyDelete
  28. Wah ini salah satu bukti nyata penyaluran uang2 donasi dari customer ya. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  29. Oh ini yang kalau kembalian ditanya di donasikan gitu yah?
    Wah alhamdulillah semoga tetap berbagi..

    ReplyDelete
  30. ditiap lokasi ada alfa ya skr, wah keren nih CSRnya Alfa

    ReplyDelete
  31. Saya suka juga ngumpulin receh, untuk mengajarkan anak menabung dan berbagi.
    Karena kami punya mini project, berbagi dengan teman-teman di komunitas.

    Barakallah Alfamart.
    Semoga membawa keberkahan selalu.

    ReplyDelete
  32. Aku baru tauuu nih mbak, keren ya Alfamart

    ReplyDelete
  33. Akhirnya aku tau ke mana donasi yang suka dibicarakan oleh mbak kasir. Terima kasih banyak, Mbak.
    Iya, sih, benar. Yang penting itu bagaimana ketulusan dan keikhlasan si pemberi itu sendiri, bukan hanya sekadar mengejar reputasi dan rekor supaya disorot oleh media dan namanya semakin melambung tinggi.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...