Wednesday, October 26, 2016

Begini Caranya Agar Kompor Gas Anda Awet

shutterstock_351256433.jpg

Sekarang ini, kompor adalah bagian yang tak terpisahkan dalam sebuah rumah tangga. Setiap rumah setidaknya pasti memiliki satu kompor untuk memasak. Sayangnya tidak semua orang dapat menjaga kompornya dengan baik. Kalau sudah rusak, baru deh panik dan menyesal tidak merawat kompor dengan benar. Oleh karena itu, supaya terhindar dari kerusakan yang tidak perlu, simak artikel berikut ini agar Anda tahu cara merawat kompor gas Anda agar awet!


Lengkapi Kompor Anda dengan Regulator

Regulator adalah salah satu komponen terpenting pada kompor gas yang fungsinya adalah menahan tekanan gas yang kemudian disalurkan melalui selang ke kompor. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih regulator dengan kualitas yang bagus. Usahakan untuk memakai regulator yang dilengkapi child safety lock dan pengukur tekanan/ safety gauge agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tekanan yang ideal untuk kompor berada di posisi low pressure”.

Pastikan Selang Anda Terpasang dengan Baik

Setelah melalui regulator, selang akan menyalurkan gas ke kompor Anda, karena itu bisa dikatakan kalau selang sama pentingnya dengan regulator. Selalu pastikan selang Anda sudah terpasang dengan baik sebelum Anda mulai menggunakan kompor. Selain itu, pastikan selang Anda terpasang jauh dari permukaan panas, tidak dalam posisi tertekuk, tertimpa, ataupun terjepit benda lain karena dapat menyebabkan selang mudah retak dan menyebabkan kebocoran.

Letakkan Tabung Gas di Tempat yang Benar

Salah satu penyebab paling umum terjadinya ledakan tabung gas adalah kesalahan peletakan kompor gas. Kompor gas harus diletakkan di tempat yang mempunyai ventilasi yang baik agar bila terjadi kebocoran gas, gas bisa langsung mengalir keluar dan tidak mengendap di tempat.

Jaga Agar Api Kompor Anda Tetap Biru

Pertama kali Anda membeli kompor, pasti apinya berwarna biru. Lama-kelamaan bila tidak dirawat, apinya akan menjadi merah. Nah, inilah yang harus dihindari karena api yang berwarna merah berarti pembakarannya tidak baik dan akan lebih boros gas. Untuk menghindarinya, pastikan Anda membersihkan lubang kompor tempat keluarnya api secara rutin agar kotoran tidak mengendap. Anda dapat membersihkannya menggunakan jarum atau sikat agar saluran api kembali lancar.

Capture kompor gas form.JPG

Pemakaian kompor yang sembarangan dapat mengakibatkan kejadian yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, ada baiknya bila Anda melakukan service kompor gas secara rutin. Anda bisa mendapatkan jasa service kompor gas yang terpercaya di Sejasa.com. Hanya dengan membuka Sejasa.com dan mengisi form permintaan, Anda akan mendapatkan penawaran harga dari beberapa penyedia jasa. Bandingkan harga, baca review, dan lihat halaman profil usaha penyedia jasa. Pilih jasa service terbaik untuk kompor gas Anda!

20 comments:

  1. Ow semuanya serba ada y sekarang mudah dan cepat, sayang banget 2 thn lalu kompor baruku melayang gara2 ga tau kenapa ga nyala hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kadang biaya servis lebih mahal disbanding beli baru Mbak. Ini yang bikin males servis Kali ya :)

      Delete
  2. Hmm boleh juga nih mbak cara-caranya, selama ini kompor sering rusak, dan kotor..
    Salam kenal mbak.. kerajinan

    ReplyDelete
  3. ternyata seperti itu ya,
    terima kasih info-nya dan salam kenal Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali, terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  4. Sangat berguna sekali ya kak... bisa langsung praktekin nih. btw klo supaya pasangan awet gimana kak? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar pasangan awet ya harus dirawat kayak kompor lah #eh

      Delete
  5. wah bener banget ni.. kadang emang kita ga terlalu peduli dengan keawetan kompor gas ckck coba deh buka mystadion

    ReplyDelete
  6. Kompor gas perlu dirawat juga ya biar awet. Aku jarang bersihin selama ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai sekarang harus rajin bersihin ya Mbak #ngomongin diri sendiri :)

      Delete
  7. nah, saya jarang bersihin mba, sekarang apinya mulai merah. makasih tipsnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau api merah biasanya panci hitam ya Mbak. :)

      Delete
  8. Saya paling males sekali bersiin kompor gas haha

    ReplyDelete
  9. Wih makin mudah aja idup di indonesia apa2 serba bisa online...caem banget deh tips nya...

    ReplyDelete
  10. ini jasanya untuk semua indonesia apa gimana mbak?

    ReplyDelete
  11. Komporku juga apinya udah merah mbak kayaknya.. Sering kena tumpahan kuah2 gitu. Hi..hi, klo yang bagian bulatan tengah itu mmng jarang akau bersihkan. Makasih tips nya mbak tari..

    ReplyDelete
  12. Wah keren juga perintilan masak ini walo tampak dari luar sepele, ternyata penting juga ya keberadaaannya. Trus sekarang ada service onlinenya juga, keren ,tambah canggih makin ke sini

    ReplyDelete
  13. Servis secara rutin itu yang belum je, Mbak, biasanya kalau bermasalah baru deh manggil tukang servis. Tapi, memang benar, srvis secara rutin itu penting, sebagaimana halnya dengan motor atau kendaraan lainnya.

    ReplyDelete
  14. noted Mba Tarry, terimakasih tips-tipsnya :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...