Sunday, November 27, 2016

Liburan Seru di Alam Bebas? Ya, Wisata Dieng!

Para wisatawan mungkin bosan kalau hanya berlibur ke tempat yang biasa-biasa saja. Kamu tentunya mengharapkan momen liburan berbeda di setiap wisata yang dikunjungi. Tak ada salahnya sesekali merencanakan liburan anti-mainstream. Untuk kamu yang ingin mencoba liburan seru di alam bebas, coba kunjungi wisata Dieng.

Dieng merupakan salah satu dataran tinggi yang memiliki tempat wisata menarik di Jawa Tengah. Dieng Plateau atau dataran tinggi Dieng berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Suhu udara Dieng berkisar 12-21°C di siang hari dan 5-9°C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli-September), suhu udara dapat mencapai -4°C di pagi hari. Dataran tinggi Dieng berada di ketinggian 2.093 mdpl dan memiliki udara yang sejuk dengan kabut yang menutup matahari.

Menurut legenda, dataran tinggi Dieng disebut sebagai tempat para dewa dan dewi tinggal. Nama Dieng sendiri diambil dari bahasa Kawi “Di” yang artinya tempat atau gunung dan “Hyang” yang artinya dewa. Oleh karena itu, arti penamaan Dieng adalah daerah pegunungan tempat dewa dewi bersemayam.

Bukan hanya memiliki legenda yang menarik, wisata Dieng menawarkan banyak keindahan alam bebas. Ini dia 3 objek wisata terpopuler dari wisata Dieng.

  1. Telaga Warna

Telaga warna adalah salah satu tempat favorit para wisatawan yang sedang mengunjungi wisata Dieng. Nama Telaga Warna disebut karena telaga ini memiliki warna yang berbeda-beda. Percaya atau tidak, Telaga Warna ini memiliki legenda yang unik.

Zaman dahulu kala, ada cincin milik bangsawan yang jatuh ke dalam telaga tersebut, kemudian muncul warna di permukaan telaga itu. Di sisi lain jika dianalisis secara ilmiah, asal warna berbeda dari telaga itu karena adanya pembiasan cahaya pada endapan belerang di dasar telaga.
PAKET WISATA DIENG, WONOSOBO
Sumber : http://www.paketwisatamurah.net/

Telaga Warna mampu membius perhatian para wisatawan karena keindahannya. Dominasi warna hijau, biru laut, dan putih kekuningan membuat Telaga Warna berbeda dengan telaga lain yang ada di Indonesia. Jika kamu ingin melihat lebih jelas keindahan warna itu, kamu bisa mendaki ke puncak bukit yang mengelilingi Telaga Warna. Di tepi telaga, terdapat balkon yang dapat digunakan untuk beristirahat dan duduk santai sambil menikmati keindahan Telaga Warna.

2. Kawah Sikidang

Salah satu wisata Dieng yang paling terkenal lainnya adalah Kawah Sikidang. Pemandangan di sekitar kawah ini sangat indah dengan perpaduan hamparan bukit hijau dan tanah kapur.


Objek wisata ini diberi nama Kawah Sikidang karena keberadaan kolam magma di kawah ini sering berpindah-pindah seperti Kidang (bahasa Jawa untuk hewan Kijang). Gejolak magma di kawah ini juga cukup tinggi, sekitar setengah hingga satu meter.

wisata dieng Kawah Sikidang
Sumber http://tempatwisatadaerah.blogspot.co.id/

Di sekitar Kawah Sikidang juga terdapat dua kawah lainnya yang juga dijadikan sebagai tempat wisata Dieng. Tempat wisata berupa kawah yang terletak di sekitar kawah Sikidang adalah Kawah Sileri dan Kawah Candradimuka.

3. Gunung Prau

Jika dua wisata Dieng di atas kurang memacu adrenalin, Gunung Prau bisa menantang nyalimu. Gunung Prau berada di perbatasan empat kabupaten, yaitu Kab. Banjarnegara, Kab. Wonosobo, Kab. Batang, dan Kab. Kendal. Gunung dengan dengan ketinggian 2.565 sekitar mdpl ini menjadi populer karena mampu menyajikan pemandangan sunrise dan sunset yang indah untuk para pengunjung.

Menurut informasi yang didapat dari warga sekitar Dieng, sunrise terbaik Gunung Prau akan muncul saat peralihan dari Desember ke Januari. Matahari berbentuk bulat sempurna dengan garis tepi yang jelas, cahaya merah kekuningan yang indah, menyatu dengan langit biru yang cerah akan menjadi pemandangan sunrise terbaikmu di Gunung Prau.

wisata dieng Pendakian Gunung Prau
Sumber : http://tempatwisatadaerah.blogspot.co.id/

Liburan di alam bebas biasanya merepotkan. Namun, hal ini tak akan terjadi jika kamu memilih travel tour terbaik. Arhan Adventure dapat memberikan paket wisata Dieng mudah dan lengkap agar pengalaman liburanmu sempurna. Siap rasakan liburan di alam bebas dengan kemudahan perjalanan? Let’s go!

25 comments:

  1. Aku pengen banget ke Dieng sekalian pengen ketemu teman yang aku kenal lewat FB dimana blio berhasil menanam tulip disana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ada kesempatan bertemu dengan temannya ya Mbak.

      Delete
  2. Pingin banget ke dieng sama telaga warna

    ReplyDelete
  3. Dieng itu terlalu banyak obyek wisata berdekatan dan harus bayar maning bayar maning, heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berati harus siapin budget lebih banyak ya Mas Rawin?

      Delete
  4. Iya, Dieng cakep banget.. Nunggu musim ah..soalnya klo hujan, takut medannya mbak..kelok2nya itu.

    ReplyDelete
  5. Bagus pemandangannya. Jauh sih sayangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ada kesempatan pergi kesana ya mbak

      Delete
  6. Cakep! Kalau udah gak musim hujan mau ke sana sama keluarga

    ReplyDelete
  7. Dieng emang dinginnnnn

    Aku udah naik ke puncak Prau, yey!

    ReplyDelete
  8. aku baru ke gunung Praunya nih :D ke telaga dan kawah belum sempat

    ReplyDelete
  9. yang paling eksotis ya telaga warnanya, aku suka

    ReplyDelete
  10. Maha indah karya Allah. Subhanallah. Dieng, tunggu aku menghampirimu, yaaa. Makasih foto-fotonya mbak, cantik. Ceritanya menarik.

    Salam,
    Syanu.

    ReplyDelete
  11. saya kepengen bgt tu pergi ke telaga warna ...

    ReplyDelete
  12. Ya Tuhan, Dieeeng, pingin banget ke sana, asli liburan akhir tahun meluncuuur!

    Salam,
    Aci.

    ReplyDelete
  13. Lha wes budal mrene durong http://madiunpunyakita.blogspot.co.id/2016/12/ini-dia-destinasi-wisata-hutan-pinus.html?m=1

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...