Friday, November 25, 2016

[Mitos] Penyebab Anak Ngiler

Beberapa waktu lalu, ada teman yang mengeluh kalau anaknya yang baru berumur 7 bulan kok ngiler terus. Terus teman saya ini risih karena sering di ledekin orang-orang. Karena dulu Alfi juga ngiler, sayapun menghibur teman saya itu agar cuek saja dengan omongan orang "ndak apa-apa, dulu Alfi juga ngiler tapi setelah tumbuh gigi ndak ngiler lagi kok". 

Kalau kata orang, penyebab anak ngiler itu karena ngidam ga keturutan. Dulu waktu lihat Alfi ngiler juga banyak yang ngeledek eh lebih tepatnya sih bertanya "Kok Alfi ngiler, emang dulu ngidam apa yang ga keturutan?". Tidak hanya sekali dua kali ditanya begitu tapi banyak kali. Memang kadang risih juga sich mendengar pertanyaan itu, tapi mau gimana lagi? Kebanyakan orang sudah mempercayai mitos tersebut.
Alfi  6 bulan masih suka ngeces. :)


Kalau saya ingat-ingat memang 3 kali saya ngidam tidak langsung keturutan. Yang pertama, malam-malam saya pingin roti bakar. Waktu itu suami lagi ada kerjaan pulangnya sampai malam. Begitu selesai kerjaannya, suami langsung mencari roti bakar ke beberapa tempat tapi semuanya sudah tutup. "Dek, sudah tutup semua lho. Besok aja belinya ya....", kata suami dengan wajah lelah dan sedih. Saya kecewa dan menangis sesenggukan, sampai akhirnya tertidur. Besoknya saya sudah ga pingin roti bakar lagi, tapi di lain waktu dibeliin juga sama suami.


Yang kedua, pingin makan ayam goreng di KFC yang adanya hanya di Madiun kota. Kalau dari rumah sekitar 45 menitan. Dan kebetulan suami mau pergi ke Nganjuk, jadi tidak bisa mengantarkan. Untuk kedua kalinya saya harus kecewa dan merasa jadi istri paling merana di dunia. :).

Karena tidak ingin melihat saya kecewa untuk kedua kalinya, suami menyuruh keponakan untuk membelikan. Akhirnya.... sayapun bisa menikmati ayam dan kentang goreng dari KFC hari itu juga. Tapi tak senikmat yang saya bayangkan, karena makannya di rumah, sendiri tanpa suami. Dan di lain hari, baru bisa keturutan makan langsung di KFC.

Yang ketiga, pingin makan spagheti. Entah kenapa, Alfi ngidamnya kok yang aneh-aneh. Mungkin bukan bayinya yang pingin, tapi emaknya yang lagi kangen makanan waktu di Hong Kong. ehehe

Sebenarnya tempat makan langganan kami ada menu spagheti tapi kok ya kebetulan banget 2 kali kesana pas kosong. Dan beberapa hari setelah kami makan disana, Alfi keburu lahir dan sempat lama tidak bisa menikmati kuliner malam seperti saat Alfi belum lahir.

Sebagai gantinya, saya beli spagheti instan yang seperti di iklan TV. Terus saya oleskan di bibir Alfi biar ga ngiler lagi, kata orang-orang sih cara ini ampuh. Mungkin hanya mitos tapi entah kenapa saya percaya aja. Nach.... Ngidam sudah keturutan semua, tapi waktu itu Alfi tetap saja masih ngiler. Berati bukan karena ngidam donk ya. 

Kalau menurut guru ngajinya suami "Nanti kalau sudah punya gigi ga bakal ngiler lagi". Alhamdulillah.... bener, begitu Alfi tumbuh gigi, ngilernya langsung berhenti. Hanya kadang-kadang saja ngiler kalau lagi gigit-gigit mainannya atau makanan.

Ada yang anaknya ngiler juga seperti Alfi? Bagaimana mengatasinya?

74 comments:

  1. Itu beneran saos spagethinya dioleh ke bibir di dedek? Ga kepedesan mbak?

    ReplyDelete
  2. Hehehe setelah sekian lama akhirnya bisa BW juga ke blog mbak tarry.. Dulu masih suka ngikutin wkt mbak tarry di hongkong.
    aku sih gak percaya ama yg namanya ngidam. soalnya logis aja mikirnya, pas dulu hamil anak pertama, aku ama suami lagi ngontrak en kemana2 jalan kaki. kalo sampe ngidam aneh2 bahayaa haha..

    alhamdulillah, jadinya jauh2 dari mitos anak ileran, dan alhamdulillah juga anak2ku ga ada yg ileran. ileran pas tidur karena emang kontur giginya gak bagus.

    Cuma, ada keponakan yang ileran sampe tujuh tahun sampe kemana2 harus bawa saputangan. selidik punya selidik, itu bukan karena ngidam yg gak keturutan, tapi mungkin karena keturunan. soalnya ayahnya dulu ileran sampai SD.

    Sekarang begitu udah semakin gede, udh mulai berkurang ilerannya tuh :)

    *maaf gak menjawab pertanyaannya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mbak Nia, saya udah 5 tahun di kampung lho :)

      Tapi kalau percaya mitos ini sukses bikin istri jadi ratu selama 9 bulan lho Mbak. Karena takut anaknya ileran. Hihihi

      Delete
  3. Suamiku cerita dulu sampe 4 tahun ngilernya ternyata diperiksa ke rumah sakit suami kelebihan gizi wwkwkk...semuany mitos y mba :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah 4 tahun? Emang kelebihan gizi bisa bikin ileran ya Mbak :)

      Delete
  4. Sebenernya bener ga sih penyebab ileran itu karena ngidam ga keturutan? Suamiku kecilnya ileran. Ibu mertua selalu bilang, nanti kalo punya anak jangan heran kalo ileran. Wong bapaknya juga gitu. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi bukan karena ngidam tapi karena keturunan donk ya ehehe

      Delete
  5. Belom punya anak, jadi ga ngerti juga sih. Hahah. Tapi emang aku sering denger kalo ngidam ga diturutin ya ntar anaknya ileran. Eh ternyata ada benarnya. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah terlanjur mendarah daging kali ya makanya mitosnya seolah bener, padahal nggak ehehe

      Delete
  6. Jadi pengen punya anak rasanya pengen ngerasain enak dan gk enaknya punya anak

    ReplyDelete
  7. jadi mau buru2 punya anak, biar bisa ngidam juga #lho

    ReplyDelete
  8. Mitos sih menurut saya. Adik nomor 2 saya bahkan ketika sudah bisa jalan masih ngiler. Dan ibu saya bilang tidak ngidam gimana-gimana tuh.

    Saya juga sampai sekarang masih ngiler. Kalau lagi tidur miring.

    ReplyDelete
  9. kadang ngiler saat tidur jg bs karena saking lelah hayatinya hehe

    mitos jaman dulu yah gt dah kl ngidam kudu dibeliin kl ga ntr anaknya ngiler sampe gede ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus jadinya memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan ya Mbak hehe

      Delete
  10. Iya, di daerah saya juga beredar mitos itu. Anak ngiler gara-gara ibunya ngidam sesuatu tapi nggak kesampaian. Mitos yang masih ada sampai sekarang. Susah diilangin hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah terlajur mendarah raging Mbak jadi susah diilangin :)

      Delete
  11. Mitosnya kuat sekali ya Mbak. Di daerah saya juga ada mitos tsb tapi tidak terlalu menjadi bahan candaan atau pembicaraan ketika melihat anak2 ileran . Saya setuju dg pendapat logis dari guru ngaji suami Mbak Kitty, mungkin benar karena waktu itu belum tumbuh gigi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barang becandaan yang ga lucu tentunya ya Mbak. Temen saya ini orangnya baperan, kalau ada yang ngejekin pasti marah2 sendiri :)

      Delete
  12. di daerahku mitosnya juga gituh mbak hehhehe.. kalau solusinya aku kurang tau mbak, belum punya anak juga sih akunya :D


    IG : perempuannovember
    Twitter : @Penovediah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya ya harus dituruti ngidamnya ya Mbak :)

      Delete
  13. memang kadang, orang di luar hanya omong2 saja ya mbak.
    gak tau apa yang terjadi sama sekali, tapi langsung meledek.
    posting seperti ini bagus mbak, mengingatkan orang lain kenapa penyebab bayi bisa ngiler terus.
    jadinya orang gak jadi ngejek

    Jakup Ginting Sinusinga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena setiap ibu khan beda2, ada Yang baperan, kalau diledekin pasti sakit ati ya :)

      Delete
  14. Saya belum punya anak sendiri sih, tapi adik saya banyak dan dikelilingin sepupu kecil-kecil juga (malah curhat xD). Ya begitu sih, naka kecil ada masanya suka ngeces gatau tempat, tapi insyaAllah lama-lama berhenti kok. Yang jelas untuk masalah ngidam itu kayanya ga bener hehe. Lagian, ngidam kan bukan pingin anaknya, tapi ibunya ._. kan ibu hamil biasanya ga enak gitu mau makan apa, makanya pingin sesuatu yang aneh" kadang" hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Mbak,

      Tapi ada juga ibu hamil Yang ngidamnya bukan makanan. Ada tetangga yang ngidam ingin ketemu pak SBY lho. Ga keturutan tapi ga ngiler sih :)

      Delete
  15. Ia sich mitosnya gitu. Trus ada yang bilang kalau mau sembuh makanan yang dulu nyidam di kasikan ke anak dikit supaya sembuh. Tapi entahlah bagaimana faktanya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Faktanya udah dioles tapi tetep ngiler mbak :)

      Delete
  16. Pasti yang disalahin bapaknya karena miss makanan yang pengen di maem ama ibunya waktu hamil *mitos* terus klo nanti lahiran anaknya ngiler terus hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makanya suami harus usaha keras untuk bisa menuruti ya :)

      Delete
  17. Tetangga saya anaknya juga ngiler mba, kata dia soalnya pas hamil pernah ngidam dan gak keturutin tapi sekarang anaknya udah tk dan udah gak ileran lagi.
    Itu bagian dari nikmatnya ngurusin anak ya mba. Yang penting, semoga anaknya sehat selalu mba. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Nikmat karena bajunya pada jamuran karena kena iler ga langsung dicuci hihi

      Delete
  18. Wuih. Spageti di bibirnya Alfi?

    Eh. Yang namanya mitos mah memang susah hilang. Ada sih mitos yang nggam dipercaya tapi apa ya, reflek aja gitu pas ngungkapkin mitosnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma dioles dikiiit aja

      Kalau mitos banyak ya, tapi banyak yang udah ga dipercaya sih

      Delete
  19. Oh jadi kalo bayi suka ngiler itu pertanda bahwa akan tumbuh gigi ya mbak? Oh pantesan keponakanku yg umur 6 Bulan sukanya ngiler mulu, semoga aja bentar lagi tumbuh gigi lalu gak ngiler lagi ..
    Tulisannya memberi pencerahan mbak, ya meskipun saya belum menikah dan belum punya anak, tapi sekiranya menambah pengetahuan soal bayi, jadi sekiranya pas punya bayi saya sudah ada pengetahuan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi begitu Mas, tapi si Alfi 9 bulanan baru tumbuh gigi :)

      Delete
  20. mmitos banget ya berarti mba? apa cuman fase si alfi aja kali yaa fase pingin gede si alfinya

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah,
    Ngidam aneh-aneh pas anak kedua, dan ga keturutan sampai anaknya besar.

    Ga ngileran..
    ^^

    Bener itu mitos yaa, ternyata mba Tarry.

    ReplyDelete
  22. Benar mbak ileran bukan mitos. Bahkan ampe sekarang ngidam pun blm bisa dibuktikan secara ilmiah 😁😁

    ReplyDelete
  23. Wah iyaa Mbak katanya kalau ngiler waktu ngidam nggak dituruti. Tapi sebenarnya hal ini wajar sebenarnya pada anak 0-1tahun, karena saliva diproduksi banyak hehehe nanti kalau dewasa udah nggak lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah dewasa masih ileran, apa kata dunia ya mbak? :)

      Delete
  24. Ini mitos ttg ngiler yaa mba?

    Banyak bgt kejadian serupa yg kayak gini. Jadi kasian sama anaknya, yg ngidam ibunya, yg jd ngiler anaknya.
    Thanks for the info


    Informatif ni tulisan na.
    Merci,

    Kandida

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena sudah terlanjur dipercaya Mbak :)

      Delete
  25. Hahaha mitos itu. Aduh saya lupa apa penyebabnya. Ada kok penjelasan ilmiahnya. Istri yang dari kesehatan pernah jelasin.

    Tapi Daffa juga sempat ileran sih pas mau tumbuh gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang jelas mitos itu bikin para suami harus jungkir balik nurutin kemauan istri ya Mas :)

      Delete
  26. Wah, aku belum berkeluarga dan belum pernah dengar juga 😅
    Tapi memang banyak mitos macam itu yang belum pasti benar atau tidaknya, contoh lainnya kalau anak kecil ngompol dikasih capung di perutnya. Ngga tau kenapa, aku keinget itu pas baca post ini 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngompol dikasih capung? Saya malah baru dengar :)

      Delete
  27. Hahahaha.. Hadeuuh emang ya mitos ngiler ini udah jadi jargon emaknya ngidam ga kesampaian.. Yang jelas sih anak bayi ileranmah ya wajar, kalau emaknya yang ileran itu baru..beda urusannya.. Hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bandung ada juga ya mitos ini, mak Yul? Kalau emaknya ileran mungkin kurang piknik ehehehe

      Delete
  28. Hahaha bayi kan ngiler karena belum bisa meludah :))
    Ah kangen masa2 anak ngiler, skrng mah dah pada toddler hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sebenarnya nggemesin plus ngeselin ya Mbak :)

      Delete
  29. Ponakan aku juga sama mba suka ngiler gitu dan iya sama kata saudara dan tetangga diledekin ngidam apa yg gk kturutan, tp alhmdulillah stelah 2thn skrg gk pernah ngiler atau ngeces lagi. Mungkin memang ada penyebab khusus spertinya

    ReplyDelete
  30. Kalo kata orang dulu, anak ngiler karena pas ngidam ga diturutin. Hahahah

    ReplyDelete
  31. Wkakakak. Kalo aku waktu hamil si K dulu kujadikan senjata saat pengen sesuatu biar keturutan nggak pake besok-besok. 😂

    ReplyDelete
  32. Iya bener kalau udah tumbuh gigi emang ngiler. Yang bahaya malah kalau nda ada air liur. Merangsang pertumbuhan gigi

    ReplyDelete
  33. Sepertinya emang mitos deh mbak. Soalnya bayi umur segitu kan belum tumbuh gigi, jadi ga ada penghalang untuk ilernya. ehehehe

    ReplyDelete
  34. Mitos orang lama ya mbak. Tapi Ibuku juga cerita kalo kakakku ileran karena waktu itu nggak kesampaian ngidamnya. Begitu hamil kakak kedua sama aku keturutan semua ngidamnya, eh nggak ada yg ileran.. 😂😂

    ReplyDelete
  35. barusan tanya sama mama, katanya dulu aku nggak ileran :))
    cuma makannya banyak. berati dari dulu makanku sudah banyak.
    wakakkaka

    ReplyDelete
  36. Aku sering denger kalo ngidam gak dituruti jd ileran. Tp pas liat ponakan sendiri, itu emang pengaruh tumbuh gigi. Kdg kalo lagi sariawan jg ngiler. Halah gedhe aja kdg ngiler, wahahaa

    ReplyDelete
  37. Anak bayi ngiler banyak penyebabnya mbak dan itu normal. Produksi saliva pada bayi memang meningkat apalagi disaat dia baru makan atau mau tumbuh gigi

    ReplyDelete
  38. wahh, hehehe mitos beneran kalo ngiler katanya ngidam ga keturutan 😂😂😂
    wah, makasih mba, besok kalo aku udah punya dede bayi jd ga bingung 😆😆😆

    ReplyDelete
  39. Saya nggak pake acara ngidam. Ngidam cuma atur di otak aja mbak. Anak ngiler bisa jadi dia mau numbuh gigi, atau ada sariawan di mulut.

    ReplyDelete
  40. Baru tahu kalau ada mitos tentang ngiler :)

    ReplyDelete
  41. hahaa.. mitos ada2 aja ya mba. padahal kalau dipikir apa hubungannya. Sebenarnya itu kan karena si debay memang belum bisa mengendalikan ilernya aja... hihi. eh tapi mitosnya juga anak yg ileran murah rezeki. bener ga sih.. *wing

    ReplyDelete
  42. Anak usia 6 bulan juga sudah punya keinginan ya mbak hehehe baru tau mbak kalau ada mitos tentang ngiler gitu mbak hehehe

    ReplyDelete
  43. Hehehe mitos oh mitos, anakku malah ilernya lumayan berkurang setelah umur 12 bulan. Dia tumbuh gigi lumayan cepet, 4 bulan udh dua gigi. Trus 8 bulan 4 gigi, 11 bulan 6 gigi. Jadi, menurutku dia ileran itu krn belum bisa kendaliin (dg ditelan) dan dia lg belajar2 ngoceh juga kan..Cuekin aja aku kalo ada yg ngata2in mah. Hihi.

    ReplyDelete
  44. Anakku, Alma mah bukan ngiler lagi, tapi main ludah, sembur-sembur hahaha.

    ReplyDelete
  45. Kayaknya semua anak-anak memang pernah ngiler, ya hihihi. Kalau saya gak pernah ngidam. Jadi gak ngerti juga apa ada hubungannya antara ngiler dengan ngidam yang gak terpenuhi :D

    ReplyDelete
  46. denegr denger sich katanya karena ngidam nya nggak tercapai

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...