Monday, March 27, 2017

Manfaat Memasukkan Anak Ke Paud

Saat ini usia Alfi sudah 4 tahun 2 bulan dan sudah sekolah di Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) yang ada di kampung kami. Alhamdulillah, Alfi sudah merasa nyaman belajar di sekolah pilihannya sendiri. Iya, sekolah yang ini memang pilihan Alfi karena ada Noval (teman bermainnya), bukan sekolah favorit pilihan saya. Tapi ndak apa-apa, yang  penting Alfi nyaman dan tidak ketakutan seperti di sekolahnya yang dulu.
Manfaat sekolah paud
Alfi dan Noval, teman bermain di rumah.
Dulu, saya pernah memasukkan Alfi ke salah satu Paud favorit saat usianya 2,5 tahun. Di sekolah tersebut ada beberapa anak seusia Alfi bahkan lebih kecil  yang sudah mandiri. Sayapun berharap, Alfi bisa mandiri seperti itu. Pagi diantar, terus ditinggal pulang dan siangnya dijemput.
Tapi ternyata saya salah, baru 4 hari sekolah Alfi mogok tidak mau sekolah lagi. Setiap diajak sekolah Alfi selalu bilang takut. Rupanya Alfi trauma karena pernah dijahilin anak TK besar.  Traumanya ga tanggung-tanggung, setahun lebih lho. 

Sehingga saat dunia maya lagi di gemparkan dengan hestek #haripertamasekolah saya hanya bisa tersenyum kecut, karena Alfi tidak mau berangkat meskipun sudah punya tas baru. Sempat galau juga, kalau Alfi tidak mau sekolah lagi gimana?

Ah tapi ya sudahlah, yang penting kegalauan itu sudah berlalu. Sekarang Alfi sudah mau sekolah dengan senang hati. Setiap pagi tidak perlu ada drama tidak mau mandi atau apalah-apalah. Dan  saking senangnya sekolah, liburpun kadang minta sekolah. :)

Selain Alfi senang, Sayapun merasakan manfaatnya memasukkan Alfi ke Paud. Diantaranya:

  • Bisa  bersosialisasi dengan orang lain.

Alfi tipe anak pemalu yang agak kesulitan bergaul dengan orang lain selain keluarga dan tetangga dekat. Sama saudara keponakan saja Alfi sangat malu dan hanya diam kalau ditanya. Tapi setelah sekolah, Alfi mulai mau membuka diri. Alfi sudah mau bersosialisasi dengan orang lain asalkan sudah pernah lihat. Kalau belum pernah lihat ya tetap sok cool. :).
Manfaat sekolah paud
Mulai mau main sama keponakan.
  • Lebih Mandiri.

Di sekolahnya Alfi, untuk kelompok P2, P3A, P3B (usia 3-6 tahun) orang tua hanya diperbolehkan mengantar dan menjemput sampai pintu gerbang. Selebihnya anak masuk kelas sendiri dan belajar dengan guru pengasuhnya masing-masing. Kalau untuk anak baru atau anak kelompok P1 (2-3 tahun), masih boleh ditunggu di dalam kelas atau diantar masuk kelas.
Sebelum masuk kelas, menyebrang tangga dulu dibantu bu Guru.
Jadi mau tidak mau anak harus belajar mandiri. Mulai melepas dan memakai sepatu sendiri, mencari kelasnya sendiri, memasukkan bekalnya sendiri, membereskan mainan dll. Kalau perlu bantuan, ya gurunya yang membantu. Karena di sekolah sudah diajarkan untuk mandiri, di rumahpun sedikit-sedikit Alfi sudah mulai mandiri.

  • Menghafal banyak hal karena sering mendengar.

Alfi tipe anak yang tidak suka diajari, jadi kalau diajak belajar mengaji atau belajar apa anaknya selalu melipir pergi. Dan selama ini, saya tidak pernah memaksa Alfi harus belajar ini itu atau harus bisa ini dan itu. Kalau anaknya ga mau ya sudah, emaknya ngikut apa maunya anak aja. 

Makanya saya hanya diam saja, kalau ada ibu-ibu pamer anaknya sudah bisa begini begitu sedangkan Alfi belum bisa. Iri? jujur kadang iya. Tapi saya selalu menghibur diri, setiap anak khan punya kemampuan dan keunikan masing-masing. Jadi tidak perlu membandingkan anak sendiri dengan anak lain to?.  

Dan setelah Alfi sekolah, saya lega karena ada pembiasaan yang diterapkan  sebelum mulai belajar maupun saat belajar di dalam kelas. Diantaranya mengaji, hafalan surat-surat pendek, sholat dhuha, asmaul husna, do'a, sholawat, dll. Karena setiap hari mendengar, sedikit-sedikit Alfi mulai hafal dengan sendirinya tanpa saya suruh-suruh. 

  • Bisa bermain dan belajar

Meskipun di sekolah, anak-anak tetap mendapatkan haknya untuk bermain. Setelah belajar, anak-anak diperbolehkan bermain sebentar. Ada banyak mainan balita edukatif di sekolah Alfi yang dibagi menjadi beberapa sentra/ruangan. Diantaranya sentra balok yang isinya aneka mainan balok, sentra peran ada mainan masak-masak, mainan jual-beli, dll. Yang pasti lebih komplit dari mainannya Alfi di rumah. 
Fun Time My 1st Activity Playset (shapes, stack & blocks) -best buy
Selain belajar dan bermain di dalam ruangan kadang-kadang anak diajak main di luar ruangan. Mengamati benda atau hewan yang ada di alam dll. Pokoknya kegiatannya bervariasi, yang pastinya tidak akan membuat anak bosan.

Itulah beberapa manfaat yang saya rasakan setelah memasukkan Alfi ke Paud. Memang sih masih belum banyak perkembangan seperti anak yang lain, tapi bagi saya perkembangan Alfi sudah sangat luar biasa. Semoga Alfi tetap betah sekolah disana, makin semnagat, makin mandiri, makin pinter dan menjadi anak sholehah. Amin.

38 comments:

  1. Iya mbak. Aku juga ngrasain bedanya kok pasca Alya masuk PAUd. Lebih pemberani... Lagian klo di rumah, mlh tak sambi2 beberes. Klo di PAUd mainan bnyk, tmn bnyk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alya Kebalikannya nih Mbak, Alfi malah nempel emaknya terus sebelum sekolah. Ga bisa ngapa2in :)

      Delete
  2. Wah masa-masa ini sudah berlalu hehe, sekarang anak paling kecil aja sudah kelas empat. Time flies so fast.. so nikmati aja masa kecil bersama mereka. Nice post :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah berlalu pasti rindu masa2 ini ya Mbak :)

      Delete
    2. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
      Saya HANDAYANI ingin berbagi kpd teman semua…tentang Angka Togel Yang Di Berikan Ki HAJAR DEWANTORO, Awalnya saya sedikit ragu tetapi saya sangat membutuhkan bantuan, dan saya coba hub ki HAJAR DEWANTORO
      Alhamdulillah saya bisa di bantu oleh beliau, pertama beliau memberikan angka 4D kpd saya, dan angka itu saya pasang,, awalnya saya tidak percaya ketika teman saya memberikan kabar, kalau angka yg aku pasang benar-benar keluar, dan saya menang 97 juta, berkat bantuan ki HAJAR DEWANTORO.,
      Saya ucapkan banyak terima kasih kepada ki HAJAR DEWANTORO yang telah meluangkan waktunya untuk saya, konsultasi dengan ki HAJAR DEWANTORO selama ini benar benar sangat luar biasa…. Selain hebat, ki HAJAR DEWANTORO juga punya keahlian banyak. seperti, minyak penarik uang Pesugihan,, Santet,, Penarikan dana ghaib,, Pelaris,, dan Pelet,,
      Info: Buat Teman yang Pengen Merubah Nasib Silahkan..
      Hub: Ki HAJAR DEWANTORO Di:082-188-463-467. ATAU KLIK BLOK PELEK DISINI

      Delete
  3. Usia 4 tahun emang udah bisa masuk paud ya mbak. Anakku masih 2 tahun 5 bulan. Kepikiran juga utk masukin paud karena aku kerja. Tapi kasian juga kalo dia entar kelamaan msekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut gurunya Alfi paling tidak 4 tahun masuk Paud ntar masuk SD 7 tahun. Kalau 2 tahunan sekolah ntar takutnya pas SD jadi kurang semangat, pengalaman temen begitu. Tapi tiap anak ga sama sih :)

      Delete
  4. Zaman skrg anak2 muda sekali sdh sekolah. Tapi PAUD ini titik beratnya pada permainan dan caranya bersosialisasi ya. Diusahakan jgn dibebankan materi sekolah yg berat2 dulu. Biar menikmati waktu bermain sambik belajar dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak. Tapi kalau sudah TK besar memang dituntut bisa calistung untuk persiapan masuk SD

      Delete
  5. hihi sepupu aku juga Paud trus sering mau mau enggak enggak kalau sekolah.
    Semoga Alfi makin semangat sekolahnya dan makin pintaar yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temannya Alfi banyak juga yang gitu, Alfipun kadang juga diajak libur kalau emaknya repot :)

      Delete
  6. hmm paud merupakan alternatif, terutama untuk anak yang belum cukup masuk TK ya? intinya bermain, betul itu. Anak2 tak boleh beban berat. Bahkan finlandia umur 7 taun baru sekolah, terbukti mereka sistem pendidikan terbaik di dunia, menurut banyak pihak hingga saat ini generasi mudanya berkualitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pernah baca tentang ini. Saya pun merasakan bedanya, saya umur 6 tahun masuk SD makin lama makin menurun prestaainya. Sedangkan adek yang 7 tahun SD preatasinya makin lama makin meroket. :)

      Delete
  7. Setuju kalau anak dimasukkan paud supaya belajar ber relasi. Ponakan dulu malah ada SD kelas 3 rewel sekolah, mau masuk kalau diantar. Tp untung sekarang enggak. Alfi semangat ya sekolahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap anak memang beda2 ya Mbak.
      Dulu saya 4 bulan ikut masuk kelas, dan terus mensugesti Alfi kalau semua akan baik2 saja meskipun sekolah sendiri. :)

      Delete
  8. Oooo gitu ya... bagus juga ya manfaatnya.
    nanti kalo aku punya anak aku juga mau masukin ke paud ah. siapa tau gen pemalu dari aku nurun ke anak :/ naah kalo dimasukin paud kan bisa lebih gampang bersosialisasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau punya anak pemalu memang bermanfaat sekali masukin anak ke Paud :)

      Delete
  9. huaaaa senang sekali membaca perkembangan alfi yang akhirnya nggak trauma lagi ke sekolah

    semoga nanti-nanti sampai SMA, sampai kuliah, alfi tetap pengen sekolah yaaa meski hari libur >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi butuh 4 bulan untuk meyakinkan Alfi kalau semua akan baik2 saja Mbak :)

      Delete
  10. yep perlu mba, dl kenya anak pertama saya blom lancar berbicara begotu masuk paud lambat laun bicaranya lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada beberapa anak juga gitu mbak. Jadi lancar bicaranya

      Delete
  11. Anak disekolajin di paud emang perlu ya. Tp kl bs tuh paudnya cm yang pelajaran bermain aja. Jd anak2 kl dah sd gak bosan belajarnya.

    ReplyDelete
  12. Adik aku gak pake Paud, sedang ponakan aku masuk Paud dulu. Keduanya emang berbeda kpribadiannya. apalagi masuk SD, ponakan aku lebih mandiri banget.
    Manfaat masukin anak ke Paud emang banyak bngt.

    ReplyDelete
  13. Mbak, apakah ini sudah dikonsultasikan ke guru atau siapa gitu? Soalnya aku enggak disarankan untuk memasukkan anak ke sekolah sebelum usia lima tahun. Pinter banget ya Alif udah mau sekolah di umur 4 tahun. Salamku untuk Alif ya.

    ReplyDelete
  14. Anakku termasuk yg lancar bicara setelah sekolah (langsung TK sih)
    Emang anak balita sekoah kdng ada aja acara ngambeknya, anakku pernah berhari2 gk sekolah jg :(
    Tapi ada kalanya dia sangat bersemangta sekolah hehe

    ReplyDelete
  15. lagi seneng2nya nih nganterin anak sekolah kalo umur segini. heheh
    mungkin karena masih kemudaan kali mba, makanya alfi nya agak trauma pas sekolah dulu, terlebih sifatnya yang pemalu jadi butuh waktu.

    pas kecilpun, aku kalo disuruh belajar ya mau melipir aja bawaanya. mungkin emang sifat umum anak kecil gitu kali ya. hahhaa

    ReplyDelete
  16. Ponakanku Sinta udah 2 th sekolah PAUD. Dia yg minta dan enjoy aja. Dia jg sekolah TPQ dan kdg bilang pusing soalnya naik jilid kan susyah, hahaha.

    Alfi mgkn anak yg beda dr kebanyakan ya, Mbak. Model kaya gitu gak bs dipaksa dan anak emang gak boleh dipaksa

    ReplyDelete
  17. Kdg iri liat anak kecil sekolah sdh bs apa saja. Kalau saja malah kasihan. Biar dia bermain sambil belajar

    ReplyDelete
  18. Ah terima kasih tulisannya. Anak saya minggu depan berusia 2 tahun. Dan pertengahan tahun ini kami berencana memasukan dia ke paud. Tapi ada beberapa pertimbangan lain.

    Tulisan mbak ini akan saya jadikan moda diskusi dengan istri. Terima kasih sekali lagi.

    Eh, btw. Trauma seperti apa yg alfi alami?

    ReplyDelete
  19. Kayanya terlalu awal kalau 2 tahun, mas Andhika.

    Eh..
    Kok jadi nyaut ke komennya mas Andhika.


    Selamat bersenang-senang di sekolah, Alfi.
    In syaa allah menjadi anak yang bahagia dan ceria.

    ^^

    ReplyDelete
  20. Wah, pelajaran berharga bagi yang kelak mempunya anak di usia seperti Alfi. Yaitu mengalah dari pilihan sendiri untuk menyekolahkan anak ke sekolah favorit. Lalu memilih untuk memasukkan ke sekolah yang membuat si anak nyaman.

    Terima kasih atas ulasannya, Mbak. Semoga dek Alfi tumbuh besar jadi sosok yang luar biasa.

    ReplyDelete
  21. Penting sih memasukkan anak sejak kecil ke sekolah. Selain ilmu pengetahuan, menurutku yang paling penting adalah kemampuan bersosialisasi dan berkumpul bersama komunitas sebaya.

    ReplyDelete
  22. anakku juga kadang sering minta sekolah
    waktu itu sempat percobaan 5 hari sudah bosan :D
    maklum sih baru umur 3 tahun

    ReplyDelete
  23. Alfi keceeeee, emaknya pun tak kalah kece..
    Mbak, aku masih maju mundur kenak nih mau nyekolahin si ken, mungkin karna aku kebanyakan mikir yg nggak2 yak, duuhh,

    ReplyDelete
  24. Ahza 3y belum mau sekolah mba..
    Aku juga masih nggak mau ngasih sekolah sih, soalnya takut anaknya bosen pas sekolah beneran. Huahaha..
    Belajar main di rumah dulu aja deh hehehe

    ReplyDelete
  25. di kampung kami, belum ada PAUD Mbaa, jadi Wahyu langsung tak masukin RA :)

    ReplyDelete
  26. manfaatnya banyak ya mbak, jadi pengen masukin si bungsu ke paud juga nih :)

    ReplyDelete
  27. anak saya udh umur 3 thun lebih .. mngkin udh bisa msk PAUD kali ya

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...