Tuesday, April 25, 2017

Agar Anak Suka Minum Air

Dulu, Alfi susah sekali kalau disuruh minum air putih. Selalu ada saja alasannya agar bisa menghindar dari paksaan untuk minum, tidak sukalah, tidak enaklah, inilah, itulah. Saking susahnya minum, Alfi sering sekali mengalami susah buang air besar (BAB) atau sembelit. Tak jarang Alfi nangis kejer setiap BAB, dan itu bikin saya khawatir dengan keadaan Alfi.

Sehingga saya berpikir keras bagaimana caranya agar Alfi mau minum dan tidak mengalami susah BAB lagi. Selain memberikan makanan yang kaya serat, ini yang saya lakukan agar Alfi suka minum air putih:

  • Memberi Alfi air mineral

Selama ini, kami terbiasa merebus air sendiri untuk minum. Memang kadang-kadang rasa air yang merebus sendiri itu agak gimana gitu. Mungkin karena sumber mata air di rumah kami kurang bagus, dan merebusnya pakai kayu bakar. Jadi airnya terasa aneh dan tidak enak di mulut Alfi, makanya Alfi selalu ogah-ogahan kalau disuruh minum. Sehingga saya berinisiatif untuk memberi Alfi air mineral Aqua setelah mencari tahu manfaat air mineral bagi tubuh di  www.sehataqua.com

Alhamdulillah, setelah dikasih air mineral Alfi mulai suka minum, paling suka kalau air dingin ambil sendiri dari kulkas. Sebenarnya banyak yang mengingatkan, kalau anak-anak minum air dingin kurang bagus untuk kesehatan. Tapi selama ini Alfi baik - baik saja, dan minumnya air dingin tidak sepanjang hari kok. Jadi saya tetap mengijinkan Alfi minum air dingin.

  • Memberi Alfi tempat minum lucu.


Selain memberi Alfi air mineral, saya juga membelikan Alfi tempat minum lucu, sesuai kesukaan Alfi. Tidak semua beli sich, kadang tempat minumnya hadiah dari ngeblog atau botol bekas minuman. Tergantung mood aja, kadang minta yang ada sedotannya, kadang minta botol, pokoknya emaknya ngikut kemauan Alfi. Dan itu sukses bikin Alfi suka minum, meskipun harus merelakan kulkas sering dibuka karena dikit - dikit minta minum. :).

  • Mengajak Alfi beraktifitas di luar ruangan.


Setiap sore, kalau tidak hujan saya usahakan mengajak Alfi main di luar sama teman - temanya. Kadang naik sepeda, main scooter atau sekedar lari - larian aja. Kegiatan ini tentunya menguras tenaga dan bikin haus khan? Nah kalau sudah begitu Alfi minumnya jadi lebih banyak.

  • Memberi contoh untuk minum 

Pada dasarnya anak - anak itu peniru ulung jadi sudah seharusnya orang tua memberikan contoh kepada anak, salah satunya minum. Kalau orang tuanya suka minum tentu anak juga ikutan suka minum dong. Biar makin seru, biasanya saya mengajak Alfi berlomba untuk menghabiskan segelas air. 

Tidak harus ada hadiahnya kok, cukup memberikan pujian saja sudah cukup membuat Alfi bahagia. Dan kita tidak perlu selalu pura - pura kalah agar membuat anak bahagia. Sesekali kita yang harus menang agar anak lebih semangat lagi. Itulah beberapa hal yang saya lakukan agar Alfi suka minum air putih. 

Tidak hanya anak-anak, orang dewasapun juga harus cukup minum air agar terhindar dari sembelit maupun dehidrasi yang bisa menyebabkan seseorang jadi kurang fokus seperti di iklan - iklan #AdaAqua. Nah ga mau juga khan kejadian kurang fokus di iklan yang malu - maluin itu terjadi pada diri kita?
Dan setelah tahu manfaat air mineral bagi tubuh, sepertinya saya juga harus beralih dari air rebusan ke air mineral Aqua nih. Apalagi sumber mata air di sekitar rumah baru kami juga kurang bagus. Terutama kalau lagi musim hujan, airnya keruh sekali dan harus didiamkan dulu agar bisa dikonsumsi. Daripada ribet mending mengkonsumsi air mineral aja ya. :)

12 comments:

  1. anakku juga agak susah kalau disuruh minum memang mesti pintarnya kita sebagai ibu y mba mensiasati salah satunya dengan memberikan tmpt minum yg lucu akupun gitu kasih gelas princess kesukaannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata ga hanya Alfi ya yang susah minum, PR besar buat ibu2 ini ya :)

      Delete
  2. Anak-anak kadang memang kurang suka minum, kalau anak kekurangan cairan tentu tidak baik untuk kesehatannya
    ibu tentu tidak kehabisan cara agar anak mau minum tentunya tidak dengan memaksanya
    cara diatas ada yang aku lakukan pada gadis kecilku, alhsmdulillah cukup efektif ya memang butuh kesabaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak harus sabar dan telaten membujuk anak2 tapi kadang emosi juga kalau lagi capek :)

      Delete
  3. Bener bangeeet mbaaak kalau anak kecil adalah peniru yg ulung :D ponkaan juga mulai belajar air minum dari botol sendiri karena liat bundanya sering minum dari tupperware jadinya ditiruin hehehe. . salam kenaal ya mbaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mbak Lucky

      Iya, jadi ortunya harus hati2 dalam berbicara maupun beperilaku ya biar anak2 bisa meniru sisi baiknya aja :)

      Delete
  4. anakku juga malas minum Mbaa, maunya dipaksa dulu baru minum, huhuhu :(

    ReplyDelete
  5. anakku juga malas minum mbak kalo nggak haus banget
    jadi aku ya sering2 nawarin dia minum walaupun dia nggak minta...
    kalo kurang minum bisa bahaya ya

    ReplyDelete
  6. malah anak saya suka bgt minum air ,, apalagi air es

    ReplyDelete
  7. Iya coba mbak dek alfinya kasih air es, pasti dia suka... tapi janagn keseringan juga sih, yang wajar-wajar aja...

    ReplyDelete
  8. kadang - kadang susah juga nyuruh anak minum air padahal abis lari, kejar - kejaran, main - main, teriak sama abangnya tapi nggk haus - haus ya :D

    ReplyDelete
  9. Kalau anak saya itu hiper aktif mba. Susah banget di atur orang tua. Tapi saya maklum sih, umurnya masih 4 tahun.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...