Thursday, May 18, 2017

Mendukung Kreatifitas Anak Dengan Tablet Samsung

Sekitar 2 bulan lalu, saya mengajak Alfi belajar warna melalui aplikasi paint di notebook. Saya mencoba cara ini, karena berbagai cara sudah saya lakukan untuk memperkenalkan Alfi aneka warna. Namun sampai usianya 4 tahun, Alfi belum juga bisa membedakan warna, selain hitam, coklat, putih dan biru. Padahal untuk hal-hal lain, Alfi bisa menghafal dengan sangat mudah.
cara mengenal warna
 Salah satu kegiatan untuk memperkenalkan Alfi warna


Entah dimana masalahnya, kok Alfi kesulitan membedakan warna. Tapi saya yakin Alfi tidak mengalami gangguan atau buta warna. Karena Alfi bisa mengelompokkan barang-barang yang satu warna, hanya saja belum bisa menyebutkan nama warnanya. Mungkin memang belum waktunya, atau karena metode belajar yang saya gunakan selama ini tidak cocok untuk Alfi.

Setelah Alfi belajar warna pakai aplikasi paint, sedikit-sedikit mulai ada perubahan. Alfi belajar menggerakkan mouse, belajar klak klik memilih bentuk maupun warna kesukaannya. Sayapun tak bosan-bosan menyebutkan warna apa yang dia klik. Kadang saya juga menggambar karakter kesukaannya, dan meminta Alfi mewarnai gambarnya. Tanpa sadar, Alfi mulai menghafal warna satu demi satu, pink, kuning, ungu, merah, biru muda, biru tua, orange, dan yang masih sering lupa hijau. Lega banget rasanya.
Pakai aplikasi paint di notebook

Rupanya Alfi suka melakukan kegiatan ini, dan selalu meminta saya untuk menggambar, karena Alfi belum bisa menggambar sendiri. Tapi Alfi sering tidak mau tahu dengan kesibukan emaknya yang pedagang ini. Kalau sudah bilang menggambar sekarang, ya harus sekarang tidak bisa ditawar lagi. Asli ini bikin saya gemes.

Untung di tablet Alfi ada aplikasi menggambarnya, jadi saya membujuknya untuk menggambar sendiri di tablet. Menggambar di tablet tentu lebih mudah, karena cukup pakai jari saja. Tapi kata Alfi, "Buk, kurang besar (layarnya)".
Memang, tablet Alfi yang sekarang cuma berukuran 7 inchi wajar saja kalau Alfi bilang kurang besar. Dulu belinya memang asal murah tanpa melihat spesifikasinya. Mikirnya, Alfi masih kecil, belum mengerti cara menggunakan gadget dengan benar. Kalau dibeliin yang mahal, takutnya malah rusak. Khan sayang. :)

Padahal sudah diingatkan sama antehnya Alfi  "Beli yang merk samsung aja, bagus, biar awet". Waktu itu lagi ada promo, harga tablet samsung dibawah 2 jutaan, dan antehnya Alfipun ikut nambahin uangnya biar bisa kebeli tuch tablet samsung. Tapi namanya emak-emak yang mikirin masa depan #halah, akhirnya malah beli yang lain agar sisa uangnya bisa dipakai buat kebutuhan lain. Maklum waktu itu kami sedang mempersiapkan pembangunan rumah kami, jadi harus pandai-pandai mengatur keuangan.
Tapi yang namanya harga itu menentukan kwalitas, tabletnya Alfi yang murahpun sudah pernah rusak dan harus mengeluarkan biaya servis 100ribu. Nah pinginnya ngirit jadi nambah duit khan?

Sekarang saya jadi mikir-mikir untuk membeli tablet baru untuk mendukung kreatifitas Alfi dan proses belajar Alfi. Tapi tablet seperti apa yang cocok untuk Alfi dan juga aktivitas ngeblog saya? #Emaknya tetep tidak mau kalah ya# Maklum notebook samsung saya baterainya sudah drop, jadi kemana-mana harus ngantongi charger agar tetap bisa nyala.
Setelah browsing sana sini, akhirnya saya menemukan Samsung ATIV Smart PC 500T XE500T1C-A01US. Samsung ATIV Smart PC 500T XE500T1C-A01US adalah hibrida tablet dan laptop PC yang dirancang untuk orang-orang yang selalu bepergian. Iya, saya setiap hari memang harus bepergian, pergi dari rumah ke toko yang jaraknya +/- 3kilo dan harus nenteng tas berisi notebook dan gadget lengkap dengan chargernya serta perlengkapan lain-lain. Kalau saya memiliki ini, jadi ga usah repot-repot bawa notebook dan tablet donk ya.
Harga dan Spesifikasi Laptop Samsung ATIV Smart PC 500T XE500T1C-A01US
Laptop Ini berukuran 11,6 "x 7,2" x 0,38 "dan berat sekitar £ 1,65 dengan kapasitas memori 64 GB.  Ia juga memiliki Stereo Speaker 1.6W (0.8W x 2) yang menghasilkan suara yang besar dengan teknologi SoundAliv. Tentunya ini jauh lebih baik dari gadget kami yang dulu ya.
Harga dan Spesifikasi Laptop Samsung ATIV Smart PC 500T XE500T1C-A01US
Layar lebih besar, pasti Alfi lebih puas coret-coretnya.

Dan yang lebih penting, harganya kisaran $700. Lumayan bersahabat dengan kantong kami. Kalau belinya di mataharimall.com malah bisa dicicil, jadi lebih ringan bayarnya. Bolehlah masuk wishlist tahun ini, agar aktivitas ngeblog saya lancar dan bisa mendukung kreatifitas Alfi juga.

2 comments:

  1. pengen siy beliin tablet tapi anakku masi belum aware sama barang mba :D

    ReplyDelete
  2. Wahyu udah 3 kali kami belikan tablet Mbaa, yang 2 sukses dibanting dan gak bisa diperbaiki lagi, yang ketiga ini dibeliin omanya dan dia udah diworo-woro kalo tabletnya yang ini rusak, gak bakal dibeliin lagi, jadi semarah apapun tabletnya yang ini gak pernah ia banting :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...