Tuesday, February 13, 2018

4 Impian Di Usia 40 Tahun

Usia 40 tahun mau ngapain? Saya masih punya waktu 5 tahun untuk memasuki masa itu. 5 tahun lagi, semoga rumah kami yang kami bangun hampir 2 tahun lalu itu sudah rapi. Sudah di plester, sudah di keramik, sudah di plafon dan sudah layak untuk dihuni. Emangnya sekarang belum layak huni? belum. Karena belum ada kamar mandi. :)

Sedangkan anak-anak, 5 tahun lagi Alfi umur 10 tahun lebih (kelas 4 SD) dan Dipta 5 tahun lebih (TK kecil). Insyaallah sudah mandiri, ga selalu tergantung sama ibuknya seperti saat ini. Asyik dong?. Belum tentu, bisa jadi saya akan kesepian dan mati gaya kalau tidak ada mereka. Sekarang aja kalau Alfi ikut ke toko, saya di rumah sama Dipta rasanya sepi banget.


Ketika umur saya 40 tahun nanti tentu akan banyak hal yang berubah. Keadaan ekonomi yang (semoga) semakin membaik, pemikiran yang semakin dewasa, ibadahya semakin rajin, anak-anak yang semakin besar, dan yang pasti ada banyak impian yang ingin saya lakukan dan wujudkan.

Tapi diantara sekian banyak impian, ada 4 impian yang sangat ingin saya lakukan dan wujudkan di usia 40 nanti. Diantaranya:

  • Ingin Menjahit.

Dulu, saya pernah kursus menjahit, dan saya pernah punya cita-cita menjadi penjahit seperti emak, tapi saya ingin jadi penjahit profesional. Untuk mewujudkan cita-cita saya tersebut, saya pergi ke Hong Kong untuk mencari modal. Tapi seiring berjalannya waktu, cita-cita itu menguap karena di lingkungan saya sudah banyak penjahit. Saya tahu rejeki tak akan tertukar, tapi saya enggan untuk ikut-ikutan menjadi penjahit, dan pada akhirnya saya memilih menjadi pedagang.

Baca: Berwirausaha, Solusi Untuk Mantan TKW

Sarung bantal + sulaman kristik

Nah, nanti saya akan mewujudkan cita-cita saya tersebut tapi bukan sebagai penjahit pakaian, melainkan penjahit asesoris seperti tas, sarung bantal, dompet, dll.  Saya akan memadukan kemampuan menjahit (yang ga mahir-mahir amat) dengan hobby saya bikin kristik. Kalau untuk asesoris menyulamnya yang simpel-simpel saja biar cepet mengerjakannya dan cepet laku. Kalau gambar kristik besar, bikinnya lama, dan orang sering mikir kalau mau beli karena harganya lebih mahal.
 Pouch dengan sulaman kristik. Bisa dibikin dari kain perca Khan? :)

Saya juga akan memanfaatkan kain-kain perca menjadi barang yang bernilai jual lebih tinggi. Kenapa lebih tinggi? Karena di barang tersebut juga akan saya sematkan hasil sulaman kristik saya untuk mempermanis penampilannya. 


  • Menjadi Petani Sayur.

Keinginan saya tidak muluk-muluk kok, menjadi petani sayur untuk di konsumsi sendiri saja sudah cukup. Kalaupun bisa dijual ya itu bonusnya. Kebetulan rumah saya itu mewah (mepet sawah) sekali. Memang tanah yang kami gunakan untuk membangun rumah tadinya sawah. Pemandangan dari 4 penjuru mata angin rumah saya adalah sawah. Tapi yang sebelah utara dan barat milik adiknya mertua.
Rumah mewah kami dilihat dari rumah tetangga

Karena sawah mertua yang luasnya tak seberapa ini sudah berkurang untuk rumah kami, jadi lahan yang bisa ditanami padi juga berkurang. Sekarang ini, hasil padi keringnya sekitar 4-5 karung saja, itupun harus menunggu hampir 4 bulan baru bisa menikmati hasilnya. Iya kalau bagus, kalau lagi apes ya ga sampai segitu dapetnya.
Terinspirasi dari kebun sayurnya kakak ipar di Nganjuk 

Maka dari itu suatu saat nanti, saya ingin menyulap sisa lahan sawah mertua menjadi kebun sayur dan buah. Mungkin akan sedikit ribet mengurusnya dibandingkan menanam padi, tapi hasilnya khan bisa dinikmati lebih cepat. Sedangkan padi, kami bisa menanam di sawah yang satunya. Jadi komplit khan? Padi punya, sayur dan buah juga ada. :)


  • Konsisten ngeblog.

Saya ingin ngeblog seperti waktu di Hong Kong dulu. Jaman dulu ikut orang saja bisa konsisten, lah sekarang di negeri sendiri, di rumah sendiri, menjadi boss untuk usaha sendiri malah ngeblognya jarang sekali. Apalagi setelah punya duo krucil, rasanya sulit sekali membagi waktu untuk ngeblog. Mungkin kalau anak-anak sudah besar nanti, saya lebih leluasa untuk ngeblog atau malah tidak ada kesempatan? Karena notebooknya dibajak oleh Alfi seperti sekarang ini? Semoga jangan ya. :)
Ini pelaku pembajakan notebook emaknya. 

  • Ingin Umroh

Akhir tahun 2017, guru ngajinya suami dan beberapa teman pergi umroh. Setelah mendengar pengalaman perjalanan spiritual mereka, mendadak suami kok semangatnya menggebu-gebu pingin umroh juga. Apalagi setelah guru ngajinya memberi selembar uang reyal sambil berkata "Simpan, Insya Allah suatu hari kita bisa bertemu disana", Nyessss rasanya. Saya yang hanya mendengar suami bercerita saja ikutan merinding. 
Foto kiriman teman SMEA yang umroh tgl 3 februari kemarin. Merinding rasanya, teman sekolah saya sudah bisa kesana.

Support dari beliau membuat kami  yakin suatu saat kami bisa pergi kesana. Seperti waktu kami mau bikin rumah. Beliau bilang "yakin saja pasti bisa", dan alhamdulillah memang bisa. Padahal uang kami pas-pasan, tapi banyak sekali bantuan dari keluarga dan teman, baik bantuan materi maupun tenaga. Kali ini kami juga harus yakin pasti bisa. Amin.

Itulah 4 hal yang ingin saya lakukan dan wujudkan di usia 40 saya. Semoga diberi kesehatan, diberi umur panjang, diberi kesabaran agar bisa mewujudkan itu semua. Amin.....

61 comments:

  1. Sulaman kristik mb Tarry apik loh saya udah punya waktu menang GA dulu xixixi..
    kupun pengen banget umroh mba semoga bisa kesana aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... Semoga sama2 bisa umroh, syukur2 kalau bisa haji ya mbak.

      Delete
  2. Ternyata banyak yang di usia 40 nanti ingin bisa menjahit :)
    Sulaman kristiknya cantik banget, jadi pengen belajar kristik.
    Semoga keinginannya segera tercapai ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. termasuk saya juga pengen bisa menjahit :D

      moga keinginan mak tarry bisa tercapai ya, aamiin

      Delete
    2. Amin... Makasih mak injul dan Mak Inna, Mari menjahit, minimal jahit celana bolong atau daster sobek ya :)

      Delete
  3. Aamiin..semoga bisa terwujud ya mba.. pelan2.. asal diusahain.

    Btw, aku juga suka bertanam. Tapi nggak ngerti..kayaknya si kurang mbakat apa ya mba. Setiap nanem sayuran, hasilnya pasti ga maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang telaten atau mungkin tanahnya yang kurang subur Mbak. Saya juga ga bisa tanam2, kalau suami alhamdulillah hasilnya selalu bagus :)

      Delete
  4. Sulaman kristik udah lama banget enggak kupegang Mbak. Asyik juga ya sepertinya. Semoga terwujud semuanya ya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari menyulam lagi Mbak, dibikin beginian pasti kepake, kalau bikin hiasan biasanya males bikin figura. Mahal soalnya :)

      Delete
  5. Semoga semua impiannya di usia 40 terlaksana ya, dan katanya khan life's begin at forty

    ReplyDelete
  6. Rumahnya besar mbk. Karya kristiknya jg apiikkk banget.
    Dah, semoga tercapai semua ya mbk tarry amin amin ya robbal'alamiinn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di kampung termasuk kecil ini Mbak. Apalagi banyak yang hasil dari luar negeri. Rumahnya megah2. :)

      Delete
  7. Semoga cita-citanya tercapai ya mbak, aamiin. Kalau bisa nanam sayur dan buah di dekat rumah memang mantan itu mbak. Apalagi rumahnya dekat sawah juga, jadi paspanen ada padi, sayur dna buah. lengkap sudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dekat rumah cuma sedikit sawahnya Mbak. Makanya mau dibikin kebun sayur dan buah aja. Nanggung kalau ditanami padi :)

      Delete
  8. Baca judulnya jadi ingat seorang dosen saya yang sering bilang "life begins at 40". Kata beliau banyak hal yang baru mulai berubah nya waktu diumur segitu. Semoga saja impian mbk segera terwujud. Aamiin.

    ReplyDelete
  9. Semoga bisa terealisasi ya mbak
    Saya juga pengen punya studio musik pribadi

    ReplyDelete
  10. Aamiin, semoga terrealisasikan yah Mbak. Tapi, mba kejar dari sekarang semuanya.. biar nanti tinggal diteruskan aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang belum bisa Mbak, masih rempong sama duo bocil :)

      Delete
  11. Wah rumahnya enak ya mba, di lingkungan yg masih asri, semoga semua impian di usia 40 nanti tercapai ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, di kampung Mbak. Kebetulan tanahnya dikasih mertua jadi alhamdulillah meskipun harus punya rumah mewah :)

      Delete
  12. Duh kristik aku pengen banget bisa, dulu pernah buat tapi gak selesai karena berakhir dengan bosen hehe. Tapi pengen cobain lagi ah buat , lumayan untuk kesibukan. Kalau tanaman aku ampun mba tanganku ini kok jarang jadinya trus aku jadi males haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin yang kecil2 aja biar semangat Mbak. Saya kalau bikin besar, jadinya juga lama banget. :)

      Delete
  13. Semoga segala cita-cita dan harapan di usia 40 terwujud mba. Apalagi pengen Umroh, semoga dikabulkan ya.. Seru juga mba itu impian kalau jadi petani sayur, kan kalau masak jadi gak perlu belanja lagi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin....

      Iya enak kalau punya sayur sendiri, tinggal beli lauknya aja :)

      Delete
  14. MashaAllah...mba Tarry sangat-(sangat) produktif begini...bilangnya masih engga ada waktu untuk nge-blog.

    ((hwaaa...apakabar aku?))

    Tapi In syaa Allah...doa yang kita alunkan tiap saat akan mencapai tujuannya yaa, mba.
    Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin waktu hamil sama habis lahiran blognya lumutan Mbak. Sekarang sudah mulai bisa mengatur waktu. Si bayi nyusunya udah mulai berkurang soalnya :)

      Delete
  15. Wah pingin juga umroh mbak.. aku 6 tahun lagi 40. Berarti Kita sebaya Yan sayangnya aku blm punya anak. Udah 7 th berkeluarga.btw impiannya sama kayak impianku. Aku pernah nulis jg.tapi udah selesai awal 2016, menjahit baru jadi hobi, Dan kebun sayur blm terrealisasi sampe skrg. Aiih semoga impian Kita tercapai ya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... Semoga ya mbak. Semangat.. semoga disegerakan dapat momongan ya mbak.

      Delete
  16. Mba tarry pinter jahit, itu bagus2. Aku pengen nyulam kristik gak selese2 hehe. Semoga niat Umroh bisa terlaksana Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sarungnya beli Mbak, saya cuma nyulam aja 😀

      Delete
  17. Semoga semuanya terwujud mbak. Pemandangan rumahnya asri sekali, sejuk dipandang mata. Boleh aku dan istri main ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleeeh silahkan saja kalau lewat Madiun mas Peri

      Delete
  18. akkh.. aku merinding bacanya. aku belum bisa membayangkan usia 40 nanti mau ngapain, sama sekali belum terbayang. Aku aminkan mba impiannya, semoga diberikan kesehatan dan kelancaran agar saru persatu impiannya tercpai .

    ReplyDelete
  19. Menjahit...pengen deh..belajar minimal bisa jahit baju sendiri...

    Aku juga pengen ..banget bisa buka warung jus ..warung makan gitu hi2, ya..biar ada kesibukan dihari tua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warung jus, usaha Saya pertama Kali Mbak. Tapi sejak anak pertama lahir, warungnya digantiin emak jualan rujak petis :)

      Delete
  20. Semoga segala harapan terkabul ya mbak. Amin! Aku juga punya harapan sebelum 30an sudah punya rumah sendiri mbak. Kalau sudah punya rumah sendiri bisa menjahit lagi, menanam lagi, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin...

      Saya kok malah lebih enak ikut emak dan enggan pindah ke rumah sendiri ehehe

      Delete
  21. Aamiin. Semoga ke4 hal tersebut bisa terwujud dalam waktu 5 tahun ke depan atau kalau bisa kurang dari 5 tahun. Saya dukung Mbak bisa menjadi petani sayur yang sukses, karena hal tersebut masih langka saat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin...

      Iya Mbak, soalnya jadi petani (selain padi) itu harus punya perhitungan dan kemampuan yang tepat. Kalau ga ya, bukannya Untung tapi malah rugi. Tapi sekarang kalau soal pemasaran jauh lebih mudah. Jadi ga perlu khawatir ga laku

      Delete
  22. bisa menjahit mah enak tuh mba jadinya ada penghasilan tambahan mengingat umur jika sudah masuk kepala 4 gitu dan kayanya untuk umroh semua orang mengingin hal yang sama juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi mata sudah ga sejernih umur 30an ya. Kayak emak sudah males menjahit karena mau masukin jarum aja butuh perjuangan :)

      Delete
  23. Klu saya pengin punya usaha
    Pengin namatin kuliah
    Pengin umroh

    Semoga tercapai sebelum usia 40 thn

    ReplyDelete
  24. Wah tak berhenti bermimpi nih keren, baca ini jadi ingat salah satu buku motivasi yang saya baca, katanya kita gak boleh menyerah dalam hidup. Misal kita udah sampe usia 40, ada sekitar 20 tahunan lebih usia produktif kita untuk bisa lebih baik. Jadi pembelajaran nih buatku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga diberi umur panjang ya. Biar ada kesempatan untuk tetap produktif sampai kapanpun

      Delete
  25. Baca ini aku jadi inget, huhu tahun ini umurku kepala empat. Apa ya yang ingin kulakukan?


    Yang jelas sih aku ingin kedua anakku mendapat pendidikan yang lebih baik, rumah dan tentu saja kehidupan yang lebih baik. Hahaha jadi curhat kan...

    ReplyDelete
  26. Aamiin...semoga impiannya bisa terwujud ya, Mbak... Saya juga senang sekali kalau bisa punya kebun sayur dan buah.

    Kayaknya enak bangeet... Semua udah tersedia di dekat rumah. Beras, sayur dan buah... Asik ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah enaknya kalau tinggal di kampung Mbak. Ayam juga tinggal potong, ikan bias minta kakak, nikmat mana lagi yang Kau dustakan coba :)

      Delete
  27. Ya ampun.... dari dulu pengen jadi petani buah buahan lho. pernah nyobain kecil kecilan tapi gagal karena ngga keurus, memang butuh konsistensi sih padahal dulu udah banyak jenis buah2annya. ngebaca ini jadi pengen bertani dan berkebun lagih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disini yang lagi hits buah Naga mas, ga perlu diurus asal dibikinin tempat merambat udah hidup sendiri

      Delete
  28. semoga semua impian ini bisa teralisasi di usia cantik ini, aamiin,

    konsisten ngeblog itu susah yaaa hihihi semangat kakaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, mau nulis anak ngerecokin nunggu anak tidur ikutan tidur ehehe

      Delete
  29. Aamiien! Poin ke-3 & 4 menjadi impian saya juga.

    ReplyDelete
  30. 2 dari 4 impian mbak termasuk ke dalam wishlist saya. konsisten ngeblog dan berangkat umrah udah jadi prioritas saya selama ini. Amiin. Mohon doanya ya mbak. Life begins at 30 atau 40 ya yang bener? Saya lupa :) Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... Semoga tercapai juga ya.

      At 40 (katanya) :)

      Delete
  31. Nah, aku pun ingin lebih konsisten ngeblog, terutama soal bw nih, masih rendah banget kunjunganku, huhuhu. Dulu jaman anak2 kecil, aku malah lebih rajin ngeblog, nyaris tiap hari, ada aja yang bisa ditulis. Sekarang setelah mereka besar-besar, aku malah ngeblognya ga rutin

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...