Wednesday, March 7, 2018

Selain Kuliner, Tempat Wisata di Padang Ini Juga Wajib Anda ‘Cicipi’!

Sate padang dan jam gadang hanyalah sedikit dari daya tarik yang dimiliki Kota Padang. Sebagai kota yang memiliki histori panjang dan kaya kebudayaan, ada banyak destinasi lain yang dapat dinikmati selagi berada di sini. Diantaranya:

Jembatan Siti Nurbaya

C:\Users\yustianto.tantama\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\jembatan siti nurbaya padang (aet).jpg
Source : aet
Di beberapa tempat lain, umumnya jembatan bukanlah sebuah destinasi wisata. Namun tidak demikian dengan salah satu ikon Kota Padang ini, Jembatan Siti Nurbaya.
Penamaan jembatan yang dibangun sejak tahun 1995 dan baru selesai pada tahun 2002 ini bukan tanpa alasan. Di puncak Gunung Padang, ada sebuah makam yang konon diyakini sebagai makam Siti Nurbaya, karakter bernama serupa yang ada di dalam novel termahsyur Siti Nurbaya karya Marah Rusli. Dari situlah jembatan ini dinamai demikian.
Waktu terbaik untuk menikmati suasana di jembatan ini tentu bukanlah pada siang hari. Jika Anda bermaksud untuk menyinggahinya, datanglah selagi senja atau ketika matahari terbenam. Dari tempat ini, Anda bisa menyaksikan pemandangan Kota Padang yang cantik dan memberi kesan romantis. Bila ingin sembari mengganjal perut pun, ada banyak warung yang menjajakan hangatnya jagung bakar.

Taman Siti Nurbaya

C:\Users\yustianto.tantama\Documents\Yustianto\Content\Offpage Backlinks\Images\taman siti nurbaya padang (garnesia).jpg
Source : garnesia
Bila Anda ingin mengunjungi tempat yang tenang, sejuk, dan asri dengan pemandangan serba hijau, datanglah ke Taman Siti Nurbaya, Padang. Lokasinya berdekatan dengan Jembatan Siti Nurbaya, tepatnya sekitar 500 meter di sisi barat jembatan.
Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin sejenak terlepas dari hiruk pikuk kota yang membuat penat. Pemandangan dari tempat ini mirip dengan bukit yang ada di film kartun legendaris, Doraemon. Karena itu, tidak heran jika beberapa orang juga kerap menyebut Taman Siti Nurbaya dengan sebutan Bukit Nobita.

Lobang Jepang

C:\Users\yustianto.tantama\Documents\Yustianto\Content\Offpage Backlinks\Images\lobang jepang padang (pesona).jpg
Source : pesona
Pada zaman kependudukan Jepang, Padang bukanlah sebuah wilayah pengecualian. Kota ini juga menjadi saksi bisu kejamnya penindasan Nippon terhadap pribumi. Salah satu bukti yang tersisa dari masa kelam tesebut adalah Lobang Jepang.
Lobang Jepang sebenarnya berada di kawasan yang sama dengan Jam Gadang, yaitu Bukittinggi. Jika berjalan kaki, kira-kira hanya diperlukan waktu sekitar 15 menit.
Dulunya, tempat ini dibangun dengan fungsi sebagai penjara dan benteng untuk pertahanan kaum penjajah Jepang. Bahkan, lubang ini konon mampu menahan letusan bom seberat 500 kg.  Pembuatannya dilakukan atas instruksi Letjen Moritake Tanabe dan membutuhkan waktu sekitar 3 tahun. Tidak terhitung berapa banyak pekerja pribumi yang tewas dalam pengerjaan lubang sedalam 49 meter di bawah permukaan tanah ini.

Janjang Saribu

C:\Users\yustianto.tantama\Documents\Yustianto\Content\Offpage Backlinks\Images\Janjang Saribu Bukittinggi padang (baritominang).jpg
Source : baritominang
Satu lagi tempat wisata dengan nilai histori tinggi di Bukittinggi: Janjang Saribu. Boleh dibilang, tempat ini seperti miniatur Tembok Besar Cina yang terkenal. Tembok yang dibuat sepanjang sekitar 700 meter dan selebar 2 meter ini pun memiliki pemandangan yang tidak terlalu jauh berbeda dengan keajaiban dunia di Cina tersebut.
Lokasinya berada di kawasan Ngarai Sianok. Tembok ini sebenarnya sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan dikenal dengan nama Janjang Batuang. Dulunya, Janjang Saribu digunakan penduduk setempat sebagai jalan pintas dari Koto Gadang ke Bukittinggi atau ketika hendak mengambil pasir di sungai.
Sebagai informasi, pastikan Anda dalam kondisi fisik yang fit dan membawa minum jika ingin berkunjung ke sini. Karena, perjalanan menaiki tangga ini dan melintasi dari ujung ke ujung boleh jadi cukup melelahkan.
Selain empat tempat wisata di atas, ada banyak lainnya yang dapat Anda kunjungi selagi berada di Padang seperti : Museum Adityawarman, Pulau Cubadak, Pantai Padang, Danau Maninjau, dan lain-lain. Sedangkan untuk urusan tiket perjalanan Anda, serahkan saja pada tiket pesawat murah online dari Airy Tiket Pesawat. Dengan beragam harga terbaik dari berbagai maskapai, perjalanan menuju Padang pun akan menjadi lebih menyenangkan. Selamat bereksplorasi!

28 comments:

  1. Pingin ke Jembatan Siti Nurbayanya tuh, kayaknya kalau malam romantis gitu yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa kesana ya mbak,
      Saya jembatan suramadu aja belum pernah apalagi jembatan siti nurbaya :)

      Delete
  2. Aku pernah mampir ke Jembatan Siti Nurbaya di malam hari. Bagus deh pemandangannya, kerlap kerlip lampu di atas sungai ditambah dengan background bukit Siti Nurbaya di sebelahnya apik sekali

    ReplyDelete
  3. Tenyata masih bnyak objek wisata menarik di padang,aku tau ny cm jam gadang sm ngarai sianok aja. Penasaran sm jembatan siti nurbaya.

    ReplyDelete
  4. Kalo boleh tau lobang jepang itu isinya apa ya? Kok ga ada foto penunjanh dalemannya mba? Kayanha seru wisata misteri disana

    ReplyDelete
  5. saya orang padang..
    masih banyak tempat tempat yg menarik lainnya
    itu lobang jepang waktu kecil pernah masuk hingga ujung
    terang kok di dalamnya
    ada lampu
    tapi kemarin pas kesana lagi ga sanggup lagi
    maklum ga kuat menuruni tangganya
    hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak ya kalau ada lampu jadi ga serem2 amat. Fisik benar2 harus fit ya mbak biar kuat :)

      Delete
  6. Selama ini suka denger kisah tentang siti nurbaya, tapi baru tau kalo ada yang namanya taman siti nurbaya dan jembatan siti nurbaya di Padang. Oh iya view dari jembatan siti nurbaya kelihatannya sendu banget ya mbak. Apa karena fotonya itu diambil saat petang? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahu siti nurbaya ya di TV, dulu ada sinetronnya (Ketahuan umurnya berapa) 😁

      Kalau malam lebih romantis kali Mbak :)

      Delete
  7. jadi inget saat kuliah di padang dulu, sering kami rame-rame malem nongkreong di jembatan Siti Nurbaya. Saat memejamkan mata seolah-olah saya melihat bagaimana konflik antara Siti Nurbaya yang dipaksa menjadi istri muda Datuk Maringgi, bagaimana perihnya hati Syamsul Bahri saat kehilangan pujaan hatinya.

    ReplyDelete
  8. Jembatan Dan taman siti nurbaya aku sudah.. nah sisanya belum nih. Aiiih mupeng. Semoga kalau ke padang lagi bisa mampir lagi

    ReplyDelete
  9. Kok aku baru tahu semua tempat itu ya kecuali Lobang Jepang hihi. Janjang Saribu keliatan menarik buat jalan2 nih bareng partner :3

    ReplyDelete
  10. Wah saya satu tahun di Padang. Ga sempat ke jembatan Siti Nurbaya. Kata orang bagus pemandangannya. Juga enak kulinernya.

    ReplyDelete
  11. jadi penasaran ama lobang Jepang itu. Pasti banyak hal hal "menarik" yang bikin tengkuk agak tegang dikit hehehe. semoga lokasi wisatanya dapat terus terjaga kebersihannya dan nyaman dipandang

    ReplyDelete
  12. Sudah lama sekali tak kepadang..dulu pernah ya ke pantai air manis saja...habis jalan2 cuma sehari aja..

    Pengen ke jembatan Siti Nurbaya..

    ReplyDelete
  13. komentarku masuk enggak ya?

    padang adalah destinasi impianku mbak, secara saat ini aku tinggal di aceh tapi hampir separo penduduknya berasal dari padang dan menggunakan bahasa padang. jadi penasaran bagaimana padang sebenarnya, entah itu masyarakatnya, wisata, dan kulinernya

    ReplyDelete
  14. Ini kok semuanya yang disebutin di sini kubaru tau sih? :(

    Jembatannya paling menarik ini sih. Dan bener-bener baru tau kalo jembatan siti nurbaya ini jadi ikon kota padang juga. Cantik pun tampaknya. :')

    ReplyDelete
  15. Iya tuuu aku jg sempat ke jembatan siti nurbaya hihi..

    ReplyDelete
  16. punya beberapa temen yg asli orang padang, dsn aku pengen banget bisa jalan2 ke sana tapi belum kesampean hehe

    ReplyDelete
  17. Pengen ke padang dan bukittinggi, tp blm kesampaian, semoga bisa segera kesana menikmati alam dan kulinernya yg terkenal itu

    ReplyDelete
  18. Wuaaa meski org padang tapi belum pernah ke janjang saribu... wuaaa bahaya ini... meski dicoba nih ke sana one day...

    ReplyDelete
  19. Belom pernah ke Padang, tapi paling sering ke Rm Padang,bosen sama rendang..
    Btw,lobang yg di mksd itu goa apa bukan

    ReplyDelete
  20. Tata lampu jembatan siti nurbaya keren,kak ... kelihatan meriah.

    ReplyDelete
  21. 2 destinasi wisata dengan sebutan "siti nurbaya" semoga suatu saat berkesempatan traveling ke padang

    ReplyDelete
  22. Kayanya seru jalan-jalan ke padang.... langsung beburu tiket murah :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...