Thursday, June 7, 2018

Menu Buka Puasa Untuk Ibu Menyusui

Untuk kesekian kalinya, bulan ramadhan saya lewati sambil menyusui. Kali ini sedang menyusui adek Dipta yang usianya 8 bulanan. Memang, puasa kali ini tidak sesetrong waktu hamilnya tahun lalu. Kalau tahun lalu cuma bolong 2 kali karena muntah-muntah seharian, kali ini puasa saya sudah bolong 7 hari. Karena adek panas, mungkin efek dari tumbuh gigi, dilanjut batuk pilek dan kemudian saya ikutan meriang juga.

Kebetulan, kalau lagi sakit adek ngeASInya tidak mau berhenti. Pernah saya nekad puasa dan ternyata saya malah lemes. Ya sudah... akhirnya saya istirahat puasanya.Sebenarnya kalau lagi sehat, adek kuat diajak puasa dan alhamdulillah produksi ASI juga tidak ada masalah.


Agar stamina tetap terjaga dan tidak loyo selama seharian puasa sambil menyusui, saya sangat memperhatikan menu apa saja yang saya konsumsi. Yang paling penting sih menu buka puasa yang harus memenuhi gizi seimbang. Kalau sahur biasanya tidak selahap waktu buka puasa. Apalagi kalau lagi makan adek bangun sedangkan waktu sudah mepet, jadi makan sahurnya seadanya saja. :).


Ini menu buka puasa yang wajib ada untuk ibu menyusui agar ASI tetap lancar selama menjalankan ibadah puasa:

  • Sayur

Selain sayur berkuah, setiap hari emak merebus aneka sayur seperti daun ubi pohon, daun pepaya, daun luntas, sawi, dll, kemudian dibikin urap (untuk dijual) kadang di kasih sambel pecel. Sayur ini bukan hanya untuk menu buka puasa saja, tapi juga cemilan menjelang tidur. Sengaja dihabiskan karena kalau makan sahur, biasanya sudah basi.

menu buka puasa ibu menyusui
 Pecel atau urap, jadi menu utama buka puasa.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan ASI boaster yang murah meriah, makanya hampir setiap hari emak bikin bubur kacang hijau (sekalian untuk dijual juga) dan tak lupa kacang kulitnya untuk cemilan. :)
Menu buka puasa ibu menyusui
Asi boaster.
  • Air putih

Kebutuhan air putih benar-benar saya perhatikan agar tidak terjadi dehidrasi selama menjalan ibadah puasa. Karena siang puasa, malam saya minum sesuai kebutuhan yaitu sekitar 7-8 gelas. Dan memang itu bikin saya lebih sering buang air kecil. Agak susah sih, tapi tidak apa-apa asal kebutuhan air untuk tubuh terpenuhi.


Itu menu buka puasa yang paling penting untuk ibu menyusui menurut saya. Selain 3 hal diatas, tetap harus memenuhi gizi seimbang lho, ada karbohidrat, protein nabati, protein hewani, buah dan sayur. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, alhamdulillah, selama puasa ASI saya tetap lancar, anak tidak rewel, sore masih bisa jualan dan tetap setrong.



No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...